Bacaterus / KPOP / 10 Fakta Somi yang Akhirnya Debut Sebagai Penyanyi Solo

10 Fakta Somi yang Akhirnya Debut Sebagai Penyanyi Solo

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Agustus 2019

Dunia musik Kpop akhirnya kembali kedatangan penyayi solo berbakat yang tak lain adalah Jeon Somi, mantan anggota I.O.I yang kini bernaung di bawah agensi The Black Label. Walau baru debut, penyanyi kelahiran 9 Maret 2001 ini sudah memiliki fanbase yang cukup kuat, bahkan debut Somi sangat ditunggu-tunggu oleh semua penggemarnya.

Di balik suksesnya saat ini, Somi harus lebih dulu mengalami banyak hal pahit di dunia hiburan. Tak hanya soal karier, kehidupan masa kecil Somi pun sempat diwarnai pengalaman yang tidak mengenakkan.

Kalau kalian termasuk penggemar Somi yang baru, ada banyak fakta yang harus kalian tahu, baik itu soal kehidupan pribadinya hingga seluk beluk perjuangannya di dunia musik. Bacaterus akan menyajikan 10 fakta tentang Somi yang saat ini mulai bersinar sebagai penyanyi solo.

1. Ayahnya Berprofesi Sebagai Aktor

Ayahnya Berprofesi Sebagai Aktor

* sumber: blog.kpopviral.com

Somi merupakan putri dari Matthew Douma, seorang jurnalis asal Kanada yang pernah bekerja untuk media Los Angeles Times. Setelah pindah ke Korea Selatan, Matthew Douma mulai terjun ke dunia hiburan. Ia pun dikenal sebagai seorang aktor dan muncul di beberapa drama maupun film terkenal, mulai dari “Rampant”, “Kill Me, Heal Me”, hingga “Descendants of the Sun”.

Selain aktif sebagai aktor, Matthew Douma juga cukup sering tampil di berbagai variety show, baik sebagai bintang tamu maupun member tetap, salah satu contohnya adalah acara “Real Man 300”.

2. Somi Pernah Dibully Saat Kecil

Somi Pernah Dibully Saat Kecil

* sumber: mulfank-pop.blogspot.com

Memiliki wajah blasteran yang terlihat cantik rupanya membuat Somi mengalami kesulitan saat masih kecil. Alih-alih mendapatkan banyak pujian, Somi justru di-bully gara-gara berdarah campuran. Ia sering diejek dengan berbagai macam julukan yang negatif dan menyakitkan. Hal ini pula yang sempat membuat Somi merasa sangat down saat itu.

Somi sebenarnya merasa bangga bisa berdarah campuran, tapi saat ia terjun ke dunia hiburan, ia lagi-lagi cemas dan takut tak bisa debut. Somi mengaku dirinya pernah mendengar kabar kalau hanya orang-orang asli Korea yang bisa debut dan sukses sebagai idol. Tapi Somi tak mau menyerah dan berusaha membuktikan kepada semua orang kalau ia pun bisa menjadi seorang bintang Kpop.

3. Sempat Ingin Operasi Plastik

Sempat Ingin Operasi Plastik

* sumber: glitzmedia.co

Jika kebanyakan orang ingin melakukan operasi plastik agar terlihat lebih cantik, Somi justru punya alasan lain. Dulu ia ingin menjalani oplas gara-gara sering di-bully di sekolah dan Somi ingin operasi untuk mengubah wajah dan penampilannya yang blasteran.

Somi sempat berkata pada sang ibu kalau ia ingin mengecat rambutnya jadi hitam. Ia juga ingin mengubah warna matanya, bahkan kalau perlu ia ingin operasi plastik di bagian mata dan hidung. Saat itu yang ada di benak Somi adalah bagaimana caranya agar ia bisa terlihat seperti orang Korea dan membaur bersama teman-temannya.

4. Mengidolakan Big Bang dan 2NE1

Mengidolakan Big Bang dan 2NE1

Somi mengaku kalau ia sangat mengagumi Big Bang. Ia juga mengatakan kalau dirinya ingin menjadi penyanyi gara-gara terinspirasi dari 2NE1. Saking sukanya dengan grup tersebut, Somi menyanyikan lagu “Lonely” milik 2NE1 saat mengikuti audisi JYP Entertainment. Somi berkata kalau di antara member 2NE1, ia paling mengidolakan Minzy.

Menariknya, Somi akhirnya bisa bertemu dengan sang idola bahkan bekerja sama dengannya. Somi dan Minzy dipertemukan lewat sebuah acara TV dan keduanya jadi berteman baik. Somi pun mengakui kalau pengalamannya syuting bersama Minzy jadi momen paling tak terlupakan baginya.

5. Hampir Debut dengan TWICE

Hampir Debut dengan TWICE

* sumber: aegyo.id

Pada tahun 2015, Somi mengikuti program survival Sixteen yang digelar oleh JYP Entertainment. Saat itu agensi JYP memang berniat membentuk sebuah girlgroup yang kemudian diberi nama TWICE. Somi dan 15 kontestan lainnya harus bersaing menunjukkan kemampuan masing-masing agar bisa debut sebagai member TWICE.

Tapi saat itu Somi gagal dan tereliminasi di babak final. Gagal debut bersama TWICE, Somi pun akhirnya harus kembali menjalani kehidupannya sebagai trainee di JYP.

6. Mantan Member I.O.I

Mantan Member I.O.I

* sumber: www.koreaboo.com

Tahun 2016 Somi kembali mencoba peruntungannya di ajang survival yang lain. Kali ini ia mengikuti Produce 101 sebagai perwakilan dari JYP Entertainment. Di babak final, ia sukses menduduki posisi pertama dengan jumlah vote sebanyak 858.333 suara.

Somi dan 10 pemenang lainnya akhirnya debut sebagai member I.O.I pada tanggal 4 Mei 2016. Meski hanya berumur setahun, grup ini sempat meluncurkan 2 mini album bertajuk “Chrysalis” dan “Miss Me?”. Grup ini juga sukses merilis beberapa lagu hits, salah satunya adalah “Very Very Very”.

7. Tidak Percaya Diri dengan Suaranya

Tidak Percaya Diri dengan Suaranya

* sumber: kpopping.com

Sukses debut dengan I.O.I membuat Somi memiliki banyak penggemar. Namun di sisi lain, Somi mengaku kalau ia merasa tidak percaya diri dengan suaranya sendiri. Hal ini disebabkan oleh banyak kritikan dari orang lain terkait dengan suaranya. Gara-gara hal ini pula Somi berujar kalau rasa percaya dirinya sempat turun saat masih aktif menjadi member I.O.I

8. Keluar dari JYP Entertainment

Keluar dari JYP Entertainment

Somi memiliki karier yang cukup berkembang selama berada di JYP Entertainment. Somi punya kesempatan untuk bernyanyi, tampil di acara TV, hingga berduet dengan penyanyi lain seperti Eric Nam. Namun pada bulan Agustus 2018, JYP Entertainment akhirnya mengumumkan kalau Somi resmi keluar dari agensi.

Tak lama setelah itu Somi dikabarkan sudah bergabung dengan The Black Label yang merupakan anak perusahaan dari YG Entertainment. Di agensi barunya inilah Somi mulai mempersiapkan diri untuk debut sebagai penyanyi solo.

9. Debut Solo dengan “Birthday”

Debut Solo dengan “Birthday”

Setelah sekian lama menunggu, Somi akhirnya merilis single “Birthday” pada tanggal 13 Juni 2019. Lagu ini diproduseri oleh Teddy, produser ternama di YG Entertainment sekaligus pimpinan The Black Label.

Bagi Somi, lagu ini memiliki arti yang cukup dalam baginya. “Birthday” berarti ulang tahun, dan lagu ini seolah menandakan kelahiran Somi sebagai seorang penyanyi solo. Selain “Birthday”, Somi juga merilis lagu “Outta My Head” yang merupakan hasil ciptaannya sendiri.

10. Bisa Taekwondo

Bisa Taekwondo

* sumber: www.soompi.com

Somi tidak hanya memiliki kelebihan di bidang musik atau dunia hiburan. Siapa sangka kalau idol cantik ini ternyata sangat mahir dalam bela diri taekwondo. Sang ayah, Matthew Douma, sempat belajar taekwondo saat pertama kali ke Korea Selatan, jadi tak heran bila Somi pun mewarisi bakat sang ayah di bidang bela diri.

Somi pun tak main-main dalam menekuni taekwondo dan ia diketahui sudah jadi pemegang sabuk hitam level 3. Sedangkan di tahun 2018 lalu Somi kembali mengikuti tes untuk sabuk hitam level 4.

Itulah beberapa fakta tentang Somi yang jarang diketahui oleh banyak orang. Mengingat Somi baru saja debut sebagai penyanyi solo, apakah menurut kalian Somi bisa sepopuler senior-seniornya? Coba bagikan opini kalian tentang Somi di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar