bacaterus web banner retina

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 19 Juni 2021

Nama Sonam Kapoor pasti sudah sering terdengar, bukan hanya oleh para pecinta Bollywood tapi non fans pun pasti tahu. Sonam Kapoor adalah salah satu artis yang datang dari Klan Kapoor yang sangat terkenal di India. Tak Hanya itu, Sonam juga termasuk dalam list selebriti India yang dikenal di mancanegara berkat fashion sense-nya.

Sonam Kapoor adalah salah satu artis B-Town yang sering mendapatkan undangan untuk menghadiri Cannes Film Festival. Sonam juga kerap di undang ke berbagai fashion week atau berjalan di catwalk untuk brand-brand ternama dunia. seperti Berkat kecantikannya dan bentuk tubuhnya yang body goal, Sonam sering mendapatkan tawaran menjadi brand ambassador berbagai produk kecantikan.

Biodata

Fakta Sonam KapoorSumber: fullhdwallpaper.net

  • Nama Lengkap: Sonam Kapoor Ahuja     
  • Nama Panggilan: Sonam 
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Mumbai, 9 Juni 1985
  • Orang Tua: Anil Kapoor (ayah) Sunita Kapoor (ibu)
  • Saudara: Rhea Kapoor, Harshvardhan Kapoor
  • Suami: Anand Ahuja
  • Pendidikan: University of East London
  • Kewarganegaraan: India
  • Zodiak: Gemini
  • Instagram: @sonamkapoor

Fakta Sonam Kapoor

Sebagai fashionista sekaligus aktris yang kabarnya mendapat bayaran cukup mahal, Sonam Kapoor punya berbagai fakta menarik yang wajib untuk disimak. Yuk, langsung saja cari tahu fakta-faktanya di sini.

1. Salah Satu Klan Kapoor Paling Terkenal

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 10Sumber: wittyvows.com

Sonam Kapoor yang terlahir di Mumbai, 9 Juni 1995 adalah putri pertama dari pasangan aktor terkenal Anil Kapoor dan designer Sunita Kapoor. Terlahir dari klan Kapoor yang terkenal, sayangnya karir Sonam dalam dunia perfilman Bollywood tidaklah semulus yang diperkirakan. Setidaknya tiga film pertama Sonam Kapoor yaitu Black (2005), Saawariya (2007) dan Delhi-6 (2009) mengalami kegagalan besar.

Meski begitu, Sonam Kapoor berhasil menjadi salah satu klan Kapoor yang paling terkenal karena fashion sense-nya. Sonam Kapoor kini lebih dikenal sebagai fashionista Bollywood yang sering menjadi brand ambassador dari berbagai merk terkenal. Sonam juga kerap diundang secara khusus untuk menghadiri berbagai fashion show untuk brand-brand ternama dunia.

2. Neerja Adalah Film Tersuksesnya

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 12Sumber: id.bookmyshow.com

Mendapatkan berbagai komentar positif dan negatif, keinginan Sonam Kapoor untuk berakting nyatanya masih tinggi. Sonam yang sering di kritik secara perlahan namun pasti mulai meningkatkan kualitas akting nya yang ia buktikan dalam film Neerja (2016). Sonam Kapoor berhasil memerankan Neerja Bhanot pramugari yang menyelamatkan penumpang dari pembajakan pesawat Pan American world airways boeing 737-121.

Diangkat dari kisah nyata, Sonam Kapoor berhasil mendapatkan banyak ulasan positif berkat aktingnya yang sangat natural. Rohit Vats dari Hindustan Times mengatakan “ia membawakan [film tersebut] secara keseluruhan di atas pundaknya. Ia tampak bersungguh-sungguh, takut, baik hati dan berani, semuanya pada saat yang bersamaan”. Sonam juga berhasil memenangkan “Best Actress” dalam Filmfare Awards dan Stardust Awards tahun 2016-2017.

3. True Fashionista of Bollywood

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 14Sumber: kirakposter.com

Saat mendengar nama Sonam Kapoor, hal lainnya yang akan teringat adalah fashion sense-nya yang sangat keren. Sonam Kapoor memang dikenal sebagai salah satu fashionista Bollywood yang gayanya banyak disukai dan ditiru orang-orang. Sonam sudah dianggap sebagai ikon mode industri Bollywood yang tidak perlu ditanyakan lagi.

Titel sebagai fashion icon Bollywood ini tidak didapatkan oleh Sonam Kapoor begitu saja. Berkat kolaborasinya dengan sang adik Rhea Kapoor, Sonam berhasil tampil memukau di berbagai acara. Bahkan Sonam dan Rhea kini memiliki fashion line mereka sendiri yang diberi nama “Rheson”. Nama ini ternyata diambil dari penggabungan nama keduanya Rhea dan Sonam, Merek ini menjadi salah satu merek kelas atas yang ditujukan untuk para gadis-gadis India.

4. Memulai Karirnya Sebagai Asisten Sutradara

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 16Sumber: newsabe.com

Sonam Kapoor tak begitu saja terjun ke perfilman Bollywood, nyatanya Sonam ternyata pernah bekerja di belakang layar sebelumnya. Siapa sangka jika Sonam Kapoor ternyata pernah bekerja sebagai asisten sutradara untuk sutradara ternama Sanjay Leela Bhansali. Tentu saja pekerjaan ini Sonam dapatkan berkat bantuan sang ayah yang merekomendasikannya pada sutradara terkenal ini.

Tidak banyak yang tahu bahwa impian awal dari seorang Sonam Kapoor bukanlah untuk menjadi artis seperti ayahnya. Sonam Kapoor sudah bercita-cita untuk menjadi penulis atau menjadi seorang sutradara, seperti kakeknya. Namun takdir berkata lain, Sonam Kapoor justru berkarir di depan kamera dan kini menjadi salah satu artis terkenal India.

5. Masalah Kesehatan yang Mengganggu Sejak Kecil

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 18Sumber: vogue.in

Terlihat fit dan berhasil dikenal sebagai salah satu fashionista dan artis terseksi asal India, Sonam Kapoor justru memiliki masa kecil yang sulit. Sona kecil ternyata didiagnosa menderita penyakit resistensi insulin dan ovarium polikistik. Dimana penyakit ini mengakibatkan banyak hal terjadi padanya, mulai dari kelebihan berat badan, kesehatan kulit yang buruk dan tumbuhnya rambut di wajah.

Sonam Kapoor yang mulai sadar akan penyakit yang ia derita dapat menyebabkan terjadinya diabetes. Sonam akhirnya lebih mementingkan dan memperhatikan kesehatannya, ia bahkan berhasil menurunkan 30 kg untuk debut film pertamanya. Sonam juga termasuk jajaran artis yang sering mengikuti berbagai gerakan yang mendukung kesadaran akan kesehatan seperti diabetes, kanker dan lainnya.

Baca juga: Fakta tentang Kareena Kapoor, Aktris Cantik Bollywood

6. Sangat Menyukai Parfum

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 20Sumber: thehansindia.com

Kecintaan Sonam Kapoor akan parfum sepertinya bukan hal yang bisa dianggap sembarangan. Pasalnya dari kesukaan inilah membawa Sonam Kapoor berhasil menjadi brand ambassador untuk parfum ternama. Sonam Kapoor terpilih menjadi duta untuk Chopard Parfume untuk koleksi terbaru mereka yang diberi nama “Happy Chopards”.

Sonam mengaku menyukai wewangian semenjak ibunya sering memakai berbagai macam wewangian. Dalam wawancaranya Sonam mengatakan “Ibu saya dulu memakai banyak minyak esensial cendana dan melati, dan itu menginspirasi saya untuk memakai minyak wangi juga”. Meski begitu Sonam tidak sembarangan memakai parfum, ia memilih parfum yang terbuat dari elemen alami yang aman digunakan.

7. Stress Karena Dibully Haters

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 22Sumber: indiatoday.in

Star Kids akhir-akhir ini memang sedang menjadi bulan-bulanan para haters setelah kematian salah satu aktor Bollywood. Salah satu yang mendapatkan banyak hujatan tentu saja anak-anak dari klan Kapoor yang memang banyak berkecimpung di dunia hiburan. Sebut saja Janhvi Kapoor, Arjun Kapoor dan tentu saja Sonam Kapoor juga mendapatkan banyak hujatan dari para haters.

Sonam Kapoor yang mendapatkan begitu banyak komentar pedas, akhirnya memilih menutup kolom komentar di akun instagramnya @sonamkapoor. Sonam juga mengatakan “Aku stress selama tiga bulan sampai empat bulan belakangan ini, secara mental. Begitu banyak yang terjadi di sosial media, banyak sekali ujaran kebencian dan gosip. Membuatku merasa down dan ada di lingkup yang negatif. Tapi saat ini aku sudah merasa jauh lebih baik”.

8. Bekerja Sebagai Pelayan Sebelum Debut Akting

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 24Sumber: edition.cnn.com

Sebelum memulai karirnya di dunia perfilman Bollywood, Sonam Kapoor memang sudah mandiri bekerja. Sonam diketahui pernah menjadi asisten sutradara bagi Sanjay Leela Bhansali, tapi pengalaman bekerja Sonam bukan hanya itu. Sonam Kapoor ternyata pernah bekerja sebagai pelayan, saat itu usianya masih sekitar 15 tahun.

Pekerjaan sebagai waitress ini adalah pekerjaan pertama dalam hidupnya, meski begitu Sonam hanya bekerja dalam waktu yang singkat. Menurut banyak sumber, Sonam hanya bekerja dalam waktu satu pekan saja, tapi ini mungkin pengalaman yang berharga baginya. Pasalnya tidak ada yang menyangka jika putri dari aktor terkenal Anil Kapoor akan bekerja sebagai seorang waitress.

9. Closing Model Ralph & Russo

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 26Sumber: fropky.com

Di tahun 2018, Sonam Kapoor berhasil mengagetkan jagat hiburan Bollywood dengan muncul dalam salah satu peragaan busana di Cannes Couture Fashion Week. Sonam Kapoor muncul sebagai closing model dalam acara Ralph & Russo’s Autumn Winter 2017/2018. Sonam Kapoor tampil cantik dan sangat anggun membawakan gaun pengantin yang bertabur kristal, sulaman emas, perak dan perhiasan cantik.

Sonam Kapoor bergabung dengan jajaran selebriti paling terkenal di dunia, salah satunya Arizona Muse. Sonam Kapoor memang dikenal sering memakai berbagai busana karya para desainer terkenal dunia. Fakta lainnya yang tidak banyak diketahui, Sonam Kapoor ternyata berteman dekat dengan Michael Russo dan Tamara Ralph.

10. Brand Ambassador Elle Breast Cancer Campaign

Fashionista Bollywood, Ini 10 Fakta Menarik Sonam Kapoor Ahuja 28Sumber: india.com

Sonam Kapoor memang termasuk salah satu jajaran selebriti yang memiliki kesadaran tinggi akan kesehatan. Hal inilah yang membawa Sonam menjadi brand ambassador untuk kampanye kanker payudara yang diselenggarakan Elle India. Menurut Sonam, banyak orang yang mengetahui kanker payudara tapi kurang memiliki kesadaran akan hal ini.

Dalam wawancara ia mengatakan “Merupakan kehormatan bagi saya untuk bergabung dengan Ogaan Cancer Foundation dan berperan dalam menyebarkan kesadaran akan kanker payudara”. Sonam Kapoor sangat peduli akan masalah kanker karena bibinya Mona Kapoor ibu kandung aktor Arjun Kapoor meninggal dunia setelah didiagnosa terkena kanker.

Sonam Kapoor mungkin bisa menjadi inspirasi bagi banyak wanita, bahwa terlahir dari keluarga apapun perjuangan hidup setiap orang pasti berbeda-beda. Sonam Kapoor yang terlahir dari keluarga terkenal di industri Bollywood justru harus merasakan sulitnya berkarir. Tapi disisi lain Sonam juga sukses dikenal sebagai seorang fashionista dan berhasil menjadi brand ambassador untuk berbagai brand ternama.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram