10 Fakta Menarik Anime Spy X Family yang Perlu Kamu Ketahui

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K.

Spy X Family adalah anime yang tayang pada musim semi 2022. Anime ini merupakan anime yang sedang hype di kalangan pecinta anime. Spy X Family tayang perdana pada 9 April 2022 dan sampai tulisan ini dibuat sudah ada enam episode yang tayang.

Spy X Family ini menceritakan kisah ‘keluarga’ Forger yang menyembunyikan identitas mereka sesungguhnya. Keluarga Forger ini terdiri dari seorang ayah bernama Loid Forger (Twilight), seorang ibu bernama Yor Forger dan anak gadis bernama Anya Forger.

Mereka memiliki kehidupan yang unik dan selalu menghibur di setiap episodenya. Apakah kamu baru mengikuti seri anime Spy X Family? Berikut ini 10 fakta menarik anime Spy X Family yang perlu kamu ketahui.

1. Diadaptasi dari Manga Populer

Diadaptasi dari Manga Populer

Spy X Family merupakan adaptasi dari manga karya Tetsuya Endo dengan judul yang sama. Seri manga ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 2019 dan masih berlanjut hingga saat ini. Sejauh ini manga Spy X Family sudah memiliki 9 volume yang dipublikasikan.

Pada Desember 2019, manga tersebut masuk ke dalam dalam daftar ‘manga paling berbahaya’ versi majalah Brutus. Dan di bulan yang sama masuk ke dalam daftar komik terbaik 2019.

Pada tahun 2020, manga Spy X Family masuk dan menempati urutan pertama dalam daftar komik yang direkomendasikan oleh karyawan toko buku nasional Honya Klub.

Kemudian dikatakan bahwa manga tersebut menjadi ‘komik web populer pada tahun 2019’, ‘karya Shounen Jump+ terpopuler nomor 1’ dan ‘Karya Tanda Tangan Jump+ terbaik’. Sementara pada musim semi 2020 cetakan volume pertamanya resmi dicetak.

2. Manga Spy X Family Terjual Laris Manis

Manga Spy X Family Terjual Laris Manis

Berdasarkan catatan Oricon, manga Spy X Family ini telah menjadi manga terlaris pada volume ke-6. Kemudian pada November 2021 manga ini telah terjual lebih dari 12,5 juta eksemplar. Sementara pada Mei 2022 tercatat lebih dari 18 juta eksemplar terjual.

Manga Spy X Family ini terjual laris manis dengan hanya sekitar enam puluh chapter saja, sehingga volume penjualannya semakin besar setiap kali dicetak. Bahkan yang lebih menariknya lagi, manga Spy X Family ini laku keras sebelum adanya pengumuman adaptasi anime.

3. Kolaborasi dari Dua Studio Terkenal

Kolaborasi dari Dua Studio Terkenal

Anime adaptasi Spy X Family ini diproduksi dengan sebuah kolaborasi dari Wit Studios dan CloverWorks. Bagi para penggemar anime tentu sudah tidak asing lagi dengan sepak terjang dari dua studio ini, karena telah menghasilkan banyak anime yang bagus.

Beberapa anime terkenal yang pernah digarap oleh CloverWorks adalah Horimiya, Yakusoku no Neverland, Wonder Egg Priority, seri Fate/Grand Order, dan masih banyak lagi.

Sementara Wit Studios seperti sudah diketahui menjadi rumah produksi terbaik 10 tahun terakhir ini setelah memproduksi tiga  seri anime Attack on Titan dan menjadi salah satu seri anime terbaik.

4. Mengambil Latar Perang Dingin

Mengambil Latar Perang Dingin

Jika dilihat lebih teliti, ada beberapa kemiripan anime Spy X Family ini dengan Era Perang Dingin dan beberapa budaya Eropa, khususnya Jerman.

Tema ‘mata-mata’ ini terinspirasi dari perang dingin yang pernah terjadi, dimana metode pengumpulan intelijen yang agak mirip dengan masa tersebut.

Dalam alur ceritanya juga dijelaskan terdapat dua kubu yang saling bersitegang, yaitu kubu Timur dan Barat.

Misi yang dilakukan oleh Twilight adalah untuk menjaga perdamaian antara Negara-negara saingan Westalis dan Ostania, dimana Twilight menjadi agen dari Westalis. Sama seperti perang dingin yang terjadi kali itu yang terdapat dua kubu.

Sementara itu, gaya bangunan arsitektur dan cara berpakaian karakter di anime ini jelas bukan gaya khas Jepang. Tapi, diyakini kalau gaya arsitektur dan cara berpakaian karakter ini terinspirasi dari budaya Eropa.

5. Terinspirasi dari AnimeHunter x Hunter’

Terinspirasi dari Anime ‘Hunter x Hunter’

Awalnya manga Spy X Family ini akan diberi judul ‘Spy Family’ yang ditulis dalam bahasa Jepang. Tapi saat akan memutuskan nama akhir dari manga ini, Tatsuya Endo, pembuat manga ini memiliki lebih dari 100 pilihan judul.

Namun kemudian, Endo dan editornya memutuskan untuk menggunakan judul yang kini dikenal Spy X Family yang ditulis dalam bahasa Inggris.

Konon, sang kepala editor yakin kalau manga buatan Endo ini akan menjadi manga dan anime yang terkenal.

Judulnya sendiri terinspirasi dari seri manga dan anime populer ‘Hunter x Hunter’. Tujuannya adalah untuk membuat sebuah judul yang menarik dan dapat memikat perhatian para penggemar.

6. Anime yang Sangat Ditunggu

Anime yang Sangat Ditunggu

Manga Spy X Family ini menjadi best selling manga baik di negara Jepang maupun di luar Jepang. Tentu saja para penggemar manga Spy X Family ini sangat menanti-nantikan adaptasi animenya.

Apalagi dengan adanya video trailer animenya, semua penggemar semakin menanti-nantikan anime ini segera ditayangkan. Dan menjadikan salah satu anime yang tayang pada musim semi yang paling diantisipasi.

Dan bagi saya sendiri yang tidak mengikuti manganya mengakui kalau anime ini memang layak untuk dinanti-nanti. Ceritanya yang serius dibalut dengan aksi kocak dari ‘Keluarga Forger’ yang tak ada hentinya.

Dan tentunya saya pun sangat menantikan akhir cerita anime ini akan seperti apa. Apakah rahasia dan identitas asli mereka nantinya akan terbongkar?

7. Nama Samaran Twilight, Kemampuan dan Keterampilannya

7. Nama Samaran Twilight, Kemampuan dan Keterampilannya

Loid Forger adalah nama samaran Twilight yang saat ini digunakan saat menjalankan misi terbarunya. Saat membuat nama samaran, Twilight akan lebih memilih nama yang dimulai dengan huruf ‘L’ atau ‘R’. termasuk beberapa nama yang pernah digunakannya adalah Loid, Robert, Lionel. Lawrence dan Ronald. 

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram