Bacaterus / Pentagon / 10 Fakta Pentagon, Salah Satu Grup dengan Member Terbanyak

10 Fakta Pentagon, Salah Satu Grup dengan Member Terbanyak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Pentagon atau yang disingkat menjadi PTG adalah idol group Korea Selatan yang dibentuk oleh Cube Entertainment pada tahun 2016. Mereka diperkenalkan melalui Mnet survival show “Pentagon Maker.” Idol group ini terdiri dari 10 member pria tampan yang di antaranya terdiri dari Jinho, Hui, Hongseok, Shinwon, Yeo One, Yan An, Yuto, Kino, Wooseok, dan E’Dawn.

Pentagon memulai debutnya pada 10 Oktober 2016 dengan mengeluarkan album mini pertama yang bertajuk “Gorilla.” Pentagon pun menggelar showcase pertamanya di Yeongdeungpo pada hari yang sama saat merilis album mini tersebut.

Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tentang Pentagon, yuk, simak kumpulan fakta Pentagon yang Bacaterus hadirkan di bawah ini!

1. Penggemarnya Disebut “Universe”

Penggemarnya Disebut “Universe”

* sumber: www.allkpop.com

Pada 7 Maret 2017, Pentagon secara resmi mengumumkan nama panggilan untuk penggemar mereka yang disebut universe. Nama universe diambil dari kalimat yang terdapat dalam mini album pertama mereka yang bertajuk “Ceremony.” Nama tersebut memiliki maksud you are my uniuverse.

Nama universe merupakan hasil dari voting kandidat yang dipilih oleh penggemar. Dari 2.112 penggemar yang mengikuti proses voting, 1.333 memilih nama universe. Nah, apakah kamu termasuk salah satu universe?

2. Para Member yang Bertalenta

Para Member yang Bertalenta

* sumber: hype.my

Para member Pentagon merupakan gabungan dari penyanyi dan rapper yang bertalenta. Mereka bukan hanya memiliki wajah yang tampan dengan suara yang bagus, gerakan koreografi mereka pun sangat mengesankan. Para member juga merupakan penulis lagu, koreografer, dan seniman yang ulung.

Salah satunya adalah Hui yang telah memiliki karya penulisan lagu yang bekerjasama untuk memproduksi lagu hits Wanna One “Energic” dan juga lagu Produce 1010 Season 2 “Never”. Kino pun ikut berkontribusi dalam koreografi Pentagon, termasuk gerakan untuk lagu “Like This.” Tidak hanya itu, mereka mampu membuat panggung lebih hidup dengan penampilan yang selalu keren.

3. Memiliki Lagu-lagu yang Enak Didengar

Memiliki Lagu-lagu yang Enak Didengar

* sumber: www.sbs.com.au

Memiliki beberapa lagu yang enak didengar, membuat Pentagon memiliki banyak penggemar. Beberapa diantara adalah lagu yang berjudul “Shine” yang sempat viral di kalangan idol lain karena musik dan koreografinya yang unik. “Stay Crazy” yang bernada slow dan enak didengar saat sedang santai. Selain itu lagu yang berjudul “Thank You” juga menjadi lagu yang luar biasa dari suara mereka yang kuat.

Dan bagi kamu yang sedang galau dalam masalah cinta, It’s Over” adalah lagu yang cocok untuk didengar. Sedangkan bagi kamu yang sedang jatuh cinta, lagu yang cocok adalah lagu “Stay.” Selain lagu-lagu tersebut ada juga lagu “Have To Let You Go” yang bercerita tentang perpisahan yang indah. Nah, kira-kira mana nih lagu favorit kamu sebagai universe?

4. Para Member yang Memiliki Ciri Khas

Para Member yang Memiliki Ciri Khas

* sumber: www.sbs.com.au

Jika dilihat dari wajah mereka yang tampan, para member Pentagon memiliki karakter atau ciri khas masing-masing. Memiliki ciri khasnya masing-masing membuat video musik Pentagon enak ditonton. Mulai dari Hui sang leader yang karismatik, Jinho yang disebut sebagai member yang manis, Shinwon yang memiliki bahu lebar, Yeo One yang memiliki kepribadian yang baik, dan member lainnya yang memiliki ciri khas yang unik.

5. Pernah Tampil di Program Khusus

Pernah Tampil di Program Khusus

* sumber: www.soompi.com

Mnet menayangkan program khusus untuk Pentagon yang bertajuk “Pentagon Maker” yang tayang perdana pada bulan Mei 2016. Reality show tersebut merupakan acara yang membuat para member terdiri dari format survival yang mengunggah klip berbeda untuk menampilkan nyanyian, rap, tarian, kerja tim, bakat, dan pola pikir mereka untuk mendapatkan jumlah penonton terbanyak.

Mereka harus lulus kualifikasi untuk bergabung sebagai member Pentagon. Reality show tersebut ditayangkan secara online melalui konten digital M2.

6. Meraih Penghargaan Pertama pada Asia Model Awards

Meraih Penghargaan Pertama pada Asia Model Awards

Menjadi idol group KPOP bukan hanya tentang penampilan dan popularitas saja, sebuah pencapaian atau prestasi pun menjadi hal yang sangat berarti bagi para member KPOP. Pentagon pernah meraih penghargaan pertama mereka sejak debut dengan New Star Award di Asia Model Awards 2017.

Acara penghargaan yang diselenggarakan pada Juni 2017 tersebut berlangsung meriah di Jangchung Arena, Seoul. Setelah menerima penghargaan tersebut, para member mengucapkan terima kasih kepada agensi dan para penggemar yang menjadi kekuatan mereka.

The Asia Model Awards 2017 merupakan kombinasi dari peragaan busana desainer, pertunjukan kecantikan, dan konser KPOP dengan model-model top, actor, hingga penyanyi dari 20 negara di seluruh Asia.

7. Idol Group Terbanyak dalam Cube Entertainment

Idol Group Terbanyak dalam Cube Entertainment

Sejak tahun 2015, desas desus tentang idol group selanjutnya dari Cube Entertainment menimbulkan kegemparan di kalangan netizen. Setelah mereka resmi debut pada 10 Oktober 2016, para penggemar merespon kemunculan Pentagon dengan sangat  baik.

Pentagon merupakan boyband group ke-3 dari Cube Entertainment setelah BEAST dan BTOB. Pentagon juga merupakan idol group terbanyak dalam Cube Entertainment selain BEAST yang hanya memiliki 5 member dan BTOB yang hanya memiliki 7 member.

8. Mengalami Peristiwa Menakutkan Saat di Asrama

Mengalami Peristiwa Menakutkan Saat di Asrama

* sumber: www.koreaboo.com

Para member Pentagon pernah berbagi cerita yang cukup menakutkan soal gunting yang menempel di dinding asrama mereka. Jinho menjelaskan bahwa ia, Yuto dan Yeo One yang pertama kali menemukan gunting di dinding. Mereka pun ketakutan saat melihat gunting tersebut.

Karena mereka ketakutan, Jinho memanggil member lainnya yang di asrama dan mereka pun terkejut. Akhirnya keesokan paginya mereka mengetahui bahwa pemilik rumah mereka ingin menjual tempat mereka dan menurut mitos, jika gunting diletakkan di atas pintu depan rumah maka akan terjual lebih cepat.

9. Memiliki Album Lagu Versi Jepang

Memiliki Album Lagu Versi Jepang

* sumber: channel-korea.com

Pentagon pernah membuat comeback di Jepang dengan merilis album single ke-2 mereka yang bertajuk “Happines & Sha La La”. Album kedua tersebut berisi lagu Japanese original track dengan judul “Happiness” dan versi jepang dari lagu mini album ke -8 mereka dengan judul “Sha La La.”

Serta lagu asli jepang lainnya yang berjudul “Seasons.” Dalam daftar lagu mereka, Kino dan Yuto berkontribusi dalam menyusun dan menulis lirik lagu untuk Japanese original tracks. Album ini hadir dalam total 4 versi, edisi pertama pers terbatas A, edisi pertama pers terbatas B, edisi pertama pers terbatas C, dan versi normal

10. Single-nya Masuk Biggest K-pop Tracks of the Year

Single-nya Masuk Biggest K-pop Tracks of the Year

* sumber: officiallykmusic.com

Setiap tahun, terdapat beberapa lagu yang ditentukan sesuai masing-masing genre, dan pada pertengahan tahun 2018 lagu Pentagon yang bertajuk “Shine” menjadi slaah satu biggest kpop tracks of the year. Hui yang menulis sendiri lagu tersebut menjelaskan bahwa Pentagon telah merilis lagu yang cukup berat yang menceritakan tentang masa muda hingga sekarang.

Lagu “Shine” hadir saat Pentagon membutuhkannya. Selain membuat beberapa member menjadi tenar, secara keseluruhan Pentagon belum melihat banyak pengakuan untuk single mereka yang sebelumnya.

Ternyata Pentagon memiliki banyak fakta menarik ya! Selain idol group-nya sendiri, para membernya pun memiliki fakta-fakta menarik, lho! Nah bagi kamu yang merasa seorang universe, jangan sampai ketinggalan untuk cek fakta mengenai kesepuluh membernya, ya. Jika kamu mengetahui fakta lain tentang Pentagon, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. Wow sy suka dengan pentagon ilove you pentagon

    1. Hai Farah, tetap support Pentagon ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *