Bacaterus / AKB48 / 10 Fakta Menarik SKE48, “Saudari” AKB48 yang Mempesona

10 Fakta Menarik SKE48, “Saudari” AKB48 yang Mempesona

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

SKE48 adalah grup girlband wanita yang berbasis di Sunshine Sakae, Nagoya, Jepang oleh produser musik ternama, Yasushi Akimoto. SKE48 merupakan saudara kembar AKB48 pertama yang sukses mencuri perhatian para penggemar.

Kehadirannya sendiri cukup diminati oleh para penggemar musik, baik di negeri asalnya Jepang maupun di mancanegara. Nah, apa yang membuat idol group yang berdiri pada tahun 2008 tersebut sukses? Yuk, simak ulasan menarik yang akan Bacaterus bahas untuk kamu dalam artikel di bawah.

1. Melakukan Konser Pertamanya di Luar Negeri

Melakukan Konser Pertamanya di Luar Negeri

* sumber: todayidol.com

SKE48 adalah salah satu proyek musik Akimoto yang cukup sukses setelah AKB48. Sama seperti sister group-nya yang terdahulu, SKE48 terdiri dari para remaja putri yang memiliki bakat seperti bernyanyi, menari, akting dan lain-lain. Jumlah membernya yang banyak membuat grup ini terbilang unik dan berbeda dari grup musik yang lain.

Nah, SKE48 sendiri adalah salah satu grup 48 yang memulai konser pertamanya di luar negeri, yaitu di Hong Kong pada tahun 2009 silam. Sementara konser pertama yang dilakukan di luar teater dilaksanakan di Nagoya Bottom Line pada tahun yang sama.

2. Sering Tampil Bersama AKB48

Sering Tampil Bersama AKB48

* sumber: www.kaorinusantara.or.id

Sebelum melakukan pertunjukan di teater milik mereka sendiri di Sunshine Sakae Studio, Nagoya. SKE48 kerap tampil bersama sister group-nya, AKB48 di atas panggung. Nah, generasi pertama dari SKE48 sendiri diketahui mulai diperkenalkan pertama kali ke publik saat konser AKB48 di Hibiya Open-Air Concert Hall, Tokyo pada tanggal 23 Agustus 2008.

Perlahan tapi pasti grup ini pun mulai semakin mendapat perhatian dari para penggemar yang ada di Jepang maupun yang ada di mancanegara, terutama setelah mereka merilis single perdana.

3. Single Perdana “Tsuyoki Mono yo”

Single Perdana Tsuyoki Mono yo

* sumber: merahputih.com

SKE48 pertama kali muncul dengan single perdananya yang berjudul “Tsuyoki Mono Yo” pada tahun 2009. Namun, single perdananya ini hanya mampu bercokol di posisi ke-5 di tangga lagu mingguan Oricon dengan jumlah penjualan pada minggu pertama sekitar 22.624 kopi dengan penjualan total sekitar 27.300.

Meskipun pencapaian grup tersebut belum menunjukan hasil yang maksimal, namun popularitas grup musik ini pun semakin banyak mendapat perhatian dari penggemar.

4. Sukses untuk Single “Banzai Venus”

Sukses untuk Single Banzai Venus

* sumber: kpop.asiachan.com

Setelah sebelumnya merilis beberapa single lagu, SKE48 pun mulai menunjukkan prestasinya sejak merilis single lagu berjudul “Banzai Venus” pada tahun 2011. Lagu tersebut diketahui berhasil menempati posisi pertama dengan total penjualan pada Minggu pertama sekitar 206.608 kopi dan total penjualan sekitar 276.000 kopi.

Sejak saat itu, SKE48 pun kembali meraih posisi nomor satu untuk single lagu berikutnya yang berjudul “Pareo wa Emerald” dan “Okey Dokey“. Nah, tak berhenti sampai situ di tahun-tahun berikutnya SKE48 pun menunjukan taringnya dengan rajin meraih posisi nomor satu di tangga lagu mingguan Oricon.

5. Memiliki Program Televisi “SKE48 no Magical Radio”

Memiliki Program Televisi SKE48 no Magical Radio

* sumber: tokyogirlsupdate.com

Popularitas SKE48 di industri hiburan Jepang semakin cemerlang setelah memiliki program televisi berjudul “SKE48 no Magical Radio”, yaitu reality show yang menghadirkan sejumlah member grup kedua besutan Akimoto tersebut. “SKE48 no Magical Radio” sendiri ditayangkan perdana di stasiun televisi, Nippon Television pada tanggal 11 Oktober 2011.

Acara tersebut pun berhasil membawa member SKE48 semakin populer dan dicintai oleh masyarakat, khususnya yang ada di Jepang. “SKE48 no Magical Radio” sendiri menjadi salah satu program televisi yang cukup sukses dan populer sejak pertama kali dirilis.

6. Memiliki 5 Sub-Unit

Memiliki 5 Sub-Unit

* sumber: wallpapercave.com

SKE48 adalah salah satu grup 48 yang sangat di sukai oleh masyarakat Jepang. Sama seperti sister group-nya AKB48, SKE48 sendiri terbagi menjadi 3 tim, yaitu Tim S, Tim KII, dan Tim E. Masing-masing grup diketahui memiliki para penggemarnya tersendiri.

Nah, selain ketiga grup utama mereka, SKE48 juga diketahui memiliki 5 sub-unit yang terdiri dari Love Crescendo, Caramels Cats, Transit Girl, Furumarion, dan Dead Stock Diamond. Kehadiran sub-unit tersebut pun menambah semarak industri musik yang ada di negeri Sakura.

7. Batal Konser

Batal Konser

* sumber: todayidol.com

COVID-19 memang telah menjadi konser di berbagai negara di dunia. Nah, para penggemar SKE48 sendiri diketahui harus menelan kekecewaan mengingat beberapa konser SKE48 yang akan dilakukan di Jepang harus dibatalkan untuk menghindari dampak negatif dari penyebaran virus.

Beberapa konser SKE48 yang harus dibatalkan tersebut antara lain konser KeyHolder Special SUPERLIVE 2020 yang dilaksanakan pada 14 Maret 2020, SKE48 White Day Live 2020-Candy? or Cookie? yang dilaksanakan pada 15 Maret 2020, dan Konser Arena Concert SKE48 At Yokohama Arena yang akan dilaksanakan pada 15 Maret 2020.

Meskipun harus membatalkan 3 konser, namun hal tersebut merupakan langkah yang cukup bijak yang telah diambil oleh pihak manajemen.

8. Bermain Drama “Mousou Deka!”

Bermain Drama Mousou Deka

* sumber: www.tokairadio.co.jp

Sejak kemunculannya di salah satu program televisi pada tahun 2011 silam. SKE48 pun mulai banyak mendapatkan banyak kesempatan untuk tampil di dilayar kaca. Salah satunya dengan bermain di sebuah drama bertajuk “Mousou Deka”.

Drama tersebut bercerita tentang seorang gadis yang memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya sebagai seorang detektif untuk memecahkan berbagai kasus pembunuhan. Peran utamanya sendiri dimainkan oleh Jurina Matsui, yang diketahui sebagai salah satu member populer di SKE48.

9. Double Matsui

Double Matsui

* sumber: www.sutekiji.com

Nah, SKE48 sendiri telah melahirkan nama-nama yang cukup bersinar diantaranya Jurina Matsui dan Rena Matsui. Keduanya sendiri kerap disebut sebagai Double Matsui karena popularitasnya. Meskipun memiliki marga yang sama, namun keduanya diketahui tidak memiliki kaitan darah. Jurina Matsui dan Rena Matsui dikenal sebagai member berbakat dari SKE48.

Popularitas keduanya yang besar telah membawa dampak yang cukup positif untuk grup. Jurina Matsui sendiri diketahui menjadi anggota SKE48 pertama yang dipilih sebagai anggota Senbatsu AKB48, sekaligus member yang menempati posisi tengah depan.

Sementara prestasi yang diraih Rena Matsui pun tidak kalah memukau. Ia diketahui sebagai anggota SKE48 yang menempati peringkat tertinggi dalam pemilihan umum AKB48.

10. Tampil di Japan Expo Malaysia Virtual Concert 2020

Tampil di Japan Expo Malaysia Virtual Concert 2020

* sumber: m.gamer.com.tw

Meskipun berada di situasi pandemi, namun SKE48 sendiri diketahui menjadi salah satu bintang yang ikut memeriahkan konser virtual Japan Expo Malaysia 2020. Selain menampilkan SKE48, konser tersebut menampilkan pula salah satu sister group-nya dari tanah air, yaitu JKT48.

Kehadiran kedua grup 48 di konser tersebut memang berhasil menarik perhatian penonton dunia. Popularitasnya keduanya di industri hiburan memang tidak bisa dipungkiri. So, apa pendapatmu mengenai penampilan kedua grup tersebut? Menarik, bukan!

Itulah 10 fakta menarik SKE48, saudari kembar AKB48 yang mempesona. SKE48 memang telah berhasil membuat fans jatuh hati dengan setiap pertunjukannya. Nah, kira-kira pertunjukan mana yang menurut kamu paling berkesan? Agar pembaca laintahu beri komentar di bawah, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *