Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Januari 2019

Jangan pernah ngaku pecinta Kpop kalau tidak tahu tentang Super Junior. Grup yang satu ini termasuk salah satu boyband Korea terpopuler yang sudah eksis selama belasan tahun. Saking terkenalnya, tak sedikit non-Kpopers yang tahu atau setidaknya pernah mendengar nama Super Junior.

Kesuksesan Super Junior sendiri pastinya tak bisa lepas dari dukungan penggemar mereka yang disebut ELF (Ever Lasting Friend). Kalau kalian termasuk ELF atau baru mengenal grup ini, ada 10 fakta soal Super Junior yang harus kalian tahu. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

10 Fakta SuJu yang Harus Diketahui

1. Debut dengan 12 Member

Super Junior resmi debut pada tanggal 6 November 2005 di bawah naungan agensi SM Entertainment. Grup yang juga dikenal dengan sebutan Suju ini dulu debut dengan 12 member, yaitu Leeteuk, Hangeng, Heechul, Kangin, Shindong, Yesung, Sungmin, Donghae, Eunhyuk, Siwon, Ryeowook, dan Kibum.

Awalnya pihak agensi menerapkan konsep gonta-ganti member untuk Super Junior, jadi nantinya akan ada member yang ‘lulus’ dan digantikan dengan idol lain. Tapi akhirnya konsep ini dibatalkan dan pihak agensi menambahkan member baru bernama Kyuhyun pada tahun 2006. Sejak saat itulah Super Junior pun resmi memiliki 13 orang member.

Saat debut sebagai 13 member tentu saja banyak masalah yang mereka hadapi akibat penambahan member secara mendadak. Kyuhyun sendiri sempat dicuekin oleh member SuJu lainnya, tapi semenjak kejadian kecelakaan yang menimpa Kyuhyun hingga ia koma beberapa hari, akhirnya semua member SuJu pun mulai akur satu sama lain dan saling menyayangi hingga saat ini.

2. Sejarah dan Arti Nama Super Junior

* sumber: www.deviantart.com

Sebelum debut, sempat muncul rumor kalau grup yang sekarang dikenal sebagai Super Junior itu akan diberi nama O.V.E.R yang merupakan singkatan dari Obey the Voice for Each Rhythm. Namun, pada akhirnya SM Entertainment memilih nama Super Junior 05 sebagai nama grup barunya tersebut.

Kata ‘super’ dipilih karena trainee atau calon idol yang dijadikan member SuJu adalah orang-orang yang sangat berbakat, bahkan dianggap terbaik dari yang terbaik. Sedangkan kata ‘junior’ berasal dari sebutan yang dulu diberikan untuk semua member SuJu saat masih menjadi trainee. Maklum saja, saat itu mereka memang termasuk trainee muda alias junior di SM Entertainment.

Sementara untuk angka ’05’ adalah angka yang mewakili tahun debut mereka kala itu, yaitu tahun 2005. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, SM Entertainment berniat membentuk grup dengan konsep pergantian member. Menurut rencana, akan ada Super Junior 06, 07, dan seterusnya dengan member-member baru.

Tapi, karena konsep ini akhirnya dibatalkan, seiring dengan masuknya Kyuhyun sebagai member ke-13, pihak agensi akhirnya menetapkan nama Super Junior tanpa embel-embel angka di belakangnya.

3. Grup Multitalenta

Sebagai sebuah grup musik, kemampuan para member Super Junior dalam hal menyanyi tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi, sebagai idol-idol pilihan agensi, semua member memiliki bakat lain yang tak bisa dianggap remeh.

Hampir semua member punya kemampuan untuk menari, akting, bahkan menjadi MC. Di antara member SuJu, Leeteuk, Heechul, Kyuhyun, dan Shindong adalah beberapa member yang dianggap sebagai rajanya variety show karena selalu bisa membawakan sebuah acara dengan baik dan menghibur.

Ada pula Kibum dan Siwon yang menekuni dunia seni peran dan sukses membintangi beberapa judul serial TV. Bicara soal akting, Super Junior juga punya film sendiri, lho! Semua membernya berakting di film komedi berjudul “Attack on the Pin-Up Boys” yang rilis tahun 2007.

4. Grup Kpop Pertama dengan Member dari China

* sumber: www.koreaboo.com

Meski berpredikat sebagai grup Kpop, SM Entertainment mengambil langkah berani untuk memilih Hangeng dan memasukkan idol asal China tersebut ke Super Junior. Tak hanya itu, pihak agensi bahkan membentuk sub-unit Super Junior-M yang nantinya akan fokus di pasar musik China.

Munculnya Hangeng sebagai idol asal China tentu menimbulkan pro dan kontra saat itu. Salah satu kendala yang dihadapi adalah Hangeng tidak boleh tampil di beberapa stasiun televisi karena masalah visa. Tapi sayangnya, di tahun 2009 Hangeng hengkang dari Super Junior. Meskipun sudah bukan member SuJu, Hangeng tetap selalu menjadi member SuJu bagi para ELF dan member SuJu lainnya.

Bahkan, kabarnya pun kini Hangeng masih saling bertukar kabar dengan member SuJu lainnya, terutama Heechul. Nah, kalau bertanya keadaan Hangeng sekarang, kini ia menjadi aktor dan artis yang sukses di China lho!

5. Sempat Diboikot Fans Gara-Gara Pembentukan Sub-Unit

Sekitar tahun 2007, agensi mengumumkan akan membentuk sub-unit yang belakangan diberi nama Super Junior-M. Rencana pembentukan grup ini pun sempat ditentang oleh sebagian ELF, apalagi SM Entertainment merekrut idol baru bernama Henry Lau dan Zhoumi yang rencananya akan dijadikan anggota resmi Super Junior-M.

Fans rupanya tidak suka dengan kehadiran member ke-14 dan ke-15 ini dan melayangkan protes besar-besaran. Mereka bahkan memboikot semua produk Super Junior dan melakukan demo di depan gedung SM Entertainment. Saat itu penggemar hanya ingin agar Super Junior tetap memiliki 13 member, tidak lebih.

Tapi pada akhirnya kontroversi ini berangsur-angsur mereda. Pihak agensi menjamin bahwa grup inti Super Junior tidak akan memiliki member baru lagi, sedangkan Henry Lau dan Zhoumi hanya akan menjadi anggota dari sub-unitnya saja. Uniknya dari SuJu-M ini, setiap kali mereka menerbitkan lagu atau album, pasti punya dua versi, yakni versi Korea dan versi China.

Terbukti memang, Zhoumi dan Henry kini lebih banyak bersolo dibandingkan sebagai Super Junior-M. Bahkan, Super Junior-M ini sudah lama tidak melakukan comeback lagi. Dan yang paling penting, baik Zhoumi dan Henry, juga sangat dekat dengan member Super Junior inti.

6. Mendunia Berkat Lagu “Sorry Sorry”

Sejak debut, nama Super Junior tentu sudah tak asing bagi para penikmat musik di Korea Selatan. Namun, popularitas grup ini semakin melambung tinggi ketika meluncurkan lagu “Sorry Sorry” pada tahun 2009. Tak hanya di Korea, lagu ini bahkan viral di seluruh dunia sampai-sampai hallyu wave menjangkit banyak negara, termasuk Indonesia.

Sejak saat itulah Super Junior semakin dikenal luas, mereka juga sering dijuluki sebagai king of Kpop karena dianggap punya kontribusi besar dalam menyebarkan virus Kpop di luar Korea. Dan sampai saat ini “Sorry Sorry” masih jadi salah satu lagu paling ikonik yang pasti dikenal oleh semua pecinta Kpop. Makanya tidak heran juga kalau SuJu ini termasuk dalam legend boygroup.

7. Hengkangnya Beberapa Member

* sumber: kultscene.com

Setidaknya ada 2 hal yang paling ditakuti oleh semua grup musik dan penggemarnya, yaitu kehilangan anggota dan bubar. Meski Super Junior berhasil bertahan selama belasan tahun, bagaimana pun juga grup ini harus kehilangan beberapa membernya.

Yang pertama adalah Hangeng. Saat karier Super Junior masih ada di puncak kejayaan, idol asal China ini memilih untuk mengakhiri kontrak kerjanya dengan agensi SM pada akhir tahun 2009. Setelah melalui proses yang cukup panjang, Hangeng akhirnya resmi keluar dari Super Junior pada tahun 2011.

Selain Hangeng, ada pula Kibum yang rupanya ingin fokus di dunia akting. Setelah peluncuran “Sorry Sorry”, Kibum sering absen di berbagai kegiatan Super Junior. ELF mulai curiga bahwa Kibum telah hengkang dari grup, tapi akhirnya pihak agensi menegaskan bahwa Kibum tidak keluar dari Suju dan sedang fokus dengan proyek solo.

Sayangnya, selama bertahun-tahun Kibum tidak pernah tampil lagi bersama Super Junior. Sampai akhirnya di tahun 2015 lalu, Kibum resmi dinyatakan keluar dari Super Junior dan SM Entertainment. Yang terbaru ada Henry Lau yang juga resmi keluar dari agensi dan otomatis meninggalkan predikatnya sebagai anggota Super Junior-M.

Selain ditinggal secara permanen, Super Junior juga sering tampil dalam formasi yang tidak lengkap karena ada beberapa member yang vakum, baik itu karena ditinggal wajib militer, ada yang terkena kasus hukum, ada pula yang dicekal fans seperti Sungmin yang kontroversi akibat pernikahannya dan Kangin karena kontroversinya yang mabuk.

8. Grup SM Entertainment Pertama yang Punya Label Sendiri

* sumber: suju.wikia.com

Sejak debut, Super Junior memang selalu ditangani langsung oleh SM Entertainment. Namun pada tahun 2015 lalu, agensi membentuk Label SJ yang merupakan label eksklusif yang akan mengurus seluruh aktivitas Super Junior.

Label SJ sendiri sebenarnya masih di bawah naungan agensi SM Entertainment, tapi untuk urusan manajemen grup, produksi album, hingga kegiatan masing-masing anggota Suju akan ditangani secara mandiri oleh Label SJ.

9. Grup Kpop Pertama yang Sukses Melakukan 100 Konser

* sumber: highyellow.me

Super Show adalah tur dunia yang sudah jadi trademark tersendiri bagi Super Junior. Selama bertahun-tahun, grup pelantun “Bonamana” ini selalu rutin menggelar konser di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Pada tahun 2014 lalu Super Junior mengadakan tur Super Show 6, dan di tur dunia inilah mereka mencetak sejarah baru karena resmi menjalani konser yang ke-100. Ini adalah rekor yang luar biasa, apalagi saat itu Super Junior menjadi grup Kpop pertama yang mencapai 100 konser di sepanjang kariernya.

10. Tetap Eksis dan Aktif Merilis Album

* sumber: thekpophero.com

Super Junior termasuk grup senior yang sudah bermusik selama belasan tahun. Meski sudah tidak semuda dulu lagi, grup yang satu ini masih tetap eksis sampai sekarang. Selama berkarier di dunia hiburan, Super Junior setidaknya sudah merilis 9 studio album, termasuk album Jepang.

Super Junior juga tercatat pernah meluncurkan album spesial bertajuk “Devil” pada tahun 2015 lalu. Yang terbaru, ada mini album “One More Time” yang dirilis pada tanggal 8 Oktober 2018. Uniknya, meski saat ini persaingan dunia Kpop semakin ketat dengan munculnya grup-grup baru, Super Junior rupanya tetap mampu mempertahankan esksistensinya.

Itulah 10 fakta Super Junior sebagai salah satu grup paling populer di Korea Selatan. Melihat perjalanan panjang mereka,  pantas saja bila banyak orang menjuluki mereka sebagai King of Kpop. Kalian punya fakta unik lain seputar Super Junior? Yuk, tuliskan di kolom komentar!