Bacaterus / Selebriti / 10 Fakta Tom Cruise, Aktor Hollywod yang Awet Muda

10 Fakta Tom Cruise, Aktor Hollywod yang Awet Muda

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tom Cruise adalah seorang aktor Hollywood yang sangat populer dan menjadi icon dalam industri perfilman di dunia. Tom juga terkenal karena memiliki wajah yang tampan. Wajahnya yang tampan tidak pernah berubah dari dulu dan hal ini membuat banyak wanita yang tergila-gila karenanya. Bahkan tak jarang ditemui orang-orang yang menonton film hanya sekedar ingin melihat Tom saja, hihi..

Tom Cruise yang sudah memulai karirnya pada tahun 1980-an ini ternyata tidak pernah sepi peminat sampai sekarang. Banyaknya film yang telah ia mainkan, bisa membuatnya sebagai aktor legendaris di Hollywood. Keahliannya dalam berakting dapat menjanjikan filmnya menjadi hits di Box Office! Tapi tahukah kalian, kalau ternyata Tom memiliki beberapa fakta menarik. Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Biodata

  • Nama Lengkap : Thomas Cruise Mapother IV
  • Nama panggung : Thomas Cruise
  • Tempat Tanggal Lahir : New York, July 3, 1962
  • Zodiak : Cancer
  • Profesi : Aktor
  • Tahun aktif : 1981 – sekarang
  • Instagram : @tomcruise
  • Twitter : @tomcruise

1. Pernah Bercita-cita Menjadi Pendeta

Pernah bercita-cita menjadi pendeta (Copy)

Thomas Cruise Mapother IV atau akrab disapa Tom Cruise ternyata dulunya ingin menjadi Pastor. Tom dibesarkan di keluarga yang religius. Ayahnya seorang insinyur listrik dan ibunya seorang guru membangun kekeluargaan Katolik yang taat.

Pada umur 14 tahun Tom mengikuti seminari Fransiskan di Cincinnati karena memiliki cita-cita ingin menjadi Pastor. Namun tawaran bermain akting lebih menggiurkan hingga ia berpaling dari cita-citanya tersebut. Sekarang Tom pun dikabarkan dekat dengan agama scientology. 

2. Wajah Aladdin Terinspirasi oleh Wajah Tom Cruise

Wajah Aladdin terinspirasi oleh wajah Tom Cruise (Copy)

Jika kalian pernah melihat sekilas wajah karakter Aladdin nampak sama dengan Tom, ternyata memang benar dibuat serupa! Animasi versi Disney yang terkenal dengan karpet terbang dan lampu ajaib ini memang menjadikan Tom sebagai referensi karakternya.

Awalnya, Disney ingin membuat karakter Aladdin mirip dengan Michael J.Fox. Namun Disney lebih memilih wajah Tom. Hal tersebut dilakukan karena Tom memiliki tampang seperti super hero yang keren dan tampan.

3. Ditawari Peran Sebagai Iron Man

Ditawari peran sebagai Iron Man (Copy)

Penggemar Avengers pernah enggak sih membayangkan Iron man diperankan oleh aktor lain selain Robert Downey? Yaps! Tom Cruise adalah orang pertama yang ditawari peran untuk menjadi Iron Man. Terlebih pada saat itu, Tom sedang naik daun hingga Marvel sangat pede untuk merekrut Tom.

Walaupun Tom belum pernah berperan sebagai Pahlawan Super, namun hal tersebut tak menjadikan Marvel ragu untuk merekrut Tom berperan sebagai Iron Man. Pasalnya Tom sudah terbiasa bermain action dan memiliki wajah yang tampan.

Marvel pun sempat yakin dengan pilihannya. Namun sayangnya, Marvel tidak bisa memenuhi keinginan Tom yang mana Tom tidak ingin memakai topeng dalam perannya. Waduh, kebayang gak sih Iron Man dimainkan tanpa topeng? Hihi ada-ada saja Tom!

4. Aktor Pertama yang Muncul dalam 5 Film Berturut-turut

Aktor pertama yang muncul dalam 5 film berturut-turut (Copy)

Pada tahun 1990-an karir Tom sangat memuncak. Pasalnya ia memerankan 5 film berturut-turut. Bukan hanya itu saja, 5 film tersebut terbilang sukses dan meraih banyak penonton. Dimulai dari film A Few Good Men tahun 1992 kemudian The Firm pada tahun1993 dilanjut dengan film Interview with the Vampire: The Vampire Chronicles tahun 1994 dan kemudian selang 1 tahun pada tahun 1996, Tom memerankan 2 film berjudul Mission Impossible dan Jerry Maguire.

Dari kelima film tersebut, Tom mencatat sejarah sebagai orang pertama yang mana juga mendapat penghasilan dari kelima film tersebut sebesar lebih dari 100 juta dollar AS secara berturut-turut. Amazing!

5. Nyaris Mati Saat Berakting di Film The Last Samurai

Nyaris mati saat bermain di film The Last Samurai (Copy)

Selama pembuatan film The Last Samurai, Tom nyaris mendapat kecelakaan yang sangat berbahaya di proses pembuatan tersebut. Ketika adegan berkelahi menggunakan pedang, pelindung yang digunakan Tom mendadak tidak berfungsi.

Lawan main Tom yang bernama Hiroyuki Sanada nyaris mengayunkan pedang ke leher Tom. Dan untungnya Sanada secara cepat menghentikan ayunan pedang tersebut. Bahkan pedangnya hanya berjarak beberapa inci saja dengan leher Tom. Duh menakutkan banget!

6. Ada Hari Besar Tom Cruise di Jepang

Ada hari besar Tom Cruise di Jepang (Copy)

Pada tahun 2006, Asosiasi Hari Peringatan Jepang pada bulan Oktober menyatakan bahwa Jepang menetapkan adanya Hari Tom Cruise. Hal ini dilakukan karena Tom sering datang ke Jepang dibandingkan artis Hollywood lainnya.

Warga Jepang juga sangat antusias ketika Tom datang ke negerinya. Bahkan banyak warga Jepang yang menyukai Tom karena sikapnya yang humble. Seringnya Tom berkunjung ke Jepang dibandingkan artis lainnya. Terlebih Tom juga memerankan film The Last Samurai yang mana menganut kultur Jepang. Ternyata hal ini memberikan pengaruh yang positif kepada sekitar hingga di anugerahi dengan Hari besar Tom Cruise.

7. Punya Surat Izin Sebagai Pilot

Punya surat izin sebagai pilot (Copy)

Sejak tahun 1994 di Kanada, Tom mempunyai surat izin untuk mengendarai pesawat. Pasalnya, film yang berjudul Top Gun membuat Tom harus mempunyai izin mengendarai pesawat. Adegan-adegan nekat yang ada di film tersebut tentunya harus membuat Tom piawai dalam mengendarai pesawat.

Top Gun juga bisa terbilang sebagai film yang sukses dan bahkan pada tahun 2020 dikabarkan akan tayang seri yang kedua. Tom memang terkenal dengan keberaniannya akan aksi-aksinya yang berbahaya. Dalam film ini juga tak lepas dengan adegan seperti itu, namun bedanya menggunakan pesawat. 

8. Mengidap Diseleksia

Mengidap Diseleksia (Copy)

Pada usia 7 tahun, Tom menyadari bahwa dirinya mempunyai kesulitan dalam membaca. Walaupun memang sudah diajari di sekolahnya, Tom tetap tidak bisa membaca dengan baik. Hingga diketahui bahwa Tom mengidap Diseleksia, namun ia selalu berusaha untuk menyembunyikan diseleksianya.

Saat umur 19 tahun pun Tom menyadari bahwa ia harus bisa membaca. Dan dari situ Tom megikuti pembelajaran dari metode L.Ron Hubbard yang juga merupakan pendiri Scientology. Hal tersebut juga mendekatkan ia dengan Scientology. 

9. Senang Melakukan Adegan Berbahaya

Senang melakukan adegan berbahaya (Copy)

Di setiap filmnya, Tom selalu melakukan aksi-aksi yang berbahaya. Pastinya ia melakukan latihan terlebih dahulu sebelum take action. Tapi tetap saja latihannya juga ekstrem. Pasalnya adegan yang ia lakukan hanya bisa dilakukan oleh para ahli.

Tom Crush memang senang dengan tantangan. Banyak filmnya yang menunjukan adegan-adegan berbahaya seperti di film Mission Impossible: Rogue Nation, ia berayun di sisi pesawat dan tak kalah menarik di film Mission Impossible: Ghost Protocol, Tom sedang memanjat gedung pencakar langit di Dubai hingga ia juga menggelantung di tebing yang terletak di Utah. Banyak yang tercengang karena ulah Tom Cruise memang benar-benar berani.

10. Hidup Bersama Ayah yang Kasar

Hidup bersama ayah yang kasar (Copy)

Banyak yang tidak tahu dibalik kesuksesannya, ternyata Tom pernah melewati masa kecil yang menyedihkan. Selama masa kecilnya, Tom mengaku bahwa ia tidak suka dengan perilaku ayahnya yang kasar, karena sang ayah kerap kali menghajar dan menyiksa Tom.

Saat kecil, Tom tidak disayangi oleh Ayahnya sendiri. Ayahnya memiliki sikap ringan tangan, seperti halnya ketika ada yang salah ia langsung memukul Tom. Dari sinilah Tom tidak sepenuhnya percaya pada Ayahnya sendiri. Bahkan hal tersebut berdampak saat Tom sekolah, ia terkena bully dan tidak ada teman yang bisa mempercayainya dengan baik dan itu membuat Tom sangat merasa kesepian.

Itulah 10 fakta menarik mengenai Tom Cruise. Aktor bintang papan atas Hollywood yang sangat sukses dan tetap terkenal dari tahun 1980-an hingga sekarang. Keahliannya dalam berakting dan juga wajahnya yang awet muda tetap menjadikan ia sebagai aktor yang paling di kagumi di Hollywood.

Selain itu, Tom yang berasal dari keluarga sederhana dan memiliki masa kecil yang buruk berhasil membuktikan bahwa ia bisa sukses sampai sekarang. Tom pun juga disebut-sebut sebagai aktor dengan bayaran tertingi.

Dari 10 fakta di atas masih banyak hal menarik lainnya mengenai pemain Mission Impossible ini, apa kalian punya fakta lainnya? Tulis tanggapan kalian di kolom komentar ya!

Oh iya, selain membahas soal Tom Cruise, kami juga pernah membahas aktor tampan dengan nama awal Tom juga lho. Ingin tahu? Kalau begitu, simak artikel Fakta Tom Holland ini, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *