Bacaterus / SHINee / 10 Fakta Menarik tentang SHINee, Boyband paling unik!

10 Fakta Menarik tentang SHINee, Boyband paling unik!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Agustus 2019

Siapa yang nggak kenal dengan SHINee? Boyband asal Korea yang bisa membuat para wanita tergila-gila dengan kegantengan 5 personilnya. Mereka adalah Min-Ho, Key, Onew, Tae-Min dan Jong-Hyun. Kelima personil tersebut mempunyai karakter yang unik hingga membuat boyband SHINee terlihat semakin lucu.

SHINee juga mampu membuat para penggemar sukses untuk menyukai lagu mereka dimana debut pertama kali rilis pada tanggal 25 mei 2008 yang dinaungi oleh SM Entertaintment. Hal tersebut juga menjadikan SHINee disebut sebagai boyband dengan kualitas lagu yang tinggi, punya penampilan karismatik, dan seni yang ditumbuhkan di dalam lagunya.

Berkat lagunya juga, SHINee bisa masuk ke dalam World Chart di tangga musik yang mendunia yaitu Billboard. Album “The SHINee world” yang dirilis pada tanggal 28 agustus 2008 juga masuk dalam urutan ke-3 tangga lagu korea dan telah terjual lebih sebanyak 30.000 kopi lagu.

Untuk mengetahui fakta SHINee lebih lanjut, berikut Bacaterus akan mengulas 10 fakta menarik tentang SHINee yang akan membuat kamu semakin dekat dengan mereka!

1. Arti Nama SHINee

Arti nama SHINee

Boyband asal Korea ini memiliki arti nama yang unik. SHINee bukan berasal dari bahasa Korea melainkan diambil dari Bahasa inggris. SHINee terbentuk dari dua kata yaitu ‘SHINE’ yang berarti cahaya dan ‘ee’ sendiri adalah kata imbuhan yang berarti orang yang menerima. Arti secara keseluruhannya yaitu orang yang mendapat cahaya atau juga bisa diartikan sebagai orang yang fokus terhadap cahaya. Cahaya di sini diartikan sebagai arti yang mendalam oleh mereka.

2. Shawol dan Pearl Aqua

Shawol dan Pearl Aqua

Para penggemar SHINee pasti tahu maksud dari Shawol dan Pearl Aqua. Yap! Shawol ialah nama untuk para penggemar SHINee atau bisa disebut sebagai fandom. Shawol merupakan singkatan dari “The SHINee World” yang berarti Shawol adalah dunianya SHINee.

Selain itu, Pearl Aqua adalah warna Official SHINee yang diberikan untuk Shawol. Pearl Aqua atau bisa disebut sebagai Turqoise diartikan sebagai kebahagiaan, kesuksesan, kemakmuran dan nasib baik sama seperti karakter SHINee yah! Warna ini pastinya sudah menjadi bagian dari warna favorit para Shawol.

Kemudian para Shawol juga punya benda unik yang selalu di bawa ketika datang ke konser, yaitu Diamond berwarna Pearl Aqua. Benda ini menjadi ciri khas yang unik dan sudah menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh semua para Shawol! apa kamu punya Diamond Pearl Aqua ini?

3. Menjadi Trend Fashion di dunia K-POP

Grup pertama yang menjadi trend fashion di dunia K-POP

SHINee mempunyai ciri khas unik di antara boyband yang lain. Mereka selalu tampil artsy dengan pakaian mereka yang mencolok. SHINee adalah grup pertama yang menonjolkan trend pakaian dengan lebih berwarna, bercahaya, dan juga yang pertama kali menampakan Jeans ketat berwarna-warni hingga menjadi trend sampai sekarang.

Gaya berpakaian SHINee juga menjadi populer di kalangan anak muda. Mereka mengikuti gaya berpakaian SHINee hingga media massa menjulukinya sebagai “trend SHINee”. SHINee juga sering menjadi model iklan untuk berbagai produk, seperti Reebok, Busana Smart dan kosmetik Nana’s B akibat selera fashion-nya yang unik dan menarik.

4. Artis Korea Pertama yang Mendatangi 200.000 Penonton di Jepang

Artis korea pertama di Jepang yang mendatangi 200.000 penonton

The First Japan Arena Tour-SHINee World 2012 mampu menghadirkan 200.000 penonton di Jepang. Dimulai pada tanggal 25 april, Konser tur diadakan di beberapa kota di Jepang yaitu Fukuoka, Nagoya, Hokkaido, Osaka, Kobe, Hiroshima, Tokyo. Jika ditotal, SHINee mampu mendatangkan 200.000 penonton lho! Hal ini juga dapat diakui bahwa SHINee memang banyak peminat di Jepang.

Dan yang hebatnya lagi, ini menjadikan pertama kalinya menghadirkan 200.000 orang untuk menonton artis Korea di Jepang. Semenjak itu juga, SHINee semakin bersinar terutama saat SHINee rilis debut single “Replay” di Jepang pada bulan Juni, para Shawol Jepang mulai mengikuti dan menikmati lagu SHINee. Konser tur ini dapat membuat shawol Jepang antusias dan bahagia oleh kedatangannya. Wah, Shawol Indonesia sudah siap dengan kedatangan SHINee?

5. Punya Kebiasaan Tidur yang Unik

Punya kebiasaan tidur yang unik

Semua member SHINee punya kebiasaan tidur yang unik. Hal tersebut menjadi kegemasan tersendiri untuk para Shawol. Dimulai dari Key, ia dijuluki sebagai “burung hantu” dan selalu bangun kesiangan di antara member yang lain. Ia mempunyai kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur ketika sedang kelelahan.

Kemudian kebiasaan Min-ho tidur ialah mengigau dengan suara yang paling besar di antara member lain dan itu sering mengganggu teman-temannya. Bahkan, ia pernah berbicara dengan dirinya sendiri ketika tidur. Min-Ho juga pernah tidur dengan waktu yang lama yaitu selama 48 jam. Wow.

Selanjutnya yaitu Onew, ia harus tidur di tempat yang benar-benar gelap. Ketika bangun, badannya dipenuhi dengan keringat dan merasa hawa panas. Onew juga banyak gerak ketika tidur. Bahkan, ia pernah mengambil posisi tempat tidur orang lain untuk ditempati. Onew adalah member yang paling susah bangun di pagi hari.

Kemudian Tae-min, ketika hari libur ia adalah member yang paling lama tidur. Selama tidur, Tae-min biasanya melepas semua pakaiannya dan ditutupi dengan selimut dan ketika bangun ia bisa telanjang.

Terakhir ialah Jonghyun. Member satu ini nggak kalah uniknya dengan yang lain. Jonghyun punya kebiasaan mengigau ketika tidur. Ia juga suka membuka matanya di saat tidur dan itu membuat teman-temannya merasa terganggu. Apakah ia sedang bangun atau tertidur?

6. Terlibat dalam Pembuatan Musik

Terlibat dalam pembuatan musik

Beberapa member SHINee terlibat dalam pembuatan musik untuk album mereka sendiri. Seperti Jonghyun dan Min-ho mempunyai peran dalam mengatur suara grup mereka sendiri. Jonghyun juga sebagai salah satu penulis lagu yang menjanjikan di dunia K-pop. Ia juga menulis lagu untuk penyanyi wanita solo korea terkenal yaitu IU dan Lee Hi. Sementara itu Tae-min juga menjadi rekan menulis di lagu solo nya sendiri.

7. Rilis Solo Album dan Mempunyai Project

Rilis Solo album dan mempunyai project

SHINee punya beberapa member yang bekerja di luar grupnya sendiri. Seperti Key membentuk duo musik korea selatan bernama ToHeart. Ia bersama Woohyun dari Infinite membentuk Duo tersebut pada tahun 2014.

Lalu ada Tae-min yang membentuk Single albumnya sendiri berjudul Ace. Sementara itu, Tae-min juga merilis multiple solo album bersama Jonghyun. Memang pada awalnya SHINee berjalan, beberapa member sudah ada yang terikat untuk bekerja sama dengan project lain, seperti bekerjasama dalam hal pembuatan soundtrack TV Shows yang juga sama-sama di bawah naungan SM Entertainment.

8. Menjadi Artis Pendatang Terbaik di Tahun 2008

Menjadi artis pendatang terbaik di tahun 2008

SHINee memenangi penghargaan sebagai “artis pria pendatang baru terbaik” pada tanggal 15 november 2008 di festival musik MNET KM ke-10. Mereka berhasil mengalahkan artis baru lainnya, seperti U-Kiss, 2PM, 2AM, dan Mighty Mouth. Ini membuat perhatian besar kepada Shawol sebagai awal mula kesuksesan. SHINee mampu menerobos sebagai pemenang akibat kerja keras dan keunikan mereka dari yang lainnya, waw keren bukan?

9. Boyband dengan Single Pertama Paling Sukses

Boyband dengan single pertama paling sukses

Single pertama yang berjudul “(산소 같은 너) Love Like Oxygen” menuai sukses untuk awal karir SHINee. Single pertama yang dikeluarkan dari album The SHINee World adalah lagu yang pernah dibawakan oleh Martin Hoberg Hedegaard.

Awal terbentuk lagu ini di buat oleh tim produksi dan penulis lagu asal Denmark yang terdiri dari Thomas Troelsen, Remee, dan Lucas Secon. Single ini berhasil menaruh perhatian para pendengar hingga menjadi lagu nomor satu di M! Countdown pada tanggal 18 september 2008. Kemudian mereka juga mendapat penghargaan “Mutizen” untuk single pertamanya di acara SBS Popular songs.

10. Kim Jonghyun Tetap di Hati SHINee dan Shawol

Kim Jonghyun tetap di hati SHINee dan Shawol

Pada Desember tahun 2008, kabar duka menerpa SHINee, Shawol, seluruh dunia permusikan dan hiburan datang dengan perginya Kim Jonghyun untuk selama-lamanya. SHINee kehilangan member kesayangan serta bertalenta Kim Jonghyun setelah berjuang menghadapi depresinya.

Selama proses pemakaman, keempat sahabatnya, yakni Min-Ho, Key, Onew dan Tae-Min selalu menemani Jonghyun. Selain itu di hari pemakaman Jonghyun, terdapat fenomena yang membuat para shawol semakin terharu dan heboh, langit tampak berwarna Pearl Aqua. Kabarnya itu adalah tampilan planet Uranus dari jauh. Tapi apapun itu Shawol percaya bahkan langit pun juga ikut berkabung, selamat jalan Kim Jonghyun. Apapun yang terjadi pada SHINee para Shawol akan selalu mendukung mereka untuk semakin bercahaya!

Selesai sudah 10 fakta menarik tentang SHINee dari Bacaterus. Fakta tersebut pastinya harus kalian tahu terutama para Shawol. Bagi kalian yang punya fakta menarik tentang SHINee lainnya bisa tulis di kolom komentar ini ya! Dan juga ada fakta lain dari para member SHINee di Bacaterus, jadi jangan sampai tertinggal informasi SHINee lainnya, para Shawol!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar