bacaterus web banner retina

10 Fakta Wheein MAMAMOO, Member dengan Kolaborasi Terbanyak

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Mei 2020

Jung Whee In atau yang lebih dikenal dengan nama Wheein oleh MooMoo, adalah salah satu anggota idol grup dengan kualitas vokal terbaik yang dimiliki Korea yakni MAMAMOO. Wheein bertanggung sebagai lead vocal dan lead dancer di MAMAMOO, ia juga bertanggung jawab sebagai salah satu anggota yang mempersiapkan koreografi untuk penampilan MAMAMOO.

Wheein sendiri merupakan anggota termungil dan anggota kedua termuda ke-2 di grupnya. Wheein kelahiran 17 April 1995 dan berasal dari Jeonju, Korea Selatan.

Idol manis dengan lesung pipi ini memiliki banyak sekali nickname seperti; Decal, Jung Wheerun, Wheepup, Jindo Dog dan Snack Queen. Meskipun bertubuh mungil, talenta dan bakat yang dimiliki oleh Wheein tidak semungil badannya. Berikut Bacaterus sudah merangkum 10 fakta milik Wheein yang pastinya akan membuat MooMoo makin sayang sama member MAMAMOO yang satu ini.

1. Nama Wheein

Nama Wheein

Nama “Whee In” adalah nama yang jarang atau tidak umum digunakan di Korea. Wheein memiliki kisah yang indah ketika mendapatkan namanya. Bibi Wheein adalah orang yang mengusulkan nama Whee In untuknya.

Nama Whee In diambil dari nama salah satu karakter bernama Jo Whee In di sebuah komik berjudul “For the Mermaid Princess”. Ibu Wheein berpendapat bahwa Whee In adalah nama cantik dan menuliskan makna yang baik pada nama tersebut dengan menggunakan hanja.

Sebuah nama adalah do’a atau keinginan yang diberikan oleh orang tua atau kerabat kepada seorang anak agar kelak namanya bisa menjadi cerminan perilaku atau kepribadian anak tersebut. Begitu pun dengan nama Whee In yang memiliki arti orang yang bersinar—ceria. Saat ini, Wheein dikenal sebagai member paling ceria dan paling lucu yang dimiliki oleh MAMAMOO.

2. Kelebihan Sebagai Penyanyi

Kelebihan Sebagai Penyanyi

Wheein memiliki peranan penting di dalam grupnya. Di sebagian besar lagu MAMAMOO, Wheein selalu menyanyikan bagian refrain. Wheein memiliki jangkauan vokal yang luas, suaranya juga sangat bagus dalam menyanyikan lagu-lagu R&B.  Di MAMAMOO, suara Wheein adalah penghubung untuk nada-nada tinggi milik Solar dan Hwasa. Meskipun bukan main vokal, keberadaan suara Wheein merupakan dasar dari semua harmoni MAMAMOO.

Selain itu, Wheein juga memiliki kemampuan menari yang baik dengan power dan gerakan yang stabil. Wheein dan Moonbyul adalah anggota yang bertanggung jawab atas koreografi dan konsep penampilan MAMAMOO di atas panggung. Wheein juga turut serta dalam pembuatan beberapa lagu MAMAMOO dan lagu solonya.

3. Member MAMAMOO dengan Kolaborasi Terbanyak

Member MAMAMOO dengan Kolaborasi Terbanyak

* sumber: kpop.asiachan.com

Memiliki kualitas vokal yang baik dan rentang/range vokal yang luas membuat banyak penyanyi tertarik mengajak Wheein bekerjasama dalam proyek musik mereka. Sejauh ini, Wheein adalah member MAMAMOO yang paling banyak berkolaborasi dengan penyanyi lain. Pada tahun 2014, Wheein berkolaborasi dengan dua penyanyi. Yang pertama dengan Phantom dengan lagu “Under Age’s Song” dan dengan Standing Egg untuk lagu berjudul “The Sunlight Hurts”.

Wheein juga pernah berkolaborasi dengan Monsta X untuk lagu “Ex-Girl”, CNBLUE untuk lagu “Domino”, bersama dengan Heechul Super Junior dan Jungmo untuk lagu “Narcissus”, Sandul B1E4 untuk lagu “야/(Ya!)”, Jung Minhyuk untuk lagu “Holy-Day” dan masih banyak lagi. Yang paling terbaru adalah kolaborasi Wheein dengan Park Bom untuk lagu “4:44”.

4. Sangat dekat dengan Hwasa

Sangat dekat dengan Hwasa

* sumber: channels.vlive.tv

Wheein adalah tipe orang yang tidak suka memaksakan suatu hubungan pertemanan, ia akan berteman dengan orang yang benar-benar cocok untuknya. Wheein juga lebih memilih beberapa orang saja untuk dijadikan teman dekat. Seperti yang sudah diketahui MooMoo, Wheein dan Hwasa telah berteman baik sejak keduanya masih duduk di bangku SMP yang sama.

Wheein dan Hwasa telah mempertahankan pertemanan dengan baik sejak SMP hingga sekarang. Mereka telah melewatkan berbagai momen bersama. Sejak dulu mereka telah melakukan banyak hal bersama-sama seperti; belajar, bersenang-senang, mengikuti audisi, berlatih bernyayi dan menari, menandatangani kontrak di perusahaan yang sama, hingga debut sebagai penyanyi di grup yang sama.

Wheein pernah menyampaikan bahwa semua hal akan berjalan dengan baik ketika ia bersama dengan Hwasa. Wheein juga mengucapkan bahwa dirinya dan Hwasa sangat dekat sehingga dia tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada Hwasa. Untuk membuktikan persahabatan di antara keduanya, Wheein dan Hwasa masing-masing memiliki tato di pergelangan kaki mereka sebagai tanda persahabatan mereka.

5. Dibesarkan oleh Nenek

Dibesarkan oleh Nenek

* sumber: thebiaslist.com

Sebelum menjadi seorang idol dan tinggal di Seoul, Wheein dibesarkan oleh neneknya hingga neneknya meninggal. Pada saat berusia 17 tahun, nenek Wheein menderita penyakit kronis. Neneknya didiagnosa menderita kanker dan setelah beberapa bulan setelah diagnosa tersebut, neneknya pun meninggal dunia. Ada satu hal yang membuat Wheein menyesali perbuatannya kepada sang nenek.

Tidak mengetahui nenenya sedang sakit, Wheein pernah meminta kepada sang nenek untuk membelikan cemilan madu yang diinginkannya. Wheein memintanya sambil merengek kepada neneknya agar sang nenek mau membelikan cemilan tersebut. Setelah tahu penyakit yang diderita oleh neneknya, dia merasa bersalah dan tidak pernah lagi memakan cemilan madu sejak saat itu hingga sekarang.

6. Suka dan Hobi Menggambar

Suka dan Hobi Menggambar

Selain memiliki bakat bernyanyi yang mengagumkan, Wheein juga memiliki bakat menggambar. Bakat menggambar Wheein diturunkan dari ibunya yang merupakan seorang seniman dan lulusan dari salah satu universitas seni. Wheein juga sudah dikenalkan dan menjadi tertarik dengan seni sejak ia masih kecil.

Menurut pendapat anggota MAMAMOO yang lain, gambar buatan Wheein sangat bagus dan selalu bisa memperlihatkan karakteristik dari setiap subjek yang digambarnya. Saking bagusnya, Moonbyul selalu memotret hasil gambar dari Wheein. Hwasa juga menyampaikan bahwa ketika masih sekolah, Wheein sering menggambar di papan tulis, dan teman-teman kelasnya sangat suka gambar Wheein karena sangat bagus dan lucu.

Keterampilannya dalam menggambar juga ia kontribusikan untuk grupnya. Wheein pernah membuat gambar untuk beberapa pernak pernik milik MAMAMOO dan juga melukis latar belakang sampul album solonya. Meskipun sangat baik dalam menggambar, Wheein masih merasa tidak begitu nyaman untuk menunjukkan hasil karyanya kepada publik.

7. Bercita-cita Menjadi Seniman

Bercita-cita Menjadi Seniman

Semasa kecil, Wheein memiliki dua mimpi/cita-cita yakni menjadi seniman dan penyanyi. Wheein juga sangat bingung untuk menentukan bidang yang paling ia kuasai antara musik dan seni. Wheein kemudian memilih untuk bermusik dan bekerja sangat keras untuk bisa mewujudkan mimpinya sebagai seorang penyanyi. Meskipun memilih untuk menjadi penyanyi, ia tidak begitu saja meninggalkan mimpinya menjadi seorang seniman.

Saat ini, Wheein memilih untuk menjadikan menggambar sebagai hobi, dan terus memoles dan menambah ilmu serta keahliannya di bidang seni. Sehingga suatu saat nanti, ketika dirinya sudah tidak terlalu sibuk menjalani karirnya yang sekarang, ia ingin mengadakan pameran. Sebuah pameran yang berisi hasil karya miliknya. Hasil karya dari hal-hal yang ingin dilakukannya dan ingin digambarnya.

8. Bisa Menggunakan Bahasa Isyarat

Bisa Menggunakan Bahasa Isyarat

* sumber: www.soompi.com

Wheein adalah salah satu idol Korea yang bisa menggunakan bahasa isyarat/sign language atau bahasa tubuh yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang berkebutuhan khusus/difabel. Hingga saat ini belum ada yang tahu dari mana Wheein mempelajari bahasa isyarat tersebut.

Wheein menunjukkan kelebihannya dalam menggunakan bahasa isyarat pada saat fansign untuk berineraksi dengan salah seorang penggemarnya yang tuli/deaf.

Wheein yang mengetahui bahwa penggemarnya tidak berkomunikasi secara biasa langsung beranjak dari tempat duduknya dan mendekatkan diri ke penggemar tersebut agar dapat dengan jelas melihat bentuk komunikasi dari sang penggemar. Wheein juga menggunakan tanda-tanda isyarat dengan sangat jelas per suku kata demi suku kata sehingga penggemar itu mengerti apa yang disampaikan oleh Wheein.

9. Tinggal Bersama Adik

Tinggal Bersama Adik

* sumber: koreanindo.net

Saat ini semua member MAMAMOO sudah tidak tinggal bersama-sama dalam satu dorm lagi. Setelah meluncurkan mini album ke-3 mereka yang bertajuk Pink Funky, semua member memutuskan untuk memiliki tempat tinggal masing-masing. Meskipun mereka memiliki tempat tinggal sendiri-sendiri, mereka masih tinggal dalam satu lingkungan yang sama.

Berbeda dengan Solar, Moonbyul dan Hwasa yang tinggal sendiri di apartemen mereka masing-masing, Wheein tinggal bersama dengan dongsaeng-nya—adik. “Semua member tinggal sendiri, sedangkan aku tinggal bersama dengan seorang adik (Wheein, Drinking Talk)”, begitu ucapnya di sebuah wawancara. Wheein sebenarnya adalah anak tunggal di keluarganya, namun dia memiliki adik sepupu yang sudah dianggapnya seperti adik kandung.

10. Mengagumi Park Bom

Mengagumi Park Bom

* sumber: www.koreaboo.com

Melalui akun Instagram resmi MAMAMOO (@mamamoo_official), Wheein mengungkapkan kekagumannya pada Park Bom. Wheein mengatakan bahwa Park Bom adalah idolanya ketika masih muda. Wheein juga mengungkapkan rasa senangnya karena diajak terlibat dalam lagu terbaru milik idolanya tersebut. Saking senangnya, Wheein tidak dapat menggambarkan rasa senangnya dengan banyak kata-kata.

Wheein hanya mengungkapkan bahwa dirinya sangat emosional bisa bernyanyi di panggung yang sama dengan Park Bom setelah berhasil meraih mimpinya menjadi seorang penyanyi. Dalam postingannya, Wheein mengungkapkan bahwa Park Bom adalah panutan untuknya. Wheein juga menulis bahwa Park Bom adalah penyanyi yang membuatnya memiliki cita-cita dan menginspirasi untuk menjadi penyanyi.

Demikianlah 10 fakta milik Wheein MAMAMOO dari Bacaterus. Semoga dengan membaca artikel ini yorobun jadi semakin mengenal dan semakin sayang sama Wheein. Nah, jika kalian punya informasi ataupun fakta unik dan menarik lain milik Wheein, kalian bisa membagikannya di kolom komentar agar MooMoo yang lain bisa jauh lebih mengenal idolanya. Baca juga artikel fakta MAMAMOO ini, ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram