bacaterus web banner retina

Inilah 9 Fakta Squid Game yang Menarik Diketahui!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 18 Oktober 2021

Pada sekitaran akhir September 2021, sebuah drama dari Korea Selatan meledak di pasaran. Bukan hanya Indonesia, serial yang dibintangi oleh Lee Jung Jae, Park Hae Soo, Jung Ho Yeon dan Wi Ha Joon ini merajai tayangan Netflix di banyak negara. Squid Game (2021) seperti angin segar bagi industri hiburan Korea Selatan.

Ceritanya cukup kelam karena sekaligus menyentil isu sosial mengenai nasib buruk yang diperoleh dari berhutang. Di luar itu semua, Squid Game (2021) adalah sebuah fenomena. Itulah sebabnya beberapa fakta Squid Game (2021) di bawah ini menarik untuk diketahui. Apa saja fakta seputar serial ini? Berikut ulasannya!

1. Karakter VIP Terinspirasi dari Donald Trump

Karakter VIP Terinspirasi dari Donald Trump_

Fakta Squid Game (2021) yang pertama terasa lebih sebagai ‘sindiran’ terhadap sosok Donald Trump yang memang kontroversial. Menurut pengakuan sang sutradara, Hwang Dong Hyuk, ketika Donald Trump menjalankan pemerintahan, dia seperti sedang menjalankan sebuah acara permainan, bukan menjalankan negara, yang bisa membuat orang merasa ngeri.

Para pemain VIP diceritakan datang menyaksikan Gi Hun dan peserta lain beradu nyawa dari sebuah ruangan mewah. Mereka bertaruh untuk jagoan masing-masing sambil bersikap sesukanya; seolah menguasai dunia dan seisinya.

Hwang Dong Hyuk melihat sosok Trump tidak beda jauh dengan tamu VIP; yang duduk, menonton kekejaman yang sedang terjadi dengan sedikit saja perhatian.

2. Salah Satu Drama Korea Berbiaya Tinggi

Salah Satu Drama Korea Berbiaya Tinggi_

Industri hiburan Korea Selatan, dalam hal ini produksi drama televisi memang terkenal tidak tanggung-tanggung dalam menggelontorkan dana untuk menciptakan sebuah drama yang berkualitas.

Jumlah anggaran yang besar rasanya wajar mengingat untuk satu judul drama, setidaknya ada beberapa episode yang harus diproduksi.

Sejauh ini ada beberapa drama Korea berbiaya fantastis, yang jika dirupiahkan mencapai angka ratusan milyar. Di posisi pertama ada Arthdal Chronicles (2019) yang menghabiskan anggaran sebesar 54 Miliar Won atau Rp 687 Miliar.

Posisi kedua ada Mr. Sunshine (2018) yang menghabiskan setidaknya Rp 547 Miliar. Secara berurutan lanjut ada The Legend (2007), Kingdom 1&2 (2019), Sweet Home (2020) hingga Squid Game (2021) yang berbiaya sekitar 20 Miliar Won atau Rp 237 Miliar.

3. Boneka Wanita Squid Game Terinspirasi Sejarah Kuno Korea

Boneka Wanita Squid Game Terinspirasi Sejarah Kuno Korea_

Di antara beberapa hal ikonik yang bisa kamu lihat saat nonton Squid Game (2021), kemunculan boneka wanita berukuran besar yang bisa mendeteksi gerak sekecil apa pun melalui bola matanya sangat menarik perhatian.

Muncul di game pertama dalam permainan Lampu Merah Lampu Hijau, rupanya boneka tersebut terinspirasi dari salah satu cerita sejarah kuno Korea Selatan.

Boneka itu sudah dikenal oleh banyak masyarakat Korea Selatan. Ia semacam karakter legendaris yang muncul dalam buku berjudul The Text Book karya Oh Suk Kuhn. Bukunya sendiri cukup terkenal pada tahun 1970-1980-an.

Dalam buku tersebut terdapat sepasang sahabat, mereka adalah Young Hee dan Cheol Soo. Sosok itulah yang menginspirasi boneka wanita dalam serial ini. Mereka perlambang kenangan masa kecil yang kerap aneh dan memalukan.

4. Mendapat Inspirasi Setelah Baca Komik Battle Royale

Mendapat Inspirasi Setelah baca komik battle royale_

Pamor Squid Game (2021) yang meledak di mana-mana, sempat menimbulkan kontroversial karena ide ceritanya tak jauh beda dari film-film Jepang yang bertemakan survival games. Faktanya sutradara Squid Game (2021) sendiri mengakui mendapat inspirasi melalui komik dan animasi Jepang yang dia nikmati selama bertahun-tahun.

Saat dia sedang mengalami kesulitan keuangan, Hwang Dong Hyuk menghabiskan waktu di sebuah kafe sambil membaca komik, terutama Battle Royale dan komik Liar Game.

Dari sana, ide untuk membuat permainan yang sama muncul. Namun, karena permainan dalam Battle Royale dinilai terlalu rumit, Dong Hyuk memilih mengeksplorasi permainan anak-anak, yang sederhana tapi bisa membuat siapa pun merasa ngeri.

5. Karakter Ji Young Semula Laki-Laki

Karakter Ji Young Semula Laki-laki_

Penonton Squid Game (2021) tidak sedikit yang menyukai chemistry antara Sae Byeok dan Ji Young dalam episode permainan kelereng. Bagaimana tidak, kita disuguhi adegan yang menampilkan dua orang wanita dewasa dengan masalah hidup yang rumit dan saling berbagi cerita hingga salah satunya bersedia berkorban untuk yang lain.

Salah satu adegan emosional dalam serial Squid Game (2021) tersebut secara instant langsung jadi pembicaraan. Faktanya menurut pengakuan sang sutradara, dalam naskah asli, karakter Ji Young adalah seorang laki-laki. Namun, dalam pengembangan naskah yang dilakukannya, Dong Hyuk berubah pikiran.

Interaksi antara karakter Sae Byeok dan Ji Young diciptakan untuk menampilkan ikatan persahabatan antara dua orang asing yang terbentuk dalam waktu super singkat. Rasa empati dan saling pengertian menjadi kunci dari kedekatan itu.

Dari ide tersebut Dong Hyuk pun mengubah karakter Ji Young yang semula laki-laki menjadi wanita. Dia merasa ikatan semacam itu akan lebih masuk akal dan mengena di hati jika dilakukan oleh sesama wanita.

6. Ukir Sejarah, Peringkat Pertama di Netflix Amerika Serikat

Ukir Sejarah, Peringkat Pertama di Netflix Amerika Serikat_

Fakta Squid Game (2021) yang satu ini pasti membuat bangga industri hiburan Korea Selatan pada umumnya. Pasalnya ia mengukirkan sejarah sebagai drama Korea pertama yang menduduki peringkat teratas di Netflix Amerika Serikat.

Fakta ini dikeluarkan oleh analisis streaming FlixPatroll yang mengumumkannya pada 21 September lalu. Sebelum Squid Game (2021) drama Korea yang sempat turut meramaikan persaingan acara TV di Netflix Amerika Serikat adalah Sweet Home (2020).

Kala itu, serial yang dibintangi Song Kang dan Lee Do Hyun tersebut menduduki peringkat tiga. Kesuksesan Squid Game (2021) bukan hanya berlangsung di Amerika. Ia juga menduduki posisi pertama untuk 13 negara lainnya, termasuk Netflix Vietnam dan Singapura.

7. Duduki Peringkat Pertama Top 10 Global Netflix Show

Duduki Peringkat Pertama Top 10 Global Netflix Show_

Masih menurut FlixPatroll, prestasi yang diraih Squid Game (2021) bukan hanya menduduki peringkat satu di Amerika, tetapi peringkat satu dari 10 besar tayangan Netflix yang ditonton secara global, khususnya menurut data yang dihimpun pada 25 September 2021.

Drama ini merajai setidaknya 66 dari 83 negara. Ia mengalahkan Sex Education Season 3 (2021) di posisi dua, Lucifer Season 6 (2021) di posisi tiga, Money Heist Season 5 di posisi empat(2021), Midnight Mass (2021) di posisi lima dan Alice in Borderland (2020) di peringkat 10.

8. Naskah Rampung Sejak 2009

Naskah Rampung Sejak 2009_

Fakta Squid Game (2021) yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui; bahwa Hwang Dong Hyuk sudah merampungkan naskah Squid Game (2021) sejak 2009 lalu. Sedangkan untuk idenya sendiri sudah digarap setahun sebelumnya. Namun, naskah dan idenya tersebut mengalami banyak penolakan karena dianggap terlalu sadis.

Satu dekade lalu, tayangan atau ide acara seperti itu tidak terlalu familiar di kalangan penonton. Saat ini karena tren juga berkembang dan beragam, pola minat konsumen semakin berubah, dampaknya tayangan-tayangan bertema kekerasan juga tak kalah ramai peminat.

Squid Game (2021) pun akhirnya berhasil ditayangkan setelah kembali dikembangkan. Hasilnya? Meledak di pasaran.

9. Minimalisasi Penggunaan CGI

Minimalisasi Penggunaan CGI_

Fakta Squid Game (2021) selanjutnya adalah ia tidak dibuat dengan melibatkan bantuan CGI terlalu banyak. Pihak sutradara ingin menciptakan suasana dan atmosfer yang meyakinkan sehingga para pemain dapat merasakan suasana permainan yang menegangkan.

Hal ini diakui oleh Lee Jung Jae yang merasa takut saat melakukan pengambilan gambar karena set-nya dibuat sedemikian rupa; nyata dan sangat besar. Untuk mendukung proses produksi dan mendapatkan cerita yang terasa realistis, sutradara tak segan menghadirkan ratusan orang untuk dilibatkan dalam satu adegan saja.

Itu dia sembilan fakta Squid Game (2021) yang menarik untuk diketahui. Bagaimana pun kesuksesan serial ini memang tak bisa dipungkiri.

Di tengah kontroversi dan tudingan plagiat, ia melaju terus dengan prestasi-prestasi baru yang membanggakan. Tertarik nonton Squid Game (2021) dan bergabung dengan banyak penonton lainnya di seluruh dunia? Saksikan di Netflix!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram