Bacaterus / Gidle / 9 Fakta Shuhua, Maknae (G) Idle yang Berasal dari Taiwan

9 Fakta Shuhua, Maknae (G) Idle yang Berasal dari Taiwan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Yeh Shuhua alias Shuhua adalah member (G) Idle yang berposisi sebagai vocalist, visual, dan maknae. Member bernama Korea yoo Su-hwa ini adalah satu di antara member (G) Idle yang berasal dari luar Korea Selatan.

Kalau kamu ingin mengenal lebih dekat dengan member satu ini, berarti kamu tengah membaca artikel yang tepat. Di sini, ada fakta-fakta menarik Shuhua yang bisa membuatmu lebih mengenal sosoknya. Yuk, cari tahu faktanya berikut ini!

Biodata

  • Nama lengkap: Yeh Shuhua (葉舒華)
  • Nama panggung: Shuhua (슈화)
  • Posisi di grup: Vocalist, Visual, Maknae
  • Tempat dan tanggal lahir: January 6, 2000
  • Kewarganegaraan: Taiwan
  • Zodiac: Capricorn
  • Tinggi badan: 161 cm (5’3″)

1. Maknae (G) Idle yang Berasal dari Taiwan

Maknae (G) Idle yang Berasal dari Taiwan

Di (G) Idle, Shuhua mengemban posisi sebagai vocalist dan visual. Tak cuma itu, dia juga berposisi sebagai maknae alias member yang paling muda. Shuhua sendiri lahir pada 6 Januari 2000, dan menjadi satu-satunya member yang lahir di tahun tersebut.

Seperti yang diketahui, kalau ada beberapa member (G) Idle yang berasal dari negara lain. Dan Shuha termasuk salah satunya. Shuhua merupakan member yang berasal dari Taiwan, dan menjadi satu-satunya member yang berasal dari negara tersebut.

Selain Shuhua, ada juga Minnie yang berasal dari Thailand, dan Yuqi yang berasal dari Tiongkok. Shuhua sendiri resmi ke Korea Selatan pada 2016, setelah lolos dari audisi Cube Entertainment. Audisi itu dia ikuti saat Shuhua masih di Taiwan.

2. Menjadi Idol K-Pop Bukanlah Cita-Citanya

Menjadi Idol K-Pop Bukanlah Cita-Citanya

Sejak kecil, Shuhua tidak pernah bercita-cita menjadi seorang idol K-Pop. Malahan, dia sangat ingin menjadi aktris dan tampil di televisi. Shuhua ingin menjadi aktris lantaran sering melihat sejumlah aktor idolanya yang tampil di TV. Saking inginnya menjadi aktris, Shuhua sampai menyatakan cita-citanya itu ke keluarganya.

Perkenalan Shuhua dengan dunia K-Pop sendiri terjadi saat dia masih SMP. Saat itu, teman-temannya memperkenalkan sejumlah referensi yang berkaitan dengan K-Pop. Perkenalannya dengan dunia K-Pop membuat Shuhua beralih cita-cita menjadi penyanyi dan menjadi idol K-Pop.

Selepas itu, dia pun mengikuti audisi Cube bersama teman-temannya itu.  Di antara dia dan teman-temannya itu, hanya dia saja yang lolos dari audisi tersebut.

3. Masa Sulitnya Selama Trainee

Masa-Masa Sulitnya Selama Trainee di Cube Entertainment

Karena lolos audisi Cube Entertainment, Shuhua pun layak menjadi trainee agensi tersebut. Selama menjadi trainee di sana, Shuhua mengaku kalau dia mengalami sejumlah masa sulit. Salah satu momen yang tersulit baginya adalah saat dia betul-betul tidak bisa mengerti bahasa Korea.

Ada satu momen mengharukan saat Shuhua masih menjalani masa trainee. Saat itu, Shuhua sering sekali menangis sendirian, tanpa sepengetahuan trainee lainnya. Saat itu Shuhua masih belum punya teman, serta belum fasih berbahasa Korea.

Lambat laun, Shuhua mulai akrab dengan trainee lainnya, serta mulai menceritakan segala kesulitan yang dia hadapi kepada mereka. Beruntungnya, semua trainee yang sudah dia kenal betul-betul memberi dukungan kepada Shuhua. Shuhua pun senang senang sekaligus bersyukur atas apa yang dilakukan teman-temannya itu.

4. Sekamar dengan Soojin 

Sekamar dengan Soojin dan Sama-Sama Diperkenalkan di Hari yang Sama

Di asrama (G) Idle, Shuhua sekamar dengan Soojin. Namun, momen keduanya satu kamar tidaklah lama. Terutama, setelah Shuha dan Soojin memiliki kamar masing-masing. Selain pernah sekamar, keduanya juga sama-sama pernah diperkenalkan Cube di hari yang sama.

Jadi, pada April 2018, Cube Entertainment memperkenalkan para member-nya di tiga tanggal berbeda, yaitu: 8, 10, dan 12 April. Khusus untuk Shuhua, dia diperkenalkan bersama dengan Soojin di tanggal 10 April 2018.

5. Tampil di Vide0 Promosi Star Cosmetics Model dan Rising Legends

Tampil di Video Promosi Star Cosmetics Model dan Rising Legends

Selama kariernya di (G) Idle, Shuhua total pernah tampil di dua video promosi berbeda. Video promosi yang pertama dia bintangi adalah video milik Rising Star Cosmetics. Di sana, dia tampil sebagai model bersama dua member lainnya: Minnie dan Yuqi.

Video promosi kedua yang dia bintangi adalah Rising Legends, khususnya edisi season 2. Rising Legends merupakan kompetisi pencarian bakat K-Pop yang digagas Soompi yang berkolaborasi dengan sebuah agensi. Untuk season 2, Soompi melakukan kolaborasi dengan Cube; agensi Shuhua dkk.

Di video promosi Rising Legends, Shuhua tak tampil sendirian. Dia tampil bersama dengan Yuqi yang sempat tampil dengannya di Rising Star Cosmetics.

6. Tampil di Video Musik milik 10 Cm

Tampil di Video Musik milik 10 cm

Tak hanya tampil di beberapa video promosi, Shuhua pun juga pernah tampil di sebuah video musik. Pada September 2017 lalu, Shuhua resmi tampil di video musik milik 10 cm. Sebuah grup musik yang beranggotakan Kwon Jung-yeol dan Yoon Cheol-jong.

Adapun video musik 10 cm yang dibintangi oleh Shuhua adalah “Pet”. Di video musik itu, Shuhua tidak tampil sendirian. Dia muncul bersama dengan Yoo Seon-ho. Penyanyi dan aktor asal Korea Selatan yang juga tergabung ke dalam Cube Entertainment.

7. Memiliki Tanggal Lahir yang Sama dengan Eunbin CLC

Memiliki Tanggal Lahir yang Sama dengan Eunbin CLC

Usut punya usut, tanggal lahir Shuhua rupanya sama dengan anggal lahir personel CLC, Eunbin. Keduanya sama-sama lahir pada 6 Januari 2000. Keduanya juga sama-sama menjadi maknae alias member termuda di grupnya masing-masing.

Khusus untuk Eunbin, dia memiliki satu member (G) Idle yang akrab dengannya. Soyeon adalah member yang dimaksud. Keduanya pertama kali saling mengenal saat mengikuti kompetisi Poduce 101. Keduanya masih berteman dekat hingga saat ini.

8. Hobi, Makanan, dan Sisi Lain Shuhua

Hobi, Makanan, dan Sisi Lain Shuhua

Shuhua memiliki beberapa hobi yang dilakoninya. Hobi pertama yang dia lakoni adalah belajar akting. Hobi ini terhitung wajar untuk dilakukan Shuhua, mengingat Shuhua pernah ingin menjadi aktris semasa kecilnya. Selain berakting, Shuhua juga menjadikan kegiatan menonton serial drama sebagai hobi lainnya.

Shuhua mempunyai makanan yang dia sukai dan tidak dia sukai. Untuk makanan kesukaan, Shuhua amat menyukai cokelat. Sementara itu, dia menjadikan stroberi sebagai makanan yang tidak disukainya. Ada satu sisi lain yang dimiliki Shuhua. Rupanya, dia adalah member (G) Idle yang paling sering tertidur.

Selain itu, Shuhua adalah member (G) Idle yang awalanya tidak bisa menari. Bahkan, tidak punya pengalaman belajar tari semasa di kampung halamannya. Namun, semenjak menjadi trainee di Cube, Shuhua perlahan mulai bisa menari dengan baik.

9. Tokoh Idola serta Keinginannya di Masa Depan

Tokoh Idola serta Keinginannya di Masa Depan

Shuhua memiliki tokoh idola yang menginspirasinya. Tokoh itu adalah HyunA. Shuhua sangat ingin dirinya bisa seperti seorang HyunA. HyunA sendiri merupakan solois wanita Korea yang juga sempat bernaung di bawah Cube.

Dalam beberapa kesempatan, Shuhua sempat ditanya soal keinginannya di masa depan. Menjawab hal itu, Shuhua ingin kalau dia bisa travelling saat usianya dewasa nanti. Selain itu, dia ingin sekali menjadi seorang superstar.

Demikianlah fakta-fakta menarik dari Shuhua, maknae (G) Idle yang berasal dari Taiwan. Semoga fakta-fakta di atas bisa membuatmu lebih kenal  dengan Shuhua, ya. Kalau kamu punya fakta lain soal Shuhua, feel free untuk share ke kami via kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *