Bacaterus / Stray Kids / Step Out! STAY, Sudah Tahu 10 Fakta Stray Kids Ini Belum?

Step Out! STAY, Sudah Tahu 10 Fakta Stray Kids Ini Belum?

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2019

Kata Hallyu pasti sudah tak asing lagi terdengar di telinga kamu para penggemar Kpop, yap, demam korea, begitulah istilahnya. Entertainment musik di Korea Selatan memang semakin maju dan mendunia. Setiap tahunnya mereka selalu berlomba-lomba mendebutkan boygroup dan girlgroup baru, seperti halnya dengan agensi JYP.

“hana, dul, set, Step out! Annyeonghaseyo STRAY KIDS imnida.”

Nah, kalimat itu adalah kalimat yang biasa digunakan oleh boygroup STRAY KIDS (스트레이 키즈), dikenal juga dengan nama SKZ setiap kali memperkenalkan diri. Boygroup asuhan JYP Entertainment ini beranggotakan 9 member, dengan talenta dan pesona berbeda setiap member yang membuat orang tertarik untuk menyaksikan penampilan apik mereka. Ingin tahu lebih banyak tentang STRAY KIDS, kan? Langsung saja baca 10 fakta menariknya di bawah ini!

1. Terbentuk dari Acara Survival

Generasi Ke-4

JYP memiliki acara survival dalam agensi untuk mendebutkan artis selanjutnya, di sinilah STRAY KIDS terbentuk. Boygroup yang beranggotakan Bang Chan (22th), Kim Woojin (22th), Lee Minho (21th), Seo Changbin (20th), Hwang Hyunjin (19th), Han Jisung (19th), Lee Felix (19th), Kim Seungmin (19th), dan Yang Jeongin (18th) (dalam umur Korea), debut dengan pada tanggal 25 Maret 2018.

Mereka pertama kali dikenalkan dalam program reality show Mnet pada tahun 2017 dengan nama acara yang sama STRAY KIDS. Dalam acara ini dua member-nya, yaitu Lee know dan Felix sempat tereliminasi, namun tampil kembali di babak final dan berakhir debut bersama dengan ketujuh member lainnya.

Kini mereka semua punya nama panggung khusus, seperti Bang Chan, Woojin, Lee Know (Lee Minho), Changbin, Hyunjin, Han (Han Jisung), Felix,  Seungmin, dan I.N (Yang Jeongin). Perlu diketahui, mereka bersembilan ini sudah bersama sejak lama yang dibentuk sendiri oleh Bang Chan. Makanya, tidak heran jika kini Bang Chan menjadi leader group di SKZ. Terbukti, di bawah kepemimpinan Bang Chan, SKZ berhasil meraih kesuksesan hingga kini, lho!

2. Merilis Album Sebelum Debut

Stray Kids merilis pre-debut album mereka “Mixtape” pada tanggal 8 Januari 2018. Pada tahun 2017, Stray Kids juga merilis satu single pre-debut mereka yang berjudul “Hellevator”. Hellevator ini bahkan memiliki MV (Music Video) yang dirilis pada tanggal 17 Oktober 2017, lengkap dengan kesembilan membernya.

Ada makna sendiri dalam lagu berjudul “Hellevator”. Sang leader Bang Chan berkata bahwa lagu ini terbentuk dari kata hell dan elevator. Mereka menggambarkan masa debut sebagai hell dan kini mereka ingin terbebas dari masa debut dengan menaiki elevator. Yang mengesankannya lagi, mereka membuat lagu dan mengonsepkan “Hellevator” ini secara mandiri lho!

Album Mixtape mereka berisi tujuh lagu yang mereka tampilkan selama acara reality show berlangsung, yaitu “Hellevator”, “Beware (Grrr Law Of Total Madness)”, “Young Wings (어린 날개)”, “Yayaya”, “Glow”, “School Life”, dan “4419”.

3. 3RACHA

3RACHA

Project pre-debut dari STRAY KIDS, 3RACHA adalah unit rap hip-hop dari STRAY KIDS yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, dan Han sebagai membernya. Nama panggung mereka dalam 3RACHA yaitu CB97, Spear B, dan J.One. Ketiga anggotanya dikenal dengan kemampuan rap sekaligus dalam memproduksi lagu. Jika kamu penggemar trek rap klasik, kamu pasti akan suka karya dari 3RACHA.

Perlu kamu ketahui juga, 3RACHA ini sudah dibentuk jauh sebelum Bang Chan mengumpulkan 9 anggota Stray Kids. Makanya, tidak mengherankan jika 3RACHA sangat solid dan kompak hingga saat ini. Oh iya, kalau kamu mau kepoin karya-karya dari 3RACHA bisa langsung kunjungi akun Youtubenya di 3RACHA.

4. Generasi Ke-4

Terbentuk dari Acara Survival

JYP Ent. dan YG Ent. memiliki tradisi yang sudah lama mereka lakukan, apakah itu? Yep, Battle. Melalui tradisi ini masing-masing agensi yaitu JYP dan YG menampilkan trainee terbaik mereka untuk saling berkompetisi. Tradisi ini sekaligus dibuat sebagai ajang agar para trainee bisa saling belajar dari satu sama lain.

SKZ merupakan generasi ke-4 yang melakukan tradisi ini, setelah sebelumnya pada generasi ke-1 sampai ke-3 berturut-turut dilakukan oleh Rain dan Seven; 2PM, 2AM dan BIGBANG; GOT7, DAY6 dan WINNER, iKON. Battle ini ditayangkan pada Ep.6 dan Ep.7 dalam Stray Kids TV Series oleh Mnet.

5. Album

Walaupun boygroup Rookie, SKZ terbilang produktif dalam membuat lagu-lagunya. Hal ini dibuktikan dengan 4 Mini Album yang sudah mereka rilis selama tahun 2018. Seperti yang sudah dibahas di poin sebelumnya, mini album pertama adalah “Mixtape”.

Mini album kedua dirilis pada tanggal 26 Maret 2018 sehari setelah Showcase dengan judul “I Am Not”. “I Am Who” merupakan mini album ketiga yang dirilis pada tanggal 6 Agustus 2018, dan yang terbaru mini album keempat dirilis pada tanggal 22 Oktober 2018 berjudul “I Am You”.

6. Street Version Video

Seperti boygroup lainnya, SKZ juga selalu membuat Music Video yang dapat dinikmati para penggemarnya. Namun, ada yang berbeda dari SKZ, mereka membuat street ver. video dari beberapa lagunya. Street ver. video ini merupakan Movie Video di mana pengambilan gambarnya kebanyakan diambil oleh para member yang dilakukan di jalanan kota, taman, dan tempat lain yang sedang SKZ kunjungi.

Beberapa bahkan diambil saat SKZ sedang berkunjung ke luar negeri. Sejauh ini SKZ sudah mengeluarkan lima street ver. video yakni “Rock (돌)”, “Question”, “Insomnia (불면증)”, “My Side”, dan yang terbaru극과 극(N⁄S)”.

7. Fans – STAY

Fans

Are you ready for being “STAY”? Yeah!

“STAY” merupakan sebutan untuk para penggemar STRAY KIDS. Pemilihan nama “STAY” diresmikan sendiri oleh STRAY KIDS melalui Youtube Channel resmi milik mereka pada tanggal 1 Agustus 2018. “You make stray kids stay” adalah kalimat yang ditujukan oleh STRAY KIDS untuk para STAY saat comeback mini album “I Am You”.

8. Penghargaan yang Diraih SKZ

* sumber: aminoapps.com

Di Korea Selatan, ajang penghargaan memang banyak dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi atas karya yang telah dibuat para artis setiap tahunnya, tak terkecuali penghargaan dalam dunia musik. Eitss, walaupun karir bermusik SKZ masih terbilang muda, mereka sudah mendapatkan total 6 Rookie Awards di tahun 2018 ini lho.

SKZ mendapatkan penghargaan ini di Soribada Best K-Music Awards, MBC Plus X Genie Music Awards, Asia Artist Awards, Mnet Asian Music Awards (MAMA), Korea First Brand Awards, dan yang terbaru Rookie of The Year di Korean Updates Awards 2018, wow! Selamat untuk SKZ dan STAY!

9. Showcase dan Konser

Showcase dan Concert

Showcase pertama SKZ yang bertajuk Stray Kids Unveil (Op. 01 : I Am Not), digelar pada tanggal 25 Maret 2018 bersamaan dengan debut mereka. Showcase kedua bertajuk Stray Kids Unveil (Op. 02 : I Am Who) digelar tanggal 5 Agustus 2018, dan showcase ketiga pada tanggal 21 Oktober 2018 bertajuk Stray Kids Unveil (Op. 03 : I Am You).

SKZ pernah tampil di Jakarta saat mengisi acara Spotify On Stage jilid dua pada 12 Oktober 2018. Nah, SKZ akan kembali datang ke Jakarta pada tanggal 26 Januari 2019, untuk melakukan konser pertama mereka yang bertajuk “STRAY KIDS UNVEIL TOUR ‘I AM…’” yang bertempat di ICE BSD. Konser ini juga akan digelar di Thunder Dome Bangkok, Thailand tanggal 19 Januari 2019. Pernah atau ingin menonton konser Stray Kids? Jika pernah, ayo bagikan pengalaman seru kamu, STAY!

10. Aktif di Sosmed

Aktif di Sosmed (Social Media)

Di dunia yang serba digital seperti sekarang ini pendekatan lewat sosmed memang lebih efektif, di mana pun dan kapan pun seluruh dunia dapat terhubung dengan adanya sosmed. Kesempatan seperti ini pun tak disia-siakan oleh STRAY KIDS, mereka cukup aktif lho dalam dunia social media.

Member SKZ sering kali mem-posting kegiatan mereka sendiri di sosmed yang mereka kelola bersama. Ingin lebih dekat mengenal STRAY KIDS? Yuk! langsung follow akun sosmed mereka dibawah ini:

Stray Kids Official YouTube           : StrayKids

Stray Kids Official Facebook         : JYPE Stray Kids

Stray Kids Official Twitter             : @Stray_Kids

Stray Kids Official Fan’s                 : Stray Kids

Stray Kids Official Instagram        : @realstraykids

Nah, sampai di sini 10 Fakta STRAY KIDS untuk para penggemar. Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang SKZ bisa langsung kepoin akun sosmed mereka kok, menggemaskan lho! Atau kamu punya fakta seru lainnya tentang SKZ? Bisa langsung tuliskan di kolom komentar, ya.

Dan, jika kamu seorang JYP Stan yang suka sama semua artis-artis besutan agensi JYP, kamu bisa kepoin juga fakta-fakta menarik dari “kakaknya” SKZ, di 10 Fakta GOT7 ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

2 Responses

  1. Aaaaaaah sukaak, ditunggu fakta permembernya ya kak ㅠㅠ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *