Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Hai, A.R.M.Y! Author Bacaterus balik lagi dengan artikel fakta tentang member BTS. Selesai membahas Jungkook, kali ini author mau membahas fakta Suga BTS. Nama asli Suga adalah 민윤기 (baca: Min Yoonki/Yoon-gi). Suga lahir pada 9 Maret 1993, membuatnya jadi member tertua ke-2 di BTS. “Suga” adalah nama panggungnya saat ini.

Suga merupakan seorang penyanyi (rapper), produser dan penulis lagu. Grup Suga adalah BTS, yaitu idol boy group yang dinaungi oleh Big Hit Entertainment. Penasaran apa saja sepuluh fakta menarik tentang Suga BTS? Simak pembahasannya sampai habis, ya!

10 Fakta Menarik Suga BTS

1. Asal Muasal Nama “Suga”

Asal Muasal Nama "Suga"

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa Suga, kenapa tidak dipanggil Yoongi saja? Jadi, nama panggung “Suga” ini diberikan Bang Sihyuk (CEO Big Hit Entertainment) pada Yoongi karena pesonanya ketika tersenyum.

Saat tersenyum, Yoongi menampilkan gusinya juga, kalau istilah bekennya gummy smile. Lalu, mata Yoongi juga seakan-akan ikut tersenyum, sangat manis seperti gula, makanya lahirlah nama Suga dari kata sugar.

Tapiiiii, ada juga, nih, versi lain. Ada yang bilang nama Suga lahir karena kulit Yoongi sangat putih seperti gula. Memang, kulit Yoongi adalah yang terputih di antara member BTS lainnya. Lalu, ada juga yang mengatakan kalau Suga merupakan singkatan dari “shooting guard” yaitu posisi Yoongi di tim basket sekolahnya. Hm.. Kalau kamu percaya yang mana?

2. Dari Jago Basket sampai Jadi Dewan Sekolah

fakta Suga BTS

Suga suka, cinta, dan hebat dalam basket. Sewaktu sekolah dulu, tim basket sekolahnya yang berisi Suga sering memenangkan pertandingan. Saking cintanya sama basket, Suga sering meluangkan waktu untuk bermain basket setiap dia dapat jatah libur ketika jadi trainee (latihan menjadi idol).

Posisi Suga di permainan basket biasanya jadi point guard atau shooting guard. Karena suka banget basket, menurut Suga anime terbaik yang mempengaruhi hidupnya adalah “Slam Dunk.”

Sewaktu SMP dulu, Suga masuk di sekolah biasa (yang siswanya dicampur cowok-cewek). Sedangkan untuk SMA-nya Suga sekolah di SMA khusus cowok. Ketika SMA, Suga menjadi dewan sekolah, loh! Kalau di kita mungkin semacam OSIS, kali, ya?

Suga bertugas untuk mengawasi dan menghukum anak-anak yang melanggar aturan. Makanya, dulu banyak yang tidak suka sama Suga, hihi. Tapi, Suga punya cara lain untuk menegur teman-temannya yang bandel, yaitu dengan memberi perhatian dan pengertian supaya tidak melanggar lagi di kemudian hari.

3. Semangat Bermusik

Semangat Bermusik

Fakta Suga BTS yang selanjutnya adalah kecintaannya terhadap musik. Min Yoongi kecil sudah sangat bersemangat untuk membuat musik, lebih tepatnya ketika dia duduk di bangku kelas 6 SD. Saat SMA, Min Yoongi sudah menjadi penulis dan komposer musik yang lebih profesional. Bahkan dia sudah mulai menjual lagu-lagunya untuk makan dan ongkos dia pulang-pergi ke rumah.

Suga yang dijuluki “Hip-hop Warrior” oleh Warren G ini dan bercita-cita dalam usianya yang 30-an sudah mendominasi dunia dengan musiknya. Tapi, dalam usianya yang baru 25 tahun (usia internasional), dia sudah menjadi seorang world superstar yang sangat berpengaruh bersama dengan BTS. Hebat, ya?

Padahal, dulu Suga dilarang keras orang tuanya untuk bermusik. Orang tuanya berpikir kalau pekerjaan yang “pasti” seperti menjadi pegawai kantoran, dokter, pegawai negeri sipil, dan lain-lain lebih “aman.”

Sedangkan kalau Suga bermusik, belum tentu dia bakal sukses. Eh, ternyata sekarang BTS merupakan idol group yang paling dielu-elukan di seluruh dunia. Tak perlu khawatir, kini orang tua Suga sudah merelakan anak mereka bermusik, kok.

4. Composer & Song Writer BTS

Composer & Song Writer BTS

Suga adalah bank-nya lagu BTS. Suga pernah mengatakan kalau dia bisa membuat lagu setiap hari, dalam satu bulan dia bisa menyelesaikan sekitar 100 lagu. Wow! Gambar di atas merupakan beberapa lagu BTS yang Suga produseri dan tulis liriknya. Itu baru beberapa, loh, belum semuanya.

Suga bilang inspirasi bisa datang dari mana saja. Ketika dia mendengar percakapan orang, cerita temannya, pengalaman pribadi, ketika sedang merenung sendiri atau bahkan ketika dia sedang di tengah keramaian. Makanya, Suga selalu membawa note agar bisa langsung mencatat ketika dia mendadak mendapatkan ilham. Iya, Suga lebih prefer buku note daripada ponsel atau tab untuk menulis lirik-liriknya.

5. Kecintaannya Terhadap Piano

Kecintaannya Terhadap Piano fakta Suga BTS

Fakta Suga BTS yang selanjutnya adalah piano. Mungkin orang-orang tak akan menyangka kalau badass rapper sekelas Suga piawai memainkan piano. Selain jago, Suga itu sangat cinta pada piano.

Katanya, piano adalah instrumen musik pertama yang dia mainkan. Saking cintanya Suga sama piano, dia membuat lagu sepanjang 3:09 menit yang menceritakan tentang piano di proyek solo dalam album BTS “Wings” judulnya adalah “First Love.”

6. Salah Satu Rapper Tercepat di Korea

Salah Satu Rapper Tercepat di Korea

* sumber: t.co

Ada semacam “penelitian” yang dilakukan oleh seorang fan. Dia mengumpulkan beberapa rapper asal Korea Selatan. Dan, menurut dia, Suga termasuk dalam top three idol rapper dan tercepat ke-11 di antara rapper lainnya seantero Korea Selatan. Itu menurut si fan tersebut, kalau menurut kamu, rap Suga secepat apa?

7. Hobi (banget) Tidur, Zzz

Hobi (banget) Tidur, Zzz

A.R.M.Y pasti sudah hapal di luar kepala kalau Suga itu pacarnya bantal sama kasur. Dia hobi banget tidur. Menurut Suga, tidur adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasi stres. Dia pernah bilang kalau dia lebih memilih tidur atau membuat lagu daripada disuruh latihan fisik. Duh, gimana nanti pas Suga ikut wajib militer, ya? Hihi.

Tidak hanya latihan fisik, bahkan sarapan, makan siang, dan makan malam pun bisa dia skip. Ya, Suga lebih memilih tidur daripada makan. Makanya, para member suka gantian mengingatkan Suga untuk makan. Karena, kalau tidak diingatkan, Suga bisa tidak makan berhari-hari karena mendekam di studionya untuk membuat musik.

8. Suga sebagai Suga

Suga sebagai Suga

Banyak A.R.M.Y yang mengatakan kalau Suga punya banyak kepribadian. Yaitu, Suga sebagai Suga BTS, Suga sebagai Agust D (proyek mixtape solo Suga), dan Suga sebagai dirinya sendiri alias Min Yoongi. Sekarang, mari bahas Suga sebagai Suga member BTS terlebih dahulu.

Jadi, sifat alami Yoongi adalah, dia cenderung “malas.” Bukannya introvert, dia cuma malas saja bertemu banyak orang. Intinya, sih, dia malas kalau disuruh bergerak banyak-banyak. Tapi, semua itu berubah ketika camera: on. Dia bakal langsung berubah mode menjadi idol Suga BTS.

Tentu kamu sudah tahu kalau pekerjaan idola adalah menjadi entertainer buat para fans. Ketika ada kamera, Yoongi bakal berubah jadi Suga si idola yang cerewet, aktif, lucu, sarkastik, dan menarik dengan gayanya sendiri yang cool dan cuek.

9. Suga sebagai Agust D

Karier solo Suga dimulai ketika dia meliris album mixtape-nya yang bernama Agust D. Nama album mixtape ini juga sekalian menjadi nama panggungnya untuk solo karier ini. Mixtape Agust D liris pada tanggal 16 Agustus 2016. Kini video klip mixtape-nya yang berjudul “Agust D” telah ditonton sebanyak 33 juta kali. Sedangkan lagu lainnya yang berjudul “Give It To Me” telah ditonton sebanyak 18 juta kali.

Mixtape Agust D menceritakan sisi lain dari Suga BTS yang sudah orang-orang ketahui. Di album mixtape-nya ini Suga menceritakan kesulitannya untuk menjadi penyanyi terkenal, penderitaannya tentang penyakit mentalnya, bagaimana dia meraih mimpi, dan cerita lainnya mengenai dirinya yang tidak bisa dia ekspresikan sebagai Suga BTS.

10. Suga sebagai Min Yoongi

Suga sebagai Min Yoongi

Fakta Suga BTS yang terakhir adalah Suga sebagai dirinya sendiri, yaitu Min Yoongi. Seorang Yoongi dikenal oleh orang-orang terdekatnya, member BTS, dan staf Big Hit sebagai orang yang blak-blakan dan tegas. Dia orangnya konsisten. Jika suka, dia akan suka selamanya. Begitu pula dengan benci. Lalu, walaupun dia memang pemalas, tapi dia punya semangat yang tinggi untuk melakukan hal-hal yang dia sukai.

Yoongi juga dikenal karena mulut pedasnya. Dia akan mengatakan A sebagai A, B sebagai B, tanpa memperhalusnya supaya tidak menyakiti orang lain. Dia tipe orang yang langsung membicarkan masalah dengan orangnya daripada membicarakan orang tersebut di belakang. Makanya, peran Yoongi di sini rangkap juga sebagai bapak di BTS. Dia akan memarahi para member yang melakukan kesalahan.

Min Yoongi juga cuek, dalam arti cuek terhadap lingkungan dan cuek terhadap pendapat orang lain terhadap dirinya. Menurut Jungkook, Yoongi tidak memperlihatkan “ketertarikan” terhadap sesuatu di sekitarnya. Tapi, Yoongi menyanggahnya. Yoongi mengatakan kalau dia peduli akan sesuatu, dia akan betul-betul memikirkannya bahkan bisa sampai mengganggu pikirannya, loh.

Jadi, daripada overthinking, Yoongi memilih untuk nampak tidak peduli. Hal ini dikarenakan dulu dia pernah membaca kalau tidak memedulikan apa yang orang lain pikirkan, maka kita akan bahagia.

Semenjak itu Yoongi menjadi pribadi yang sangat cuek. Dia tidak peduli apa yang kiranya dipikirkan orang mengenai dirinya. Apalagi sebagai idolpublic figure, tentu BTS akan mendapatkan banyak spot light. Orang-orang berdatangan untuk mengkritik (baik itu kritikan yang membangun maupun menjatuhkan). Untuk itu, Yoongi memilih untuk percaya pada dirinya sendiri dan juga pada timnya (BTS).

Karena, menurut Yoongi, ketika kita terlalu peduli terhadap judgement orang-orang (mau yang baik atau pun yang buruk), maka kita bisa keluar jalur. Untuk mencegah hal seperti itu, Yoongi memilih untuk jadi orang yang cuek. Good thing, right?

Selain blak-blakan dan cuek, sifat Yoongi yang paling terkenal adalah tsunderenya. Tsundere (bahasa Jepang) adalah perubahan sikap seseorang yang awalnya dingin tapi ketika sudah dekat akan menampilkan sisi hangatnya. Nah, Yoongi benar-benar seperti itu. Walaupun cuek, dia bukannya tidak peduli. Tapi dia punya caranya sendiri untuk menunjukkan kepeduliannya.

Contohnya seperti membetulkan barang rusak di dorm sepeti pintu, toilet, meja, kursi, hingga mengganti lampu. Pernah saat tahun baru, J-hope sendirian di dorm, sedangkan semua member lainnya sedang pulang ke rumah masing-masing. Yoongi kembali lagi dari Daegu ke Seoul untuk menemani J-hope supaya tidak kesepian. As sweet as sugar, yes?

Banyak sekali dinamika kehidupan Min Yoongi yang dapat menjadi pelajaran untuk kita semua. Yoongi juga selalu mengingatkan kita untuk tidak pernah berhenti bermimpi lewat mixtape-nya yang berjudul So Far Away.

So, itulah sepuluh fakta Suga BTS yang telah author Bacaterus rangkum buat kamu para Suga stan dan BTS A.R.M.Y. Kalau ada poin penting yang author lewatkan, bisa kamu tuliskan di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .