Bacaterus / Hiburan / KPOP / 7 Fakta Personil BTS dari yang Terkonyol sampai Terkeren

7 Fakta Personil BTS dari yang Terkonyol sampai Terkeren

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Desember 2018

Merangkum dari beberapa artikel Bacaterus sebelumnya yang membahas Jungkook, Suga, dan Jimin, sekarang author mau membahas ketujuh member BTS secara bersamaan. Seperti keindahan pelangi yang akan rusak jika salah satu warnanya dihilangkan, kamu harus respect sama semua member BTS. Karena, kalau tidak sayang OT7 (ketujuh member), berarti kamu bukan A.R.M.Y (sebutan fans BTS).

BTS (방탄소년단) adalah boy group yang berada dibawah naungan Big Hit Entertainment. Kamu bisa memanggil mereka BTS, Bangtan Sonyeondan, atau Bangtan Boys. Tapi, belum lama ini BTS melakukan rebranding dengan menambahkan English official name juga, yaitu Beyond The Scene.

BTS terdiri dari tujuh orang anggota, yaitu RM (Rapmon), Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook. BTS debut pada tanggal 13 Juni 2013 dengan lagu “No More Dream” dalam album “2 Cool 4 Skool.” Kali ini author bakal fokus sama membernya. Berikut adalah tujuh fakta Personil BTS yang telah author siapkan untuk kamu para A.R.M.Y, baik yang sudah veteran maupun yang masih fetus.

7 Fakta Unik Personil BTS

1. Fakta RM

fakta Personil BTS RM

Nama asli RM adalah Kim Namjoon (김남준). Walaupun RM bukan yang tertua di grup, dia mendapat kepercayaan untuk menjadi leader BTS. Kalau kamu bingung dengan name stage Namjoon yang sekarang, wajar saja, karena memang belum lama ini Namjoon mengganti nama panggungnya yang dulu yaitu Rap Monster menjadi RM. Kata Namjoon, RM merupakan singkatan dari real me.

Selain menjadi leader, RM juga memegang posisi main rapper serta penulis dan produser lagu BTS. Terhitung sudah lebih dari 100 lagu yang berhasil RM komersilkan selama karirnya.

RM lahir dan tinggal di Ilsan, Gyeonggi-do. Karena itu, berbeda dengan beberapa member BTS lainnya, dia tidak punya aksen/logat daerah ketika berbicara. Cowok kelahiran 12 September 1994 ini merupakan member yang paling tinggi di BTS, tingginya adalah 181 cm.

Di acara Mnet’s Beatles Code 3D, RM mengonfirmasi bahwa dia termasuk 1.3% siswa dengan skor test uji coba terbaik seantero Korea Selatan. Wajar saja, karena tak hanya badannya yang tinggi, IQ-nya RM juga sangat tinggi, yaitu mencapai 148.

Tingkat IQ normal adalah mulai dari 91 – 110, sedangkan untuk orang dengan IQ di atas 131 sudah termasuk superior dan jenius. So, bisa kamu bayangkan sepintar apa RM, kan?

Walaupun sangat jenius, RM itu agak clumsy. Saking kikuknya RM, dia sering menjatuhkan atau menghancurkan barang yang disentuhnya secara tidak sengaja. Makanya, RM dijuluki “God of Destroyer” alias dewa penghancur.

Kelakuan kikuknya ini sampai sekarang belum hilang, loh, hihi. RM mungkin terlihat garang, apalagi kalau melihat RM ketika awal-awal debut. Padahal dalam kenyataannya, RM sangat lembut dan ceria, loh.

RM itu bisa berbicara dalam bahasa asing, terutama Inggris dan Jepang. Untuk bahasa Inggris, ibu RM memang mengajarkan RM sejak kecil agar terbiasa. RM lalu melanjutkan belajar bahasa Inggris secara otodidak dengan menonton sitkom Amerika berjudul “Friends.”

RM juga pernah mengikuti program pertukaran pelajar ke New Zealand selama 6 bulan. Kini, RM merupakan satu-satunya member BTS yang fasih berbahasa Inggris.

Kepiawaian RM dalam berbahasa dan pelajaran memudahkannya dalam membuat musik, karena sumber yang dia dapatkan bisa jadi lebih luas lagi. RM suka menonton film dan membaca buku yang “susah” dan “berat” seperti Demian by Herman Hesse yang ternyata digunakan juga sebagai story line musiknya BTS.

RM pernah merilis proyek solonya, yaitu mixtape dengan judul album “RM” pada tahun 2015. Kamu bisa menonton video klip mixtape-nya di YouTube BTS. Sekarang BTS semakin terkenal, begitu pula masing-masing membernya. Karena rap RM yang sangat mengagumkan, banyak artis ternama yang ingin berkolaborasi dengannya.

Sejauh ini RM sudah melakukan collab dengan Warren G, Wale, Gaeko, Krizz Kaliko, Primary, MFBTY, dan yang terakhir ada Fall Out Boys. Wah, hebat banget, ya, leader kita yang satu ini!

2. Fakta Jin

Fakta Jin

Setelah RM, mari kita bahas member selanjutnya. Ada Jin, yaitu member paling tua di BTS. Nama panggung Jin diambil dari nama aslinya, yaitu Kim Seok Jin (김석진). Posisi Jin di BTS adalah vocalist dan visual. Maksud visual adalah, berarti dia “wajahnya grup” alias yang paling ganteng.

Memang, Jin itu ganteng banget. Bahkan setelah penampilan BTS di Amerika beberapa bulan silam, Jin menyandang nama panggilan baru, yaitu Worldwide Handsome. Nama tersebut Jin sendiri yang mengatakannya, loh. PD banget, ya? Begitulah Jin, dia selalu menunjukkan rasa percaya dirinya yang tinggi. Dengan begitu, para A.R.M.Y pun jadi ikut-ikutan PD dan lebih cinta pada dirinya sendiri.

Sudah author katakan di atas, kan, kalau Jin ini member BTS yang paling tua. Umur Jin sudah 28 tahun (usia Korea) atau 27 tahun (usia internasional). Karena Jin yang paling dewasa, sejak dulu bahkan sebelum BTS debut, Jin lah yang selalu mengurus rumah (dorm) dan juga para member.

fakta Personil BTS

Fokus utama Jin pada waktu dulu adalah member yang masih pada sekolah, yaitu V, Jimin, dan Jungkook. Jin itu jago masak dan dia juga hobi melakukannya, jadi dia suka membuat bekal makan siang buat adik-adiknya bawa ke sekolah.

Terus, Jin setiap harinya mengantarkan Jungkook ke sekolah. Bahkan Jungkook dikabarkan bisa putus sekolah (tidak meneruskan sekolah) kalau misalnya Jin tidak menyemangati Jungkook sedemikian rupa. Makanya, dulu Jin suka dipanggil eomma alias mama-nya BTS. Tapi, sekarang Jin sudah tidak suka dipanggil seperti itu lagi, jadi mari kita panggil dia papa-nya BTS saja, hehe.

Jin itu cocok banget jadi papanya anak-anak. Pertanyaannya, anak siapa? Tentu saja member BTS dan anak-anak kandungnya Jin di masa depan (emot ketawa sambil nangis).

Jin itu hobi banget makan, karena setelah jadi trainee di Big Hit dia tidak bisa sering makan masakan ibunya, jadi dia masak sendiri, deh. Dan, masakannya tuh enak-enak. Saking doyan makan, Jin punya kolom sendiri di channel YouTube resmi BTS yang bernama “Eat Jin.”

Cowok yang lahir di Gwacheon, Gyeonggi-do, pada tanggal 4 Desember 1992 ini merupakan member BTS yang tertinggi kedua setelah RM. Walaupun merupakan yang paling tua, bisa dibilang mental Jin itu lebih seperti maknae (termuda) daripada hyung (kakak).

Dia suka main game yang unyu-unyu, terus takut akan banyak hal, cerewet, suka bertingkah konyol, dan lain sebagainya. Jin juga dijuluki ahjae (om-om) karena suka nge-jokes garing kayak bapak-bapak.

fakta Personil BTS

* sumber: twitter.com

Jin dan RM adalah black hole-nya BTS dalam bidang menari. Dibandingkan kelima member lainnya, Jin dan RM paling susah nangkep kalau diajarin koreografi. Tapi, sekarang kemampuan RM dan Jin dalam menari sudah meningkat drastis, loh.

Momen yang membuat author suka sama Jin adalah ketika di acara reality show “Rookie King” Jin menunjukkan sisi lembutnya. Jadi, member BTS di-prank sama kru acara untuk unjuk kebolehan di dalam lift, padahal nanti ada seorang cewek yang sedang menangis masuk juga ke lift.

Nah, Jin adalah satu-satunya member yang bertanya “Ada apa? Kenapa menangis?” kepada gadis tersebut. Kalau kamu, manakah momen favorit kamu tentang Jin?

3. Fakta Suga

Fakta Suga

Fakta Personil BTS yang selanjutnya adalah Suga alias Agust D alias Min Yoongi. Author sudah pernah membahas tentang Suga secara detail di artikel ini. Setelah Jin, Suga adalah member yang tertua. Suga lahir pada 9 Maret 1993. Suga termasuk member yang terpendek di BTS, tingginya cuma 174 cm. Walaupun segitu juga sudah termasuk jangkung di Indonesia, ya.

Walaupun penampilannya mirip cowok cantik (kaki jenjang, kulit putih, bibir pink, wajah mungil, dan badan kurus), Suga ini garang banget, loh! Tidak percaya? Nih, tonton video klip Suga yang berjudul “Give It To Me” dalam album mixtape-nya “Agust D.”

Keluarga Suga terdiri dari ayah, ibu, dan kakak laki-laki. Sifat Suga itu dingin-dingin-ngangenin. Dia nampak seperti tidak peduli terhadap orang lain, padahal dia peduli dengan caranya sendiri. Menurut Suga, dia jadi begini karena ayahnya juga bersikap seperti itu pada keluarganya. Menurut Suga, sikap ayahnya yang diam-diam care itu terlihat sangat keren.

Balik lagi ke kegarangan Suga sebagai Agust D (name stage-nya dalam proyek solo Suga). Walaupun dia nampak misterius dan senggol dikit bacok, Suga itu orang yang sangat kalem. Sebenarnya dia lebih cocok dibilang pemalas karena alasan dia tidak banyak omong dan gerak itu karena dia malas, hahaha. Saking malas gerak, Suga pernah tidur selama 20 jam ketika BTS sedang libur.

fakta Personil BTS

Walaupun suka malas-malasan, Suga ini pekerja keras, loh. Malah, Suga cenderung workaholic. Kalau dia sudah bikin lagu di studionya, beuh, tidak akan ada yang bisa ganggu, deh!

Saking tidak mau diganggunya, Suga memasang dua pintu (satu dengan pass code dan lapisan satu lagi menggunakan kunci biasa), gorden hitam, dan juga menyimpan keset bertuliskan “Pergi, sana” Hahaha. Memang, Suga ini sangat savage dan sarkastik. Tapi, di situlah daya tariknya.

Karena suka ketenangan, dari awal BTS tinggal bersama (masa trainee) sampai sekarang, Suga tidur di kamar yang sama dengan Jin.

Kenapa? Karena cuma Jin yang lumayan agak waras, eh, tenang maksudnya, kalau bersama dengan maknae line (V, Jimin, Jungkook), Jin itu berisik banget. Tapi, kalau sudah sama Suga, keluar deh mode dewasanya Jin. Makanya Suga dan Jin itu cocok banget dan telah menjadi eternal roommate.

4. Fakta J-Hope

Fakta J-Hope

Di fakta Personil BTS selanjutnya author akan membahas J-Hope. Huruf “J” atas nama panggungnya diambil dari nama aslinya, yaitu Jung Hoseok (정호석). J-Hope termasuk ke dalam hyung line (member yang lebih tua) bersama dengan Jin, Suga, dan RM, karena J-Hope merupakan kelahiran ’94. Posisi J-Hope di BTS adalah sebagai lead rapper, main dancer, dan sub vocalist.

Karena punya banyak talenta (bisa nge-rap tapi bisa nyanyi juga, terus nge-dance-nya jago banget), J-Hope dijuluki Golden Hyung. Kalau Golden Maknae, kan, julukannya Jungkook, hihi.

J-Hope itu rapper, ya, jadi pastinya garang banget kayak Suga. Tapi, ternyata dia juga merupakan mood maker-nya BTS. Dia itu suka banget ngelucu dan melakukan aegyo. Makanya dia suka dipanggil sebagai Sunshine, karena kepribadiannya secerah mentari.

Baru beberapa minggu yang lalu J-Hope merilis mixtape-nya menyusul RM dan Suga yang sudah merilis album proyek solo mereka terlebih dahulu. Berbeda dengan mixtape RM yang cenderung hiphop dan mixtape Suga yang dark banget, mixtape J-Hope lebih playfull dan full colour.

Hobi—sapaan hangat J-Hope—membuat mixtape-nya di studio miliknya sendiri yang bernama sama seperti album proyek solonya, yaitu Hope World. Kalau nama studio milik RM namanya Mon Studio dan milik Suga bernama Genius Lab.

J-Hope merupakan yang terbaik di BTS dalam urusan menari. Wajar saja, karena Jung Hoseok sudah belajar menari sejak kecil. Saking hebatnya J-Hope, dia pernah berkolaborasi dalam lagu JoKwon 2AM yang berjudul “Animal“ sebagai rapper dan juga dancer. Padahal waktu itu J-Hope belum debut, loh! J-Hope juga pernah menari dan bernyanyi sendiri sebagai comback trailer BTS di album “Wings.”

Duh, hebat banget, kan, uri Hobi? Kalau melihat J-Hope menari jadi suka mikir, dia ini punya tulang tidak, ya. Badannya luwes banget, sih. Fakta Personil BTS J-Hope yang unik adalah, dia merupakan satu-satunya member yang tidak punya tindikan di telinga. Kata J-Hope, ayahnya adalah seorang guru, jadi dia takut dimarahi ayahnya kalau telinganya ditindik. So sweet banget, sih~

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment