bacaterus web banner retina

10 Fakta tentang Kenshin Himura, Karakter Utama Samurai X

Kenshin Himura adalah protagonis utama dalam serial manga dan anime Samurai X. Ia adalah seorang samurai pembunuh legendaris di masa restorasi Meiji yang dicari-cari di seluruh Jepang.

Di saat namanya berada di puncak kejayaan, Kenshin menghilang dan hidup mengembara sebagai penebusan atas perbuatannya menghabisi nyawa banyak orang di era Shogun Tokugawa.

Kenshin bersumpah tidak akan membunuh lagi. Sebaliknya, ia menghabiskan sisa hidupnya dengan mengembara dan melindungi orang-orang lemah yang tidak bersalah. Kenshin Himura digambarkan sebagai sosok yang ramah, lembut dan rendah hati.

Mengulik sosok kenshin, kita akan ditunjukkan beberapa fakta menariknya tentang karakternya. Mari kita simak informasinya berikut ini.

Baca juga: 10 Anime Samurai Terbaik, Rugi Kalau Belum Nonton!

1. Terinspirasi dari Sosok Kawakami Gensai

Terinspirasi dari Sosok Kawakami Gensai

Di zaman Meiji, konon hidup seorang samurai paling kuat bernama Kawakami Gensai. Ia bekerja untuk pemerintah tapi tidak ikut pelatihan sebagai prajurit seperti samurai lainnya.

Menariknya, meski tidak dilatih intensif, Gensai adalah salah satu samurai paling cepat yang pernah ada di Jepang. Gensai adalah seorang samurai yang disiplin dan pantang menyerah. Ia berlatih di sela-sela waktu luangnya saat ia masih melakoni pekerjaan sebagai petugas kebersihan.

Sosok samurai inilah yang menginspirasi Nobuhiro Watsuki untuk menciptakan karakter Kenshin Himura. Karakter bikinan Nobuhiro ini sangat lekat dengan anime Samurai X. Tidak heran jika masih banyak yang mempertanyakan kebenaran sosok ini dari kacamata sejarah.

2. Sanosuke Sagara Tadinya adalah Musuhnya

Sanosuke Sagara Tadinya adalah Musuhnya

Karakter Sanosuka Sagara muncul sejak awal kisah dalam anime dan manga. Ia adalah seorang petarung jalanan yang andal dalam duel tangan kosong dan mempunyai ketahanan fisik yang luar biasa.

Namun, sosok temperamental ini punya senjata andalan berupa pedang super besar yang dinamai Zanbato. Perjumpaan awal Kenshin dan Sanosuke adalah saat ia menantang Kenshin untuk duel.

Meski secara fisik dan penampilan Sano lebih unggul, Kenshin tetap dinilai lebih kuat darinya. Kenshin selalu bisa menghindari pukulan-pukulan Sano tanpa pernah sekalipun menyerang balik.

Secara tersirat pertarungan, itu berakhir dengan kekalahan Sano, ditandai dengan patahnya pedang milik Sano, Zanbato. Sejak saat itu Sano menjadi dekat dengan Kenshin dan tinggal bersama Kaoru di Dojo. Seterusnya, Sano selalu mengiringi petualangan Kenshin di dalam kisah Samurai X.

3. Jadi Incaran Pasukan Shinsengumi

Jadi Incaran Pasukan Shinsengumi

Selain Kenshin, ada karakter lain yang setara kekuatannya dengan Kenshin, yakni Saito Hajime. Ia juga seorang samurai tangguh yang menjabat sebagai kapten di pasukan elit Jepang bentukan keshogunan Tokugawa.

Kenshin dan Saito Hajime disebut-sebut sebagai samurai terkuat yang pernah ada. Namun, kedua karakter ini berada di tempat yang berbeda.

Kenshin adalah seorang pembunuh yang terkenal kejam, sedangkan Saito adalah seorang penjaga keamanan. Tidak heran jika Kenshin menjadi buronan Saito.

Sejak awal, unitnya sudah mengincar Kenshin dan ingin menangkapnya. Sayangnya, Kenshin sangat licin dan sukar ditangkap. Ketika era berubah, Saito tetap mengejar Kenshin tapi di beberapa kisah keduanya tampak harus bekerja sama untuk melumpuhkan musuh negara.

4. Tanda Silang Menyimpan Kisah Masa Lalu yang Kelam

Tanda Silang Menyimpan Kisah Masa Lalu yang Kelam

Selain berperawakan ramping dan rambut panjang berwarna merah, karakter Kenshin digambarkan mempunyai tanda silang di pipi kiri. Luka tersebut adalah ciri bahwa ia adalah pembunuh legendaris si Hitokiri Battousai.

Bekas luka tersebut merupakan momok bagi Kenshin. Setiap kali menyentuh bekas luka itu, Kenshin selalu teringat akan masa lalunya yang suram.

Bekas luka tersebut didapat dari dua peristiwa yang berbeda. Yang pertama disebabkan oleh tebasan seorang pemuda desa, Akira Kiyosato, yang merupakan calon suami Tomoe. Kenshin menghabisi Akira sebab pemuda itu menghalangi tujuan pemerintah yang ingin merubah tatanan negara.

Sementara luka kedua didapatnya dari Tomoe saat tebasan pedang Kenshin tidak sengaja mengenai tubuh Tomoe. Saat itu, pisau yang dipegang Tomoe terlempar dan melukai pipi kiri Kenshin tepat di tempat bekas luka pertama.

5. Mempunyai Dua Pedang

Mempunyai Dua Pedang

Pedang Sakabatou milik Kenshin adalah item yang ikonik yang berhubungan dengan dirinya. Katana bermata terbalik itu dibuat Kenshin agar ia tidak melukai orang lain, apalagi sampai menghilangkan nyawanya. Kenshin menggunakan pedang tersebut semata-mata untuk melumpuhkan lawannya.

Sepanjang kisah Samurai X, Kenshin diketahui dua kali berganti pedang. Sakabatou pertama patah saat Kenshin berduel dengan Seta Soujiro. Dalam pertarungan dengan samurai berwujud anak kecil yang manis itu, Soujiro berhasil mematahkan pedangnya.

Pedang milik Kenshin yang pertama diberi nama Sakabatou Kageuchi, sedangkan pedang kedua diberi nama Sakabatou Shinuchi.

Pedang tersebut menemani perjalanan Kenshin di seri-seri lanjutannya. Mata pedang Sakabatou bermata tajam hanya akan digunakan Kenshin ketika ia berhadapan dengan lawan yang sangat kuat, itu pun tanpa membunuhnya.

6. Pernah Menikah Dua Kali

Pernah Menikah Dua Kali

Tomoe Yukishiro dan Kauro Kamiya adalah dua wanita yang ada dalam hidup Kenshin. Dan kebetulan keduanya adalah istri Kenshin. Dalam kisah Samurai X, Kaoru mungkin lebih sering ditampilkan sebagai pasangan Kenshin.

Namun, apabila ditilik ke belakang, Kaoru adalah istri kedua Kenshin. Pasalnya sebelumnya Kenshin pernah menikah dengan Tomoe.

Singkatnya, Tomoe adalah perempuan di masa lalu Kenshin sebelum bertobat, dan Kaoru adalah perempuan di hidup Kenshin setelah bertobat. Menariknya Tomoe adalah orang yang membuat Kenshin berhenti membunuh.

Tomoe sebenarnya adalah calon istri Akira Kiyosato, pemuda yang pernah dibantai Kenshin. Sakit hati karena calon suaminya dibunuh dengan keji, Tomoe mencari Kenshin dan hendak balas dendam dan membunuh Kenshin. Namun, tanpa disadari ia malah jatuh hati pada Kenshin dan akhirnya menikah.

Sayangnya, Tomoe tewas saat Kenshin tengah bertarung melawan musuhnya. Kematian Tomoe begitu membuat Kenshin terpukul hingga akhirnya ia memutuskan untuk mengabdikan hidupnya membantu orang lain.

7. Punya Tiga Jurus Pedang yang Mematikan

Punya Tiga Jurus Pedang yang Mematikan

Kenshin jarang menggunakan jurus-jurusnya ketika bertarung. Ketika memutuskan untuk berhenti membunuh, ia malah menyembunyikan kekuatan dan ilmu pedangnya. Sering terlihat konyol dan rendah hati, Kenshin sebenarnya punya jurus yang mematikan.

Menyadari hal itu, Kenshin tidak mau mengeluarkannya sebab ia tahu lawannya akan tumbang. Jurus tersebut adalah:

  • Kuzu-ryusen, yakni serangan naga kepala sembilan. Jurus ini dalam tingkatan paling tinggi disebut Amakekuru Ryu no Hirameki. Jurus ini menghasilkan serangan pada sembilan titik vital manusia.
  • Hiten mitsurugi-ryu. Jurus yang paling sering Kenshin gunakan. Jurus ini menitikberatkan pada kecepatan gerakan. Tebasannya sangat mematikan, namun karena pedang Kenshin berbeda, jurus ini tidak sampai membunuh lawan-lawannya.
  • Ryutsuisen. Jurus tebasan pedang ini memanfaatkan gravitasi dari atas ke bawah. Namun, di beberapa pertarungan Kenshin sering menggunakan jurus ini secara terbalik, yakni menyerang dari bawah ke atas untuk menjangkau lawan.

8. Kenshin Bukan Karakter Paling Kuat dalam Samurai X

Kenshin Bukan Karakter Paling Kuat dalam Samurai X

Ini memang fakta menyedihkan, tapi memang demikian adanya. Kenyataannya ada beberapa karakter yang lebih kuat dibandingkan dengan dirinya, yakni gurunya sendiri, Hiko Seijuro XIII.

Ia adalah orang yang mengajari Kenshin ilmu pedang dan bela diri. Dalam serial Rurouni Kenshin atau Samurai X, sang guru membuat Kenshin tidak berkutik.

Karakter kedua yang lebih hebat dari Kenshin adalah Shishio Makoto. Ia juga salah satu Battousai terkuat yang berjuang bersama Kenshin.

Namun, Shishio berubah menjadi jahat sebab ia merasa dikhianati oleh pemerintah. Apalagi pemerintahlah yang menyebabkan tubuhnya tidak bisa mengontrol panas sehingga ia menderita seumur hidup.

Shishio nyatanya dapat mengalahkan Kenshin. Dengan kegilaannya, ia dibuat kerepotan menghadapi serangan-serangan Shishio. Agar bisa mengalahkan samurai yang memakai perban itu, Kenshin dibantu oleh kawan-kawannya, yakni Sanosuke Sagara dan Saito Hajime serta Aoshi Shinomori.

Selain itu, Shogo Amakusa tampil sebagai pendekar pedang yang sangat tangguh. Sialnya, ia juga menggunakan jurus yang sama dengan Kenshin, yakni Hiten Mitsurugi-ryu. Namun, dilihat dari keseluruhannya, Kenshin tetap mampu bertahan sampai akhir.

9. Kenshin Himura Bukanlah Nama Aslinya

Kenshin Himura Bukanlah Nama Aslinya

Kenshin Himura adalah nama pemberian guru Kenshin, yakni Hiko Seijuro. Kenshin bertemu dengan sang guru saat ia masih kecil. Kenshin adalah satu-satunya orang yang berhasil selamat dari serangan para samurai.

Seluruh keluarganya dibunuh dan ia harus menguburkan jasad orang tua, warga desa beserta penjahat yang tewas dalam pertarungan itu.

Ketika Kenshin tengah menguburkan mereka semua, sang guru muncul dan mengangkatnya sebagai murid. Ia pun mengganti nama Shinta, nama lahirnya, dengan nama Kenshin Himura.

Nama Shinta dinilai tidak cocok untuk seorang samurai. Setelah itu, Kenshin diajari berbagai jurus dan ilmu bela diri sampai akhirnya ia menjadi seorang Battousai paling ditakuti.

10. Menjadi Pembunuh Sadis di Usia 14 Tahun

Menjadi Pembunuh Sadis di Usia 14 Tahun

Sukar untuk menandingi kehebatan Kenshin. Ia sangat cakap dalam bertarung dan ulet. Kedisiplinannya dalam berlatih membuatnya cepat menguasai ilmu yang diajarkan oleh gurunya. Tidak heran jika dalam usia muda, Kenshin sudah terkenal sebagai samurai hebat.

Saat Kenshin berusia 14 tahun, ia menjadi ‘hantu’ yang ditakuti oleh musuh-musuh pemerintah. Keahliannya bahkan dapat mengakhiri perang sehingga era baru bisa dimulai. Ia benar-benar menjelma sebagai legenda hidup yang mempunyai ilmu pedang mematikan.

Tebasan pedangnya dapat mematahkan baja. Selain itu, ia adalah salah satu ahli pedang yang menguasai modoshigiri. Tebasannya rapi seolah tidak pernah dipotong.

Ketika sang guru menurunkan jurus Hiten Mitsurugi, kenshin menjadi sosok pembunuh yang semakin ditakuti. Saat itu padahal usianya masih remaja.

Itulah 10 fakta menarik dari karakter Kenshin Himura dari serial Samurai X atau Rurouni Kenshin. Karakter fiksi tidak hanya legenda di dalam serial atau manga, melainkan karakter legenda di dunia anime.

Manga dan anime Samurai X sangat digemari, dan meskipun kini menjadi karakter klasik, Kenshin selalu punya banyak hal menarik untuk ditelisik.

Nah, apakah kamus salah satu penggemar kisah ini? Kira-kira fakta apa lagi yang terlewatkan dari sosok Kenshin Himura, Battousai Jepang sang tokoh utama yang hebat ini?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram