Daftar Film Action Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Randi Mulyadi

Dunia perfilman di Tanah Air tengah menggeliat. Para pembuat film terus menciptakan tontonan yang semakin menarik. Tak kalah dengan film-film besutan Hollywood. Apalagi jika berbicara mengenai film laga atau action.

Dampaknya, beberapa aktor laga dalam negeri pun tampil di sejumlah film internasional, diantaranya Iko Uwais, Joe Taslim, dan Yayan Ruhian. Para produser pun kepincut dengan aksi mereka dalam film di Indonesia.

Agar tidak penasaran, di bawah ini ada daftar film-film aksi Indonesia yang tak kalah dibandingkan punya luar negeri. Bacaterus telah membuat ulasan singkat mengenai sejumlah film action Indonesia yang wajib Anda tonton.

1. Sri Asih

film action indo_Sri Asih_

Sri Asih (2022) menjadi film bergenre aksi dan superhero yang sangat dinantikan oleh para penonton Indonesia. Film kedua dari Bumilangit Cinematic Universe ini akan dibintangi oleh Pevita Pearce, Reza Rahadian, Jefri Nichol, hingga Ario Bayu sebagai pemeran utamanya.

Dari trailer pertamanya saja, sudah dipastikan film ini akan menampilkan banyak sekali adegan aksi yang luar biasa. Kisahnya berfokus pada seorang gadis bernama Alana yang penasaran dengan jati dirinya.

Diadopsi oleh keluarga kaya raya, Alana penasaran mengenai masa lalu dan misteri-misteri lain mengenai dirinya. Dari sinilah Alana mengetahui, bahwa dirinya adalah reinkarnasi dari Dewi Sri Asih. Alana harus bisa melawan kelompok-kelompok jahat yang berniat membangkitkan Dewi Api.

2. Qodrat

film action indo_Qodrat_

Jangan salah, Qodrat (2022) ternyata bukan sekedar film horor lho. Pasalnya, film ini juga menyuguhkan berbagai aksi laga yang cukup menghibur mata.

Film yang dibintangi oleh pasangan suami istri Vino G. Bastian dan Marsha Timothy ini, mengisahkan gangguan dari iblis kepada manusia. Semua berawal ketika Qodrat kehilangan putranya yang bernama Alif, pasca anak ini dirasuki iblis jahat.

Untuk menenangkan diri, Qodrat memutuskan untuk kembali ke pondok pesantrennya. Namun keadaan pondok dan masyarakat sekitar sangat aneh dan dipenuhi hawa mistis.

Benar saja, hampir semua orang di desa ini menjadi korban gangguan mistis. Namun yang membuat Qodrat terguncang, ternyata dalang dari semua ini adalah sahabatnya sendiri yang kini sudah menyembah iblis.

3. Satria Dewa: Gatotkaca

film action indo_Satria Dewa Gatotkaca_

Satria Dewa: Gatotkaca (2022) menjadi film aksi dan superhero lainnya yang wajib banget kamu tonton. Film garapan sutradara Hanung Bramantyo ini jadi film pertama dari Satria Dewa Universe.

Film ini dibintangi oleh deretan selebriti muda yang menjelma sebagai keturunan Pandawa. Untuk film pertamanya, Rizky Nazar, Yasmin Napper dan Omar Daniel akan didapuk jadi pemeran utamanya.

Mengisahkan seorang pemuda bernama Yuda yang mencari tahu penyebab tewasnya sang sahabat. Dari sinilah Yuda tidak sengaja bertemu dengan Dananjaya, yaitu keturunan Pandawa yang membantunya mengetahui jati dirinya.

Di balik kisah hidup Yuda yang menyedihkan, ternyata dirinya adalah titisan dari Gatotkaca yang diketahui sebagai penjaga klan Pandawa.

4. Ben & Jody

film action indo_Ben & Jody_

Film aksi lainnya yang bisa kamu tonton adalah Ben & Jody (2022). Film laga yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko ini bikin para penonton deg-degan.

Film yang diproduksi oleh Visinema Pictures ini akan dibintangi oleh Rio Dewanto dan Chicco Jerikho. Karakter yang mereka perankan juga masih diadaptasi dari novel berjudul Filosofi Kopi yang ditulis oleh Dee Lestari. Adapun kisahnya tentang usaha Jody untuk menyelamatkan sahabatnya yang bernama Ben.

Saat Ben pergi ke kampung halamannya, pria ini dihadapkan dengan prahara perebutan tanah dengan sebuah perusahaan besar. Hal ini membuat Ben dan Jody harus berhadapan dengan kelompok mafia kejam bersama para penduduk desa.

5. 9 Naga

9 Naga
*
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Crime, Drama
  • Sutradara: Rudy Soedjarwo
  • Pemeran: Donny Alamsyah, Fauzi Baadila, Dorman Borisman
  • Perusahaan Produksi: MRA Media Broadcasting, Reload Pictures, Sinemart Pictures

9 Naga mengisahkan tiga orang sahabat bernama Marwan (Lukman Sardi), Lenny (Fauzi Baadilla), dan Donny (Donny Alamsyah). Mereka bekerja sebagai pembunuh bayaran.

Seiring berjalannya waktu, mereka mulai menyadari jika pekerjaannya itu tidak menjanjikan masa depan lebih baik. Disamping itu, risiko yang ditanggungnya juga sangatlah besar.

Cerita mulai menarik ketika pelbagai peristiwa yang tak terduga terjadi begitu saja. Sejak saat itu, mereka merasa muak dengan yang apa yang telah dilakukan sebelumnya. Perjuangan ketiga sahabat itu tentu sangat layak untuk menemani akhir pekan kamu.

6. Serigala Terakhir

Serigala Terakhir

Serigala Terakhir juga bercerita tentang persahabatan sekelompok remaja yang tinggal di pinggiran Jakarta. Lima pemeran utamanya adalah Ale (Fathir Muchtar), Jarot (Vino G. Bastian), Lukman (Dion Wiyoko), Sadat (Ali Syakieb), dan Jago (Dallas Pratama). Di antara mereka, Ale dan Jarot menjadi dua paling menonjol.

Musabab pertikaian yang terjadi, Jarot membunuh salah satu musuhnya demi melindungi Ale. Jarot pun akhirnya masuk penjara. Namun selama berada di balik jeruji besi, tak satu pun sahabat Jarot menjenguk.

Konflik pun memuncak ketika Jarot keluar penjara dan dibawa seseorang masuk ke markas besar geng narkoba. Jarot pun harus berhadapan dengan sahabat lamanya. Perkelahian pun tak terelakan.

Serigala terakhir menjadi salah satu film action Indonesia yang wajib kamu tonton. Selain dunia kriminal, kisah percintaan pun tumbuh di sini.

7. Merantau

Merantau
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Drama
  • Sutradara: Gareth Evans
  • Pemeran: Iko Uwais, Sisca Jessica, Christine Hakim
  • Perusahaan Produksi: Pt. Merantau Films

Merantau mungkin bisa menjadi awal naiknya nama Iko Uwais. Dalam film ini, ia menjadi seorang pemuda dari Minangkabau yang harus merantau karena sudah menjadi tradisi desa. Jakarta menjadi tujuannya.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram