Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

BTS semakin mendunia, orang-orang pun penasaran ingin kenal lebih dekat dengan semua member BTS. Untuk melengkapi artikel tentang personil BTS, sekarang Bacaterus mau ngebahas leader-nya BTS, yaitu Kim Namjoon alias RM.

Kim Namjoon (김남준) lahir pada tanggal 12 September 1994. Nama panggung Namjoon sekarang adalah RM, tapi dulu kamu mungkin mengenal dia sebagai Rap Monster. Posisi RM di BTS adalah sebagai pemimpin, rapper utama, sekaligus produser. Kita kenalan dengan RM lebih dekat lagi, yuk!

10 Fakta Unik RM BTS

1. “RM”

RM

Kim Namjoon punya banyak sekali nama. Ketika debut pada tahun 2013 hingga akhir 2017, dia memilih nama panggung “Rap Monster” ketika perform. Tapi, baru-baru ini (sejak tanggal 13 November 2017), dia mengganti nama panggungnya menjadi RM sebagai singkatan dari real me (aku yang sebenarnya).

A.R.M.Y yang sudah kenal Namjoon dari dulu masih suka ada yang keceplosan memanggil RM sebagai “RapMon” yang merupakan singkatan dari Rap Monster. Kadang, member BTS juga masih memanggil RM “Leader Mon”, “Monie hyung” (hyung itu panggilan untuk laki-laki yang lebih tua, karena member BTS ada yang lebih muda dari RM).

Selain nama panggilan resmi, A.R.M.Y dan para personil BTS juga punya banyak nama buat RM. Seperti “God of Destruction” misalnya. Bukan tanpa alasan, RM ini orangnya clumsy banget. Dia sering merusak barang yang dia sentuh dengan tidak sengaja. Pernah ketika dia baru membeli kacamata, dia langsung mematahkan gagangnya, padahal kacamata itu belum pernah dipakai.

Banyak juga yang lebih suka memanggil RM dengan nama kecilnya yaitu “Joonie” atau “Namjoonie” karena terkesan lebih cute dan akrab. Kalau kamu, suka manggil RM kayak gimana? Apa juga boleh asal jangan manggil “sayang”, ya, hihi.

2. Monster di Dunia Rap

Tidak salah memang, Namjoon memakai nama “Rap Monster” sebagai name stage-nya dulu. Kenapa? Soalnya, memang fakta RM BTS kalau dia itu monsternya musik rap Korea. Semenjak sebelum debut, Namjoon sudah eksis sebagai underground rapper.

Kalau di Indonesia, underground rapper tidak begitu banyak, lebih banyaknya band indie. Tapi kurang lebih kegiatan yang mereka lakukan sama. Mulai dari bikin lagu sendiri, perform sendiri tanpa bantuan dana dari orang lain, lirik lagu yang “bebas.”

Yang membedakan band indie dengan underground rapper, para rapper biasanya lebih banyak punya diss track daripada band indie. Diss track menceritakan tentang pemerintahan, musisi lain (rapper/idol) yang dianggap kurang layak, dan norma/adat sekitar yang dianggap terlalu kuno dan menyusahkan generasi selanjutnya.

Nah, lirik-lirik lagu buatan Namjoon juga kurang lebih seperti itu. Setelah debut, Namjoon mengisi posisi rapper utama, leader, sekaligus komposer dan produser di BTS. Nggak cuma lagu solo RM, lagu-lagu BTS juga banyak yang mencerminkan stigma orang Korea Selatan dan menyemangati orang-orang untuk tetap berjuang di dunia ini.

3. Proporsi Tubuh Ideal

Proporsi Tubuh Ideal

Namjoon itu termasuk tinggi untuk ukuran cowok Korea, dan dia juga yang paling tinggi di BTS. Tingginya adalah 5’11” atau 181 cm. Sedangkan bandmate-nya Namjoon nggak ada yang tingginya melebihi 180 cm. Yang paling “mungil” itu Suga dengan tinggi 174 cm dan Jimin dengan tinggi 173.6 cm.

Jadi, Namjoon itu tiang listrik-nya BTS. Sedangkan bobot tubuhnya Namjoon cuma 147 lbs atau 67 kg saja. Bisa dibayangkan kalau Namjoon itu jangkung kurus tapi tetap berisi gitu, soalnya akhir-akhir ini Namjoon suka banget latihan fisik. Lihat dong lengan dan pahanya yang semakin terbentuk. Kece banget, kan, Namjoon kita ini?

4. IQ 148

Fakta RM BTS yang selanjutnya menjurus ke otak, nih. Kamu tahu nggak, kalau RM itu pinter pake banget? Dia punya IQ yang sangat tinggi, yaitu 148, di mana rata-rata orang normal memiliki IQ dari 91 – 120. Jika IQ seseorang sudah di atas 120 – 131 ke atas berarti dikategorikan sebagai jenius. Nah, fakta RM BTS ini IQ-nya malah sudah melebihi 131. Kebayang seberapa pinternya doi?

Sewaktu di SMA-nya dulu di Apgujeong High School, RM termasuk top 1% ujian sekolah menengah negeri se-Korea Selatan yang nilainya sempurna. Sekarang RM masih berkuliah di Global Cyber University jurusan Electronic Engineering. Di tengah-tengah kesibukannya bermusik, RM masih mengedepankan pendidikan. Bangga banget, ya?

5. Kamus Inggris Berjalan

Kamus Inggris Berjalan

Pria ber-IQ 148 ini pintar sekali dalam bidang bahasa. RM menguasai beberapa bahasa, tapi bahasa asing yang paling dia pegang adalah bahasa Inggris. Sejak remaja, ibunya RM memaksa dirinya untuk belajar bahasa Inggris. Ibunya membelikan serial komedi berjudul “Friends” dan RM pun belajar bahasa Inggris secara autodidak dari serial tersebut.

Nggak cuma itu, RM pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke New Zealand selama 6 bulan. Skor TOEIC (The Test of English for International Communication) RM juga nggak main-main, loh, yaitu mencapai 900 di mana nilai total sempurna untuk TOEIC adalah 990. Sumpah, keren banget RM!!!

6. Musikalitas Tinggi

Musikalitas Tinggi

Kecerdasan RM tak hanya meliputi ilmu pengetahuan. Fakta RM BTS lainnya adalah, ia juga cerdas dalam bermusik. RM mulai menulis lirik lagu semenjak sekolah, dia menuliskan lagu-lagu itu di buku tulisnya. Salah satu lagu yang dia tulis ketika sekolah menjadi lagu debut BTS, judulnya adalah No More Dream.

Lagu tersebut menceritakan tentang kegalauan dia semasa sekolah dulu karena dia tidak punya cita-cita untuk masa depan. Ternyata, rasa galau seperti ini umum dialami oleh para remaja Korea Selatan karena mereka memiliki stigma yang menuntut para pelajar harus punya bayangan masa depan dan harus menjadi orang sukses.

Hingga kini, RM sudah menulis dan memproduksi lebih dari 100 lagu (baik untuk BTS maupun lagu solo). RM juga sering membagikan rekomendasi musik yang sedang didengarkannya di akun Twitter resmi milik BTS, yaitu @BTS_twt dengan hashtag #RMusic.

7. Bookworm

Bookworm

Di Indonesia, orang yang berkutat dengan buku sering disebut cupu. Tapi, kalau RM yang ngelakuinnya, apa kamu masih mau ngeledek dia cupu? Sejak dulu, RM sangat gemar membaca, dan bacaannya pun memiliki tema yang berat-berat. Biasanya saat break syuting, RM lebih suka main hp atau baca buku.

Herman Hesse – Demian, Haruki Murakami – Kafka on the Shore, Ursula K. Le Guin’s – Those Who Walk Away From Omelas, dan masih banyak lagi buku-buku bacaannya RM. Bahkan buku-buku yang pernah dibaca RM ini jadi teori dibalik lagu dan video klip BTS, loh.

Karena kepintaran dan wawasannya tentang dunia yang begitu luas, banyak A.R.M.Y (sebutan untuk penggemar BTS) sering curhat sama RM kalau bertemu di acara fan sign atau di fancafe (blog khusus untuk penggemar yang terdaftar). RM suka membalas curhatan-curhatan para A.R.M.Y dengan begitu bijaknya. Duh, makin meleleh hatiku, Mas Namjoon!

8. Tak Suka Seafood karena Hewan Laut = Teman

fakta RM BTS

Kamu jangan ngaku-ngaku istrinya Namjoon, deh, kalau nggak tahu dia nggak suka seafood. Setiap ditanya makanan apa yang dibenci, Namjoon selalu mengatakan seafood. Nggak ada yang tahu alasannya kenapa, karena Namjoon juga nggak pernah menjelaskan. Tapi, sekarang A.R.M.Y menyimpulkan kalau Namjoon nggak suka seafood soalnya dia suka banget sama hewan, baik yang di darat maupun yang di laut.

Terutama kepiting. Para pecinta seafood biasanya suka makan kepiting, kan? Nah, kalau Namjoon suka kepiting tapi nggak mau dimakan, soalnya bagi dia kepiting itu temannya, hihi. Di klip BTS Summer Package 2018, Namjoon terlihat bermain dan berfoto dengan ikan pari. Dia terlihat sangat senang dan memang menyayangi makhluk laut tersebut.

Nggak cuma hewan laut, Namjoon sering jalan-jalan sendiri ke taman, di sana dia sering bertemu hewan-hewan kecil seperti tupai, cicak, dan katak. Dia sering membagikan momennya bersama teman-teman kecilnya itu di akun Twitter BTS. Namjoon juga punya peliharaan seekor anjing yang diberi nama RapMon, nama panggungnya dulu, supaya orang tuanya kalau lagi kagen Namjoon bisa main sama RapMon dulu, hihi.

9. King of Solo Project

Di antara member BTS lainnya, RM paling banyak memiliki solo project, baik itu berupa mixtape, kolaborasi dengan artis lain di acara musik, maupun kolaborasi dengan musisi lain. Pada tanggal 4 Maret 2015, RM melakukan kolaborasi dengan Warren G yang berjudul P.D.D (Please Don’t Die). Tiga belas hari selanjutnya, RM merilis mixtape-nya yang berjudul “RM”.

Hingga kini, RM telah berkolaborasi dengan MFBTY – BuckuBucku, Krizz Kalliko di lagu RUSH, Mandy Ventrice – FANTASTIC, Gaeko – Gajah, PRIMARY – U, YANKIE – ProMeTheUs, Fall Out Boy dalam lagu Champion (Remix), WALE – Change, dan masih banyak lagi. Itu semua proyek solo RM, belum lagi jika kita menghitung proyek kolaborasi BTS dengan musisi lain. Pokoknya ditunggu kolaborasi-kolaborasi hebat lainnya, ya, RM!

10. Ryan & KAWS Fanboy

Ryan & Kaws Fanboy

Walaupun garang di atas stage ketika nge-rap, Namjoon itu sebenarnya soft banget di dalam. Sama seperti anak muda pada umumnya yang memiliki benda favorit, Namjoon juga punya karakter favoritnya yaitu Ryan KakaoTalk dan KAWS. Kasur Namjoon dipenuhi oleh puluhan boneka Ryan. Sedangkan studionya, yaitu Mon Studio, dipenuhi oleh figurin KAWS.

11. Boyfriend Material

Boyfriend Material

Bonus! Fakta RM BTS yang terakhir tentang relationship, nih! Siapa yang mau daftar jadi pacarnya Namjoon? Kamu harus tahu hobinya Namjoon kalau mau jadi pacarnya.

Namjoon itu suka berselancar di internet (kayaknya ini kegiatan normal semua orang, ya? Hihi), suka naik sepeda untuk jalan-jalan di sekitar taman, jalan kaki di taman, sama mendaki bukit/gunung terus menikmati pemandangan. Anaknya go green banget pokoknya.

Terus, tipe pacar idealnya RM, dia itu suka dengan orang yang seksi. Nggak cuma body-nya saja yang seksi, tapi otaknya juga. Seksi di sini bukan berarti pakaian atau bentuk tubuh, loh, tapi RM suka dengan orang yang bijaksana dan penuh percaya diri.

Kalau kencan, RM nggak muluk-muluk. Dia ingin ngerasain kencan ala anak kuliahan, seperti makan, jalan, dan nonton film bareng. Kenapa? Soalnya RM nggak pernah ngerasain itu. Bayangin aja, dia udah jadi trainee sejak SMP dan dia nggak punya waktu untuk pacaran karena jadwal BTS sangat padat. Hm.. Kasihan, ya.

Ya, itulah fakta-fakta RM BTS dari Bacaterus. Gimana, sudah jatuh cinta belum sama RM? Atau malah /semakin/ jatuh cinta? Hihi. Tentunya masih banyak pesona lainnya dari leader kesayangan kita ini. Kalau menurut kamu, poin apa yang membuat kamu cinta banget sama RM? Share di kolom komentar, yuk! Jangan lupa baca artikel personil BTS lainnya di Bacaterus, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .