bacaterus web banner retina

Sport Lovers, Ini Dia 10 Fakta Menarik Rakul Preet Singh

Ditulis oleh Suci Maharani R - Diperbaharui 19 Juni 2021

Rakul Preet Singh adalah salah satu aktris muda India yang namanya sedang banyak diperbincangkan. Artis kelahiran New Delhi, 10 Oktober 1990 ini telah berkarir di industri hiburan sejak masih duduk di bagku perguruan tinggi. Dibanding Bollywood, Rakul justru lebih terkenal di film-film wilayah lainnya seperti Telugu, Tamil dan Hindi.

Berkat bakat aktingnya yang bukan ecek-ecek, Rakul berhasil mendapatkan penghargaan dari SIIMA dan Filmfare South. Tak hanya soal akting, kecantikan Rakul juga tidak diragukan lagi pasalnya Rakul pernah mengikuti ajang kecantikan di India. Rakul Preet Singh bahkan berhasil meraih juara 5 dalam ajang Miss India Femina di tahun 2011.

Biodata

Fakta Rakul Preet SinghSumber: vogue.in

  • Nama Lengkap:  Rakul Preet Singh
  • Nama Panggilan: Rakul
  • Tempat dan Tanggal Lahir: New Delhi, 10 Oktober 1990
  • Orang Tua: Rajender Singh (Ayah), Kulwinder Singh (Ibu)
  • Saudara: Aman Singh
  • Pendidikan: Jesus and Mary College, University of Delhi, Delhi
  • Kewarganegaraan: India
  • Zodiak: Libra
  • Tinggi Badan: 173 cm
  • Berat Badan: 57 kg
  • Instagram: @rakulpreet

Fakta Rakul Preet Singh

Cantik dan berbakat, pasti banyak yang penasaran kira-kira apa sih fakta-fakta menarik di balik sosok Rakul Preet Singh ini. Jangan sampai terlewatkan, kamu bisa mendapatkan jawabannya di artikel di bawah ini.

1. Namanya Dipilih dari Gabungan Nama Kedua Orang Tuanya

Sumber: timesnownews.com

Rakul Preet Singh memang sedang berada di atas puncak karirnya di B-Town, terbukti dengan berbagai film yang sudah dan akan ia bintangi tahun depan. Tapi tahu tidak bahwa nama Rakul bagi masyarakat India terdengar aneh, bahkan ia sendiri mengakui hal ini. Menurut Rakul, namanya didapat dari hasil kombinasi nama antara kedua orang tuanya.

Ayahnya Rajender Singh dan ibunya Kulwinder Singh, jika digabungkan huruf awal dari kedua orang tuanya maka di dapatlah Ra-Kul. Pengambilan nama yang unik ini karena kedua orang tuanya ingin ada nama mereka dalam nama putrinya. Sehingga jalan tengah yang mereka ambil ada dengan menggabungkan nama mereka.   

2. Pertama Kali Akting di Film Kannada

Sumber: bizasialive.com

Di saat usianya masih baru menginjak 18 tahun, Rakul Preet Singh mengagetkan keluarganya dengan muncul dalam sebuah film. Rakul Preet Singh muncul di film berbahasa Kannada yang berjudul Gilli (2009) yaitu dari film Tamil hit 7G Rainbow Colony (2004). Uniknya Rakul saat itu tidak berpikiran untuk berkarir sebagai artis, ia mengambil kesempatan ini untuk mendapatkan uang saku tambahan.

Gilli menunjukkan pertobatan seorang pria karena cinta, sayangnya film ini tidak mendapatkan kesuksesan di box office. Gilli dinilai terlalu monoton dan membosankan, banyak penonton yang keluar di tengah-tengah film. Filmibeat mengkritik aktingnya, Rakul sendiri dianggap masih terlalu mentah, tapi ia juga di apresiasi akan bisa menjadi lebih baik di masa depan.

3. Debut Bollywood yang Disambut Antusias

Sumber: entrepreneur.com

Nama Rakul Preet Singh sebenarnya sudah sangat terkenal di beberapa wilayah India. Pasalnya Rakul memang memulai debut di film Kannada saat usianya masih 18 tahun. Rakul juga mendapatkan awards pertamanya di film Telugu sebagai “best actress”. Sudah dikenal di beberapa jenis film lainnya, di tahun 2014 Rakul akhirnya membuat debutnya di Bollywood.

Rakul Preet Singh kala menjadi pemeran utama dalam film Bollywood dari sutradara Divya Kumar Yaariyan (2014). Di kutip dari Republic World, Rakul mendapatkan banyak ulasan positif dari para kritikus, meski filmnya dihujani komentar negatif. Yaariyan (2014) berhasil memberikannya popularitas, dari situlah grafik karir seorang Rakul menjadi lebih menarik.

4. Terkenal Juga di Film Daerah Lainnya

Sumber: odishabytes.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Rakul Preet Singh sudah memulai karirnya sebagai artis sejak lama. Rakul memulai karirnya di film Kannada yang berjudul Gilli (2009), uniknya Rakul bermain di film ini semata-mata hanya untuk mendapatkan uang ekstra. Tapi di film debutnya ini Rakul justru mendapatkan banyak pujian, meski pada akhirnya ia memutuskan kembali pada studinya.

Barulah di tahun 2011 Rakul kembali ke layar lebar dalam film Telugu berjudul Keratam (2011) dan film Tamil berjudul Yuvan (2011). Sayangnya film ini dikritik karena Rakul hanya mendapatkan screen time yang sangat sedikit. Rakul mendapatkan awards pertamanya sebagai “best actress” dari 61st Filmfare Awards South berkat aktingnya di film Nannaku Prematho (2016).

5. Beauty with Brains

Sumber: english.newstracklive.com

Rakul Preet Singh mungkin menjadi figur yang sempurna untuk menunjukkan seorang wanita yang dijuluki “Beauty with Brains”. Alasannya karena Rakul Prett merupakan salah satu artis India jebolan dari ajang pageant. Rakul diketahui pernah mengikuti Femina Miss India di tahun 2011, tak hanya itu, Rakul juga mengambil jurusan matematika saat berkuliah.

Tidak banyak yang tahu bahwa seorang Rakul Preet Singh ini bisa kita sebut “geek”. Rakul dikenal sebagai seorang siswa yang cerdas dan pandai, terutama dalam angka. Rakul juga terlihat merencanakan hidupnya dengan sangat baik, dimana ia memilih Pendidikan sebagai prioritasnya. Rakul menyelesaikan studinya di jurusan matematika dan kembali ke dunia perfilman di tahun 2011.

6. Gemar Berolahraga

Sumber: newindianexpress.com

Menjaga kebugaran tubuh bagi para pesohor di Bollywood sudah menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Berbeda dengan beberapa pesohor lainnya, Rakul berolahraga bukan hanya untuk menjaga kebugaran tapi memang ia gemar berolahraga. Pasalnya ternyata Rakul ini sangat berbakat dalam banyak olahraga, mulai dari golf, tenis, berkuda bahkan olahraga beladiri seperti karate.

Untuk golf, Rakul ternyata bukan hanya menggemari olahraga ini saja tapi ia juga berada di tingkat nasional. Rakut diketahui sangat aktif bermain golf dan pernah ikut pertandingan golf nasional, tak hanya itu ia juga memegang sabuk biru karate. Rakul Preet Singh memang sering tertangkap kamera paparazzi keluar masuk gym setiap minggunya.

7. Penari Bharatnatyam Professional

Sumber: newsreaderboard.com

Berkarir di Bollywood tidak hanya memerlukan bakat dan kemampuan akting yang memukau, tapi mereka juga harus bisa menari dengan baik. Banyak dari para pesohor B-Town yang sengaja mengambil kelas menari setiap mereka akan memulai proyek film barunya. Begitu pula Rakul Preet Singh yang kita ketahui memiliki kemampuan menari yang luar biasa dan terlihat sangat professional.

Tidak hanya menari biasa, Rakul ternyata mempelajari tarian Bharatanatyam yang tidak banyak diketahui orang-orang. Rakul sendiri mengatakan bahwa ia kerap menari di saat ada waktu luang, bukan hanya untuk menambah kemampuan tapi menjaga kebugaran juga. Figurnya yang rupawan dan Gerakan tarian yang indah membuat Rakul terlihat sangat anggun saat menari.

8. Prestasi di Ajang Pageant

Sumber: reportdoor.com

Sebelumnya kita sudah pernah menyinggung bahwa Rakul Preet Singh ini sering sekali mengikuti ajang Pageant. Setelah menyelesaikan debut akting di film Kannada, Rakul Preet Singh memilih berhenti agar bisa menyelesaikan studinya. Tapi Rakul tidak berdiam diri begitu saja, ia memilih mengikuti ajang pageant terkenal di India.

Dikutip dari Republic World, tahun 2011 Rakul Preet Singh berhasil mendapatkan runner up ke-5 di ajang Femina Miss India. Hebatnya Rakul mendapatkan banyak sekali sub perlombaan seperti Pantaloons Femina Miss Fresh Face, Beautiful Smile dan Femina Miss Beautifull Eyes. Terakhir Rakul juga memenangkan fan vote dari Miss India Poll.

9. Lulusan Sekolah Umum Tentara

Sumber: dnaindia.com

Tak banyak yang tahu bahwa sebelum Rakul Preet Singh memulai studinya di universitas Delhi dan Jesus and Mary College ia sekolah di sekolah tentara. Rakul diketahui mengenyam Pendidikan di Army Public School, Dhaula Kuan di New Delhi. Kenapa Rakul bisa bersekolah disana? Alasannya karena latar belakang keluarganya.

Ternyata ayah dari Rakul yaitu Rajender Singh adalah salah satu anggota tentara, yaitu seorang perwira Angkatan Darat Punjabi. Setelah itu barulah Rakul meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan dan pasionnya. Bahkan karir Rakul di Bollywood juga terlihat di dukung oleh kedua orang tuanya.

10. Fans Berat Shah Rukh Khan

Sumber: mananews.net

Seperti kebanyakan para artis wanita, tidak ada satupun diantara mereka yang tidak jatuh cinta pada sosok Shah Rukh Khan. Rakul Preet Singh juga merasakan hal yang sama, beruntungnya ia berhasil bertemu dengan sang idol. Pertemuannya dengan sang idola berlangsung pada tahun 2014, kala itu ia sedang syuting bersama Raj Kumar Rao di studio Mehboob.

Rakul juga kerap mengatakan bahwa film-film Shah Rukh Khan adalah bagian penting pada masa pertumbuhannya. Ia bahkan tidak bisa membayangkan bagaimana mungkin Shah Rukh Khan dapat mengunjungi tempat syutingnya. “Saya bertemu dia untuk pertama kalinya, sungguh menakjubkan bisa mengenalnya” ucap rakul saat di wawancara Deccan Chronicle.

Tak hanya cantik dan berbakat, Rakul Preet Singh ini termasuk dalam daftar selebriti yang mementingkan pendidikan. Meski sudah memulai karir di usia muda, Rakul tetap memilih untuk menyelesaikan studinya baru setelah itu membangun karirnya di B-Town.

Artikel Terkait :
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram