Bacaterus / Artis India / 10 Fakta Menarik Tentang Preity Zinta, Artis India Ternama

10 Fakta Menarik Tentang Preity Zinta, Artis India Ternama

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak kenal dengan Preity Zinta? Selebriti India yang memiliki lesung pipit ini adalah salah satu artis yang cukup harum namanya di kancah perfilman Bollywood. Kerap disandingkan dengan aktor-aktor papan atas India, perempuan yang lahir pada tanggal 31 Januari 1975 di Shimla, India ini memang memiliki kualitas akting yang tidak diragukan lagi.

Aktris yang kerap mendapat penghargaan di ajang bergengsi ini memang tidak hanya sukses dalam membangun kariernya di industri hiburan India, namun juga sukses dalam sejumlah usaha di luar keartisannya. Bila kamu penggemar selebriti yang satu ini? Kamu harus simak 10 fakta menarik tentang Preity Zinta, artis kebanggaan India yang wajib kamu ketahui.

1. Debut Pertama Film “Dil Se” Tahun 1998

Debut Pertama Film Dil Se Tahun 1998

Wajah cantik Preity Zinta memang kerap menghiasi dunia pertelevisian India sebagai bintang iklan. Preity sendiri mulai debut akting dalam sebuah film berjudul Dil Se pada tahun 1998 bersama Sharukh Khan dan Manisha Koirala.

Pada tahun yang sama ia pun dipercaya menjadi peran utama wanita dalam film “Soldier”. Kemampuan akting dalam debut pertamanya memang telah mencuri perhatian pengamat film India. Sehingga Preity pun berhasil mendapat  penghargaan sebagai debut perempuan terbaik dalam film “Dil Se” dan “Soldier” dalam ajang Filmfare Awards.

2. Aktris Terbaik dalam Film “Kal Ho Naa Ho”

Aktris Terbaik dalam Film Kal Ho Naa Ho

Kehadiran Preity Zinta di Industri perfilman Bollywood memang disambut positif oleh masyarakat India. Sejak debut pertamanya sebagai seorang aktris. Berbagai tawaran bermain film pun terus bermunculan pada perempuan cantik ini.

Preity Zinta pun mulai menancapkan taring sebagai aktris papan atas setelah mendapat penghargaan sebagai The Best Actress dalam film berjudul “Kal Ho Naa Ho” tahun 2003. Di tahun yang sama ia pun kembali muncul bersama aktor tampan Hrithik Roshan dalam film yang digadang-gadang sebagai film paling laris di India berjudul “Koi…Mil Gaya”. Hal tersebut pun menjadi pencapaian luar biasa baginya.

3. Bermain dalam Film “Heaven On Earth”

Bermain dalam Film Heaven On Earth

Penghargaan sebagai seorang aktris seni peran yang di dapat Preity Zinta memang tidak hanya datang dari dalam negeri saja. Ia pun diketahui pernah melakukan debut internasionalnya dalam sebuah film produksi Kanada berjudul “Heaven On Earth” yang dirilis tahun 2008.

Preity Zinta pun telah berhasil membuktikan diri sebagai seorang aktris yang patut diperhitungkan di kancah internasional. Berkat perannya dalam film tersebut, ia pun dianugerahi sebagai The Silver Hugo for the Best Actress di Chicago Internasional Film Festival pada tahun 2008.

4. Menjadi Saksi Mata Mafia India

Menjadi Saksi Mata Mafia India

Preity memang memiliki kepribadian menarik yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain. Dibalik parasnya yang cantik, Preity ternyata menyimpan keberanian yang sangat besar dalam dirinya.

Perempuan yang telah meraih gelar Sastra Inggris dan pasca sarjana Psikologi Kriminal ini diketahui pernah menjadi saksi mata untuk kasus  penyerangan oleh mafia Bharat Shah pada tahun 2003 silam. Karena keberaniannya, Preity pun mendapat penghargaan Godfrey Phillips National Bravery Award.

5. Memiliki Production House Sendiri

Memiliki Production House Sendiri

Setelah sekian lama berkecimpung dalam dunia perfilman Bollywood. Perempuan yang sangat menggemari serial televisi The Simpsons ini mulai membangun sebuah Production House sendiri dengan nama PZNZ Media.

Meskipun Preity tak memiliki basic dalam membuat sebuah film, namun nyatanya Preity pun berhasil merilis film di bawah naungan perusahaan miliknya tersebut yang berjudul Ishq In Paris. Dalam film bergenre komedi romantis karyanya tersebut, Preity pun berperan sebagai pemeran sekaligus sutradara, produser dan penulis naskah.

6. Pemegang Saham Tim Kriket IPL

Pemegang Saham Tim Kriket IPL

Preity Zinta selain dikenal sebagai seorang aktris, ia juga dikenal sebagai seorang pengusaha yang cukup berani berspekulasi. Hal tersebut dibuktikan dengan keberaniannya membeli saham tim kriket IPL. Preity Zinta dan rekan-rekan sekaligus mantan kekasihnya yang bernama Ness Wadia membeli kepemilikan tim kriket IPL yang berbasis di Mohali pada tahun 2008.

Mereka kemudian mengganti nama menjadi King XI Punjabi pada tahun 2009. Nominal yang dikeluarkan Preity dan rekan-rekannya pun bernilai fantastis, yaitu sekitar 75 juta dolar AS. Preity pun menjadi satu-satunya wanita dan juga orang yang paling muda dalam kepemilikan saham tim kriket tersebut.

7. Aktif dalam Kegiatan Sosial

Aktif dalam Kegiatan Sosial

Kekayaan Preity Zinta memang sangat luar biasa. Meskipun demikian wanita yang sempat mendapat predikat sebagai aktris dengan bayaran termahal di India pada tahun 2000 silam ini tak menjadikan dirinya besar kepala.

Ia diketahui sangat rajin mengikuti kegiatan-kegiatan sosial kemanusiaan. Ia juga dikenal sebagai wanita yang selalu berjuang untuk pemberdayaan perempuan serta aktif juga dalam menggalakkan donor darah. Kegiatan sosial yang dilakukan oleh wanita ini memang menjadi perhatian masyarakat India.

8. Menikahi Pria Asal Amerika

Menikahi Pria Asal Amerika

Kisah asmara Preity memang sering menjadi pemberitaan media India. Setelah dikabarkan menjalin hubungan dengan sederet aktor dan juga rekan bisnisnya. Preity pun pada akhirnya melabuhkan hatinya pada seorang pria keturunan Amerika serikat bernama Gene Goodenough. Gene sendiri bekerja sebagai wakil presiden senior di perusahaan Amerika yang bergerak di bidang energi listrik.

Preity dan Gene telah meresmikan hubungan mereka dalam sebuah pernikahan yang diadakan secara tertutup pada tanggal 28 Februari 2015 di Los Angeles, Amerika Serikat. Sementara resepsi mewahnya sendiri diadakan di Mumbai, India. Preity pun kini menambahkan inisial nama suaminya ke dalamnya namanya. Ia pun kini dengan bangga menyebut dirinya sebagai Preity G Zinta.

9. Menjadi Tamu Kehormatan Miss India-Kanada

Menjadi Tamu Kehormatan Miss India-Kanada

Kiprah Preity Zinta di dunia seni peran memang telah membawa namanya melanglang buana sampai ke mancanegara. Kisah kesuksesannya sebagai aktris sekaligus seorang enterpreneur memang kerap menjadi panutan bagi wanita India di dalam dan luar negeri.

Pada tahun 2015 silam, Preity pun sempat menjadi tamu kehormatan dalam ajang kontes kecantikan bertajuk “Miss India-Kanada”. Kegiatannya sendiri diadakan di Kanada dan khusus diikuti oleh wanita berdarah campuran India-Kanada yang tinggal Kanada.

10. Berteman Dekat dengan Rani Mukherjee

Berteman Dekat dengan Rani Mukherjee

Persahabatan Preity Zinta dan Rani Mukherjee memang sudah terjalin cukup lama. Kedekatan mereka sendiri bermula saat dipertemukan dalam sebuah film sukses berjudul “Chori-Chori Chupke-Chupke” pada tahun 2001. Menurut Preity, Rani adalah orang yang sangat baik saat proses syuting, bahkan yang paling baik yang pernah ia temukan.

Ia juga menyebutkan bahwa Rani Mukherjee adalah lawan main yang memiliki chemistry terbaik dengannya. Selain memiliki hubungan dekat Rani, ia pun dikabarkan dekat dengan beberapa pemain seperti Sharukh Khan dan Gauri Khan serta Hrithik Roshan dan mantan istrinya.

Nah, itulah 10 fakta menarik tentang Preity Zinta, artis kebanggaan India yang wajib kamu ketahui. Nantikan informasi menarik lainnya mengenai artis Bollywood yang akan Bacaterus bahas untuk kamu. Jangan lupa untuk turut berkunjung ke artikel film yang pernah dibintangi oleh Preity Zinta ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *