Bacaterus / Super Junior / 10 Fakta tentang Shindong Super Junior yang Jago Koreo

10 Fakta tentang Shindong Super Junior yang Jago Koreo

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 September 2019

Meskipun sekarang dunia sedang dihebohkan oleh boy band dan girl band baru seperti BTS, iKon, BLACKPINK, Twice dan masih seabreg grup baru lainnya, Super Junior, sebagai salah satu boy band senior masih tetap memiliki tempat di hati para penggemarnya yang mungkin sekarang sudah menjadi ibu-ibu atau mungkin di anak-anak baru sekarang.

Dahulu sempat jaya di mana-mana dengan 13 anggota awalnya kemudian menyusut hingga tinggal bersisa 9 orang yang aktif. Diberitakan oleh website Allkpop, 9 anggota tersebut akan meramaikan comeback-nya Super Junior. Mereka adalah Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Siwon, Eunhyuk, Donghae, Ryeowook, dan Kyuhyun yang akan mengambil bagian dalam album ke-9 Super Junior.

Dari 9 orang anggota yang akan ikut comeback, kita akan bahas salah satu anggota yang paling subur badannya. Pasti sudah tahu siapa yang akan dikupas tuntas di sini. Ya, tak lain adalah Shindong yang memiliki nama asli Shin Dong Hee. Siapa dan bagaimana sepak terjangnya, akan dibahas oleh Bacaterus dalam 10 fakta tentang Shindong Super Junior.

Biodata

  • Nama lengkap: Shin Dong Hee (신동희)
  • Nama panggung: Shindong (신동)
  • Nama Inggris: Matthew Shin
  • Nama panggilan: Dongri Dong Dong, Dolpan Ogyupsal
  • Posisi di grup: Lead Rapper, Lead Dancer
  • Tempat dan tanggal lahir: Moonkyung, KyungGi Utara – September 28, 1985
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Libra
  • Tinggi badan: 178 cm (5’10”)
  • Berat badan: 90 kg (198 lbs)
  • Golongan darah: O
  • Instagram: @earlyboysd
  • Twitter: @ShinsFriends

1. Rajin Mengikuti Kompetisi

Rajin Mengikuti Kompetisi

Di awali dengan mengikuti kompetisi Goyangsi Youth Dance tahun 2002, pria yang bernama asli Shin Dong Hee mulai menunjukkan bakatnya di dunia seni. Di kompetisi ini dia menggondol hadiah utama. Setahun sesudahnya, tepatnya pada tahun 2004, Shindong yang lahir pada tanggal  28 September 1985 di Mungyeong, Provinsi Gyeongsang Utara, ini kembali mengikuti kontes.

Kali ini Shindong ikut serta dalam kontes Mnet Epi dan meraih medali emas juga mendapat penghargaan popularitas. Tak berhenti di situ, pada tahun 2005, Shindong yang lulusan Bakjae Institute of Arts, jurusan tari ini yang memiliki nama asli kembali mengikuti kontes yang bernama SM Best Youth. Di kontes ini dia keluar sebagai juara pada kategori Best Komedian dan tentu saja meraih hadiah utama.

Shindong secara resmi bergabung dengan SM pada tanggal 6 Novemper 2005. Pria berzodiak Libra dengan tinggi badan 178 cm dan berat 90 kg ini bergabung dengan beberapa trainee SM lainnya. Dia dan para anggota lain tergabung dalam grup Super Junior 05 yang kemudian berubah menjadi Super Junior setelah Kyuhyun bergabung sebagai anggota Super junior yang ke-13.

2. Memilih “Shindong” Sebagai Nama Panggung

Memilih Shindong Sebagai Nama Panggung

Saat sudah bergabung dengan SM, Shindong kemudian memilih nama Shindong sebagai nama panggungnya karena namanya terdengar mirip saat diucapkan dengan nama Donghae, anggota Super Junior yang lain. Nama Asli Shindong adalah Shin Dong hee yang akan terdengar sama pengucapannya dengan Donghae yang bernama asli Lee Dong Hae.

3. Koreografer Super Junior

Koreografer Super Junior

Melihat dari mana dia lulus sekolah, tak mengherankan jika Shindong menjadi koreografer di Super Junior. Dia menciptakan gerakan-gerakan tari bersama Eunhyuk. Tak hanya sebagai koreografer, di Super Junior, Shindong juga menempati posisi sebagai lead rapper dan lead dancer.

4. Tergabung dalam Dua Sub-unit

Tergabung dalam Dua Sub-unit

Selama bergabung dan berkarir di Super Junior, Shindong tergabung dalam dua sub-grup selama kurun waktu 2007-2008. Dia tergabung dalam Super Junior-T pada bulan Februari 2007. Sub-grup ini membawakan lagu-lagu trot, yang merupakan jenis musik lama dari musik pop Korea. Grup ini beranggotakan enam orang, yaitu leader Leeteuk, Shindong, Heechul, Sungmin, Kang-in,dan Eunhyuk.

Sub-grup Super Junior-T merliris singel pertama mereka pada tanggal 23 Februari 2007 yang berjudul “Rokuko”. Grup ini resmi debut di SBS Popular Songs pada tanggal 25 Februari 2007 menampilkan singel mereka yang berjudul “Rokuko” dan “First Express”. Mereka bernyanyi bersama Bang Shilyi, penyanyi trot terkenal.

Shindong juga didaulat menjadi anggota Super Junior-H, sub-grup lainnya dari Super Junior. Grup ini terdiri dari 6 orang anggota, yaitu Leeteuk, yang lagi-lagi jadi leadernya, Kang-in, Yesung, Shindong, Eunhyuk dan Sungmin. Pada 7 Juni 2008, Super Junior-Happy melakukan debut perdana dengan membawakan single pertama mereka yang berjudul Cooking? Cooking! pada Dream Concert 2008.

5. Aktif Jadi MC dan Radio DJ

Aktif Jadi MC dan Radio DJ

Shindong tak hanya memiliki kemampuan bernyanyi. Setelah debut pertamanya bersama Super Junior 05, Shindong yang penyuka warna ungu dan mendapat julukan Teddy Bear-nya Super Junior itu, langsung menjadi MC di acara musik  Mnet’sM! Countdown bersama dengan Eunhyuk dan Leeteuk.

Tak hanya di Mnet, Shindong pernah sibuk wara-wiri sebagai MC dibeberapa stasiun televisi, di antaranya, Successful Fan LIVE”! di JTBC, BoBoBo Ai Joa di MBC, Green Apple Sound di KMTV DJ, Strong Heart di stasiun televisi SBS, Idol Show  di stasiun TV MBC, dan The Beatles Code 2 yang tayang di M.net. Ia juga menjadi radio DJ di acara bernama SJ Shindong’s Shim Shim Ta Pa di stasiun televisi MBC.

6. Berdiet Demi Imej Sehat

Berdiet Demi Imej Sehat

Demi menampilkan imej sehat pada penggemarnya, pada tahun 2008, Shindong rela berdiet. Hasilnya berat badannya turun sebanyak 19 kg. Ketika Leeteuk mengatakan bahwa Shindong akan menurunkan berat badannya ladi pada acara “Super Junior’s Kiss the Radio”, di awal tahun 2009, Shindong kembali berdiet dan berat badannya berkurang 10 kg. Lucunya saat diet, Shindong pernah mengigau tentang makanan.

7. Disangka Tukang Makan

Disangka Tukang Makan

Karena perawakan badannya yang besar, banyak orang yang menganggap bahwa Shindong hobi makan. Ternyata faktanya anggota Super Junior yang hobi makan bukanlah dirinya melainkan Eunhyuk. Eunhyuk bisa makan 4 sampai 5 piring. Ternyata perawakan besar tak selalu menjamin orang tersebut makannya banyak. Terbukti justru Eunhyuk yang tubuhnya kecil yang makannya banyak.

8. Suka Samgyeopsal

Suka Samgyeopsal

Samgyeopsal, yang merupakan salah satu hidangan daging Korea yang populer, adalah makanan kesukaan Shindong.  Makanan ini terdiri dari potongan daging babi tebal yang disajikan dengan cara yang sama seperti galbi di masak di panggangan dengan pa muchim, kimchi, jamur, bawang putih, bawang merah dan dikonsumsi bersamaan. Ikan mentah adalah makanan yang tidak disukai Shindong.

9. Terjun ke Dunia Akting

Terjun ke Dunia Akting

Bukan hanya Siwon atau Donghae anggota super junior yang terjun ke dunia seni peran, Shindong juga ikut mencicipi dunia akting. Shindong tampil dalam empat judul drama dan tiga judul film. Debut aktingnya di mulai dalam film Super Junior yang berjudul “Attack on the Pin-Up Boys”.

Setelah mencoba film, Shindong muncul dalam drama yang berjudul “Single Dad in Love”. Drama lain yang dia bintangi adalah “Queen of Housewives”, “Dr. Champ” dan yang terakhir “All My Love”.

10. Bisa Menebak Kehidupan Cinta Para Idol

Bisa Menebak Kehidupan Cinta Para Idol

Karena memiliki naluri yang kuat yang bisa membuatnya menebak hubungan para selebriti membuat Shindong dijauhi para idol. Fakta ini terungkap pada acara “Perfect of Paper” di stasiun TV JTBC.  Menurut rekannya, Kim Heechul  yang bersaksi bahwa Shindong memang memiliki insting yang kuat dan hal itu dibuktikannya ketika melihat orang ketika saling menyapa di sebuah acara musik.

Heechul mengatakan bahwa ada seorang idol yang menyapa mereka dan Shindong berkata pada Heechul bahwa Heechul ada sesuatu dengan perempuan yang tadi menyapa tersebut. Lady Jane, yang seorang penyanyi juga pernah diungkap status hubungannya oleh Shindong dan dia mengakui kemampuan Shindong.

Nah, itu tadi fakta tentang Shindong Super Junior yang ternyata luwes dalam hal menari dan makannya tak sebanyak yang orang kira. Apakah kamu termasuk yang berpikir Shindong tukang makan?

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *