Bacaterus / AKB48 / 9 Fakta Sumire Sato, Ex-AKB48 yang Punya Pop-Up Store

9 Fakta Sumire Sato, Ex-AKB48 yang Punya Pop-Up Store

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Nama Sumire Sato mungkin tidak terlalu terkenal jika dibandingkan dengan anggota AKB48 lain seperti Atsuko Maeda, Yuko Oshima, Mayu Watanabe, hingga Yuki Kashiwagi. Namun Sumire termasuk ke dalam salah satu anggota yang cukup lama mengabdi di AKB48, terhitung hampir 9 tahun ia berkecimpung di idol grup asal Jepang ini.

Nah, pada kesempatan kali ini Bacaterus akan mengulas beberapa fakta menarik dari seorang Sumire Sato ini. Namun sebelumnya, mari simak terlebih dahulu biodata singkat dari idol yang punya panggilan Suuchan ini.

Biodata

  • Nama lengkap: Sumire Sato (佐藤すみれ)
  • Nickname: Suuchan, Suumero
  • Tempat dan tanggal lahir: Saitama, 20 November 1993
  • Golongan darah: O
  • Tinggi badan: 166cm
  • Ukuran sepatu: 25cm

1. Perjalanan karir

karir sumire

Sumire menjadi menjadi anggota AKB48 generasi ke-7, dan memulai debut pada bulan Desember 2008. Seperti anggota yang lainnya, ia awalnya berstatus sebagai Kenkyuusei hingga kemudian dipromosikan ke Team B pada bulan Agustus 2009. Ia berada di Team B selama 3 tahun dan kemudian dipindahkan ke Team A pada bulan Agustus 2012.

Setelah 6 tahun berada di AKB48, Sumire kemudian dipindahkan ke SKE48 pada bulan Februari 2014. SKE48 sendiri merupakan sister group dari AKB48 yang berlokasi di Nagoya. Pada bulan Januari 2018, Sumire memutuskan untuk graduated dari SKE48.

2. Memiliki nama panggilan “Suuchan” dan “Suumero”

sumire

Sumire memiliki nama panggilan Suuchan, dan nama ini sangat populer di kalangan para penggemarnya. Namun semenjak pindah ke SKE48, ia lebih sering menggunakan panggilan “Suumero/Suumelo”. Pasalnya, nama “Suuchan” mirip dengan nama panggilan anggota SKE48 lainnya yakni Tsugumi Iwagana yang sering dipanggil “Tsuuchan”.

Nama Suumelo sendiri terinspirasi dari karakter Sanrio favoritnya yakni My Melody yang sering dipanggil dengan sebutan “My Melo”. Menariknya, Sumire tidak suka dipanggil dengan sebutan “Sato-san” seperti kebanyakan orang Jepang lainnya yang lumrah dipanggil dengan nama keluarganya.

3. Pernah ikut audisi morning musume

Sebelum bergabung dengan AKB48, Suuchan pernah mengikuti audisi idol grup Morning Musume generasi ke-8. Morning Musume sendiri merupakan idol grup yang cukup legendaris di Jepang. Idol grup tersebut memulai debut pada tahun 1997 dan menjadi grup utama dari Hello! Project.

Pada tahun 2016, Suuchan mengikuti audisi Morning Musume untuk generasi ke-8. Terdapat 6883 peserta dari berbagai penjuru Jepang yang mengikuti audisi ini. Setelah melewati 4 tahap seleksi, Suuchan akhirnya berhasil lolos ke babak final, di mana ia harus bersaing dengan 5 peserta lainnya.

Di babak final Suuchan membawakan lagu Morning Musume yang berjudul “Roman ~MY DEAR BOY~”. Sayangnya ia kalah dari Aika Mitsui yang berhasil menjadi pemenang di audisi ini dan lolos menjadi anggota Morning Musume.

4. Punya wajah yang sangat bulat

wajah sumire

Suuchan memiliki wajah yang bulat sehingga teman-temannya sering menyebut jika wajahnya bisa dijadikan “acuan” untuk menggambar lingkaran. Namun dengan wajah bulatnya tersebut ia memiliki pipi chubby yang menjadi “charming point” dari dirinya.

Selain pipi chubby-nya, Suuchan juga tergolong cukup tinggi dibandingkan dengan anggota AKB48 lainnya. Dengan tinggi 166cm, gadis yang tidak menyukai bawang ini sering terlihat cukup menonjol ketika berdiri dengan anggota AKB48 atau SKE48 yang lainnya.

5. Suka manga Detective Conan

sumire conan

Suuchan sangat suka membaca manga. Salah satu manga yang paling ia sukai adalah Detective Conan. Dalam sebuah event, Suuchan juga pernah cosplay dengan karakter Conan Edogawa. Foto cosplay-nya tersebut juga sempat ia jadikan foto profil di akun Twitter pribadinya.

6. Seiyuu anime AKB0048

sumire akb0048

AKB0048 adalah anime science fiction yang bertemakan AKB48. Anime ini menceritakan tentang sebuah galaksi di masa depan yang menjadikan musik sebagai sesuatu yang terlarang. Idol grup AKB0048 yang merupakan penerus AKB48 mencoba untuk melawan peraturan tersebut dan meneruskan tradisi pendahulunya.

Pengisi suara untuk 9 karakter di anime ini diambil dari para anggota AKB48, SKE48, NMB48, dan HKT48. Ada 200 anggota yang mengikuti audisi di tahap pertama yang kemudian disaring menjadi 30 anggota. Pada tahap akhir, dipilihlah 9 anggota yang menjadi pengisi suara alias seiyuu di anime ini.

Nah, Suuchan menjadi salah satu seiyuu yang terpilih untuk anime AKB0048 ini. Ia menjadi pengisi suara dari karakter Mimori Kishida. Dalam anime ini, Mimori digambarkan sebagai gadis berusia 17 tahun yang berasal dari keluarga kaya dan memiliki tubuh yang seksi dan proporsional dengan tinggi 162cm.

7. Berteman dekat dengan Karen Iwata

sumire karen

Selama di AKB48, Suuchan berteman sangat dekat dengan Karen Iwata. Selain berada di tim yang sama (Team A), Suuchan dan Karen juga sama-sama menjadi seiyuu di anime AKB0048. Karen waktu itu menjadi pengisi suara dari karakter Nagisa Motomiya.

Sayangnya, di tahun 2013 mereka tidak bisa lagi menghabiskan banyak waktu bersama karena Suuchan ditransfer ke SKE48. Pada awalnya, Karen juga akan ditransfer ke SKE48, namun karena alasan tertentu, akhirnya rencana tersebut dibatalkan.

8. Pernah bercita-cita menjadi novelis

sumire movie

Sewaktu kecil, Suuchan pernah memiliki cita-cita menjadi seorang novelis. Hal tersebut tidak mengherankan mengingat ia sangat suka membaca buku dan novel. Dalam sehari, ia bisa membaca 1 hingga 2 buku. Suuchan sangat menyukai novel-novel karangan Otsuichi, Yamada Yusuke, Ira Ishida, dan Keigo Higashino.

Namun seiring berjalannya waktu, ia lebih melirik untuk menjadi seorang aktris dibandingkan menjadi novelis. Ketika masih menjadi bagian dari AKB48, Suuchan pernah tampil dalam drama Majisuka Gakuen 2, yang juga dibintangi oleh beberapa anggota AKB48 lainnya. Ia juga pernah menjadi pemeran utama dalam film Hokago Lost (2014) dan The Little Match Girl (2016).

9. Menggeluti bisnis Pop-up Store

sumire popup

Setelah lulus dari AKB48 & SKE48, Suuchan memang tidak terlalu banyak berkecimpung di dunia hiburan. Namun, ia mulai menggeluti dunia bisnis dengan membuka pop-up store miliknya sendiri. Pop-up store merupakan konsep toko temporer semacam ekshibisi selama beberapa hari saja. Pop-up store ini cukup populer di beberapa pusat perbelanjaan di Jepang.

Suuchan sangat suka sekali dengan cake, es krim, dan berbagai makanan manis lainnya sehingga konsep dari pop-up store-nya pun tidak jauh dari itu. Ya, dengan nama “Violet Sugar Cream”, Suuchan menghadirkan berbagai kudapan manis di pop-up storenya.

Tema dari pop-up store-nya sendiri dominan dengan balutan warna violet alias ungu. Kenapa ungu? Karena “sumire” dalam bahasa Jepang memiliki arti “ungu” sehingga ia sangat menyukai warna tersebut.

Selain berbagai kudapan manis, di pop-up store milik Suuchan ini juga terdapat berbagai aksesoris dengan tema ungu seperti anting, kalung, case handphone, hingga parfum. Selain itu, dijual juga photobook spesial dari Suuchan.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik yang dimiliki oleh Sumire sato. Jika kamu punya fakta lainnya yang belum kami sebutkan di sini, silakan bagikan di kolom komentar ya!

Oh iya, kalau kamu juga penyuka SKE48, kami pernah membahas salah satu ex-member SKE48 bernama Rumi Kato. Ingin tahu fakta unik dan lucu mengenai Rumi? Yuk, langsung kunjungi artikel Fakta Rumi Kato ini!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *