bacaterus web banner retina

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 29 Juni 2021

Industri musik Korea Selatan memang selalu menarik untuk diikuti, apalagi di tahun 2021 ini ada banyak pendatang baru. Para pendatang baru ini jelas memberikan angin segar yang makin meramaikan dunia musik K-Pop. Salah satu pendatang baru di tahun ini yang cukup banyak menarik perhatian orang-orang adalah dengan debutnya girl group bernama STAYC.

STAYC adalah grup yang terdiri dari enam anggota dan berada dibawah naungan High Up Entertainment. STAYC dipimpin oleh Bae Sumin, leader kelahiran 12 Maret 2001 ini menarik perhatian banyak pecinta K-Pop dengan wajahnya yang cantik. Sumin sendiri ternyata pernah mengikuti ajang pencarian bakat di Korea hingga akhirnya bisa debut bersama STAYC.

Biodata

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 1
  • Nama Lengkap: Bae Su Min (배수민)
  • Nama Panggilan: Sumin (수민)
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Pohang, 13 Maret 2001
  • Posisi di Grup: Leader, Vocalist, Rapper
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Pisces
  • Golongan Darah: O
  • Perusahaan: Highup Entertainment

Fakta Sumin STAYC

Pasti banyak yang ingin tahu dong, seperti apa sih leader-nya dari girl group rookie STAYC ini? Kamu bisa mendapatkan informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

1. Memiliki Beberapa Nama Panggilan

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 3

Sebagai seorang idol K-Pop, biasanya mereka selalu memiliki nama panggilan tersendiri yang unik. Entah itu nama panggilan dari kecil yang diberikan orang tua, nama panggilan dari member bahkan fans. Banyak sekali idol-idol Korea Selatan yang memiliki nama lain selain nama kelahiran dan nama stage. Salah satunya adalah Sumin yang ternyata ia memiliki dua nama panggilan lain lho.

Sumin sendiri ternyata kerap dipanggil dengan nama Sum atau Baesum oleh orang-orang. Kedua nama ini kerap digunakan oleh orang-orang untuk memanggilnya. Tapi mungkin hanya beberapa orang yang memanggilnya dengan nama ini, karena sepertinya hanya untuk orang terdekat saja.

2. Meski Leader, Sumin Adalah Member dengan Badan Terkecil

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 5

Menjadi leader di usia muda untuk sebuah grup K-Pop memang bukan hal yang mudah, tapi membanggakan juga. Sumin sendiri juga terlihat menikmati perannya sebagai leader dari grup STAYC ini meski memang terkadang membernya cukup sulit diatur. Uniknya, Sumin ini ternyata member yang badannya paling kecil di dalam grupnya.

Hal ini bisa kalian buktikan sendiri saat melihat seluruh member STAYC berjalan bersama-sama. Sumin terlihat paling mungil, dibanding member-member lainnya, bahkan sang maknae. Meski begitu Sumin tetap percaya diri dan tidak pernah terlalu mempermasalahkan hal ini. Meski terkadang para membernya menggoda Sumin dengan mengatakan bahwa dia pendek, tapi itu hanya candaan saja.

3. Pernah Mengikuti Acara Pencarian Bakat di Korea Selatan

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 7

Sebagai member tertua dan menjadi leader untuk grupnya, ternyata Sumin pernah mengikuti acara pencarian bakat lho. Sumin diketahui pernah mengikuti dua ajang pencarian bakat di Korea Selatan yaitu K-Pop Star dan Produce 48.

Meski pernah mengikuti dua ajang pencarian bakat di Korea selatan yang populer, nyatanya Sumin harus menerima kegagalan. Pasalnya di kedua acara tersebut Sumin tidak berhasil mendapatkan kemenangan dan debut. Tapi Sumin tidak pernah menyerah untuk menggapai keinginannya dan kini berhasil debut dengan STAYC.

4. Menjalani Masa Trainee yang Cukup Panjang

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 9

Siapa bilang jalan untuk menjadi idol di Korea Selatan itu mudah? Nyatanya, untuk menjadi seorang idol itu ternyata membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Begitu pula dengan yang dirasakan oleh Sumin, gadis kelahiran Pohang ini harus menjalani masa trainee yang cukup panjang. Sumin harus berjuang sebagai trainee selama lebih dari lima tahun.

Sumin sendiri memang sempat berpindah agensi, dari Plan A Entertainment ke Play M Entertainment. Kabarnya Sumin ini sempat menjalani masa trainee bersama para member dari girl grup rookie lainnya yaitu Weekly. Namun Sumin memutuskan untuk keluar dan di tahun 2018 ia akhirnya bergabung dengan High Up Entertainment.

5. BTS Adalah Role Modelnya

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 11

Meski kini sudah menjadi seorang idol, bahkan grup STAYC termasuk dalam grup yang sedang naik daun. Ternyata para membernya masih mengagumi para senior mereka dan menjadikannya sebagai role model. Bagi Sumin sendiri, ternyata ia sangat mengagumi boy grup ternama Korea Selatan yang sangat terkenal yaitu BTS.

Sumin mengaku bahwa ia adalah salah satu fans dari grup BTS dan berharap bisa mengikuti jejak mereka. Meski begitu karena debut dalam masa pandemic, para member STAYC belum memiliki kesempatan untuk bisa bertemu dengan member BTS. Semoga saja di masa depan mereka bisa menyapa seniornya secara langsung di berbagai acara musik.

6. Pernah Muncul dalam Acara Reality Show dan Music Video

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 13

Sebelum menjadi trainee dan menjadi seorang idol seperti sekarang, sebenarnya Sumin sudah tidak asing dengan dunia entertainment Korea Selatan. Pasalnya sejak usianya masih sangat muda, ia pernah berpartisipasi dalam beberapa acara reality show dan musik video penyanyi ternama. Sumin pernam muncul dalam variety shop predebut dari boy group VICTON.

Selain itu Sumin juga pernah muncul sebagai invisible girl dalam reality show bernama Me & 7 Men. Tak hanya muncul dalam beberapa variety show, pasalnya Sumin juga pernah menjadi model untuk video musik. Saat itu Sumin menjadi salah satu model untuk musik video milik penyanyi senior Huh Gak untuk lagunya yang berjudul The Last Night.

7. Jago Memasak Sup Rumput Laut

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 15

Selain menjadi leader dan memiliki kemampuan menari dan vokal yang mumpuni, Sumin juga jago memasak lho. Salah satu menu yang paling diandalkan adalah keahlian dalam membuat sup rumput laut ala Korea Selatan. Sup rumput laut sendiri termasuk dalam salah satu hidangan Korea yang banyak disukai oleh orang-orang.

Keahlian Sumin membuat sup rumput laut ini bahkan telah diakui oleh para member STAYC juga. Memang tidak aneh jika para anggota girl grup tidak hanya berbakat dalam soal stage performance. Beberapa dari mereka juga memiliki keahlian untuk memasak, pasalnya mereka harus terbiasa hidup jauh dari orang tua selama bertahun-tahun.

8. Hobinya Bermain Video Game

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 17

Menjalani kesehariannya sebagai seorang idol yang super sibuk, tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini pun dirasakan oleh Sumin, dimana terkadang ia pasti merasakan yang namanya lelah dan stres. Maka dari itu, Sumin memiliki caranya sendiri untuk membebaskan dirinya dari segala beban saat bekerja.

Sumin memilih untuk bermain video game untuk mengurangi stres dan mengembalikan moodnya seperti semula. Bermain game memang membuat banyak orang bisa melupakan stres dan rasa lelahnya setelah beraktivitas. Tapi Sumin hanya bermain video game secukupnya saja, karena ia tahu bahwa ia memiliki tanggung jawab lain sebagai leader dan idol.

9. Sulit Mengucapkan Huruf “S”

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 19

Jika di Indonesia kita cenderung menemukan orang-orang yang cadel, dimana mereka kesulitan menyebutkan huruf “R”. Leadernya grup STAYC ini juga memiliki cadel versinya sendiri, dimana Sumin memiliki kesulitan dalam mengucapkan huruf “S”. Hal ini mungkin tidak banyak orang yang tahu dan cukup sulit untuk di ketahui oleh orang awam.

Tapi jika kamu memperhatikan setiap kali Sumin berkata, terkadang kita mendengarkan pengucapan huruf “S” yang agak berbeda. Terkadang kita mendengarkan Sumin berkata dengan cara yang lucu ketika sedang mengucapkan kata-kata yang berawalan “S”.

10. Hobi Mengambil Gantungan Baju Para Member

Jadi Leader di Usia Muda, Ini 10 Fakta Menarik Sumin STAYC 21

Dikenal sebagai leader dari grup rookie STAYC, Sumin memang terlihat cukup mengayomi para membernya. Tapi ada hal yang ternyata Sumin lakukan pada para membernya, yang membuat anggota STAYC yang lainnya cukup kaget. Ternyata Sumin sering mengambil gantungan baju milik para member, alasannya karena gantungan bajunya kurang.

Saat sedang bermain Mind Link, para member STAYC akan saling mengutarakan rahasia dengan memakai kata kunci bahasa Indonesia. Sumin mengatakan bahwa ia kerap mengambil hangat milik Sieun, karena terlihat menganggur. Sieun juga menuturkan bahwa Sumin memberikan perintah untuk mengambil hanger siapa saja yang ada.

Sebagai leader untuk grupnya di usia yang masih sangat muda, Sumin terlihat sangat mengayomi anggota grupnya. Sumin juga termasuk orang yang menginspirasi, pasalnya ia tidak mudah menyerah dengan keinginan dan impiannya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram