Bacaterus / Inilah Fasilitas dan Kebijakan dari JR West Pass yang Wajib Diketahui

Inilah Fasilitas dan Kebijakan dari JR West Pass yang Wajib Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2020

Khusus untuk kamu yang sedang berlibur atau sedang merencanakan liburan ke Jepang dan ingin berkeliling Jepang menggunakan kereta, kamu harus mencoba untuk menggunakan layanan jasa yang ditawarkan JR West. Layanan jasa yang dimaksud adalah layanan jr west pass. Layanan ini memungkinkan kamu untuk berkeliling Jepang dengan menggunakan kereta yang berada di bawah naungan West Japan Railway Company ( JR West ).

Namun sebenarnya apa sih JR West itu? Lalu, apa saja fasilitas yang ditawarkan dan kebijakan apa saja yang diberlakukan di JR West? Sehingga kamu harus menggunakan layanan jasa ini, bila sedang berkunjung ataupun berlibur ke Jepang. Berikut adalah beberapa uraian mengenai fasilitas dan kebijakan serta informasi cukup menarik dari JR West yang mampu digunakan sebagai jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas.

JR West

JR West

JR West adalah salah satu anak dari Railway Company di Jepang. JR West ini, berfokus pada perjalanan dengan rute di sepanjang Jepang bagian barat. Oleh karenanya, jasa dari JR West yang berupa JR West Pass sangat cocok bila digunakan sebagai alat transportasi umum pilihan untuk mengunjungi Kansai, Hiroshima, Okayama dan berbagai daerah lain yang ada di wilayah barat dari negara Matahari Terbit ini.

Selain membawamu ke kota-kota ataupun daerah-daerah utama di bagian barat Jepang, JR West Pass juga akan membawamu ke berbagai destinasi wisata yang sangat populer dan terkenal di daerah barat Jepang. Beberapa destinasi wisata di daerah barat Jepang yang menarik, indah serta dapat dicapai dengan menggunakan layanan JR West Pass, yaitu :

  1. Taman Istana Osaka.
  2. Nankinmachi
  3. Fushimi Inari Taisha.
  4. Fukui Prefectural Dinosaur Museum.
  5. Taman Monumen Perdamaian Hiroshima, serta
  6. Beraneka Ragam Destinasi Wisata Populer Lainnya.

Fasilitas

JR Train

JR West Pass memiliki tiga jenis kelas. Pada setiap kelas tentu memiliki beberapa perbedaan pada fasilitas yang ditawarkan. Ketiga kelas dan fasilitas yang dimaksud, terdiri dari :

Ordinary Car

Ordinary car merupakan kelas paling standar dari kereta JR West Pass. Di kelas ini, kamu akan mendapatkan berbagai fasilitas standar dari sebuah kereta commuter. Seperti halnya AC, kamar mandi, tempat duduk yang nyaman dan koneksi WiFi.

Green Car

Tak jauh berbeda dengan kelas ordinary car, kelas green car juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Tak kalah dari kelas ordinary car. Bahkan fasilitas di dalam green car dapat dibilang sama dengan fasilitas di kelas ordinary car. Satu-satunya yang membedakan diantara keduanya adalah dari sisi luasnya. Green car memiliki ruangan yang sedikit lebih luas dibandingkan kelas ordinary car.

Gran Car

Gran Car merupakan kelas tertinggi atau kasta termewah dari JR West Pass. Sehingga bukan hal yang aneh bila fasilitas di Gran Car jauh lebih bagus dan mewah dibandingkan kedua kelas lainnya. Bahkan tempat duduk di kereta commuter kelas gran car, jauh lebih eksklusif.

Itulah beberapa kelas dan fasilitas yang diberikan oleh JR West Pass. Selain fasilitas yang terdengar sangat nyaman itu, pelayanan dari JR West Pass juga patut untuk diacungi jempol. Sehingga bukan hal aneh bila JR West Pass adalah salah satu pilihan transportasi umum favorit bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung dan berlibur ke bagian barat Jepang.

Kebijakan

JR West pass Traveloka

Bila kamu tertarik untuk bisa mendapatkan tiket JR West Pass, kamu bisa langsung masuk ke aplikasi Traveloka dan melakukan pemesanan atau booking tiket. Cara pemesanan dan booking pun layaknya booking tiket di Traveloka pada umumnya. Namun, sebelum kamu melakukan booking tiket, alangkah baiknya bila kamu mengetahui dan memahami kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan atau dimiliki oleh JR West Pass. Beberapa kebijakan dari JR West Pass tersebut, meliputi :

  1. JR West Pass hanya dapat digunakan oleh turis luar negeri ( wisatawan mancanegara di Jepang ) yang memiliki visa temporary visitor. Sehingga kamu jangan sampai kelupaan untuk meminta cap temporary visitor kepada petugas bandara, setelah mendarat di Bandara Internasional Jepang.
  2. JR West Pass memiliki durasi sekitar 3 sampai 7 hari.
  3. Satu hanya dapat digunakan oleh satu orang saja.
  4. Serta berbagai kebijakan lain bisa kamu lihat di ketentuan-ketentuan umum saat membeli tiket di Traveloka.

Nah, itulah hal-hal seputar fasilitas dan kebijakan mengenai JR West Pass yang harus kamu ketahui. Jadi, sudah tidak ragu bukan untuk membeli JR West Pass via Traveloka? Selamat berlibur di Jepang!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *