Bacaterus / Winner / 10 Fakta tentang Seungyoon WINNER, Maknae Bersuara Khas

10 Fakta tentang Seungyoon WINNER, Maknae Bersuara Khas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Member WINNER yang bernama asli Kang Seungyoon dan kini memiliki nama panggung Yoon ini merupakan leader, vokalis utama sekaligus maknae di boy band besutan YG Entertainment. Meski maknae tapi dia memiliki segudang prestasi seperti pemenang Rookie of the Month di Cyworld Digital Music Awards dan Rookie of the Year di Gaon Chart Awards.

Dia juga pernah menjadi pemenang di K-Web Fest Award sebagai Best Male Actor. Penasaran apa saja kiprah Seungyoon di dunia musik dan akting? Simak terus ulasannya di artikel ini.

Biodata

  • Nama lengkap: Kang Seung Yoon (강승윤)
  • Nama panggung: Yoon, Seungyoon
  • Posisi di grup: Leader, Main Vocalist, Maknae
  • Tempat dan tanggal lahir: Busan, Korea Selatan – Januari 21, 1994
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Zodiak: Aquarius
  • Tinggi badan: 178 cm (5’10”)
  • Berat Badan: 59 kg (130 lbs)
  • Golongan darah: B
  • Instagram: @w_n_r00 & @y8n_l8ks_at
  • Twitter: @official_yoon_

1. Mengikuti Ajang Kompetisi Superstar K2

Mengikuti Ajang Kompetisi Superstar K2

Seungyoon WINNER berpartisipasi dalam kontes Superstar K2, yang merupakan musim kedua dari kompetisi Superstar yang diadakan oleh Mnet. Di musim inilah Seungyoon muncul sebagai kontestan. Ketika membawakan lagu dari Davichi “8282”, Seungyoo hampir saja tereliminasi dari misi grup. Beruntungnya Seungyoon diberikan kesempatan lagi melalui sesi Last Consolation dan lolos.

Di babak berikutnya, dia bersaing dengan No Daeyoung pada kategori Gitaris Pria. Dewi keberuntungan masih menaungi Seungyoon karena dia kembali lolos ke top 11. Penampilan Seungyoon yang paling mengesankan yaitu ketika dia membawakan lagu “Instinctively”  dari Yoon Jongshin. Videonya ditonton lebih dari 2 juta kali. Seungyoon pun berakhir di posisi empat dan menjadi trainee YG.

2. Bertarung di WIN: Who Is Next

Bertarung di WIN Who Is Next

Sebelum tergabung dengan WINNER, Seungyoon pernah mengikuti pertunjukkan yang dibuat untuk trainee YG Entertainment dengan tajuk WIN: Who Is Next? Dalam acara tersebut dipersaingkan dua tim, tim A dan tim B, Seungyoon tergabung dalam tim A bersama Lee Seunghoon, Song Mino, Nam Taehyun dan Kim Jinwoo. WIN dibuat untuk memilih boy band yang akan diberikan kesempatan untuk debut.

Di awal Minolah yang terpilih sebagai leader tim A tetapi karena Mino terluka maka leader tim A diserahkan kepada Seungyoon. Tim ini membawakan banyak lagu, di antaranya “Smile Again”, “Just Another Boy” dan “Go Up” yang ditulis dan dikomposisi oleh Seungyoon. Lagu ini dibawakan oleh tim A di final. Tim yang dipimpin oleh Seungyoon akhirnya memenangkan pertarungan tersebut.

3. Jatuh Cinta dengan Musik

Jatuh Cinta dengan Musik

Seungyoon menyukai musik dari sejak kecil maka tak heran dia sampai mengikuti kursus gitar klasik saat di sekolah menengah pertama, tepatnya saat dia duduk di kelas delapan. Dia meneruskan sekolahnya ke Busan Music and Arts High School, semacam SMK seni di Indonesia. Menulis lirik, menggubah musik, bermain gitar menjadi hobi Seungyoon.

Meskipun cinta musik, Seungyoon tak melulu menekuni hobi yang berhubungan dengan dunia musik. Sepertinya dunia seni adalah dunia yang dia sukai maka hobi lain yang dia tekuni berhubungan dengan seni, seperti menggambar dan fotografi. Selain aktivitas seni, Seungyoon pun hobi berolahraga, seperti berenang.

4. Sudah Lama Tidak Bermain Gitar

Sudah Lama Tidak Bermain Gitar

Meski gemar bermain gitar namun sudah sangat lama Seungyoon tidak bermain gitar. Selidik punya selidik hal yang membuat Seungyoon berhenti main gitar karena pendiri YG, Yang Hyunsuk, mengeluhkan lagu-lagu yang dibuat Seungyoon kuno. Akhirnya dia bermain gitar lagi untuk waktu yang lama karena dia merasa genre musik WINNER berbeda dengan apa yang genre musiknya.

Apakah Seungyoon merasa dia tak cocok lagi dengan karya-karya yang dihasilkan oleh WINNER?

5. Cek HP dan Online

Cek HP dan Online

Rasanya beberapa orang yang hidup dengan gadget hal pertama yang mereka lakukan ketika bangun tidur adalah mengecek gadgetnya, bisa juga mengecek email, percakapan yang tak sempat dibaca sebelum tidur atau membalas komen-komen di media sosial. Nah, ini pula yang dilakukan oleh member WINNER Seungyoon.

Hal pertama yang dilakukan Seungyoon ketika membuka mata adalah duduk di atas tempat tidurnya kemudian browsing mengecek namanya di telepon genggamnya. Seungyoon rajin mencari komen negatif di artikel yang memberitakan tentang dirinya. Alasan dia melakukan itu adalah karena sekarang komen negatifnya berkurang dibanding dulu sehingga dia berpikir apakah dia menjadi terlalu nyaman.

6. Mengadopsi Anjing

Mengadopsi Anjing

Di tahun 2017 tepatnya di bulan Desember, Seungyoon mempublikasikan fakta bahwa dirinya telah mengadopsi seekor anjing yang diselamatkan. Anjing tersebut kemudian dia beri nama Thor. Thor dia ketahui lewat media sosial tepat setelah dia diselamatkan sebulan sebelumya. Awalnya anjing tersebut akan disuntik mati karena tak ada yang mengadopsinya.

Alih-alih membeli anjing baru dari toko hewan, Seungyoon mendorong orang-orang untuk mengadopsi anjing  dari penampungan. Hal itu dia ungkapkan dalam V Line Broadcast. Sebelum mengadopsi anjing tersebut, Seungyoon berpikir dahulu apakah dia harus mengadopsi anak anjing atau tidak. Dia merasa lebih bertanggung jawab setelah dia memiliki anjing sekarang ini.

7. Bersolo Karier

Bersolo Karier

Di tahun 2013, Seungyoon memulai debutnya sebagai penyanyi solo. Dia meliris lagu berjudul “It Rains”. Tanggapan pasar akan lagu ini cukup baik dengan berhasil menduduki puncak tangga lagu korea. Yang lebih hebatnya lagi, lagu ini sukses “all-kill” di tangga musik. Suara serak khas Seungyoon tak hanya sukses membawakan lagu untuk debut solonya tetapi juga lagu soundtrack.

Seungyoon sudah menyanyikan beberapa lagu soundtrack serial televisi dan film. Ini membuktikan suaranya cocok untuk semua genre. “You are heaven” adalah lagu soundtrack yang dia bawakan untuk drama Midas. “Smile, My Love” merupakan judul soundtrack yang dia nyanyikan untuk High Kick 3. “Two of Us” dan “We Broke Up” soundtrack yang dia bawakan bersama Sandara Park untuk We Broke Up.

8. Bermain Drama

Bermain Drama

Karier di dunia akting dimulai pada tahun 2011 saat dia berperan dalam drama “High Kick! The Revenge of the Short Legged”. Seungyoon mendapatkan peran pembantu sebagai dirinya, Kang Seungyoon. Di tahun 2015 dia mendapat kesempatan sebagai peran tamu dalam drama berjudul “The Producers”. Dia berperan sebagai dirinya sendiri.

Barulah dalam drama “We Broke Up” 2015 dan  “Love for a Thousand More” 2016 Seungyoon mendapat kesempatan menjadi tokoh utama.  Seungyoon kembali berakting dalam drama “Prison Playbook” sebagai Lee Joon Hyung “Jean Valjean” di tahun 2017. Dia mendapatkan lagi peran tamu di “Part-Time Idol” dan YG Future Strategy Office. Menurut penonton dia harus terus meningkatkan skill aktingnya.

9. Muncul dalam Running Man

Muncul dalam Running Man

Sempat muncul berita bahwa Seungyoon akan muncul dalam Running Man dengan Seunghoon, teman satu grupnya. Ternyata itu bukan rumor semata. Seungyoon dipastikan tampil di Running Man beserta Seunghoon. Adapun proses syutingnya dilakukan pada tanggal 7 Januari 2019.

Seungyoon tak hanya satu-satunya bintang tamu dalam Running Man. Ada penyanyi solo Chungha dan anggota Weki Meki Doyeon yang juga terlibat dalam episode tersebut.

10. Tak Memiliki Kekasih

Tak Memiliki Kekasih

Jika kamu tanya apakah pernah ada rumor tentang kekasih Seungyoon, jawabannya tidak ada. Dia tak memiliki hubungan spesial dengan perempuan manapun. Seungyoon memiliki tipe ideal yang dia sukai. Dia menyukai perempuan dengan kepribadian yang menawan. Seungyoon suka perempuan yang memiliki gaya khas sendiri dan seseorang mencoba melakukan yang terbaik walaupun gagal.

Menurutnya perempuan seperti itu cukup menarik. Kalau ditanya soal wajah, jawabannya yang penting itu proporsi. Itulah sekelumit fakta mengenai member WINNER yang video saat muncul di Superstar K2 ditonton sampai 2 juta kali. Apakah kamu salah satu pendukung Seungyoon di Superstar K2?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *