bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Indonesia / 10 Film Adaptasi Novel Indonesia Terbaik untuk Movie List-Mu

10 Film Adaptasi Novel Indonesia Terbaik untuk Movie List-Mu

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 17 Februari 2021

Ide cerita dalam sebuah film bisa berasal dari mana saja. Dalam dunia perfilman, dikenal juga sebuah proses ekranisasi. Proses ini merupakan proses alih wahana dari media cetak buku ke dalam media audio visual atau film. Intinya, ekranisasi adalah proses pengadaptasian bentuk buku atau novel ke dalam bentuk film.

Ada banyak film-film Indonesia yang diadaptasi dari sebuah novel yang sudah lebih dulu sukses dan memiliki banyak penggemar. Beberapa film adaptasi tersebut juga berhasil menyusul kesuksesan novelnya dan diminati banyak penonton. Inilah 10 film adaptasi novel Indonesia terbaik yang bisa masuk ke dalam rekomendasi movie list-mu.

1. Dilan 1990

Dilan 1990

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Roman / Drama
  • Produksi: Max Pictures
  • Sutradara: Fajar Bustomi
  • Pemeran: Iqbaal Ramadhan, Vanesha Prescilla

Sinopsis & Review Dilan 1990

Film Dilan 1990 merupakan film yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq yang berjudul Dilan: Dia adalah Dilanku tahun 1990. Saat ditayangkan di bioskop, film ini disaksikan lebih dari 6 juta penonton dan menjadikannya film Indonesia terlaris kedua sepanjang masa. Dilan 1990 kemudian kembali merilis dua sekuel filmnya, yaitu Dilan 1991 dan Milea: Suara dari Dilan.

Film Dilan 1990 bercerita tentang kisah cinta masa SMA antara Dilan dan Milea. Milea merupakan anak baru pindahan dari Jakarta sementara Dilan adalah panglima perang geng motor yang terkenal berandalan dan gemar berkelahi. Karakter Dilan yang unik membuat kisah cinta Dilan dan Milea menjadi kisah yang romantis dan menarik untuk diikuti.

2. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama
  • Produksi: Miles Films / Mizan Productions / SinemArt
  • Sutradara: Riri Riza
  • Pemeran: Cut Mini, Ikranagara, Zulfanny

Sinopsis & Review Laskar Pelangi

Laskar Pelangi merupakan film yang diangkat dari novel dengan judul yang sama karya Andrea Hirata. Menyusul kesuksesan novelnya yang menjadi International Best Seller, film Laskar Pelangi juga sukses meraup 4,6 juta penonton saat ditayangkan. Film ini juga memiliki sekuel yang diangkat dari novel selanjutnya, yaitu Sang Pemimpi dan Edensor.

Laskar Pelangi bercerita mengenai perjuangan para anak-anak di pedalaman Belitong untuk bisa mendapatkan Pendidikan. Meskipun akses Pendidikan disana sangat sulit untuk mereka dapatkan, namun anak-anak yang menamakan diri sebagai Laskar Pelangi ini tetap semangat dan tidak menyerah untuk mewujudkan cita-cita mereka.

3. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta

Film Ayat-Ayat Cinta diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Habiburrahman El Shirazy. Pada masa itu, film Ayat-Ayat Cinta meraih rekor MURI atas pencapaian 3,8 juta penonton. Selain itu, film ini juga Berjaya di Festival Film Bandung atau FFB tahun 2008 dengan memenangkan 5 kategori sekaligus.

Ayat-Ayat Cinta mengisahkan tentang kehidupan Fahri, mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Cairo, Mesir, Selama di Cairo, Fahri mendapat banyak ujian yang menguji hidup dan keimanannya. Ia juga harus terlibat dalam kisah cinta segitiga antara dirinya dengan dua wanita yang mencintainya, Maria dan Aisha.

4. Ketika Cinta Bertasbih

Ketika Cinta Bertasbih

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama
  • Produksi: SinemArt
  • Sutradara: Chaerul Umam
  • Pemeran: Oki Setiana Dewi, Kholidi Asadil Alam

Setahun setelah suksesnya Ayat-Ayat Cinta, di tahun 2009 kembali muncul film layar lebar yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy. Film tersebut adalah Ketika Cinta Bertasbih yang diadaptasi dari novel berjudul sama. Film ini juga sukses meraih 2 nominasi dalam Festival Film Bandung 2010 serta meraih total jumlah penonton sebanyak 3 juta orang.

Film Ketika Cinta Bertasbih mengisahkan tentang kehidupan Azzam, mahasiswa Indonesia yang menempuh studi di Universitas Al Azhar Cairo. Selain berkuliah, ia juga bekerja keras untuk menghidupi ibu dan adiknya di Indonesia dengan berjualan tempe. Takdir kemudian mempertemukan Azzam dengan Anna, wanita sholehah yang merupakan anak kyai ternama.

5. Tenggelamnya Kapal van der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Sinopsis & Review Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Film Tenggelamnya Kapan van der Wijck diangkat dari sebuah novel legendaris karya Hamka yang terbit tahun 1938. Film ini diproduksi dalam jangka waktu yang cukup Panjang, yaitu 5 tahun. Tenggelamnya Kapal van der Wijck meraih 5 nominasi pada Festival Film Indonesia tahun 2014 dan memenangkan 2 penghargaan di Festival Film Bandung 2014.

Cerita pada film ini berlatar tahun 1930-an di tanah Minangkabau. Film ini mengangkat kisah cinta yang berbeda kelas sosial antara Hayati dan Zainuddin. Adat dan tradisi tanah Minang pada akhirnya harus memisahkan mereka berdua, namun nasib membawa mereka untuk kembali bertemu dalam kondisi yang tak lagi sama.

Baca juga: 10 Film Adaptasi Novel Young Adult Adventure Terbaik

6. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

* sumber: cultura.id

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama / Anak-Anak
  • Produksi: Visinema Pictures
  • Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
  • Pemeran: Rachel Amanda, Rio Dewanto, Sheila Dara Aisha

Sinopsis & Review Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini atau yang biasa disebut NKCTHI merupakan film yang diangkat dari sebuah buku berjudul sama karya Marcella FP. Dalam penayangannya di hari pertama, film ini langsung meraih jumlah penonton sebanyak 118 ribu. Film NKCTHI juga hanya membutuhkan waktu 7 hari untuk mencapai 1 juta penonton.

Dalam versi filmnya, NKCTHI bercerita tentang konflik yang terjadi pada keluarga yang memiliki tiga orang anak, yaitu Angkasa, Aurora, dan Awan. Meski tampak seperti keluarga bahagia, namun nyatanya mereka memiliki rahasia besar dimana setiap anggota keluarga memiliki luka dan permasalahannya masing-masing.

7. Surga yang Tak Dirindukan

Surga yang Tak Dirindukan

  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Produksi: MD Pictures
  • Sutradara: Kuntz Agus
  • Pemeran: Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, Raline Shah

Film Surga yang Tak Dirindukan diangkat dari novel dengan judul sama karya Asma Nadia. Film ini menjadi salah satu film paling laris di tahun tersebut dan berhasil mendapatkan berbagai nominasi, diantaranya 2 nominasi di Festival Film Indonesia, 6 nominasi di Festival Film Bandung, serta 1 nominasi Piala Maya.

Surga yang Tak Dirindukan bercerita tentang kehidupan rumah tangga antara Arini dan Pras yang begitu bahagia bersama putri mereka, Nadia. Namun semua kebahagiaan tersebut mulai diuji dengan hadirnya Mei Rose, seorang wanita yang tak sengaja ditemui Pras saat insiden kecelakaan. Demi menolong Mei Rose, Pras bersedia menjadikannya istri kedua.

8. 5 CM

5 CM

* sumber: www.kompasiana.com

  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Drama
  • Produksi: Soraya Intercine Films
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Pemeran: Raline Shah, Fedi Nuril, Herjunot Ali

Film 5 CM diadaptasi dari novel berjudul sama karya Donny Dhirgantoro yang terbit tahun 2005 yang merupakan novel best seller selama 2 tahun berturut-turut. Film ini meraih piala citra untuk penataan kamera terbaik serta meraih 4 penghargaan di ajang Festival Film Bandung 2013.

Novel 5 CM menceritakan tentang kisah perjalanan 5 orang sahabat, yaitu Genta, Zafran, Arial, Riani, dan Ian. Suatu hari, mereka merencanakan petualangan ke puncak tertinggi Jawa, Mahameru, Dalam perjalanan tersebut, mereka menemukan makna persahabatan dan perjuangan, sekaligus membuka rahasia-rahasia yang selama ini mereka pendam.

9. 99 Cahaya di Langit Eropa

99 Cahaya di Langit Eropa

* sumber: www.justdial.com

Film 99 Cahaya di Langit Eropa diangkat dari novel berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais yang meraih penghargaan Book of The Year dari IKAPI. Film ini juga menjadi salah satu film dengan biaya produksi termahal yaitu sekitar 15 miliar rupiah. Buku 99 Cahaya di Langit Eropa sendiri merupakan novel biografi yang menceritakan kehidupan Hanum Salsabiela.

Film ini bercerita tentang pengalaman Hanum saat menjadi jurnalis Indonesia yang tinggal di Eropa untuk menemani sang suami, Rangga menjalani kuliah doktorat. Selama berada di Austria, Hanum bertemu banyak orang baru serta menemukan jejak-jejak kebesaran Islam di benua tersebut.

10. Bumi Manusia

Bumi Manusia

* sumber: cinemags.co.id

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama / Drama Sejarah
  • Produksi: Falcon Pictures
  • Sutradara: Hanung Bramantyo
  • Pemeran: Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh

Sinopsis & Review Bumi Manusia

Film Bumi Manusia diangkat dari salah satu novel sastra terbaik Indonesia berjudul sama karya sastrawan legendaris Pramoedya Ananta Toer. Pada ajang Festival Film Indonesia tahun 2019, film ini berhasil masuk ke dalam 12 nominasi. Selain itu, Bumi Manusia juga berhasil meraih  dua Piala Maya.

Bumi Manusia bercerita tentang kehidupan pada era kolonial Belanda dengan mengangkat kisah seorang pribumi terpelajar bernama Minke. Minke kemudian bertemu dengan Annelies, gadis yang dicintainya serta Nyai Ontosoroh, sosok wanita pribumi yang berani melawan ketidak adilan.

Itulah 10 film terbaik yang diangkat dari karya novel yang bisa menjadi rekomendasi tontonanmu. Film manakah yang sudah selesai kamu tonton dan menjadi favoritmu? Ceritakan di kolom komentar ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram