bacaterus web banner retina

10 Fakta Solar MAMAMOO yang Pernah Ingin Jadi Pramugari

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Mei 2020

Kim Young Sun atau yang lebih populer dengan nama Solar adalah main vokal sekaligus leader dan ibu/eomma dari girl group MAMAMOO. Solar juga adalah visual dan face of the group-nya MAMAMOO. Solar berasal dari Seoul tepatnya di Gangseo-gul, Seoul, Korea Selatan. Solar adalah anak bungsu di keluarganya, namun dia adalah yang tertua di MAMAMOO. Solar lahir pada 21 Februari 1991.

Adalah sebuah fakta yang tidak dapat dipungkiri bahwa Solar memiliki suara yang powerful dan memukau. Selain itu, wanita yang pernah menempuh pendidikan di Modern K Music Academy University ini ternyata pernah ingin jadi seorang pramugari sebelum dirinya menjadi penyanyi. Penasaran dengan fakta-fakta menarik lainnya? Berikut ini ada 10 fakta Solar MAMAMOO untuk MooMoo dari Bacaterus.

1. Arti Nama dan Nama Panggung

Arti Nama dan Nama Panggung

* sumber: kprofiles.com

Nama asli Solar adalah Kim Yong Sun. Dalam bahasa Korea “Yong Sun” bermakna “fresh faced/wajah baru”. Pada nama asli Solar terdapat kata Sun “선”, yang mana jika dalam bahasa Inggris memiliki makna sebagai “matahari”.

Awalnya Solar ingin menggunakan nama Sunny atau Taeyang untuk nama panggungnya, namun nama-nama tersebut telah digunakan oleh idol lain, sehingga dia memutuskan untuk mencari nama lain dengan makna “matahari” di dalamnya. Solar kemudian memilih kata “Solar” sebagai nama panggungnya.

Selain memiliki makna “matahari”, nama Solar juga berkaitan dengan tangga nada “Do Re Mi Fa So La Si Do”. Solar diambil dari kata “So La” untuk menunjukkan posisinya sebagai pengeksekusi atau yang bertanggung jawab atas nada tinggi di grupnya. Pada tulisan hangul kata Solar ditulis dengan Solla “솔라”. Sehingga nama Solar merepresentasikan Kim Yong Sun sebagai matahari dan vokal power di MAMAMOO.

2. Memiliki Channel Youtube

Memiliki Channel Youtube

* sumber: aminoapps.com

Perkembangan teknologi terutama internet yang semakin maju membuat segala bentuk informasi bisa diakses dengan mudah. Begitupun dengan idol yang ingin lebih sering berinteraksi dengan penggemarnya. Banyak media yang bisa digunakan Idol untuk menyapa penggemarnya, salah satunya adalah Youtube. Saat ini ada beberapa idol yang memiliki channel Youtube pribadi, salah satunya adalah Solar.

Solar memiliki channel youtube pribadinya yang bernama “Solarsido”. Solar meresmikan akunnya pada 16 Februari 2019 dengan mengunggah sebuah video berdurasi 23 detik berisi beberapa orang—member MAMAMOO dan MooMoo—yang melakukan opening gesture dan sapaan resmi milik Solarsido. Video awal kegiatan Solar di Solarsido baru diunggah pada 21 Februari 2019.

Solarsido berisi kegiatan-kegiatan dan konten pribadi dari Solar. Solar menyampaikan bahwa di Solarsido, dia akan menampilkan dirinya menghadapi tantangan baru. Solar juga mengatakan bahwa dirinya akan bekerja keras untuk membuat penggemarnya terhibur dengan konten-konten yang disajikannya.

3. Bercita-cita Menjadi Pramugari

Bercita-cita Menjadi Pramugari

* sumber: kpop.asiachan.com

Sebelum menjadi penyanyi, Solar memiliki mimpi atau bercita-cita menjadi seorang pramugari saat muda. Solar sangat serius demi menggapai mimpinya sebagai pramugari dan mengambil jurusan penerbangan di Universitas Wanita Hanyang.

Dia pernah menyampaikan bahwa dirinya sangat berkeinginan menjadi pramugari dan mempersiapkan diri dengan baik hingga menginjak awal usia dua puluhan. Solar Kemudian menyadari dirinya tidak cocok dengan pekerjaan tersebut—menjadi pramugari—dan memutuskan untuk berhenti.

Sebelum menjadi peserta didik di RBW Entertainment, Solar memiliki tiga lisensi atau sertifikat keahlian kerja di tiga bidang yang berbeda yakni; rekreasi, terapi tawa dan kepemimpinan yang menyenangkan.

Solar direkrut oleh salah satu staf RBW ketika sedang bernyanyi di sebuah event di Hongdae—salah satu jalan di Seoul. Solar lalu bergabung dengan RBW dan debut dengan MAMAMOO pada tahun 2014 lalu. Solar mengatakan bahwa ia sangat menikmati pekerjaannya yang sekarang.

4. Menciptakan Lagu untuk MooMoo

Menciptakan Lagu untuk MooMoo

* sumber: weheartit.com

Semua member di MAMAMOO masing-masing ikut terlibat dalam pembuatan album MAMAMOO, termasuk juga dengan Solar yang membantu beberapa produksi lagu milik MAMAMOO. Selain itu, Solar juga yang mencetus atau yang memulai pembuatan lagu resmi untuk penggemar MAMAMOO yakni MooMoo.

Lagu resmi untuk MooMoo dari MAMAMOO ini berjudul “I Love You Too”. Lagu “I Love You Too” awalnya dibuat oleh Solar saat ulang tahunnya dan merupakan ulang tahun pertama yang dirayakan sesudah debut bersama MAMAMOO.

Pada saat itu, MooMoo membuat banner yang berisi tulisan “MooMoo tidak akan melepaskan/meninggalkan MAMAMOO”. Lalu Hwasa menulis lirik rap setelah MAMAMOO memenangkan trofi pertama.

Dilanjutkan oleh Moonbyul yang menulis bagian rap-nya setelah ulang tahun ke-2 MAMAMOO. Hingga Wheein yang melengkapi lagu tersebut dengan bagiannya sebelum konser pertama mereka “Moosical”. Terakhir, versi full dari lagu tersebut pertama kali dinyanyikan oleh MAMAMOO kepada MooMoo di Konser mereka.

5. Pole Dance

Pole Dance

* sumber: www.realitytvworld.com

Memiliki karakter suara yang kuat dan mampu mencapai nada-nada tinggi, menjadikan Solar pilar utama dari suara MAMAMOO. Selain memiliki suara yang luar biasa, wanita yang bisa bermain piano dan gitar ini juga bisa melakukan Pole Dance/menari dengan tiang. Dibutuhkan skill khusus dan latihan rutin untuk bisa melakukan tarian ini karena tingkat kesulitannya ditambah lagi tarian ini termasuk dalam tarian akrobatik.

Meskipun tidak mudah, Solar dapat melakukan tarian ini dengan baik. Solar pertama kali menunjukkan kemampuannya menari dengan tiang pada musik video “Egotistic”. Moonbyul mengatakan bahwa Solar hanya belajar selama satu jam dan kemudian mengambil gambar untuk bagiannya di musik video tersebut.

Solar kemudian belajar dan berlatih pole dance dengan tekun guna penyembuhan dan memperkuat punggungnya yang pernah mengalami cidera. Berkat latihan yang tekun, akhirnya Solar mampu menguasai teknik-teknik pole dance. Solar kemudian menunjukkan kebolehannya di acara penghargaan musik “Melon Musik Award 2018” dan “Mnet Asian Music Awards 2018”.

6. Pernah Menikah dan Belajar Bahasa Inggris dengan Eric Nam

Pernah Menikah dan Belajar Bahasa Inggris dengan Eric Nam

Pada tahun 2016 lalu, Solar berpartisipasi dalam sebuah variety show bernama “We Got Married”. Sesuai dengan judulnya, acara tersebut akan memasangkan selebriti—idol, aktor, model, comedian, dll—Korea untuk menjalani kehidupan pernikahan sementara. Pada acara “We Got Married”, Solar dipasangkan dan menikah dengan Eric Nam—solois.

Selama menjalani hubungan sebagai suami dan istri, Solar sempat belajar bahasa Inggris dengan Eric Nam yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik. Meskipun solar adalah penutur bahasa Inggris di MAMAMOO, dia tidak terlalu percaya diri untuk menunjukkan hal tersebut kepada Eric Nam. Sampai saat di mana Eric Nam mengatakan bahwa ejaan bahasa Inggris Solar benar sehingga Solar mulai merasa percaya diri kembali.

Solar dan Eric Nam bergabung di “We Got Married” pada episode 317 yang ditayangkan pada 16 April 2016. Keduanya menikah selama 31 minggu di acara tersebut. Keduannya dijuluki sebagai pasangan Ddongi dan memiliki chemistry yang membuat penonton mencintai mereka. Pasangan Ddongi ini juga memenangkan penghargaan sebagai pasangan terbaik di MBC Entertainment Awards 2016.

7. Unnie Berwajah Maknae

Unnie Berwajah Maknae

* sumber: www.kpopmap.com

Di awal masa debut MAMAMOO, banyak penggemar yang menduga bahwa solar adalah yang termuda di antara member lainnya. Dugaan ini berasal dari visual yang chubby dan penampilan yang fresh membuatnya terlihat lebih muda dari yang lain.

Pada kenyataannya, Solar adalah member tertua di MAMAMOO. Meskipun Solar adalah yang paling tertua, dia adalah member yang paling sering menjadi korban kejahilan member lainnya. Sehingga, banyak yang salah sangka dan mengira bahwa dirinya yang termuda padahal sebaliknya.

8. Yeba Member

Yeba Member

Solar memiliki sebuah julukan yang populer di kalangan penggemar MAMAMOO yakni “Yeba”. Julukan Yeba diberikan oleh Mooonbyul kepada Solar karena mencerminkan kepribadiannya. Menurut member lainnya, Solar adalah sosok yang cantik, sangat ceria namun selalu bermain-main, tidak bisa serius, ceroboh hingga terkadang melakukan hal yang dapat merugikan atau membuat malu dirinya sendiri. Sehingga disematkanlah julukan Yeba padanya.

Dalam bahasa Korea, kata Yeba adalah campuran dari dua suku kata yaitu kata “Yeppeo” yang bermakna cantik dan kata “Babo” yang bermakna bodoh. Kata Yeppeo dan Babo jika disatukan akan menjadi kata Yeba (Yeppeo Babo) yang memiliki makna cantik namun bodoh. Kata bodoh di sini lebih merujuk pada kepribadiannya yang sedikit ceroboh.

9. Penakut

Penakut

* sumber: weheartit.com

Selain memiliki julukan Yeba, Solar juga memiliki julukan lain yakni Scaredy-cat. Solar mendapatkan predikat sebagai Scaredy-cat karena dirinya sangat takut terhadap hantu dan wahana ketinggian. Padahal pada saat muda Solar mengaku bahwa dirinya menyukai film bergenre gore—bagian dari horor dengan banyak kekerasan dan pembunuhan.

Namun seiring bertambahnya usia, keberaniannya pun ikut memudar. Member lain menyampaikan bahwa saat ini jika mereka menonton film bergenre gore maka Solar adalah orang pertama yang akan teriak.

Awal mula Solar mendapatkan julukan Scaredy-cat adalah ketika semua member MAMAMOO memutuskan untuk masuk ke dalam sebuah rumah hantu di salah satu variety show—Showtime. Hal itu dilakukan untuk mengetahui siapa di antara mereka yang paling penakut.

Setelah semua member berhasil masuk seorang diri ke dalam rumah hantu dan mencatat rekor cepat dalam menyelesaikan misi, Solar justru meminta bantuan salah satu karyawan untuk menemani dirinya. Sejak saat itulah Solar mendapatkan predikat Scaredy-cat.

10. Bermain Drama

Bermain Drama

Solar adalah salah satu idol yang multitalented atau serba bisa. Selain memiliki suara yang bagus, bisa melakukan pole dance dan pandai dalam menciptakan lagu, Solar juga jago dalam berakting. Solar pernah membintangi sebuah drama berjudul “Imaginary Cat”.

Pada drama tersebut, Solar berperan menjadi seorang gadis bernama Jung Soo In cinta pertama dari Hyun Jong Hyun. Di “Imaginary Cat” Solar beradu akting dengan seorang aktor bernama Yoo Seung Ho yang berperan sebagai Hyun Jong Hyun.

Demikianlah 10 fakta Solar atau Kim Yong Sun MAMAMOO yang telah dirangkum oleh Bacaterus.com. Setelah membaca artikel ini, apakah MooMoo jadi semakin mengenal sosok leader-nya MAMAMOO? Kalau iya ataupun tidak tolong bagi kesan, pesan dan informasi menarik lainnya yang kalian ketahui tentang Solar di kolom komentar, ya! Kunjungi juga artikel fakta MAMAMOO berikut ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram