bacaterus web banner retina

Menyeramkan! 10 Fakta The Exorcist (1973), Film Horor Ikonik

The Exorcist adalah film horor yang pertama kali dirilis pada tahun 1973. Film garapan William Friedkin ini sukses mencuri perhatian penonton dengan jalan cerita yang cukup menarik. The Exorcist sendiri bercerita tentang kehidupan Regan Mcneil (Linda Blair), seorang gadis berusia 12 tahun yang harus dibayangi oleh sosok iblis jahat.

Selain dapat membuat penonton merinding dengan berbagai adegan menyeramkan, film ini juga menyimpan sejumlah cerita menarik yang harus diketahui para penonton. Nah, supaya tidak membuat penasaran. Bacaterus telah merangkum fakta tentang film The Exorcist. Seperti apa itu? Berikut adalah ulasannya.

Baca juga: Cerita Seram di Balik Produksi Film Horor

1. Diadaptasi dari Novel

Diadaptasi dari Novel

The Exorcist adalah film horor klasik yang diadaptasi dari buku berjudul sama karma William Peter Blatty pada tahun 1971. Kisah dalam novel diangkat dari kasus kerasukan yang menimpa anak laki-laki berusia 13 tahun di Maryland tahun 1949.

Bermula dari sebuah permainan papan Ouija, seorang anak mulai menunjukkan tanda-tanda kerasukan iblis. Roland (nama dalam novel) pertama kali menjalani ritual exorcisme oleh Edward Hughes, pastor Katolik di Rumah Sakit Universitas Georgetown.

Namun, usaha yang dilakukan pastor tersebut gagal hingga akhirnya dilakukan ritual exorcisme lainnya oleh Pendeta William S. Bowdern, di St. Louis. Setelah menjalani 30 kali ritual pengusiran. Anak itu pun berhasil selamat, dan kembali menjalani kehidupan normal. Kisah inilah yang kemudian diangkat ke dalam jalan cerita film The Exorcist.

2. Iblis Pembawa Kerusakan

Iblis Pembawa Kerusakan

Salah satu hal yang cukup menarik dalam film ini adalah sosok iblis yang merasuki Regan Macneil (Linda Blair). Meskipun sosok iblis tersebut tidak pernah disebut secara eksplisit sepanjang film, tetapi banyak pihak yang menduga bahwa sosok iblis tersebut adalah Pazuzu. Hal itu diketahui dari awal scene dimana Pastor Merrin tampak berdiri di depan sebuah patung bernama Pazuzu.

Pazuzu sendiri merupakan bangsa Asyur dan iblis Babilonia, yang merupakan putra dari Hanbi, dewa kejahatan. Pazuzu diketahui memiliki kekuatan untuk membawa kehancuran dan kelaparan. Sosok Pazuzu dikenal sebagai pelindung bagi wanita hamil dari kejahatan dewi iblis Lamashtu, yang dapat membawa bahaya bagi wanita hamil dan bayi yang dikandungnya.

3. Meraih Banyak Penghargaan

Meraih Banyak Penghargaan

The Exorcist adalah satu dari sekian banyak film horor yang memperoleh kesuksesan besar. Film ini diketahui meraih pendapatan sekitar $440 juta dolar Amerika Serikat dari total anggaran sekitar $10 juta dolar. Pencapaian ini menjadikan film ini terlaris sepanjang sejarah perfilman. 

Selain pendapatan yang fantastis, film karya William Friedkin ini juga berhasil meraih banyak penghargaan di ajang bergengsi. Beberapa diantaranya seperti 'Skenario Adaptasi Terbaik' dan 'Tata Suara terbaik' di Academy Award.

Selain itu, film The Exorcist juga meraih banyak penghargaan untuk berbagai kategori seperti 'Artis Pendukung Terbaik', 'Sutradara Terbaik', 'Film Terbaik: Drama', dan 'Skenario Film Terbaik' di ajang bergengsi Golden Globe.

4. Kebakaran Saat Syuting

Kebakaran Saat Syuting

The Exorcist mengambil lokasi syuting di 'the Macneil house', sebuah hunian mewah yang berlokasi di kompleks elite yang terletak di Prospect street. Rumah tersebut kerap dikunjungi oleh beberapa sutradara film terkenal, penulis, aktor dan tokoh terkenal sebagai tempat singgah.

Selain memiliki desain arsitektur yang menawan, rumah tersebut juga menyimpan misteri yang membuat kru beserta pemain bingung. Pasalnya, selama proses syuting sempat terjadi insiden kebakaran hebat hingga membuat seluruh properti syuting mengalami kerusakan yang cukup parah.

Namun, hal yang cukup aneh justru terjadi, dimana kamar milik Regan untuk film tersebut sama sekali tidak tersentuh oleh api. Hal ini yang kemudian menimbulkan banyak spekulasi dari banyak pihak.

5. Mengalahkan 500 Peserta Audisi

Mengalahkan 500 Peserta Audisi

Sebagai pemeran utama Linda Blair memang cukup memukai berbagai pihak dengan kemampuan aktingnya. Linda Blair adalah satu-satunya aktris yang berhasil menyisihkan 500 aktris lain untuk mendapatkan peran sebagai Regan Macneil saat audisi.

Sulitnya mendapatkan peran yang pas membuat sang sutradara sempat mempertimbangkan untuk mengaudisi wanita dewasa bertubuh mungil sebagai Regan Macneil. Baginya, hal tersebut adalah sebuah tantangan besar.

Meski begitu, hal itu urung dilakukan karena pada akhirnya Linda Blair terpilih untuk peran Regan. Keputusan itu memang cukup tepat. Mengingat akting Blair yang cukup baik hingga membuahkan Penghargaan Golden Globe dan menerima beberapa nominasi di ajang bergengsi Academy Award.

Baca juga: Film Bertema Exorcism (Pengusiran Roh Jahat) Terbaik

6. Insiden Cedera Para Aktor

Insiden Cedera Para Aktor

Salah satu adegan yang cukup ikonik di film The Exorcist adalah saat adegan kerasukan yang dialami Regan. Dimana adegan tersebut mengharuskan Ibu Regan terlempar ke lantai akibat sebuah tamparan yang dilakukan Regan.

Menurut sang sutradara, teriakan yang dilakukan ibu Regan (Ellen Burstyn) itu asli karena saat proses pengambilan gambar tersebut. Hal buruk secara tidak sengaja terjadi, dimana tali pengaman yang terpasang pada tubuh Ibu Regan ditarik terlalu keras hingga akhirnya membuat tulang punggungnya terluka secara permanen.

Hal serupa juga sempat terjadi pada Linda Blair yang memerankan sosok Regan. Dimana Ia juga mengalami cedera punggung saat syuting karena salah satu tali pelindung tubuhnya tiba-tiba putus saat melakoni adegan exorcisme.

7. Sempat Dilarang Tayang

Sempat Dilarang Tayang

Meski meraih kesuksesan besar saat pemutaran perdananya, film berdurasi sekitar 2 jam 1 menit ini sempat dilarang penayangannya di Inggris. Mengingat saat pertama kali dirilis pada tahun 1974, film ini mendapat rating X.

Selain itu, beberapa otoritas lokal juga sempat melarang pemutaran film tersebut. Tidak berhenti sampai di situ. Penjualan untuk film tersebut bahkan sempat dihentikan pada tahun 1988 oleh pihak The Video Recordings Act. Namun, baru pada tahun 1999 film tersebut mulai dirilis kembali secara resmi di Inggris, dan mendapat respons yang cukup baik dari penonton.

8. Disebut Film Terkutuk

Disebut Film Terkutuk

Banyak pihak yang menilai bahwa film the Exorcist membawa kutukan bagi orang-orang yang terlibat salad proses produksi. Mulai dari kecelakaan syuting hingga banyaknya kematian di sekitar film. Aktor Jack MacGrowan diketahui meninggal tidak lama setelah syuting berakhir. Begitu pun aktris Vasiliki Maliaros yang meninggal paska produksi.

Secara kebetulan karakter mereka di film tersebut memang mengharuskan untuk mati. Hal serupa juga terjadi pada Max von Sydow, saudara laki-laki Linda yang harus meninggal saat syuting. Terakhir dan cukup menggemparkan adalah kabar kematian putra Mercedes McCambridge yang mengakhiri hidup setelah membunuh istri dan kedua putrinya pada tahun 1987.

9. Jason Miller Sempat Menjadi Pendeta

Jason Miller Sempat Menjadi Pendeta

Cerita menarik juga datang dari salah satu pemainnya, yaitu Jason Miller. Aktor yang sempat menerima Penghargaan Pulitzer 1973 untuk Drama dan Tony Award untuk Permainan Terbaik ini diketahui sempat belajar menjadi seorang pendeta sebelum akhirnya didapuk Friedkin untuk memerankan karakter Pastor Karras.

Namun, sebelum menyelesaikan pendidikannya. Miller memutuskan untuk berhenti karena mulai kehilangan imannya. Meski demikian, kemampuan Miller memerankan karakter pendeta di film tersebut cukup berhasil. Hal itu dibuktikan dengan penghargaan sebagai 'Aktor Pemeran Pendukung Terbaik' di ajang Academy Awards.

10. Membekukan Ruangan

Membekukan Ruangan

Friedkin memang berhasil menciptakan atmosfer mencekam melalui beberapa aspek. Mulai dari kualitas para pemain, setting tempat, hingga pengambilan adegan. Salah satu usaha sang sutradara untuk menghadirkan kengerian di film tersebut adalah dengan menciptakan ruangan dingin.

Untuk mendapatkan efek tersebut, para kru bahkan harus mendinginkan ruangan Regan sampai di berada bawah 30-40 derajat dari titik beku. Hal itu sengaja dilakukan sang sutradara agar bisa menangkap napas para aktor di depan kamera. Usaha sutradara untuk memberi efek tersebut tampaknya cukup berhasil.

Demikian 10 Fakta film The Exorcist, film horor ikonik tahun 1973 yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. The Exorcist adalah satu dari film Hollywood yang bisa menjadi rekomendasi tontonan yang menarik, khususnya untuk film bergenre horor. Nah, kira-kira bagaimana pendapatmu tentang film ini? Beri komentar di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram