Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Februari 2019

Dunia Entertainment Negeri Gingseng, Korea Selatan, memang saat ini sedang berada di puncaknya. Terutama di bidang musik, drama, reality show televisi, dan perfileman yang saat ini diproduksi berbagai produser terbaik Korea sedang banyak diminati oleh penikmat entertainment di seluruh dunia.

Terkhusus pada dunia perfilman Korea selatan, terdapat banyak jenis film yang ditawarkan. Namun, yang paling banyak diminati adalah film Korea dengan genre romantis (percintaan).

Apakah kamu tahu, kalau ternyata produksi film Korea berterma action juga banyak yang sayang jika dilewatkan begitu saja?.Ada banyak sekali film action yang sudah diproduksi oleh Korea, ada yang bergenre action komedi, historikal action, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini adalah beberapa judul film action terbaik Korea yang sayang jika dilewatkan.

10 Film Action Korea Terbaik

1. Taegukgi / The Brotherhood of War

* sumber: www.kompasiana.com

Taegukgi adalah sebuah film yang bergenre action, drama, dan war. Film ini dirilis tahun 2004 dengan skenarionya ditulis dan disutradarai oleh Kang Je Gyu, berlatar belakang perang saudara antara Korea Selatan dan Korea Utara pada tahun 1950-an dan beralur mundur. Taegukgi sendiri memiliki rating yang bagus di survey film IMDb yakni 8.1 dari 10.

Taegukgi adalah sebuah film tentang dua saudara Jin Seok (diperankan oleh Won Bin) dan Jin Tae (diperankan oleh Jang Dong Gun) yang memiliki konflik kesalahpahaman di antara keduanya ketika perang terjadi.

Berkisah tentang Jin Tae seorang pemuda yang memang diwajibkan untuk membantu militer Korea Selatan pada saat perang. Sedangkan, sang adik Jin Seok, yang seharusnya tidak mengikuti militer, karena usia dan penyakit yang dideritanya, secara tidak sengaja ikut bergabung dalam militer Korea Selatan.

Meskipun terjadi karena ketidaksengajaan, sang adik lantas tidak bisa begitu saja meninggalkan militer, karena pemimpin militer Korea Selatan tetap bersikeras agar Jin Seok tetap menjadi seorang Prajurit perang.

Ketidaksengajaan tersebut diketahui oleh sang kakak yang pada akhirnya membuat perjanjian dengan pimpinan militer Korea Selatan untuk manjalani misi-misi paling berbahaya yang dapat membahayakan nyawanya. Hal ini dilakukan untuk melindungi dan mengeluarkan sang adik dari kemiliteran.

Konfik pun dimulai sejak saat itu hingga membuat keduanya terpisah, yang satu membela Korea Selatan dan yang satunya lagi membelot dan membela Korea Utara.

2. Ajeossi / The Man from Nowhere

Ajeossi

* sumber: asianwiki.com

Ditulis dan disutradarai oleh Lee Jeong Beom, Ajeossi atau The Man from Nowhere ini dirilis pada 2010 dan mendapatkan rating tinggi, 7.8 dari 10 di IMDb. Film ini bergenre action, kriminal, dan thriller. Sesuai dengan genrenya, film ini mengangkat kegiatan kriminal di dalamnya.

Kegiatan kriminal yang ada dalam film ini adalah tindakan jual beli narkotika, organ tubuh manusia dan anak. Film ini diperankan oleh aktor ganteng Won Bin yang berperan sebagai Cha Tae Sik, mantan agen rahasia. Ajeossi adalah film action kedua yang diperankan Won Bin setalah Taegukgi.

Berkisah tentang Cha Tae Sik mantan agen rahasia yang tinggal menyendiri setelah kehilangan istri tercintanya. Setiap harinya, Cha Tae Sik menjadi seorang pegadai, ia membuka sebuah toko pegadaian di apartemen tempat ia tinggal.

Keseharianya yang menyediri terus berlangsung hingga datang anak kecil bernama Jeong So Mi (diperankan oleh Kim Sae Ron) yang selalu saja datang setiap harinya untuk menggadaikan barang, makan, atau mencuri di toko Tae Sik. Awalnya Tae Sik selalu menghadapi So Mi dengan sikap yang dingin. Namun, lama-kelamaan sikapnya menjadi luluh.

So Mi sendiri adalah seorang anak yang kesepian, ia hanya tinggal bersama ibunya yang bekerja sebagai seorang penari. Rasa kesepiannya yang membuat So Mi sering mendatangi Tae Sik ketika ibunya sedang bekerja. Seiring berjalannya waktu, Tae Sik dan So Mi pun menjadi dekat.

Kedekatan tersebut membuat So Mi menjadi satu-satunya teman yang dimiliki oleh Tae Sik. Kedekatan tersebut juga yang membawanya pada masalah yang membuat Tae Sik rela melakukan apa saja demi So Mi termasuk menjadi seorang kriminal pengedar narkotika. Hal tersebut ia lakukan untuk menyelamatkan So Mi dari sindikat narkotika dan penjualan organ tubuh manusia yang saat itu meyekap So Mi.

3. Gamsijadeul / Cold Eyes

Gamsijadeul

* sumber: www.hancinema.net

Film ini bercerita tentang sebuah tim khusus detektif yang sedang menjalani misi gamsijadeul terhadap penjahat kelas atas di Korea. Penjahat kelas atas tersebut salah satunya adalah sebuah organisasi kejam yang merampok bank. Gamsijadeul sendiri memiliki arti pengintaian atau pengawasan.

Bermula dari seorang anggota baru tim khusus detektif bernama Ha Yoon Joo (diperankan oleh Han Hyo Joo) yang menjalani tes pengintaian dan mengingat bersama ketua tim Detective Hwang (diperankan oleh Sol Kyung Gu). Setelah menjalani tes, ternyata Yoon Joo memiliki ingatan yang baik.

Yoon Joo akan mengingat semua kejadian dengan mengetukkan jarinya ke benda. Hal inilah yang mendasari ia berhasil masuk ke dalam tim khusus detektif yang di dalamnya berisi anggota-anggota yang dijuluki dengan nama berbagai hewan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Film ini sebenarnya adalah sebuah remake dari film Hong Kong berjudul Gun Chung / Eye in The Sky tahun 2007. Gamsijadeul ditulis dan disutadarai oleh Jo Ui Seok, bergenre action, kriminal, dan thriller. Film ini rilis pada tahun 2013 dengan rating 7.2 dari 10 menurut IMDb.

Selain, Han Hyo Joo dan Sol Kyung Gu, film ini juga dibintangi oleh Lee Junho 2PM (Hottest mana suaranya?!) yang berperan sebagai detektif dengan julukan Squirrel dan Jung Woo Sung yang berperan sebagai pembunuh berdarah dingin bernama James.

4. Guhamdo / The Battleship Island

* sumber: en.wikipedia.org

Guhamdo atau The Battleship Island adalah sebuah film bergenre action, drama, dan history. Berlatar belakang di tahun 1945, era akhir perang dunia II yang pada saat itu Korea masih jadi jajahan Jepang. Guhamdo rilis pada tahun 2017 dengan rating 7.1 di IMDb, film ini ditulis dan disutradari oleh Ryoo Seung Wan.

Banyak aktor dan aktris terkenal yang bermain peran di Guhamdo di antaranya adalah Hwang Jung Min yang berperan sebagai Lee kang Ok seorang musisi, So Ji Sub sebagai Choi Chil Sung seorang petarung jalanan, Song Jong Ki  sebagai Park Moo Young seorang tentara gerakan kemerdekaan, dan Lee Jung Hyun sebagai Oh Mal Nyeon seorang wanita Korea yang dijadikan wanita penghibur.

Berkisah tentang 400 warga Korea yang dibawa paksa dengan kapal untuk dijadikan sebagai pekerja tambang bagi pria dan wanitanya dijadikan sebagai penghibur di pertambangan pulau Hashima yang letaknya tidak jauh dari Kota Nagasaki, Jepang.

Pertambangan Hashima sendiri dikelilingi oleh tembok tinggi, tebal, dan dijaga oleh tentara-tentara Jepang yang bengis. Untuk bisa kabur dari tempat tersebut juga diperlukan kapal untuk menyebrangi lautan sehingga akan sangat mustahil untuk bisa melarikan diri dari pulau tersebut.

Hal inilah yang mendasari adanya perkumpulan yang dibuat oleh 400 warga Korea yang menjadi tawanan untuk menyusun siasat dan rencana melakukan pemberontakan agar dapat meloloskan diri dan kabur dari Pulau Hashima.

5. Cheongnyeongyeongchal / Midnight Runners

Cheongnyeongyeongchal

Midnight Runners atau Cheongnyeongyeonchal (Polisi Muda) berkisah tentang dua orang taruna yang bersahabat dan sama-sama menempuh pendidikan di sebuah Universitas Kepolisian Korea. Taruna tersebut bernama Park Ki Joon dan Kang Hee Yeol.

Skenario Midnight Runners disutradarai dan ditulis oleh Jason Kim, bergenre action komedi dan rilis pada tahun 2017 dengan rating 7.1 di IMDb. Ki Joon (diperankan oleh Park Seo Jun) dan Hee Yeol (diperankan oleh Kang Ha Neul).

Keduannya memiliki mimpi sederhana yang sama yakni menjadi petugas kepolisian di kemudian hari. Namun, mereka memiliki sifat dan latar belakang keluarga yang berbeda. Hee Yeol memiliki sifat yang kaku, berpikir sebelum bertindak, selalu terencana, dan juga memiliki otak yang cerdas. Hee Yeol datang dari keluarga berkecukupan, orang tuanya adalah pedagang.

Berbeda dengan Hee Yeol, Ki Joon justru memiliki sifat yang blak-blakan, tidak berpikir sebelum bertindak, lugas, dan dinamis. Ki Joon hanya memiliki ibu yang berpenghasilan rendah.

Meskipun memiliki sifat dan datang dari keluarga yang berbeda, mereka justru dapat memahami satu sama lainnya dengan sangat baik. Pertemanan mereka dimulai pada saat tes terakhir untuk bisa masuk sebagai Taruna Kepolisian, He Yeol mengalami cidera sehingga ia mungkin saja tidak dapat menyelesaikan tesnya.

Pada saat itulah Ki Joon membantunya untuk menyelesaikan tes tersebut bersama, dan pada akhirnya mereka berdua menjadi semakin dekat. Konflik pada film ini bermula pada saat keduanya mendapat izin untuk keluar dari lingkungan pendidikan selama seharian.

Ketika hendak kembali ke Universitasnya, mereka secara tidak sengaja melihat penculikan seorang wanita. Keduanya pun memutuskan untuk menyelamatkan wanita yang diculik tersebut, sehingga membawa mereka berurusan dengan beberapa masalah lain.

6. Beterang / Veteran

Beterang

* sumber: evinurulhidayati.blogspot.com

Beterang atau Veteran adalah sebuah film bergenre action, komedi, dan kriminal. Skenarionya ditulis dan disutradarai oleh Ryoo Seung Wan, dirilis pada tahun 2015 dengan skor rating bagus 7.0 di IMDb.

Film ini berkisah tentang seorang detektif bernama Seo Do Cheol (diperankan oleh Hwang Jung Min) yang mengusut kasus kejahatan kelas atas. Setelah melakukan investigasi, ia menemukan petunjuk bahwa dalang dari kejahatan tersebuat adalah Jo Tae Oh (diperankan oleh Yoo Ah In).

Jo Tae Oh adalah seorang pengusaha muda yang angkuh, keturunan ketiga dari konglomerat yang memiliki perusahaan berpengaruh yakni Sinjin Group. Tentu tugas menangkap Jo Tae Oh bukanlah hal yang mudah bagi detektif Seo Do Cheol.

Karena memiliki banyak uang dan koneksi, berbagai cara dilakukan oleh Jo Tae Oh untuk bisa lolos dari kejaran detektif Seo Do Cheol dan anak buahnya, termasuk juga dengan menyuap beberapa polisi untuk menghentikan pengejaran terhadapnya.

Meskipun tidak mudah untuk menangkap Jo Tae Oh, detektif Seo Do Cheol tidak menyerah atau berhenti begitu saja, ia justru tetap teguh dan kukuh melakukan pengejaran, penyelidikan, dan penangkapan terhadap pengusaha muda guna menyelesaikan misi yang diembannya.

7. Eunmilhage Widaehage / Secretly, Greatly

* sumber: www.korea.net

Bercerita tentang kelompok mata-mata, Unit 5446 Korea Utara, yang ditugaskan ke Korea Selatan mengemban misi-misi tertentu. Unit 5446 berisikan pemuda Korea Utara yang sejak kecil dipersiapkan dan dilatih oleh pasukan khusus Korea Utara dengan tujuan menjadi mata-mata demi negaranya.

Ada sekitar 30 mata-mata yang dikirim ke Korea Selatan. Mata-mata unit 5446 dikirim ke Korea Selatan dengan identitas penyamaran yang berbeda-beda. Cerita film ini berfokus pada tiga anggota Unit 5446 yakni Won Ryu Hwan (Kim Soo Hyun) nama samaran Bang Dong Gu, Lee Hae Rang (Park Ki Woong), dan Ri Hae Ji (Lee Hyun Woo).

Won Ryu Hwan adalah seseorang dengan kemampuan menguasai lima bahasa dan merupakan seseorang dengan julukan mesin pembunuh yang menyamar sebagai seorang yang bodoh dan linglung. Ri Hae Ji menyamar sebagai seorang murid SMA, sedangkan Lee Hae Rang menyamar sebagai seorang penyanyi rock.

Setelah sekian lama berada di Korea Selatan mereka belum juga mendapatkan misi dari Korea Utara. Penantian yang membosankan tersebut lama-lama membuat mereka berbaur dengan masyarakat sekitar tempat mereka tinggal. Hingga misi pun akhirnya datang, namun ketiganya menolak untuk melakukan misi tersebut.

Karena penolakan tersebut menyebabkan pemerintah Korea Utara mengutus seorang instruktur militer untuk mengecek dan melenyapkan mata-mata yang tidak patuh pada perintah atau yang melakukan penolakan.

Secreatly, Greatly dirilis tahu 2013 dengan rating survey 6.9 dari 10 menurut IMDb. Film ini ditulis oleh Yun Hong Gi dan Kim Bang Hyon, disutradarai oleh Jang Cheol Soo, dan bergenre action, komedi, dan drama.

8. Jojagdeon Doshi / Fabricated City

* sumber: www.imdb.com

Fabricated City atau Jojangdeon Doshi adalah sebuah film karya sutradara Park Kwang hyun, ia sendiri yang menulis dan menyutradari film ini. Fabricated City rilis tahun 2017 dengan rating 6.9 dari 10 menurut survey IMDb. Fabricated City adalah film dengan genre action, kriminal, dan thriller.

Berkisah tentang Kwon Yoo (Ji Chang Wook) seorang gamer yang reputasinya sudah dikenal sebagai gamer tingkat atas. Kwon Yoo sendiri sebenarnya adalah seorang pensiunan atlet nasional Tae Kwon Do yang kemudian mendedikasikan seluruh waktunya untuk bermain game hingga menjadi seorang gamer yang handal.

Namun, kedamainnya dalam bermain game pun terusik ketika ia terlibat dalam sebuah masalah di mana ia dituduh sebagai pelaku tindakkan kriminal pembunuhan dan pemerkosaan atas seorang sisiwi SMA.

Oleh pengadilan, ia ditetapkan sebagai otak dari pembunuhan tersebut dan dikenai hukuman penjara seumur hidup. Kwon Yoo yang merasa tidak pernah melakukan pembunuhan tersebut pun mulai mencari-cari kebenaran untuk membuktikan bahwa ia tidak bersalah dan tidak terlibat dalam pembunuhan tersebut.

Untuk membuktikan bahwa Kwom Yoo tidak terlibat dan tidak bersalah, ia dibantu oleh teman sesama gamer bernama Demolition (Ahn Jae Hong) dan seorang hacker bernama Yeo Wool atau Mr. Hairy (Shim Eun Kyung).

9. Dodukdeul / The Thieves

Dodukdeul

Dodeukdeul (Pencuri) atau The Thieves—judul internasional—adalah sebuah film yang bercerita tentang sebuah kelompok pencuri profesional asal Korea Selatan beranggotakan Popie (Lee Jung Jae), Yenicall (Gianna Juni), Chewing Gum (Kim Hae Sook), dan Zampano (Kim Soo Hyun).

Kelompok pencuri profesional asal Korea ini mendapatkan tawaran kerjasama dari Makau Park (Kim Yun Seok) yang merupakan kawan lama dari Popie. Makau Park mengajak kelompok Popie untuk melakukan pencurian di Hong Kong dan bekerja sama dengan pencuri asal Hong Kong; Chen (Simon Yam), Andrew (Oh Dal Su), Julie (Angelica Lee), dan Jhonny (Derek Tsang).

Di Hong Kong, mereka berencana untuk mencuri sebuah berlian—Tear of Sun—di sebuah suite room Kasino Macau & Resort. Berlian Tear of Sun saat itu dimiliki oleh seorang penjahat kriminal kelas kakap yang kejam bernama Wei Yong. Selain itu, Wei Yong memasang pengamanan yang handal sehingga tidak mudah untuk mencuri berlian tersebut.

The Thieves adalah sebuah film yang skenarionya ditulis oleh Lee Ki Cheol dan Choi Dong Hoon, disutradarai oleh Choi Dong Hoon, dirilis tahun 2012 dengan rating yang bagus di survey film IMDb yakni sebanyak 6.8 dari 10, dan bergenre action, komedi, dan kriminal.

10. Dongchangsaeng / Commitment

Dongchangsaeng

Commitment dirilis tahun 2013 bergenre action-drama yang disutradari oleh Park Hong Soo dan skenarionya ditulis oleh Kim Soo Young. Film ini mendapat apresiasi yang baik sejak dirilis oleh para penikmat film di seluruh dunia, hal ini dibuktikan melalui ratingnya yang cukup baik pada survey film IMDb sejumlah 6.8 dari 10.

Film ini dibintangi oleh aktor dan aktris terkemuka Korea Selatan di antaranya a\dalah; Choi Seung Hyun/T.O.P (VIP-ssi mana suaranya?), Han Ye Ri, Kim Yoo Jung, Jo Sung Ha, dan Yoon Je Moon.

Bercerita tentang seorang laki-laki remaja warga negara Korea Utara bernama Li Myung Hoon (T.O.P) yang secara terpaksa harus menjadi seorang mata-mata di Korea Selatan atas kesepakatan bersama seorang kolonel bernama Moon Sang Chul (Jo Sung Ha). Myung Hoon melakukan kesepakan dengan Moon Sang Chul untuk membebaskan diri dan adiknya Li Hye In (Kim Yoo Jung) dari tahanan di Korea Utara.

Setelah melakukan kesepakatan, Myung Hoon kemudian dilatih selama 2 tahun di kemiliteran Korea Utara. Selanjutnya, ia dikirim ke Korea Selatan, tinggal bersama sepasang suami istri mata-mata Korea Utara dan berganti nama menjadi Kang Dae Hoo.

Di Korea Selatan, Myung Hoo menjadi murid SMA biasa, ia berteman dengan seorang gadis bernama Lee Hye In (Han Ye Ri) yang sering dibuli. Setelah beberapa lama berada di Korea Selatan, akhirnya ia mendapatkan tugas pertamanya untuk membunuh seorang yang merupakan agen Korea Utara dan bekerja pada lawan politik Presiden Korea Utara bernama Big Dipper.

Demikianlah 10 judul film action Korea terbaik yang sayang jika dilewatkan. Teruntuk Movie Lovers, dunia perfilman Korea dengan genre action juga jangan sampai dilewatkan, ya. Soalnya, selain pemainnya yang gagah dan kece-kece, alur ceritanya juga tidak akan bikin nyesel, lho. Punya rekomendasi film action usungan Korea lainnya? Bagikan di kolom komentar, ya. Selamat menonton!