Bacaterus / Binatang / 10 Fakta Gajah yang Unik yang Tidak Banyak Diketahui Orang

10 Fakta Gajah yang Unik yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Februari 2019

Gajah adalah binatang yang berada di darat dan terbesar di bumi. Tentunya kalian pasti sudah pernah melihat binatang gajah, bukan? Karakteristik gajah memiliki gading yang runcing, daun telinga yang besar, dan kaki yang lebar serta tebal.

Satu lagi ciri yang paling mencolok dari gajah ini adalah pada bagian hidung alias belalainya yang panjang. Apakah kamu menyukai hewan ini? Coba tebak, ada berapa jenis spesies binatang gajah ini?

Yap! Binatang gajah memiliki dua jenis spesies. Jenisnya terbagi menjadi gajah Asia dan gajah Afrika, keduanya tinggal di benua yang terpisah dan memiliki banyak keunikan serta keistimewaan. Penasaran dengan fakta-fakta gajah? Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengenal binatang gajah dan 10 fakta unik yang akan diulas Bacaterus kali ini, simak ya!

10 Fakta Terunik Tentang Gajah

 1. Ukuran Gajah

* sumber: wawasancerdas.blogspot.co.id

Pernahkah berpikir dan bertanya, berapa ukuran gajah Afrika dan gajah Asia? Berdasarkan penelitian dari National Geographic, gajah Afrika bisa tumbuh dari 2,5 meter sampai 4 meter dari bagian bahu sampai kaki, serta berat badannya bisa mencapai 6.350 kg.

Sedangkan untuk ukuran gajah Asia di mulai dari 2 meter sampai 3 meter, dari bagian bahu sampai kaki. Nah, untuk berat badannya bisa mencapai 2.041 kg sampai 4.990 kg lho. Sangat besar, ya.

2. Makanan Gajah

Makanan Gajah

Untuk makanan, biasanya gajah menyukai dan memakan rumput-rumput, akar, buah-buahan, dan kulit kayu. Menurut National Geographic, seekor gajah memiliki selera makan yang sesuai dengan ukuran tubuhnya. Gajah dewasa bisa menghabiskan makanan sampai 136 kg, makanan tersebut habis dalam satu hari.

Selain itu, gajah memiliki nafsu makan yang sangat banyak. Bisa dikatakan hobi gajah adalah makan, karena dua pertiga aktifitasnya dalam sehari hanya untuk makan. Gajah memakan tumbuh-tumbuhan sekitar 250kg.

Setiap hari, gajah juga dapat menghabiskan air minum sampai 83 liter air. Jika dihitung, dalam setahun, seekor gajah  dapat memakan 1600 jagung, 2000 buah kentang, 3000 buah kubis, apel dan wortel. Selain itu, gajah dapat memakan sebanyak 100.000 pon daun kelapa, 1500 pon daun pisang dan 12000 pon rumput.

Jadi, nggak heran kan kenapa ukuran gajah ini sangat besar dan sangat berat? Makannya memang sangat banyak!

3. Gajah Betina

Gajah Betina

* sumber: nasional.republika.co.id

Kalau kamu berpikir dalam satu kelompok gajah dipimpin oleh seekor gajah jantan, mungkin pernyataan itu tidak tepat. Pasalnya, gajah betina tua lah yang selalu menjadi pemimpin dalam kawanannya.

Dalam kawanannya, sang pemimpin kelompok gajah disebut sebagai matriakal. Di dalam satu kelompok, biasanya terdiri dari anak gajah perempuan, induk gajah, dan saudara perempuan. Kumpulan keluarga tersebut bisa mencapai 3 ekor sampai 25 ekor gajah betina.

Gajah betina tua serta kelompoknya terkadang bergabung dengan gajah jantan untuk membentuk kelompok yang lebih besar. Jumlah dari keduanya bisa mencapai 500 sampai 1000 ekor gajah. Sangat banyak, bukan? Pernah melihat kawanan gajah secara langsung?

4. Gajah Jantan

Gajah Jantan

Gajah jantan dewasa menjalani kehidupan yang umunya bersifat nomaden dan soliter. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan nomaden dan soliter? Gajah jantan biasanya hidup berpindah-pindah tempat, dari satu tempat ke tempat lainnya untuk menemukan makanan dan bertahan hidup sehingga bersifat nomaden.

Sedangkan, gajah jantan yang bersifat soliter biasanya hidup secara menyendiri atau berpasang-pasangan tetapi tidak hidup berkelompok. Ketika seekor gajah jantan mencapai masa puber, sekitar 12 sampai 15 tahun, dia akan sedikit demi sedikit menjadi mandiri dan tidak akan lagi hidup bergantung terhadap keluarganya.

5. Gading Gajah

Gading Gajah

Keberadaan populasi gajah terancam punah karena banyak manusia yang senang sekali memburu gajah untuk diambil gadingnya. Gading gajah adalah gigi seri yang diperbaharui yang tumbuh sepanjang umur hidup gajah.

Taring gajah dewasa tumbuh sekitar 7 inci dalam setahun. Apa kegunaan taring? Taring digunakan oleh gajah untuk pertahanan diri. Gajah juga menggunakan taringnya untuk menggali garam, air, dan akar. Selain itu, gajah-gajah mengggunakan taringnya untuk menandai pohon dalam membangun wilayah kekuasaannya.

6. Daun Telinga Gajah Afrika dan Gajah Asia

Daun Telinga Gajah Afrika dan Gajah Asia

Selain gading, ciri khas dari gajah adalah telinganya yang lebar. Nah, Gajah Afrika bisa dikenali dari telinganya yang terbentang, telinganya berbentuk seperti benua Afrika. Lalu, bagaimana ciri-ciri dari telinga gajah Asia? Gajah Asia memiliki telinga yang berukuran kecil, yang lebih bulat di atasnya dan rata di sepanjang bagian bawah.

Jadi, sekarang kamu tahu cara membedakan jenis gajah Afrika dan gajah Asia melalui telinganya. Sangat mudah untuk dibedakan, kan?

7. Konflik Gajah dengan Manusia

Konflik Gajah dengan Manusia

* sumber: lampung.tribunnews.com

Pasti kalian pernah mendengar berita tentang populasi gajah yang semakin menurun? Manusia dan gajah memang telah hidup berdampingan di Asia selama ribuan tahun lamanya. Namun, perubahan dramatis tentang bagaimana manusia menggunakan lahan atau mengambil tempat tinggal gajah untuk pertanian sehingga telah menyebabkan peningkatan yang rendah terhadap populasi gajah.

Untuk membantu masalah tersebut, kebun binatang dan The Smithsonian Conservation Biology Institute (SCBI) bekerja sama dengan para pemimpin Asia untuk menerapkan strategi penggunaan lahan yang akan mengurangi konflik antara gajah liar dan manusia. Selain itu, mereka mengembangkan alat untuk mengelola dan melindungi gajah Asia di daerah yang terancam oleh konversi pertanian.

8. Gajah Hewan yang Cerdas

* sumber: www.giftswithacause.com

Gajah merupakan hewan yang sangat cerdas, sehingga Smithsonian’s National Zoo memberikan gajah-gajah aktivitas latihan untuk memastikan mereka tetap cerdas dan rajin. Program pelatihan tersebut menyediakan mainan, kegiatan, dan lingkungan yang merangsang secara fisik maupun mental untuk hewan-hewan tersebut.

Di kebun binatang tersebut, gajah menerima pelatihan harian, mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan. Penjaga atau pelatih tersebut dapat menambahkan benda-benda baru seperti, alat musik, pohon, bola, bunga, dan lain-lain. Benda-benda tersebut digunakan untuk mendorong gajah supaya bermain dan memanipulasi benda.

9. Penelitian Gajah

Penelitian Gajah

* sumber: beritagar.id

Penelitian gajah banyak difokuskan terhadap gajah Afrika. Sebaliknya, sangat sedikit informasi mengenai penelitian gajah Asia. Sebagai penghuni hutan, gajah Asia sangat sulit untuk dipelajari dan cukup susah untuk diteliti.

Adapun fakta tentang habitat gajah Asia telah menurun hingga 70% selama 30 tahun terakhir, dan saat ini, kurang dari 40.000 gajah Asia tetap berada di alam bebas. Namun, para ilmuwan di laboratorium Geographic Information Systems (GIS) SCBI menggunakan citra satelit dan studi darat untuk melacak dan mempelajari gajah Asia dan habitatnya.

10. Hubungan Antar Gajah

* sumber: jateng.tribunnews.com

Gajah dikenal sebagai binatang yang sangat erat dalam mengembangkan ikatan antara teman dan anggota keluarga. Ada penelitian bahwa gajah yang telah membentuk persahabatan dengan gajah lainnya dapat bersahabat setia sampai seumur hidup mereka.

Jadi, gajah ini dikatakan sebagai binatang yang setia. Saking setia dan eratnya kekeluargaan di antara para gajah ini, mereka bahkan bisa menjadi sangat sedih dengan kematian salah satu anggota yang mereka cintai.

Ada juga beberapa gajah yang sengaja kembali ke tempat semula di mana yang mereka sayangi mati. Jelas sudah, itu menunjukkan bahwa gajah merupakan binatang yang setia dan selalu mengingat satu sama lainnya.

Nah, itulah fakta-fakta gajah, bagaimanapun juga gajah harus dilindungi jangan sampai tangan-tangan manusia memburu binatang tersebut. Jangan sampai gajah punah dan justru kita tidak akan bisa melihat sosok hewan ini secara langsung.

Oh iya, selain membahas fakta gajah, Kami juga pernah membahas tentang penguin kaisar. Belum tahu tentang penguin kaisar? Baca selengkapnya di artikel ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar