Bacaterus / NCT / Inilah 11 Fakta Taeil, Bulan NCT yang Punya Suara “Empuk”

Inilah 11 Fakta Taeil, Bulan NCT yang Punya Suara “Empuk”

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Neo Culture Technology, atau yang lebih dikenal dengan NCT, merupakan boy group Korea Selatan yang mendunia. Salah satu personilnya adalah Taeil. Ia merupakan lead vocalist dari dua sub-unit NCT, yaitu NCT U dan NCT 127 yang semuanya berjalan di bawah naungan SM Entertainment.

Taeil NCT merupakan member tertua dan kerap kali dijuluki member terpendek di NCT. Padahal tingginya yang mencapai 173 cm, tergolong tinggi untuk ukuran orang Indonesia, ya? Tapi, karena member NCT lainnya lebih tinggi-tinggi, Taeil dianggap pendek, deh.

Dahulu kala, Taeil pernah memiliki cita-cita ingin menjadi pengacara. Tapi, kini namanya telah dikenal di seluruh dunia sebagai anggota dari idol group NCT. Untuk mengenal sosok Taeil lebih lanjut, berikut beberapa faktanya yang sudah Bacaterus kumpulkan untuk kamu, NCTzen!

  • Nama Lengkap: Moon Tae-il (문태일)
  • Nama Panggung: Taeil (태일)
  • TTL: Seoul, Korea Selatan | 14 Juni 1994
  • Posisi: Main vocalist NCT U & NCT 127

1. Seorang Fanboy

*Sumber: https://twitter.com/moontaeil____/status/1260111870133825536?s=20

Meskipun kini dirinya juga merupakan member idol group, Taeil juga memiliki sosok idolanya sendiri. Taeil mengidolakan seniornya di SM Entertainment, yaitu SHINee. Selain itu, ia juga mengagumi sosok Kim Bum Soo, seorang penyanyi R&B dan soul asal Korea Selatan.

Kecintaan Taeil pada dunia musik membawanya sukses sampai sekarang. Ditambah dengan suara yang indah, kemampuan menari yang baik, dan ia juga piawai bermain gitar dan piano.

Ditambah lagi, ketika menempuh pendidikan SMA, ia mengambil jurusan musik praktis dan mengikuti kontes bernyanyi. Kini, Taeil tengah menjalani profesinya sebagai musisi dan menikmati proses untuk menetaskan karya-karya baru bersama NCT.

2. Murid Seni Bela Diri ‘Aikido’

*Sumber: https://twitter.com/dear_614/status/1260219753601236993?s=20

Selain jago menari dan menyanyi, Taeil dikenal dengan karakter pendiam. Ia juga memiliki kepekaan terhadap perasaan orang lain, namun sulit untuk mengungkapkan perasaannya. Hal ini membuat member NCT yang lain ingin Taeil lebih terbuka, terutama terhadap mereka.

Dibalik sifatnya yang pendiam, ternyata Taeil sempat menekuni seni selain seni musik, yakni seni bela diri. Rupanya, sejak kecil karakter Taeil yang unik sudah terlihat, terbukti saat kebanyakan anak-anak Korea Selatan belajar seni bela diri Taekwondo, Taeil justru lebih tertarik mempelajari aikido (seni bela diri yang berasal dari Jepang). Ia menekuni aikido ketika menempuh pendidikan sekolah dasar.

3. Sosok yang Pemalu

*

Idola dituntut untuk selalu siap di depan kamera maupun off camera. Jadi, sangat masuk akal jika orang awam menganggap semua artis itu punya kepercayaan diri yang tinggi. Tapi, ternyata tidak begitu. Ada cukup banyak orang yang bekerja di dunia entertainment tapi memiliki sifat pemalu, seperti Taeil.

Taeil memiliki sifat pemalu dan kadang terlihat kurang percaya diri, padahal ia sangat menonjol dan memiliki banyak bakat. Ia sering kali gugup dan nampak malu-malu ketika berada di hadapan kamera. Tapi, selama ini, ia selalu bersikap profesional dan memberikan performa yang terbaik untuk NCTzen.

Justru, tingkah pria kelahiran 14 Juni 1994 ini ketika gugup dan malu-malu malah jadi semakin menarik perhatian banyak penggemar! Dan, walaupun pemalu, Taeil dikenal dengan pribadi yang sangat sopan terhadap orang lain, apalagi kepada seniornya atau kepada orang yang lebih tua. Salut!

4. Memiliki Seorang Adik Perempuan

Pria yang memiliki nama asli Moon Tae Il dan memiliki nama panggilan Moontae atau Shintaeil ini rupanya mempunyai satu orang adik perempuan. Kabarnya, Taeil dan adiknya memiliki jarak usia 3 tahun. Jadi, usia adiknya itu seumuran dengan member NCT yang lain seperti Jaehyun dan WinWin.

Meskipun identitas asli adiknya tidak diketahui publik hingga kini (karena orang Korea sangat mengedepankan privasi), Taeil pernah mengatakan kalau ia ingin mengenalkan adiknya pada Yuta NCT, teman sekamarnya di dorm. Ironisnya, adik perempuan Taeil justru mengangumi sosok Ten NCT. Jangan patah hati, ya, Yuta! Hihi.

5. Peserta Trainee Terlama

*Sumber: https://twitter.com/TAEILINA/status/1261599967497433089?s=20

Pria berzodiak gemini ini memiliki impian sebagai musisi. Ia pun memulai karirnya dengan menembus agensi besar di Korea Selatan, yaitu SM Entertainment. Namun, perjalanan menjadi trainee (waktu pelatihan idol sebelum debut) tidaklah mudah. Banyak yang akhirnya menyerah karena tak kunjung didebutkan, proses pelatihan yang menguras tenaga serta emosi, dan berbagai alasan lainnya.

Hal itu dialami juga oleh Taeil. Sebelum akhirnya lolos dan debut sebagai member NCT U pada tahun 2016, pria tampan itu harus menjalani masa training yang tak mudah dan dipenuhi intrik persaingan. Ia bahkan menghabiskan masa trainee paling lama dibandingkan member NCT lainnya, yaitu selama 3,5 tahun.

Maka, tak heran jika momen terindah dalam hidup Taeil adalah ketika ia lolos trainee dan akan didebutkan menjadi idol SM Entertainment, ia bahkan sampai berderai air mata saat mendapatkan kabar itu. Hebatnya lagi, baru tiga bulan setelah debut dengan NCT U, Taeil kembali debut bersama NCT 127 sebagai lead vocalist. Bangga banget sama Taeil!

6. Takut Kecoa

Meskipun saat kecil Taeil pernah bercita-cita menjadi penjaga kebun binatang, rupanya ia memiliki rasa takut pada salah satu serangga, yaitu kecoa! Memang benar, adanya keberadaan serangga yang satu ini sangat mengganggu.

Kecoa juga merupakan hewan yang dibenci oleh banyak orang. Tak hanya Taeil ternyata yang takut kecoa, tapi member NCT lainnya juga ada, yaitu Jisung NCT Dream! Semoga saja kedua member ini tidak menjadi korban kejahilan para member lainnya, ya!

7. Merilis OST Sebelum Debut

Jika kamu pernah mendengar suara Taeil sebelum ia debut, kamu tidak halu, kok. Soalnya, Taeil memang pernah merilis lagu sebelum ia resmi menjadi member NCT.

Ia menggunakan nama aslinya, Moon Taeil di bawah label SM Rookies (tim yang berisi trainee perempuan dan laki-laki yang akan didebutkan oleh SM Entertainment). Pada waktu itu, Taeil merilis lagu Because of You (단 한 사람) yang merupakan OST drakor “The Merchant: Gaekju” (2015). Kamu bisa mendengarkannya di Spotify.

Siapa yang menyangka, jika sebelum resmi menjadi member NCT U dan NCT 127, bahkan ketika Taeil belum dinyatakan lolos dari trainee SM Entertainment, ia diberi kepercayaan untuk merilis lagu? Mungkin Taeil-nya sendiri tak percaya ketika diberi mandat untuk menyanyikan sebuah OST drama.

Selain sempat mengisi sebuah soundtrack pada drama yang bergenre saeguk (kerajaan) tersebut, setahun setelahnya, Taeil kembali menyumbangkan suaranya pada soundtrack yang berjudul “Because Of You”.

Hal itu masih berlanjut, Taeil mengisi soundtrack drama populer berjudul “School 2017” sebelum resmi debut, bersama Doyoung dan Taeyong juga yang turut menuliskan lirik lagunya. Mereka membawakan lagu yang berjudul “Stay in My Life”.

Tak sampai di situ saja, Taeil dan dan Doyoung kembali berkolaborasi membawakan soundtrack dengan judul yang serupa dengan drama yang mereka nyanyikan OST-nya, yaitu “Radio Romance”. Kabar terakhir, Taeil diketahui mengisi soundtrack drama berjudul “Dokgo Rewind” bersama Jaehyun, sedangkan lagu yang mereka nyanyikan untuk drama tersebut berjudul “New Dream”.

8. Sering Tidur Larut Malam

Sejak usianya masih sangat muda, Taeil harus menjalani rutinitas yang padat dan tidak senormal remaja biasa, sehingga dirinya baru bisa memperoleh waktu tidur pada larut malam. Namun, Taeil jadi punya kebiasaan buruk, yaitu ia baru bisa tidur setelah jam 2 pagi.

Ia diketahui sering mengalami masalah susah tidur. Akhirnya, ia mengakalinya dengan bantuan musik. Bagi Taeil, dengan mendengarkan musik, ia merasa terbantu dan segera terlelap.

9. Sempat Ragu Menjadi Idol Grup

*Sumber: https://twitter.com/Sun_Moon_127/status/1262055193065095168?s=20

Pria yang kini sukses dengan sub-unit NCT 127 dan NCT U ini rupanya pernah mengalami kebingungan saat menentukan karir. Taeil yang saat itu baru saja lulus dari SMA Seo Seoul Life Science harus dipertemukan dengan dua pilihan.

Saat itu, ia memiliki impian untuk menjadi musisi dan ingin bergabung dengan agensi besar. Namun sayangnya, di saat yang bersamaan ketika ia mendapat kabar diterima di salah satu perguruan tinggi, Taeil  juga mendapatkan tawaran untuk bergabung dengan SM Entertainment!

Ketika itu, Taeil menghabiskan waktu hingga sebulan untuk mengambil keputusan. Menempuh pendidikan di perguruan tinggi adalah segalanya untuk Taeil, namun SM Entertainment juga merupakan agensi terbaik di Korea dan bisa menjadi pijakan awal dirinya meniti karir dalam bermusik.

Awalnya, ia sempat berpikir untuk memilih melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi saja. Tetapi, setelah berpikir ulang, Taeil berubah pikiran dan memutuskan bergabung sebagai trainee di SM Entertainment. Ia tidak menyesal dengan pilihan yang diambilnya. Terlihat sekarang dirinya sukses menjadi musisi yang terkenal di seluruh dunia bersama NCT.

10. Member 2 Sub-Unit NCT

*Sumber: https://mobile.twitter.com/NCT_ITALIA_/status/1210480807250452481/photo/3

Taeil memulai karirnya di industri musik pada Oktober 2015 sebagai salah satu anggota SM Rookies. Hingga, Taeil pun lolos untuk masuk ke dalam sub unit pertama NCT, yaitu NCT U. Sebelumnya, NCT adalah grup yang memiliki konsep member tidak terbatas dan akan dibagi menjadi beberapa sub-unit untuk melakukan promosi.

Taeil dinyatakan lolos bersama Taeyong, Ten, Doyoung, Jaehyun, WinWin, Kun dan Mark. Tak lama setelah itu, lebih tepatnya pada bulan Juli 2016, Taeil juga diperkenalkan sebagai member sub-unit kedua NCT, yaitu NCT 127.

11. Pernah Bertengkar dengan Winwin

win win taeil

Yang namanya dalam sebuah grup tidak selamanya akur dan adem ayem. Ada kalanya sesama anggota grup pernah berselisih satu sama lain, entah itu berbeda pendapat atau hal lainnya. Hal tersebut pernah dialami Taeil. Ia pernah “diambekin” oleh Winwin. Saat itu, Winwin sangat suka main game di HP dan Taeil khawatir akan hal itu.

Alih-alih menegurnya dengan baik, Taeil justru menjahili Winwin hingga gamenya kalah. Karena hal itulah Winwin jadi merasa kesel dengan Taeil. Tapi tenang saja sijeuni, kini mereka sudah menyelesaikan masalahnya, kok, lewat acara NCT Life in Osaka.

Ya, itulah kesebelas fakta Moon Taeil, vokalis bersuara empuk dari NCT. Dari semua fakta tadi, mana fakta Taeil yang bikin kamu gemas? Atau punya fakta menarik lainnya soal Taeil? Yuk, share di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *