Bacaterus / Entertainment / 10 Fakta Yesung Super Junior yang Wajib Diketahui Para ELF

10 Fakta Yesung Super Junior yang Wajib Diketahui Para ELF

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Oktober 2018

Siapa, sih, yang tidak kenal Super Junior? Semua orang pasti tahu boy band yang sudah veteran di dunia K-Pop ini. Pada kesempatan kali ini, Bacaterus mau membahas salah satu member Super Junior, yaitu Yesung. Nama asli Yesung adalah Kim Jong-woon (김종운). Cowok manis ini lahir pada tanggal 24 Agustus 1984.

Selain menjadi member Super Junior, Yesung dikenal juga sebagai penyiar radio, MC, dan aktor teater serta layar lebar. Yesung dapat begabung bersama Super Junior karena dia mengikuti SM Entertainment Starlight Casting System pada tahun 2001 silam.

Yesung, bersama dengan Super Junior, telah meraih banyak piagam penghargaan di acara music award Korea Selatan maupun luar negeri. Apakah kamu bertanya-tanya kenapa dari Kim Jong-woon bisa menjadi Yesung? Jadi, nama panggung Yesung itu ada artinya. Nama Yesung diambil dari frasa 예술가의 성대 (yesulgaui seongdae) yang berarti art of voice.

Nah, sekarang Bacaterus akan mengajak kamu mengenali Yesung oppa lebih dekat, yuk. Ini dia sepuluh fakta Yesung yang unik dan menarik dari zaman pre-debut hingga kini.

10 Fakta Unik Yesung Super Junior

1. Didaftarkan Ibunya untuk Audisi

Didaftarkan Ibunya untuk Audisi

Jika kebanyakan idol mengikuti audisi atas kemauannya sendiri, berbeda dengan Yesung yang didaftarkan oleh ibunya. Memang, sejak kecil Yesung sudah terlihat sangat tertarik dengan bidang menyanyi. Pada tahun 1999, Yesung mengikuti kontes bernyanyi “Cheonan Singing Competition” di salah satu stasiun TV Korea. Yesung memenangkan kontes tersebut dengan mudah.

Dua tahun setelahnya, yaitu pada tahun 2001, Im Bo Kyung—ibunda Yesung—mendaftarkan anaknya untuk mengikuti “Starlight Casting System” dari SM Entertainment. Kala itu, Yesung membuat impresi yang sangat baik dan dapat mengesankan juri dengan suara “artistik”-nya.

Yesung pun menandatangani kontrak kerja dengan SM Entertainment pada tahun itu juga. Dan, Yesung resmi menjadi trainee di SM Entertainment sejak tahun 2001. Yesung dimasukkan ke dalam rotation group Super Junior sebagai anggota generasi pertama. Jadi, dia itu memang sudah dipastikan bakal segera debut dan grupnya itu Super Junior, ya, genks.

2. Pernah Nakal Waktu SMA

fakta Yesung Pernah Nakal Waktu SMA

Kalau dilihat dari mukanya, Yesung itu nampak seperti anak baik-baik, kan? Akan tetapi, ternyata waktu SMA dulu Yesung pernah nakal, loh. Jadi, dulu itu Yesung mewarnai rambutnya jadi kemerahan.

Padahal peraturan sekolah Yesung cukup ketat di mana mewarnai rambut itu dilarang. Makanya, dulu Yesung pakai helm di kelas. Ketika ditanya guru, Yesung mengatakan kepalanya terlalu besar, jadi helmnya nyangkut. Ada-ada saja, ya?

Pernah, ketika Yesung masih SMA juga, dia sangat menginginkan sebuah radio. Zaman dulu, kan, memang belum ada ponsel serta music player yang canggih, makanya radio terasa sangat keren dan must have bagi Yesung. Karena itulah Yesung menabung dari uang jajannya selama berbulan-bulan untuk membeli radio.

Akan tetapi, setelah radio terbeli, nilai pelajaran Yesung jadi pada turun. Ibu Yesung menyalahkan anaknya yang terlalu sering mendengarkan radio sehingga lupa belajar. Akhirnya radio Yesung pun dibuang oleh sang bunda. Yesung menangis hebat ketika mengetahui radio yang sangat dijaganya itu dibuang begitu saja. Bahkan, Yesung sempat berencana kabur dari rumah, tapi tidak jadi.

3. Member Super Junior Generasi Pertama

Member Super Junior Generasi Pertama

Fakta Yesung yang selanjutnya, Yesung adalah member Super Junior generasi pertama. Jadi, dari awal konsep Super Junior dibentuk, Yesung sudah dipastikan menjadi anggota fix-nya. Pada tahun 2005, Super Junior debut dengan 12 anggota dengan single pertama mereka yang berjudul “Twins (Knock Out)”.

Pada tahun 2007, Yesung debut dalam sub-unit Super Junior yang bernama “K.R.Y”. Anggota sub-unit K.R.Y adalah Kyuhyun, Ryeowook, dan Yesung. Lalu, pada tahun 2008, Yesung debut lagi bersama sub-unit Super Junior yang bernama Super Junior-Happy yang disingkat menjadi “Super Junior-H” atau “SJ-H”.

Sub-unit Super Junior-H beranggotakan 6 anggota Super Junior yaitu Leeteuk, Kang-in, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, dan Yesung. Tak sampai di sana saja, Yesung juga berpartisipasi dalam S.M. The Ballad (kumpulan artis SM Entertainment).

4. Bintang Teater Musikal

fakta Yesung Bintang Teater Musikal

Tak hanya sibuk dengan Super Junior dan sub-unitnya, Yesung juga punya pekerjaan lain. Pada tahun 2009, Yesung debut menjadi aktor teater musikal. Teater pertama Yesung berjudul “Namhansanseong” (Penjaga Hutan Gunung Korea Selatan). Teater musikal ini berdasarkan novel karya Kim Hoon yang didasarkan pada kisah nyata.

Yesung mendapatkan peran yang cekcok dengan tokoh utama lainnya, karakternya bernama Jung Myung-soo. Teater musikal ini main dalam waktu yang lama. Pertama dimulai ketika tanggal 9 Oktober sampai 4 November di Rumah Opera Pusat Seni Seongnam.

5. MC Kawakan

MC Kawakan

Walaupun pekerjaan idol dan MC itu sama-sama beraksi di hadapan banyak orang, tapi tidak banyak idol yang dapat bekerja sebagai MC. Ada yang jatuhnya awkward, maksa, dan tidak bisa membawakan acaranya dengan baik. Tapi, berbeda dengan Yesung yang sepertinya memang sudah multi-talent dari sananya.

Pada tahun 2010, tepatnya pada bulan Juli, Yesung dan Leeteuk Super Junior ditunjuk menjadi pembawa acara di channel MBC yang berjudul “Love Pursuer”. Tak berhenti di sana, kini Yesung bekerja sendiri sebagai MC di acara “MUZIT”, sebuah program TV yang bertemakan talk show dan musik. Setelahnya, job Yesung sebagai MC jadi semakin lancar.

6. DJ Radio

DJ Radio

Tak hanya jadi MC di televisi, Yesung juga bisa jadi radio DJ alias penyiar radio. Debut Yesung sebagai penyiar radio adalah pada September 2006 sebagai DJ acara M.I.R.A.C.L.E for You. Lalu, Yesung juga menjadi penyiar di Kiss the Radio.

Sebenarnya, ketika Yesung menjadi penyiar di Kiss the Radio itu hanya untuk menggantikan Eunhyuk. Jadi, DJ di Super Junior’s Kiss the Radio adalah Eunhyuk dan Leeteuk, tapi pada waktu itu Eunhyuk absen cukup lama untuk melakukan promosi bersama Super Junior-M.

Makanya, Yesung pun menggantikan posisi Eunhyuk untuk sementara. Tapi, sekarang Yesung sering siaran sendiri juga di radionya Super Junior tersebut.

7. Solo Debut

Setiap grup K-Pop pasti akan meluncurkan satu atau beberapa member-nya dalam proyek solo. Tapi, tak semua anggota grup bisa mendapatkan solo, loh. Karena, biasanya member yang bisa solo hanya yang paling terkenal, fans-nya paling banyak, dan tentu saja sangat berbakat (menyanyi, rap, atau dance).

Dengan debut solo Yesung pada tahun 2016, membuktikan kalau Yesung benar-benar bertalenta. Pada tanggal 12 April 2016, SM Entertainment mengumumkan album debut solo Yesung dengan title song “Here I Am”. Albumnya sendiri akan rilis pada tanggal 19 April 2016.

Tak tanggung-tanggung, selain mempromosikan album solonya via televisi, Yesung juga mengadakan 9 solo dan tur konser yang dimulai dari tangal 3 Juni – 7 Agustus 2016 di Teater SMTOWN. Setelah selesai dengan promo album debut solonya, Yesung merilis single Jepang yang berjudul “Let Me Kiss”. Tonton video klip lagu Yesung yang paling terakhir, “겨울잠 (Hibernation)” pada video di atas.

8. Seorang Aktor

fakta Yesung

Kayaknya tidak cukup kalau mengatakan Yesung hanya bisa bernyanyi saja. Pasalnya, Yesung juga berbakat dalam bidang seni peran. Selain bermain di 2 teater musikal, Yesung telah menyelesaikan 5 film dan 1 serial drama televisi. Film teranyar Yesung adalah “My Korean Teacher” yang dirilis pada tahun 2016 lalu.

9. Sudah Wajib Militer

Sudah Wajib Militer

Walaupun tidak terlihat kekar atau pun garang, fakta Yesung yang selanjutnya adalah dia telah menyelesaikan wajib militer. Pada konser Super Show 5 di Seoul pada tahun 2013, Yesung mengumumkan pada E.L.F (fans Super Junior) bahwa dia akan mendaftar wajib militer. Yesung menjalani wajib militernya sebagai pelayanan publik.

10. Bussiness Man

fakta Yesung

* sumber: www.cinra.net

Namanya juga bekerja di dunia entertainment, kadang di atas, kadang di bawah. Dan, tak jarang popularitas bisa menghilang dalam hitungan detik saja. Mungkin itulah salah satu alasan yang memotivasi Yesung untuk berbisnis. Pada tahun 2012 Yesung dan adik kandungnya membuka kafe dengan nama “Mouse Rabbit Coffee”, “Babtols”, dan “Hansel & Gretel”.

Tak hanya kafe, Yesung juga melirik bidang fashion, nih. Yesung punya label kacamata sendiri yang bernama “Why Style” dengan logo huruf Y kapital sebagai ciri khasnya.

Fakta Unik Lainnya Tentang yesung

Selain 10 fakta Yesung Super Junior yang telah dibahas pada paragraf di atas, Kami juga memiliki beberapa fakta unik lainnya tentang Yesung. Penasaran? Langsung disimak ulasannya berikut ini, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment