Bacaterus / Artis India / 10 Fakta Menarik Tentang King of Bollywood, Shahrukh Khan

10 Fakta Menarik Tentang King of Bollywood, Shahrukh Khan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dijuluki King of Bollywood, aktor berkarisma yang satu ini populer lewat film Kuch-Kuch Hota Hai pada tahun 1998. Bernama lengkap Shahrukh Khan, pria yang lahir pada 2 November 1965 di Mumbai, India adalah aktor top Bollywood yang sudah mengantongi 14 piala di ajang bergengsi Filmfare India.

Ketenaran sang aktor di dunia perfilman Bollywood memang cukup bergema sampai ke mancanegara. Jika kamu salah satu orang yang mengidolakan Shahrukh Khan. Kamu wajib tahu 10 fakta menarik tentang King of Bollywood,  Sharukh Khan yang telah Bacaterus rangkum. Berikut adalah ulasannya.

1. Siswa yang Berprestasi

Siswa yang Berprestasi

Kehadiran Shahrukh Khan di atas panggung hiburan India memang cukup fenomenal. Pria yang akrab di sapa Shahrukh ini memang dikenal sebagai rajanya film Bollywood. Shahrukh selalu berhasil membawa setiap film yang diperankannya ke puncak tangga box office.

Berbagai penghargaan telah banyak diraih oleh pria dengan senyuman khas ini. Namun bukan hanya itu, jauh sebelum Shahrukh berkarier di industri perfilman, ia telah mendapat sejumlah penghargaan dalam bidang akademis. Ia tercatat pernah mendapat penghargaan Sword of Honor pada tahun 1984 dan Subramanya Award pada tahun 1982 untuk prestasi dan sikap teladannya.

2. Tidak Bisa Berenang

Tidak Bisa Berenang

Bila kita tahu bahwa sahabatnya Salman Khan adalah seorang perenang yang handal. Maka berbanding terbalik dengan sosok pria kharismatik yang satu ini. Shahrukh memang dikenal bukan seorang perenang yang baik.

Meskipun bukan tidak bisa berenang, Shahrukh masih tetap rajin berolahraga untuk membentuk tubuhnya. Ia diketahui sangat suka bersepeda dan latihan angkat beban sebagai cara menjaga dan membentuk tubuhnya lebih berotot. Berkat kesuksesannya membentuk badan, Shahrukh pun kerap memacu rekan-rekannya sesama aktor untuk mengikuti pola hidupnya.

3. Pecinta Anjing

Pecinta Anjing

Bermain dengan hewan peliharaan mungkin cara yang bisa dilakukan seseorang untuk menghibur diri ketika bersantai dari segala rutinitas yang berat setiap hari. Melihat tingkah lucu para hewan peliharaan memang bisa menjadi mood booster bagi sebagian orang.

Hal tersebut pun sepertinya berlaku dengan Shahrukh Khan. Ia diketahui memiliki hewan peliharaan berupa 4 ekor anjing yang sangat lucu. Keempat ekor anjing miliknya pun kemudian diberi dengan nama-nama yang unik diantaranya Dash, Hulk, Kai dan Juicy.

4. Menolak Film Jodha Akbar

Menolak Film Jodha Akbar

Shahrukh memang memiliki kualitas akting yang mumpuni. Kepiawaiannya dalam mengolah karakter dalam film memang kerap menuai pujian para sineas perfilman Bollywood. Hal tersebut yang pada akhirnya membuat banyak tawaran berdatangan padanya. Salah satunya datang dari sutradara film yang akan mengangkat tokoh sejarah India dalam film berjudul Jodha Akbar.

Hanya saja tawaran tersebut pun pada akhirnya ditolak oleh Shahrukh Khan. Meskipun banyak penggemar yang menyayangkan hal tersebut. Namun sepertinya Shahrukh Khan memiliki alasan tersendiri mengenai hal tersebut. Peran prestisius itu pun akhirnya jatuh pada sesama rekannya, yaitu Hrithik Roshan.

5. Menjadi Usher

Menjadi Usher

Sebagian dari masyarakat tentu penasaran dengan pekerjaan para aktor Bollywood sebelum akhirnya menjadi bintang terkenal di India. Bila kita tahu bahwa Amir Khan pernah menjadi seorang atlet tenis sebelum akhirnya dikenal luas sebagai aktor terkenal.

Maka Shahrukh Khan justru memiliki pekerjaan yang unik yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh para penggemar sebelumnya. Ia diketahui pernah bekerja sebagai usher atau orang yang mengarahkan para tamu atau turis menuju lokasi wisata Taj Mahal.

6. Suami Gauri Khan

Suami Gauri Khan

Kisah pasangan selebritis yang satu ini memang dikenal sangat harmonis. Shahrukh dan Gauri bertemu pada tahun 1984. Saat itu usia Gauri masih berumur 18 tahun. Pada awalnya kisah percintaan sepasang sejoli ini ditentang oleh kedua orang tua masing-masing mengingat perbedaan kepercayaan yang mereka anut.

Namun setelah menjalani hubungan pacaran selama 7 tahun. Pada tahun 1991, mereka pun resmi menikah. Kisah percintaan Shahrukh dan Gauri memang berlangsung saat Shahrukh mulai meniti karier sebagai seorang aktor.

Setelah melewati masa-masa sulit di awal pernikahan. Keduanya pun patut berbangga, pasalnya selama 27 tahun berumah tangga mereka masih tetap menjadi keluarga yang harmonis. Shahrukh dan Gauri pun kini memiliki 3 orang anak.

7. Berperan Antagonis di Awal Karier

Berperan Antagonis di Awal karier

Shahrukh Khan pertama kali mulai debutnya sebagai seorang aktor dalam serial televisi India. Setelah ia lama berkecimpung di dunia pertelevisian India. Pada tahun 1992, ia mulai mendapat sebuah peran dalam film berjudul Deewana. Sebelum akhirnya Shahrukh terkenal dalam film-film drama romantis percintaan.

Shahrukh sempat dikenal sebagai aktor yang sering memerankan tokoh antagonis di awal-awal karier. Beberapa film yang menampilkan sosoknya yang jahat diantaranya Darr tahun 1993, Baazigar tahun 1993 dan Anjaam pada tahun 1994.

8. Memiliki Seorang Putri Berbakat

Memiliki Seorang Putri Berbakat

Shahrukh Khan patut berbangga pasalnya putri satu-satunya yang bernama Suhana Khan digadang-gadang sebagai calon penerus aktris top India. Suhana sendiri sempat memukau masyarakat India saat tampil dalam sebuah pemotretan dalam majalah Vogue. Kini gadis yang sedang menempuh pendidikannya di London tersebut memang telah tumbuh dan menjadi panutan remaja India.

Setelah Suhana sukses membuat heboh dengan gayanya di depan kamera, kini Suhana kembali membuat jagat hiburan India heboh dengan penampilan memukaunya saat sedang latihan menari. Sontak penampilannya tersebut menjadi perbincangan masyarakat. Banyak yang berpendapat bahwa kemampuan menari Suhana diturunkan dari sang ayah.

9. Memiliki Rumah Mewah dengan Fasilitas Lengkap

Memiliki Rumah Mewah dengan Fasilitas Lengkap

Kesuksesan Shahrukh Khan memang dapat dilihat dari properti mewah miliknya. Ia diketahui memiliki sebuah rumah impian yang nilainya ditaksir ratusan miliar. Shahrukh sendiri menyebut rumah impiannya dengan sebutan Mannat yang berhati harapan.

Mannat sendiri dibelinya dengan harga 26 miliar pada tahun 2001. Namun saat ini rumah mewah yang mampu menampung 225 orang ini memiliki harga yang ditaksir mencapai 694 miliar. Rumah Shahrukh memang terdiri dari beberapa bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 26.000 kaki persegi.

Mannat sendiri memiliki konsep neoclassic untuk desain interiornya. Setiap bangunan dihiasi ornamen dan benda-benda bernilai seni tinggi. Mannat memang menjawab semua kebutuhan yang diperlukan oleh aktor papan atas tersebut, mulai dari fasilitas kolam renang pribadi, ruang hiburan, ruang kantor sampai ruang menyimpan khusus pakaian keluarga Shahrukh khan yang terlihat mewah.

10. Mendapat Penghargaan UNESCO

Mendapat Penghargaan UNESCO

Kehidupan Shahrukh Khan memang selalu menjadi sorotan awak media. Selain aktif di dunia seni, ia juga diketahui memiliki komitmen tinggi dalam kegiatan sosial. Maka tak heran bila pria yang pernah mendapat predikat aktor termahal Bollywood tersebut mendapat penghargaan UNESCO karena aktif terlibat dalam kegiatan sosial berupa  menyediakan pendidikan untuk anak-anak yang kurang mampu.

Shahrukh pun menjadi pria India pertama yang mendapatkan penghargaan ‘Pyramide con Marni’ dari UNESCO. Pencapaian tersebut tentunya melengkapi kesuksesannya sebagai seorang King of Bollywood.

Nah, itulah 10 fakta menarik tentang King of Bollywood, Shahrukh Khan. Nantikan informasi lainnya seputar dunia Bollywood yang akan Bacaterus bagikan untuk kamu. Simak juga artikel film terbaik yang dibintangi Shahrukh Khan ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *