Bacaterus / WayV / 10 Fakta WayV, Sub-Unit NCT China. Ada Siapa Saja Membernya?

10 Fakta WayV, Sub-Unit NCT China. Ada Siapa Saja Membernya?

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jika kamu merupakan satu dari sekian banyak penggemar Korean pop, tentu sudah tidak asing lagi dengan WayV. Sub-unit NCT yang aktif China ini membuat banyak orang terpukau dengan pesona 7 membernya. Ada Hendery, Xiao Jun, Ten, WinWin, Kun, Lucas, dan YangYang.

Sukses dengan debutnya pada penghujung tahun 2018, kini, grup boyband ini terus eksis meramaikan industri musik dunia. Di bawah naungan Label V sekaligus SM Entertainment, WayV berhasil menembus pasar global dengan beragam penghargaan, meskipun karir mereka terbilang baru dan para membernya masih berusia sangat muda.

Boy group ini pernah memiliki project di YouTube berjudul “Rainbow V” untuk unjuk skill dari setiap membernya. Acara tersebut semakin membuktikan bahwa semua member WayV itu multitalenta.

Tak sampai disitu, melalui variety show dengan judul serupa seperti lagu mereka, yaitu “Dream Plan”, WayV memperlihatkan kekompakan dan rasa kekeluargaan mereka. Itu bukan suatu hal yang mudah, karena mereka berangkat dari latar belakang dan kultur yang sangat berbeda.

Ya, walaupun aktif di China, para personilnya berasal dari lima kebangsaan yang berbeda. Namun, semua member WayV berusaha membaur menjadi satu seakan ke tujuh personil tersebut lahir dari rahim yang sama. Untuk mengenal grup ini secara lebih dekat, berikut Bacaterus tampilkan beberapa fakta menarik dari WayV!

1. Arti Nama WayV

*Sumber: https://twitter.com/yonkluvbot/status/1260425903642939397?s=20

Seperti yang sudah diketahui publik, sub-unit NCT ini memiliki fokus karir di China. Dan, tentunya nama “WayV” atau “WeiShenV” diambil dari bahasa Mandarin.

Sebutan ‘Way’ dalam nama WayV sebenarnya terdiri dari dua kata, yaitu ‘Wei’ yang berarti ‘power’ dan ‘Shen’ yang bermakna ‘spirit by God’. Sedangkan huruf ‘V’ di belakang nama WayV mengarah pada Label V,  label yang menaungi WayV namun tetap berada di bawah kendali SM Entertainment.

2. Grup Beranggota Multinational

* sumber: www.sbs.com.au

WayV merupakan sub-unit NCT yang terkenal dengan konsep uniknya. Pertama-tama, NCT sendiri dikenal memiliki anggota yang tidak terbatas. Lalu, para membernya berasal dari berbagai negara. Begitu pula dengan WayV. Grup boyband yang dikenalkan pada 31 Desember 2018 oleh SM Entertainment dengan tujuh member ini juga menganut konsep yang serupa, yaitu multinational member.

Jika dikategorikan sesuai negara, Kun, Winwin, dan Xiaojun berasal dari China. Sedangkan empat anggota lainnya datang dari negara yang berbeda-beda yaitu Ten dari Thailand, Lucas dari Hongkong, Hendery dari Macau.

Sedangkan Yangyang tidak lahir di Jerman tapi ia memiliki kartu kewarganegaraan sana. Meskipun berbeda kebangsaan, mereka tetap kompak dan selalu memberikan penampilan maupun karya terbaik bagi penggemarnya.

3. Sub-Unit NCT Keempat

Masih terkait dengan NCT, nih. Sejak debut pada tahun 17 Januari 2019 lalu, WayV resmi menjadi sub-unit keempat dari NCT yang hadir setelah sub-unit lainnya, yaitu NCT Dream, NCT127, dan NCT U.

Di awal karirnya, WayV membawakan lagu berjudul “Regular”, lagu NCT namun dalam versi China, sebelum akhirnya mereka mulai memperkenalkan beberapa single dari albumnya yang bertajuk “The Vision” dan “Come Back”.

4. Meraih Banyak Penghargaan

*Sumber: https://twitter.com/TetehNyaUwuu/status/1254300898353799168?s=20

Meskipun terbilang baru di industri musik, namun WayV mampu memperoleh penghargaan. Bahkan, penghargaan pertama mereka dapatkan dalam satu minggu semenjak grup boyband ini debut! Mereka sempat menduduki posisi Social 50 Billboard.

Tak hanya itu, WayV juga menjadi grup terbaik di China yang meraih penjualan paling tinggi di iTunes. Di luar prestasinya dalam bidang musik, WayV juga memperoleh sertifikat Little Dolphin Love Library dan menjadi Love Charity Ambassador dalam program kemanusiaan.

5. WayZenNi

*Sumber: https://twitter.com/superm_id/status/1201170116722905093?s=20

Para penggemar WayV pasti tahu apa itu WayZenNi, kan? “WayZenNi” adalah julukan untuk fandom WayV. WayZenNi memiliki arti “WayV akan selalu mencintai dan menghargai kalian”. Namun, sayang, pada awal WayV mengumumkan nama resmi fandom, mereka justru mendapatkan penolakan dan tidak sedikit dari penggemar yang merasa kecewa.

Itu karena kata ‘Ni’ pada bagian akhir sebutan WayZenNi lebih diperuntukkan bagi wanita, sedangkan penggemar dari grup boyband ini tidak hanya wanita saja, kan? Sehingga, beberapa penggemar prianya merasa kecewa dan kesal pada agensi Label V dan SM Ent karena tidak nyaman dengan julukan yang diberi. Tapi, nama tersebut sudah resmi dan nampaknya para fanboy sudah menerima nama tersebut.

6. Member yang Berusia Muda-muda

member muda

Tak heran jika WayV begitu digilai oleh para wanita, terlebih gadis-gadis yang masih muda. Pasalnya, ke tujuh member boyband ini masih berusia muda. Hampir keseluruhan member WayV lahir pada penghujung tahun 90-an dan awal 2000.

Kun yang merupakan member tertua lahir pada tahun 1996 dan disusul oleh Ten pada tahun yang sama. Dua tahun kemudian WinWin dilahirkan, 1997. Sedangkan Lucas, Xiao Jun, dan Hendery merupakan kelahiran tahun 1999 dan Yangyang sebagai member termuda (tahun 2000).

7. Jebolan SM Rookies

sm rookies

Masih banyak orang yang tidak tahu jika WayV berada di bawah naungan SM Entertainment, hal itu mungkin saja terjadi karena grup boyband ini dinaungi oleh Label V. Padahal Label V sebenarnya adalah anak perusahaan dari SM Entertainment. Selain itu, semua anggota dari member WayV merupakan member SM Rookies.

SM Rookies sendiri adalah program yang dibuat oleh SM Entertainment untuk memperkenalkan para trainee yang dirasa paling potensial sebelum debut menjadi idol. Contohnya adalah member Red Velvet yang diperkenalkan terlebih dulu sebagai SM Rookies sebelum akhirnya debut.

8. Punya Empat Member NCT

*Sumber: https://twitter.com/WayVLand_TH/status/1261577762428448769?s=20

Sebelum resmi debut dengan tujuh personil, WayV sudah memiliki empat member yang lebih dahulu dikenal sebagai member NCT sejak tahun 2016. Diantaranya adalah Ten, WinWin, Kun, dan Lucas.

Mereka diperkenalkan pada sub-unit NCT yang pertama, NCT U. Karena tidak mempunyai personil tetap, membernya bisa bertambah bisa berkurang, jadi jangan bingung kalau kamu memutuskan untuk stan NCT, ya.

9. Memiliki 1 Album & 1 Mini Album

*

Sejak debut pada awal tahun 2019, WayV langsung merilis album berjudul “The Vision”. Album digital tersebut mempunyai tiga lagu yang terdiri dari dua lagu remake milik NCT 127, yaitu “Regular” dan “Comeback” dari album “Regular Irregular” yang rilis pada tahun 2018, dan satu lagu original WayV berjudul “Dream Plan”.

Selain itu, grup boyband ini juga memiliki mini album bertajuk “Take Off” dan “Take Over The Moon” yang dirilis pada pertengahan tahun 2019. Dalam album digital terakhirnya, mereka merilis 6 lagu. Namun ke depannya, WayV akan lebih banyak produksi album, kok, salah satu album yang terbaru di 2020 ini adalah “Awaken The World”. Kamu sudah streaming, belum?

10. Gelar Konser Virtual

*Sumber: https://twitter.com/WayV_official/status/1254651533196591106?s=09

Karena adanya pandemi COVID-19, WayV menggelar konser online pertama mereka pada awal Mei 2020 untuk menghibur penggemarnya. Meskipun konser tersebut adalah konser berbayar, konser online kedua dari SM Entertainment yang berjudul “(Beyond LIVE) WayV – Beyond the Vision” ini memiliki penonton 7,5 kali lipat lebih banyak dibandingkan konser mereka pada umumnya.

Dalam konser berdurasi 120 menit dan disiarkan di seluruh dunia ini, WayV membawakan 14 lagu dan menyapa penggemar dengan 6 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Tak disangka, air mata Lucas pecah saat konser karena mendapat pesan dari WayZenNi yang intinya meskipun mereka tidak dapat bertemu dengan idolanya, mereka akan terus memberi dukungan dari jauh, sehingga WayV tidak perlu khawatir.

Konser ini juga mengusung teknologi Augmented Reality yang terhubung dengan lightstick WayZenNi. Jadi, walaupun tidak hadir ke venue konser secara langsung, lightstick para fans masih bisa menyala secara serentak. Sehingga, wajar saja jika konser dengan hashtag #WayV_beyondLIVE ini menjadi top real time trend di beberapa negara termasuk Indonesia dan Amerika Serikat.

Ya, itu tadi kesepuluh fakta menarik yang sudah dibahas mengenai WayV. Grup yang satu ini masih dalam satu naungan bersama NCT, hanya saja WayV memang lebih fokus untuk promosi di daerah China. Namun tidak menutup kemungkinan jika WayV akan melebarkan sayapnya sampai ke seluruh negeri.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *