Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Fakta Penguin yang Unik dan Jarang Orang Tahu

10 Fakta Penguin yang Unik dan Jarang Orang Tahu

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Apakah kamu penggemar binatang penguin? Jika iya, maka kamu datang ke tempat yang tepat karena kali ini Bacaterus akan membahas tentang fakta penguin yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Sebelumnya, Kami pernah membahas fakta dari Penguin Kaisar. Penguin Kaisar sendiri adalah salah satu penguin terbesar, kira-kira adakah jenis penguin yang mirip dengan Penguin Kaisar? Bagaimana dengan populasinya? Apakah penguin termasuk hewan langka?

Nah, Kamu bisa belajar lebih dalam mengenai binatang penguin ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita belajar mengenai fakta binatang penguin yang belum pernah kamu ketahui berikut ini.

10 Fakta Penguin yang Sangat Unik

1. Penguin Pernah Bisa Terbang

* sumber: mentalfloss.com

Penguin adalah hewan akuatik jenis burung yang tidak bisa terbang dan hidup di belahan bumi selatan. Namun, tahukah kamu bahwa penguin pernah bisa terbang? Sebagai anggota dari kerajaan burung yang tidak bisa terbang, penguin selalu nampak agak tidak biasa.

Namun, penelitian di Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS) telah menemukan bahwa pada titik tertentu perjalanan evolusioner mereka, penguin bisa terbang.

Menurut penelitian, dahulu penguin turun ke tanah lalu mengambil makanan ke laut sehingga penguin banyak menghabiskan waktunya di daratan, sehingga akhirnya penguin menjadi ahli dalam berenang dan tidak bisa terbang lagi.

2. Tempat Tinggal Penguin

* sumber: www.dw.com

Tahukah kamu di mana penguin tinggal? Penguin utamanya ditemukan hanya di belahan bumi bagian selatan. Sementara, kebanyakan orang menduga bahwa populasi mereka hanya di wilayah antartika atau daerah yang dingin saja. Padahal, penguin tersebar luas tidak hanya di daerah itu saja.

Jika kamu beranggapan penguin hanya di antartika, maka pendapat kamu kurang tepat karena populasi penguin dapat ditemukan di Amerika Selatan, Afrika Selatan, Australia, dan Selandia baru. Namun, penguin banyak terdapat di pulau kecil di Samudra Pasifik bagian selatan. Beda halnya dengan penguin yang berada di penangkaran, mereka bisa ditemukan di mana saja di seluruh dunia.

3. Termasuk Jenis Piscivorous

Penguin Kaisar Betina

* sumber: www.independent.co.uk

Penguin bisa dikategorikan dengan sebutan piscivorous, apa itu piscivorous? Mungkin kebanyakan orang belum mengetahui bahwa penguin adalah termasuk jenis binatang piscivorous. Piscivorous adalah hewan karnivora yang biasanya memakan ikan.

Makanan apa saja yang dimakan oleh penguin? Penguin adalah binatang karnivora yang menangkap semua makanannya di laut. Bergantung pada spesies penguin, mereka bisa memakan berbagai macam binatang laut. Binatang laut yang biasa dimakan oleh penguin di antaranya adalah ikan, cumi-cumi, udang, kepiting dan krustasea lainnya.

4. Spesies Penguin yang Langka

Termasuk Jenis Piscivorous

* sumber: keywordsuggest.org

Penguin bermata kuning di yakini merupakan spesies penguin yang paling langka. Kira-kira berapa banyak spesies penguin bermata kuning ini yang masih hidup? Penguin ini hanya terdapat sekitar 5.000 ekor yang masih hidup di alam bebas. Di manakah penguin bermata kuning ini ditemukan? Penguin ini dapat ditemukan di sepanjang pantai tenggara Selandia Baru dan juga pulau-pulau terdekat yang lebih kecil.

Jika kamu ingin mengamati koloni penguin dari dekat, maka Anda bisa mengunjungi Semenanjung Otago. Ini adalah tempat di mana Anda bisa melihat penguin secara dekat dan Anda akan melihat dari terowongan, tempat persembunyian, dan parit-parit yang sudah disediakan. Nah, Anda juga bisa melihat Penguin Mata Kuning ini lho.

5. Ancaman Para Penguin

Ancaman Para Penguin

Tahukah kamu, penguin memiliki banyak predator alami yang menjadi ancaman para penguin? Predator penguin di antaranya adalah anjing laut, macan tutul, singa laut, ular, hiu, rubah dan lain-lain. Selain ancaman dari binatang, penguin juga dapat terancam kehidupannya oleh tumpahan minyak dan polusi lainnya.

Perubahan iklim yang dapat mempengaruhi terhadap makanan penguin dan perburuan liar oleh manusia. Namun, sekarang ini banyak penguin yang tinggal di penangkaran demi membantu melestarikan penguin dan menjaga populasinya agar tidak semakin punah.

6. Penguin Terkecil

Penguin Terkecil

* sumber: greglasley.com

Jika Penguin Kaisar adalah yang terbesar, maka Penguin Adelie adalah jawaban sebagai penguin terkecil yang ada di Antartika. Kamu bisa membedakan Penguin Adelie dengan ciri khas berwarna hitam dan lingkaran putih di sekitar mata.

Adelie sendiri adalah nama yang diberikan oleh seorang istri penjelajah dari Perancis pada tahun 1830-an. Tingginya sekitar 2 kaki dan beratnya sebesar 8kg atau 9kg. Makanan penguin tersebut adalah ikan. Di Antartika, terdapat lebih dari 2.5 juta pasangan penguin yang berkembang biak. Mereka hidup berkelompok dengan jumlah sekitar 10.000 penguin.

7. Penguin Terancam Punah

* sumber: www.penguins-world.com

Inilah fakta yang bisa dibilang cukup miris, berdasarkan daftar data IUCN, yaitu 18 spesies penguin dikategorikan menjadi binatang yang terancam punah dan binatang yang hampir punah.

Parahnya lagi, 15 spesies penguin dinyatakan binatang yang terancam punah, sedangkan 3 spesies lainnya dikategorikan hampir punah. Contohnya adalah Penguin Kaisar yang hampir terancam punah,ada juga penguin Galapagos dan penguin bermata kuning yang terancam punah.

Tidak mau, kan, semakin banyak binatang yang punah akibat kesalahan dan ulah manusia sendiri? Maka dari itulah, sebagai manusia kita harus menjaga dan melestarikan apa yang sudah ada di Bumi ini dan tidak untuk merusaknya, setuju?

8. Mata Penguin

* sumber: news.nationalgeographic.com

Fakta selanjutnya mengenai penguin adalah tentang mata penguin yang unik. Mata penguin disinyalir bekerja lebih baik di bawah air daripada di udara. Penglihatan mereka sangat tajam terhadap mangsa saat berburu di lautan lepas. Oleh sebab itu, penguin bisa menangkap ikan dengan mudah, bahkan di air yang keruh sekalipun.

9. Bersifat Monogami

* sumber: www.irishmirror.ie

Selanjutnya, ada fakta yang menyatakan bahwa penguin bersifat monogami. Apa itu Monogami? Penguin yang bersifat monogami maksudnya binatang yang selalu setia dengan pasangannya akan tetapi tidak hanya dengan pasangannya saja, penguin setia juga terhadap kawanan penguin lainnya saat migrasi.

Pada tahun 2012, peneliti dari Negara Argentina menemukan bahwa sepasang penguin Magellan tetap setia satu sama lain selama 16 tahun. Mencoba untuk memisahkan pasangan tersebut dengan waktu yang lama, namun akhirnya mereka tidak dapat dipisahkan dan paling setia.

10. Penguin Adalah Burung

* sumber: kids.nationalgeographic.com

Faktanya, penguin ini memang burung namun tidak bisa terbang. Dikatakan bahwa, penguin adalah spesies burung yang memiliki ciri khas dengan bulu berwarna hitam dan putih. Tapi tidak seperti kebanyakan burung lainnya yang mampu terbang di udara, nyatanya penguin tidak bisa terbang di udara.

Penguin menghabiskan sebanyak 75% waktu mereka untuk menetap di bawah air, mencari makanan di laut. Saat berada di dalam air, mereka menyelam dan mengepakkan sayapnya seperti mereka terbang. Tubuh penguin dikategorikan sebagai perenang yang paling handal, dengan kecepatan rata-rata sekitar 15 mil perjam.

Nah, itulah fakta yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat bagi kalian sebagai pembaca setia Bacaterus, jangan lupa untuk memberikan komentar atau jika kalian mengetahui fakta lainnya tentang binatang penguin ini, silahkan berbagi pendapatmu di bawah ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Suka membaca, menulis, mewarnai, menyukai hewan kura-kura, penggemar band asal Australia 5 Seconds of Summer (5SOS) dan suka banget sama Rilakkuma :D

Leave A Comment