Bacaterus / Gidle / 9 Fakta Soyeon, Member (G) Idle yang Paling Dikenal

9 Fakta Soyeon, Member (G) Idle yang Paling Dikenal

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain memiliki lagu-lagu yang enak, (G) Idle juga memiliki member yang memiliki pesona dan fakta menarik. Soyeon adalah salah satunya. Member kelahiran 26 Agustus 1998 ini memiliki sejumlah fakta menarik yang patut diketahui. Apalagi, jika kamu ingin lebih mengenal sang member cantik ini. Tak perlu berlama-lama lagi, yuk simak saja fakta-faktanya di bawah ini!

Biodata

  • Nama lengkap: Jeon So-yeon (전소연)
  • Nama panggung: Soyeon (소연)
  • Posisi di grup: Leader, Main Rapper, Lead Dancer, Vocalist, Center
  • Tempat dan tanggal lahir: August 26, 1998
  • Kewarganegaraan: Korea
  • Zodiac: Virgo
  • Golongan darah: B

1. Sudah Terkenal Sebelum Debut

Sudah Dikenal Penggemar Sebelum Debut

Bisa dibilang, kalau Soyeon adalah member yang paling dikenal di (G) Idle. Bahkan, sebelum dia debut di girlgroup tersebut. Keterkenalan Soyeon itu disebabkan karena dulunya dia pernah beberapa kali ikut sejumlah kompetisi.

Kompetisi pertama yang dia ikuti adalah Produce 101. Ini adalah sebuah kompetisi yang bakal jadi cikal bakal grup I.O.I. Di Kompetisi itu, Soyeon sempat berhasil masuk ke posisi sepuluh besar di episode kelima. Sayangnya, dia terlempar ke peringkat dua puluh besar, saat kompetisi telah berakhir. Turunnya dia ke peringkat dua puluh membuatnya gagal masuk ke grup I.O.I.

Lepas dari kompetisi itu, Soyeon lalu mengikuti kompetisi Unpretty Rapstar. Sebuah kompetisi rap khusus peserta perempuan. Di kompetisi itu, dia berhasil menempati runner up kedua dan berhak mengikuti kompilasi Unpretty Rapstar.

Di kompilasi itu, dia mengisi dua lagu berjudul “Children Day” dan “Smile”. Lagu pertama dia nyanyikan bersama dengan Superbe, sedangkan lagu kedua dia nyanyikan bersama Davii.

2. Bersolo Karier Sebelum Debut di (G) Idle

Bersolo Karier Sebelum Debut di (G) Idle

Selain mengikuti kompetisi, Soyeon juga pernah bersolo karier sebelum menjalani debutnya. Solo karier Soyeon terjadi setelah dia menandatangani kontrak eksklusif dari Cube Entertainment. Agensi yang kelak menaungi dia dan member (G) Idle lainnya.

Setelah menandatangani kontrak, Soyeon pun resmi merilis dua lagu berjudul “Jelly” dan “Idle Song”. Dua lagu itu dirilis berbarengan pada 5 November 2017. Menariknya, kedua lagu itu ditulis sendiri oleh Soyeon.

3. Sebagian Besar Lirik Lagu dan Musik (G) Idle Ditulis oleh Soyeon

Sebagian Besar Lirik Lagu dan Musik (G) Idle Ditulis oleh Soyeon

Selain menulis lagu solonya sendiri, Soyeon juga menulis sebagian besar lirik lagu dan musik(G) Idle. Lagu pertama yang dia tulis untuk (G) Idle adalah “Latata”. Lagu andalan yang masuk ke mini album debut mereka, “I Am”.

Bagian lirik lagu “Latata” ditulis sendiri oleh Soyeon. Adapun bagian musiknya ditulis Soyeon bersama dengan Big Sancho. Di mini album “I Am”, Soyeon tak hanya menulis lagu “Latata”. Dia juga menulis lirik lagu-lagu lainnya di mini album tersebut.

Masih ada sejumlah lagu lain yang ditulis oleh Soyeon. Terbaru, dia menulis lagu “Senorita” untuk mini album kedua (G) Idle: “I Made”. “I Made” sendiri baru saja rilis di pasaran pada 4 Februari 2019 kemarin.

4. Pernah terlibat dalam project garapan SM Station

Pada 8 Agustus 2018, Soyeon terlibat dalam sebuah project garapan SM Station. Station Young adalah nama project tersebut. Di project itu, SOyeon akan berkolaborasi dengan sejumlah idol. Seperti: Chungha (solois); Seulgi ( Red Velvet); dan SinB (GFriend).

Kolaborasi itu kelak akan melahirkan lagu “Wow Thing” yang liris pada 28 September 2018. Di lagu itu, Soyeon terlibat sebagai penulis lagunya. Dia menulis lagu berdurasi 2 menit 51 detik itu bersama Jo Yun-gyeong; Karen Poole; Anne Judith; Stokke Wik; dan Sonny J Mason.

5. Terlibat dalam Sebuah Project Garapan Riot Games

Pernah Terlibat dalam Sebuah Project Garapan Riot Games

Selain ikut dalam project SM Station, Soyeon juga terlibat dalam project garapan Riot Games. Di project ini, Soyeon bekerja sama dengan dua artis Amerika (Jaira Burns dan Madison Beer); serta satu rekannya di (G) Idle: Miyeon.

Soyeon dan ketiga rekannya itu nantinya akan membentuk sebuah girlgroup virtual bernama K/DA. Girlgroup virtual itu nantinya bakal merilis lagu resmi untuk 2018 League of Legends World Championship pada 3 November 2018.

6. Berteman Baik dengan CLC dan Pernah Menulis Lagu untuk CLC

Pernah Menulis Salah Satu Lagu CLC, serta Berteman dengan Salah Satu Member Grup tersebut

Di tahun 2019\, Soyeon tak hanya terlibat dalam penulisan lagu (G) Idle. Member satu ini juga mulai menulis lagu untuk girlgoup lainnya: CLC. Di girlgroup itu, dia menuliskan lagu berjudul “No” yang masuk ke dalam EP terbaru CLC: No.1.

Soyeon tak hanya menulis lirik lagu “No” saja. Dia juga terlibat dalam proses produksi lagu tersebut, baik sebagai produser maupun pengaransemen lagu. Lagu “No” sendiri sudah dirilis dan video musiknya telah tayang pada 14 Februari 2019 kemarin.

Usut punya usut, Soyeon rupanya berteman dekat dengan salah satu personel CLC. Personel yang dimaksud tak lain adalah Eunbin. Soyeon dan Eunbin sendiri memiliki satu kesamaan. Keduanya sama-sama pernah menjadi trainee di Cube Entertainment.

7. Pernah Homeschooling dan Kursus Balet

Pernah Homeschooling dan Kursus Balet

Sejak kecil, Soyeon tidak langsung masuk ke sekolah umum. Dia sempat homeschooling selama beberapa waktu. Selepas homeschooling, dia pun akhirnya masuk ke sekolah umum bernama Kuryong Elementary School.

Soyeon juga sempat mengikuti kursus balet saat dia kecil. Sayangnya, dia tidak lama mengikuti kursus tersebut, dan memutuskan untuk berhenti. Soyeon berhenti setelah melihat penampilan Big Bang. Dia ingin sekali menjadi musisi setelah melihat penampilan boyband ternama itu.

8. Mempunyai Cita-Cita Unik Saat Kecil

Mempunyai Cita-Cita Unik Saat Kecil

Saat kecil, Soyeon punya sejumlah cita-cita unik. Jauh dari apa yang dia lakukan saat ini. Dia dulu pernah ingin sekali menjadi seorang bajak laut. Sayangnya, cita-cita itu tak berlangsung lama, setelah dia menonton anime Naruto. Gara-gara anime itu, Soyeon pun berganti cita-cita sebagai seorang ninja.

Untungnya, saat itu Soyeon melihat penampilan Big Bang. Gara-gara boyband itu, dia urung mewujudkan cita-cita uniknya sebagai seorang ninja. Bahkan, dia pun rela berhenti dari kursus balet yang dia ikuti saat itu.

Karena Big Bang, Soyeon pun berkeinginan menjadi seorang musisi. Dan beruntungnya, dia pun berhasil mewujudkan hal itu.

9. Tidak Pilih-Pilih Makanan, Tetapi…

Tidak Pilih-Pilih Makanan, Tetapi…

Soyeon mengaku kalau sebetulnya dia tidak pilih-pilih makanan. Tetapi, di antara semua makanan yang ada, dia punya punya beberapa makanan favorit. Jagung dan jeruk keprok adalah dua di antaranya yang paling dia sukai.

Masih ada satu makanan lain yang dia sukai, yaitu Mint Chocolate. Soyeon pun punya beberapa makanan yang tidak dia suka. Soyeon amat tidak suka sayur-sayuran. Saking tidak sukanya, dia amat kesulitan jika dipaksa untuk memakannya.

Sekian fakta menarik dari Soyeon (G) Idle, semoga fakta-fakta di atas bisa membuatmu lebih kenal dan sayang dengan member paling terkenal di (G) Idle ini. Terima kasih.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *