bacaterus web banner retina

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 6 September 2021

Shun Oguri adalah salah satu aktor papan atas Jepang yang berhasil mencuri perhatian dunia. Berbagai judul drama dan film telah berhasil dimainkan oleh aktor kelahiran Tokyo 26 Desember 1982 ini. Perlahan tapi pasti, pria yang sempat mengenyam pendidikan di Tokyo University ini pun mulai menancapkan karir aktingnya di industri perfilman Hollywood.

1. Lahir dari Keluarga Seni

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 1

Shun Oguri adalah aktor tampan yang berhasil mendulang popularitas berkat kemampuan aktingnya yang mumpuni. Bakat seni dari pria pemilik tinggi 184 cm ini sepertinya memang menurun dari kedua orang tuanya. Sang ayah diketahui merupakan seorang sutradara teater terkenal Jepang bernama Tetsuya Oguri. Sementara ibunya adalah pengajar untuk tari balet klasik.

Shun Oguri merupakan anak terakhir dari tiga bersaudara. Ia memiliki seorang kakak perempuan dan kakak laki-lakinya yang diketahui merupakan seorang aktor dan juga sutradara yang cukup terkenal di Jepang bernama Ryo Oguri.

2. Debut di Serial Hachidai Shogun Yoshimune!

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 3

Shun Oguri diketahui memulai debut aktingnya pada usia tiga belas tahun di serial televisi berjudul 'Hachidai Shogun Yoshimune' pada tahun 1995. Sejak penampilannya dalam drama tersebut, aktor bergolongan darah O tersebut mulai banyak menerima tawaran untuk tampil dalam sejumlah proyek. Karier perfilmannya sendiri terbilang cukup cemerlang.

Shun Oguri pun mulai mendapat apresiasi dari penggemar berkat penampilannya dalam serial televisi, 'Great Teacher Onizuka' atau GTO pada tahun 1998. Pada usia 18 tahun, Shun Oguri kembali mencuri perhatian setelah mendapatkan peran sebagai pria tuli di drama 'Summer Snow', yang ditayangkan TBS.

3. Member F4

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 5

Sebelum dikenal sebagai pemimpin gangster paling ditakuti di Suzuran, Shun Oguri sempat dikenal oleh para penggemar sebagai prince charming karena kerap berakting sebagai siswa SMA. Shun Oguri sendiri diketahui merupakan salah satu aktor yang ikut berperan dalam drama franchise cukup populer, yaitu 'Hana Yori Dango'.

Dalam drama tersebut, ia berperan sebagai Hanazawa Rui. Ia merupakan salah sagu member dari grup populer F4 versi Jepang. Hana Yori Dango sendiri merupakan serial drama yang diadaptasi dari manga Jepang karya Yoko Kamio. Beberapa negara, termasuk Indonesia diketahui telah mengadaptasi manga tersebut ke dalam serial drama.

4. Popularitas Meningkat Berkat Crows Zero

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 7

Karier Shun Oguri di industri perfilman memang cukup baik. Popularitasnya sebagai aktor semakin terkenal di dunia setelah memerankan karakter utama yang cukup ikonik, yaitu Takeya Genji di Crows Zero. Ia merupakan siswa sekolah Suzuran yang memiliki nyali besar untuk melawan orang nomor satu di sekolahnya tersebut.

Antusias para penggemar yang besar pada karakternya tersebut membuat nama Shun Oguri semakin melambung dan diperhitungkan di industri perfilman Jepang. Paska penampilannya tersebut, ia sendiri kemudian banyak terlibat dalam sejumlah proyek film blockbuster dan serial televisi di Jepang.

5. Menjadi Sutradara Film

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 9

Kemampuan Shun Oguri memang tidak hanya sebatas akting. Ia sendiri diketahui sempat menjajal kemampuannya dalam menyutradarai sebuah film drama komedi berjudul 'Surely Someday' pada tahun 2010.

Drama tersebut cukup sukses dan berhasil menempati box office Jepang. Surely Someday bercerita tentang 5 siswa SMA pria dalam sebuah grup band yang berusaha melakukan segala cara agar busa tampil di festival sekolah yang terancam gagal dilaksanakan.

Filmnya sendiri ikut menampilkan sejumlah aktor dan aktris yang juga dikenal sebagai teman baiknya seperti Keisuke Koide, Satoshi Tsumabuki, Inoui Mao, Aya Ueto, dan Tsuyoshi Abe.

6. Bermain Film Hollywood

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 11

Setelah malang melintang di industri perfilman Jepang, Shun Oguri pun mulai melebarkan sayap dengan debut di industri perfilman Hollywood pada tahun 2018. Ia diketahui terpilih menjadi salah satu karakter penting 'Godzilla vs. Kong' karya Adam Wingard.

Dalam film tersebut, Shun Oguri berperan sebagai Ren Serizawa. Ia sendiri diketahui beradu akting dengan sejumlah aktor Hollywood yang cukup ternama seperti Alexander Skarsgard dan Millie Bobby Brown.

Untuk memuluskan kariernya di Hollywood, Shun dan keluarga sempat hijrah ke Los Angeles pada tahun 2019 lalu. Namun, pada pertengahan 2020, Ia kembali ke Jepang karena masalah pandemi.

7. Memiliki Tiga Anak

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 13

Selain sukses di dunia akting, Shun Oguri dikenal sebagai salah satu selebriti yang cukup harmonis bersama keluarganya. Shun Oguri sendiri diketahui telah menikah dengan aktris, penyanyi sekaligus model cantik bernama Yu Yamada pada tahun 2012. Ia sendiri diketahui telah dikarunia tiga orang anak dari hasil pernikahannya tersebut.

Ketiga anaknya tersebut diketahui lahir pada tahun 2014, 2017, dan 2020. Sama seperti kebanyakan aktor dan aktris Jepang lainnya. Shun sendiri termasuk selebriti yang sangat protektif dalam melindungi identitas keluarganya. Ia dan istrinya diketahui sangat jarang membagikan informasi detail mengenai putra-putrinya pada publik.

8. Dubber untuk Serial Anime

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 15

Selain dikenal sebagai aktor dan juga sutradara film. Shun Oguri juga memiliki bakat sebagai seorang pengisi suara animasi. Ia diketahui sempat terlibat sebagai pengisi suara salah satu karakter anime bernama Alfons Heiderich di Fullmetal Alchemist, Conqueror of Shamballa pada tahun 2005 silam.

Kemampuannya dalam mengisi suara memang cukup baik. Hal itu dibuktikan dengan kembali menjadi pengisi suara untuk serial animasi berjudul 'Wangan Midnight' pada tahun 2008. Dalam serial tersebut, Ia menjadi pengisi suara untuk karakter 'Akio Asakura.'

9. Tidak Memiliki Media Sosial

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 17

Berbeda dengan banyak selebriti lain yang kerap membagikan aktivitas sehari-hari mereka di akun sosial media pribadinya. Shun Oguri sendiri termasuk salah satu aktor yang tidak memilik akun media sosial.

Ia dikenal sebagai aktor yang enggan untuk membuka jejaring sosial. Untuk memberitahu tentang hal tersebut, ia bahkan sempat meminjam akun Instagram milik istrinya untuk memperingatkan para fans tentang munculnya banyak akun palsu yang mengatasnamakan dirinya.

Dalam kesempatan itu, Ia pun menegaskan pada para penggemar di seluruh dunia bahwa dirinya tidak memiliki akun Instagram atau pun Twitter.

10. Merilis Photo Book

10 Fakta Shun Oguri, Aktor Jepang yang Merambah Hollywood 19

Popularitas Shun Oguri sebagai seorang aktor memang sudah tidak diragukan lagi. Berkat penampilannya Crows Zero, Ia menjadi idola yang cukup dicari oleh para penggemar. Selain kerap muncul sebagai  binatang tamu radio, Ia juga kerap didapuk untuk sebuah iklan komersial. Shun Oguri sendiri menjadi salah satu aktor yang sangat dicintai di industri hiburan Jepang.

Untuk mengobati rasa penasaran para penggemar pada sosoknya, Shun Oguri diketahui telah merilis sejumlah photo book untuk para penggemar seperti So (2003), Oguri Note (2006), High (2007), dan yang terakhir Shun x Genji (2007).

Demikianlah 10 fakta Shun Oguri, aktor Jepang yang melebarkan saya di Hollywood, yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Kesuksesannya sebagai seorang aktor  adalah berkat usaha keras yang dijalaninya semasa muda.

Meskipun sempat memutuskan berhenti sekolah saat muda, tetapi Shun berhasil membuktikan diri dengan pencapaiannya di Industri film. Hal tersebut tentu bisa menjadi inspirasi bagi para penggemar. Kira-kira apa pendapatmu tentang aktor yang satu ini? Tulis komentarmu di bawah, ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram