Bacaterus / gfriend / 11 Fakta Menarik Yuju, Idol yang Sangat Berbakat dari GFriend

11 Fakta Menarik Yuju, Idol yang Sangat Berbakat dari GFriend

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Juli 2019

Selain Eunha, GFriend juga mempunyai seorang lead vocal lainnya. Yuju adalah lead vocal tersebut. Sama seperti Eunha, Yuju juga memiliki talenta berupa suaranya yang bagus. Selain bernyanyi, Yuju juga mempunyai bakat di bidang lain. Hal itu tentu sangat menunjang kariernya, terutama selama berada di dalam GFriend.

Yuju sendiri memiliki sejumlah fakta menarik yang sayang untuk dilewatkan. Fakta-fakta menarik itu bisa kamu simak sebagai berikut:

1. Member Paling Tinggi Kedua di GFriend

Member Paling Tinggi Kedua di GFriend

Yuju memiliki tinggi badan 169 cm. Tinggi badannya itu membuat dia menjadi member tertinggi kedua di GFriend. Adapun member paling tinggi di GFriend sendiri adalah leader mereka, Kim So Jung alias Sowon.

Sowon sendiri memiliki tinggi 172 cm. Karena sama-sama tinggi, Yuju pun digabungkan dengan Sowon oleh Source Music ke dalam satu line up khusus. Adapun nama line up khusus untuk Yuju dan Sowon tersebut bernama “Tall Line”.

2. Masa Pra-Debut

Masa Pra-Debut

Sebelum menjalani debut di GFriend, Yuju pernah berpartisipasi dalam program Kpop Star 1 season 1. Sayangnya, Yuju harus tereliminasi di babak pertama kompetisi tersebut. Yuju juga sempat mengikuti audisi JYP. Sayangnya, dia juga gagal harus menelan kegagalan.

Yuju juga sempat meng-cover dua salah satu lagu Diva Project: Mermaid & Stand Up For Love. Dan seperti halnya beberapa member GFriend lainnya, Yuju juga sempat menjadi trainee di label lain. Saat itu, Yuju pernah menjalani masa trainee di Loen entertainment dan Cobe entertainment selama 3-4 bulan.

3. Member yang Memiliki Banyak Talenta

Member yang Memiliki Banyak Talenta

Di GFriend, Yuju berperan sebagai lead vocal. Kendati berposisi lead vocal, Sebagai lead vocal, Yuju kemampuan vocal yang baik. Di antara semua member GFriend, Yuju menjadi satu-satunya member yang mampu bernyanyi dengan nada tinggi.

Kemampuannya bernyanyi dalam nada tinggi membuat Yuju dipuji sejumlah idol lain. Selain benyanyi, Yuju juga punya cukup banyak talenta. Perempuan kelahiran 4 Oktober 1997 ini juga pandai bermain gitar, menulis lagu, dan membuat komposisi sebuah lagu.

4. Nama Asli dan Nama Baptis

Nama Asli dan Nama Baptis

Yuju memiliki nama asli Cho Yu Na. Yuju sendiri merupakan nama debut dan panggung dari member berusia 22 tahun ini. Sama seperti nama debut member lainnya, nama debut member satu ini juga mempunyai makna di dalamnya.

Nama Yuju sendiri memiliki makna “Kasih Sayang”. Yuju merupakan member GFriend yang menganut agama Katolik Roma. Karena beragama Katolik Roma, Yuju pun jadi punya nama baptis, selain nama asli dan nama debutnya. Nama baptis Yuju sendiri adalah “Angela”.

5. Member GFriend yang Paling Aneh

Member GFriend yang Paling Aneh

Yuju memiliki sejumlah keanehan di dalam dirinya. Hal itu membuatnya mendapat julukan YeoJaeYi dari para member GFriend lainnya. Salah satu keanehan yang dilakukannya adalah selalu bertepuk tangan ketika dia sedang tidur.

Kalau Eunha mampu menirukan suara bel rumah orang kaya, maka Yuju juga punya kemampuan unik yang serupa. Bedanya, Yuju tidak meniru suara bel rumah, tetapi meniru suara penyai Zia alias Park Ji-hye. Yuju mampu menirukan penyanyi terkenal Korea Selatan itu dengan sangat baik.

6. Meraih Sejumlah Penghargaan, Baik Sebelum dan Setelah Bergabung dengan GFriend

Meraih Sejumlah Penghargaan, Baik Sebelum dan Setelah Bergabung dengan GFriend

Sebelum menjadi anggota GFriend, Yuju pernah mendapatkan sejumlah penghargaan. Penghargaan pertama yang dia dapatkan adalah Top Award dari Gyeonggi General Arts Festival pada 2010 silam. Setahun setelahnya, Yuju kembali mendapatkan penghargaan lagi dari Gyeonggi General Arts Festival berupa Golden Award.

Setelah bergabung dengan GFriend, Yuju juga mendapat sejumlah penghargan, baik bersama GFriend ataupun tidak. Bersama GFriend, Yuju mendapatkan sejumlah penghargaan, baik di ajang Melon Music Award, The Show, maupun dari ajang penghargaan lainnya.

Di luar GFriend, Yuju berhasil mendapatkan penghargaan Best Original Soundtrack dari Melon Music Arad 2015. Penghargaan itu dia dapat dari lagu hasil kolaborasinya dengan Loco: “Spring is Gone by Chance.

7. Pernah Jatuh dari Panggung Beberapa Kali, hingga Jarinya Patah

Pernah Jatuh dari Panggung Beberapa Kali, hingga Jarinya Patah

Pada saat mempromosikan single “Me Gustas Tu” di Seoul, Yuju dan member GFriend lainnya sempat mengalami insiden jatuh dari panggung. Tak tanggung-tanggung, mereka terjatuh hingga delapan kali. Bahkan, Yuju sampai patah jarinya.

Walau terjatuh hingga jarinya patah, Yuju dan member GFriend lainnya tetap melanjutkan penampilan mereka. Hal itu membuat mereka mendapat sejumlah pujian, serta dianggap sebagai girlgroup yang pofesional saat di atas panggung.

8. Rutin Berkolaborasi dengan Musisi Lainnya

Rutin Berkolaborasi dengan Musisi Lainnya

Seperti halnya eunha, Yuju juga sering berkolaborasi dengan musisi lainnya dalam sebuah lagu.  Kolaborasi pertama Yuju adalah pada lagu “Spring is Gone by Chance” yang dia nyanyikan bersama Loco. Lagu tersebut dipakai untuk OST film The Girl Who Sees Smells.

Seperti disebutkan di nomor sebelumnya, lagu tersebut mendapat penghargaan dari Melon Musik sebagai best OST. Lagu “Spring is Gone by Chance” sendiri dibuat dalam dua versi: versi asli dan versi akustik.

Setelah dengan Loco, Yuju juga berkolaborasi dengan para musisi lainnya. Seperti: The Name, Sunyoui, Jihoo, Jung Key, dan Suran. Tak hanya berkolaborasi, Yuju juga sering bernyanyi secara solo. Salah satu lagu solonya adalah “Just This Song” yang dipakai sebagai soundtrack Let’s Eat 3.

9. Dikenal Sebagai Sosok Keibuan, Hidden Card, dan Sporty

Dikenal Sebagai Sosok Keibuan, Hidden Card, dan Sporty

Selain Sowon, Yuju juga sering dianggap ibu bagi member GFriend lainnya. Sifat keibuannya sendiri bisa dilihat dari betapa perhatiannya dia kepada member GFriend lainnya. Khususnya, terhadap kesehatan dan keselamatan mereka.

Yuju sendiri juga sering dianggap sebagai hidden card bagi member GFriend lainnya. Hal ini tak lepas dari kemampuannya dalam bernyanyi dan membuat lagu. Dua kemampuan utamanya itu bisa membuat Yuju memberi warna tersendiri di dalam tubuh GFriend.

Yuju pun juga dikenal sebagai sosok sporty. Image tersebut tak lepas dari kapandaian Yuju dalam bermain skating dan senam ritmik.

10. Member K-Pop ’97 Line

Member K-Pop ’97 Line

Selain member GFriend, Yuju juga tergabung ke dalam grup K-Pop ’97 Line. Grup tersebut merupakan project kolaborasi yang berisi para idol kelahiran 1997. Di grup tersebut, Yuju tergabung bersama Chaeyoeon IOI/DIA, Jihyo Twice, BamBam GOT7, dan rekan satu grupnya di GFriend: Eunha.

Grup kolaborasi itu pernah tampil di ajang KBS Song Festival pada 29 Desember 2016 lalu. Dalam acara itu, K-Pop ’97 Line menyanyikan salah satu lagu grup musik YB: A Flying Butterfly. Tak hanya kompak di panggung, grup kolaborasi tersebut juga akrab di luar panggung. Hal itu dibuktikan dengan adanya grup chat khusus untuk semua anggota grup tersebut.

11. Kriteria Pria Idaman

Kriteria Pria Idaman

Sebagai mana personel GFriend lainnya, Yuju juga punya kriteria pria idaman, serta siapa yang menjadi pria idamannya.Untuk soal pria, Yuju sangat menyukai pria yang senyumnya indah. Untuk pria idaman, Yuju menjadikan Kim Woo-bin sebagai idamannya.

Menurut sumber lain, pria idaman Yuju ternyata bukan Kim Wo-bin. Katanya, pria idaman Yuju justru adalah lead vocal dari grup Beast: Yang Yo-seob.

Itulah beberapa fakta menarik soal Yuju, member GFriend yang cukup bertalenta. Semoga bermanfaat ya Buddy!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar