Bacaterus / Binatang / 6 Fakta Unik Kuskus, Binatang yang Imut dan Menggemaskan

6 Fakta Unik Kuskus, Binatang yang Imut dan Menggemaskan

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Januari 2019

Anda penyuka hewan? Hewan jenis apakah yang Anda suka? Pernah dengar tentang hewan imut bernama Kuskus? Jika tidak pernah, maka Bacaterus akan mengajak Anda untuk berkenalan dengan hewan imut yang satu ini. Yuk simak beberapa faktanya berikut ini.

6 Fakta Unik Tentang Kuskus

1. Apa Itu Kuskus?

Apa itu kuskus

Kuskus adalah salah satu jenis mamalia berkantung yang ada di Indonesia. Kuskus adalah jenis hewan yang dapat ditemukan di hutan tropis. Sama halnya dengan Kanguru yang memiliki kantong untuk menggendong anaknya, Kuskus juga memiliki kantung di perutnya, karena Kuskus tergolong sebagai hewan jenis marsupial.

2. Pertumbuhan Kuskus

Pertumbuhan Kuskus

Anak Kuskus akan lahir meski tubuhnya belum berkembang dengan sempurna. Sang induk akan merawat dan menjaganya hingga besar di dalam kantung berlapis rambut halus yang terletak di perutnya.

Setelah sang anak tumbuh dan tidak muat lagi berada di kantung sang induk, anak Kuskus akan terlihat pada punggung sang induk. Ekor sang induk dan sang anak akan saling berkaitan atau terhubung satu dengan lainnya.

Hal ini dilakukan sang induk agar sang anak tidak terlepas dari kontrolnya dan dapat terus berada dipunggungnya (tidak jatuh ketika sang induk berpindah dari satu dahan ke dahan lain).

3. Memiliki Ekor yang Kuat

Memiliki Ekor yang Kuat

Kuskus memiliki ekor yang panjang dan kuat. Ekor tersebut berfungsi untuk bergelantung di dahan-dahan pohon. Ekor Kuskus dapat mencengkram dahan-dahan dengan kuat untuk memindahkan mereka dari satu pohon ke pohon yang lain.

Selain itu, ekor kuskus juga berfungsi sebagai alat membela diri atau melindungi diri dari bahaya (seperti bersembunyi dari pemburu dengan berada di dahan terujung dari pohon-pohon besar di hutan).

4. Ciri-Ciri Kuskus

Kuskus Beruang

Panjang badan keseluruhan Kuskus dari ekor hingga kepala bisa mencapai 110 sentimeter. Panjang ekor Kuskus bisa menyamai panjang dari badan kuskus lhoo. Jika panjang dari badan dan kepala kuskus mencapai 56 sentimeter, maka panjang ekornya bisa mencapai 54 sentimeter. Berat badan seekor kuskus dapat mencapai 8 kilogram.

Kuskus tergolong hewan yang imut (menurut saya dan mungkin yang lainnya pun akan setuju dangan pendapat saya), karena hewan ini sama imutnya dengan kucing, dan besarnya pun hampir serupa dengan kucing. Kuskus memiliki bulu-bulu halus yang menutupi seluruh bagian tubuhnya dari kepala hingga ekor.

Selain itu, kuskus memiliki daun telinga yang sangat kecil. Sehingga, ia akan nampak seperti tidak memiliki telinga karena telinganya tertutupi oleh bulu-bulunya. Kuskus juga meiliki mata yang besar dengan warna coklat kehitaman. Ketika dekat dengan manusia, Kuskus akan menempel pada tubuh dan menggelayutkan ekornya pada jari-jari orang tersebut.

Agak sedikit sulit untuk melepaskan kuskus dari tubuh orang yang memegangnya. Meskipun demikian, Hal ini tidak menyeramkan, malah justru menggemaskan. Dikarenakan, akan terlihat seperti kuskus tidak ingin dipisahkan dari orang yang memegangnya.

6. Jenis-Jenis Kuskus di Indonesia

Kuskus Gebe

Ada berbagai jenis kuskus yang sudah ditemukan keberadaanya, beberapa di antaranya ada di wilayah hutan-hutan Indonesia. Beberapa spesies jenis kuskus yang terdapat di Indonesia, di antaranya adalah:

  • Kuskus Beruang (Bear Cuscus) merupakan jenis dari ‘Ailurops Ursinus’ adalah spesies jenis kuskus terbesar dari semua jenis kuskus. Kuskus beruang bisa memiliki panjang hingga 1 meter. Kuskus beruang terdapat di Sulawesi, Butung, Togian, dan Peleng Indonesia.
  • Kuskus Gebe atau ‘Phalanger Alexandrea’ adalah hewan endemik pulau Gebe. Pulau Gebe berada di kabupaten Halmahera tengah, Maluku. Kuskus Gebe pertama kali ditemukan pada tahun 1995.
  • Kuskus Gunung (Mountain Cuscus) atau ‘Phalanger Carmelitae’ adalah jenis kuskus yang tinggal di pengunungn yang ada di Papua dan Papua New Guinea.
  • Kuskus Tanah (Ground Cuscus) atau ‘Phalanger Gymnotis’ adalah spesies kuskus yang hidup di tanah. Kuskus tanah terdapat di Papua dan Papua New Guinea.
  • Kuskus Matabiru (Blue-eyed Cuscus) atau ‘Phalanger Matabiru’ adalah spesies kuskus dengan mata berwarna biru. Kuskus jenis ini pertama kali ditemukan pada tahun 1995 dan merupakan hewan endemik dari pulau Ternate dan Tidore, Maluku Utara, Indonesia.
  • Kuskus Australia (Southern Common Cuscus) atau ‘Phalanger Mimicus’ adalah jenis kuskus yang terdapat di beberapa tempat, baik di indonesia (di Papua) maupun di luar Indonesia seperti Australia dan Papua New Guinea.
  • Northern Common Cuscus/Grey Cuscus atau ‘Phalanger Orientalis/Common Phalanger’ adalah jenis kuskus yang terdapat di Pulau Timor, Wetar, Leti, Ambon, Buru, Seram, dan beberapa pulau lain di Maluku, Indonesia. Selain di Indonesia, kuskus jenis ini juga terdapat di Timor Leste, Papua New Guinea, dan Kepulauan Solomon.
  • Ornate Cuscus/Moluccan Cuscus atau ‘Phalanger Ornatus’ adalah jenis kuskus yang terdapat di Halmahera, Bacan, dan Morotai; Indonesia.
  • Kuskus Pulau Obi (Obi Cuscus) atau ‘Phalanger Rothschildi’ adalah spesies kuskus yang terdapat di daerah kepualau Obi dan di Maluku.
  • Silky Cuscus atau ‘Phalanger Sericeus’ adalah jenis kuskus yang hidup di ketinggian antara 1.500 sampai 3.600 meter dari permukaan laut. Silky Cuscus terdapat di Papua dan Papua New Guinea.
  • Stein’s Cuscus atau ‘Phalanger Vestitus’ adalah jenis kuskus yang terdapat di Papua dan Papua New Guinea, hidup di ketinggian 1.200 sampai 1.500 meter dari permukaan laut.
  • Common Spotted Cuscus atau ‘Spilocuscus Maculatus’ adalah jenis kuskus yang terdapat di Maluku, Pulau Yapen, Kepulauan Aru, dan Papua, Indonesia. Selain itu, kuskus jenis ini juga ditemukan di Australia dan Papua New Guinea.
  • Kuskus Kerdil (Small Sulawesi Cuscus/Little Celebes Cuscus/Small Cuscus) atau ‘Strigocuscus Celebensis’ adalah spesies jenis kuskus terkecil yang ditemukan di Sulawesi dan pulau-pulau di sekitarnya seperti pulau Sangihe dan pulau Siau.

Mekipun termasuk kedalam jenis hewan yang memiliki banyak jenis, Kuskus menjadi salah satu hewan yang keberadaanya nyaris punah akibat perburuan liar. Selain itu, angka kelahiran dari Kuskus lebih sedikit dibandingkan dengan angka kematiannya.

Perbedaan Kuskus dan Kukang

perbedaan kuskus

Bisakah Anda membedakan Kukang dan Kuskus? Banyak orang yang mengira bahwa kuskus dan kukang itu sama. Namun, pada hakekatnya kuskus dan kukang itu adalah dua jenis hewan yang berbeda.

Meskipun Kuskus dan Kukang sulit untuk dibedakan, karena keduanya memiliki tampilan yang hampir serupa, mulai dari warna, bentuk, mata, dan lain-lain. Namun pada dasarnya, kedua hewan tersebut merupakan hewan yang berbeda. Terdapat perbedaan-perbedaan yang menonjol pada Kuskus dan Kukang. Untuk mengetahuinya, mari kita pahami perbedaan antara kukang dengan kuskus.

  1. Kukang adalah hewan yang melakukan aktivitasnya di kala matahari bersinar (siang hari), sedangkan Kuskus adalah hewan yang beraktivitas pada malam hari.
  2. Kukang adalah hewan yang tidak memiliki ekor, sedangkan Kuskus adalah jenis hewan yang meiliki ekor panjang.
  3. Kukang tidak meiliki kantung di perutnya, sedangkan Kuskus adalah jenis hewan yang memiliki kantung diperutnya.
  4. Bentuk muka dari Kukang tidak terlalu bundar, sedangkan kuskus memiliki bentuk muka yang bundar.
  5. Loreng pada bulu Kukang tidak terlalu nampak dengan jelas, sedangkan loreng pada bulu kuskus sangat nampak dan terlihat dengan jelas.

Sekarang Anda sudah paham cara membedakan Kuskus dengan Kukang. Juga, Anda sudah paham bahwa Kuskus dan Kukang adalah dua jenis hewan yang berdeda. Jangan sampai salah lagi mengira bahwa Kuskus dan Kukang adalah jenis yang sama.

Demikianlah informasi dan perkenalan dengan hewan imut Kuskus dari Bacaterus. Jika Anda memiliki saran, masukan, atau informasi lainya mengenai hewan-hewan unik, lucu, imut, menggemaskan lainnya, bagikanlah dengan kami pada kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *