Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 9 Fakta Penguin Kaisar yang Paling Unik dan Menakjubkan

9 Fakta Penguin Kaisar yang Paling Unik dan Menakjubkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Desember 2018

Pernah dengar tentang Penguin Kaisar? Apa yang kamu ketahui tentang Penguin Kaisar? Penguin Kaisar atau emperor penguin memiliki ciri yang khas, yakni garis kuning yang terlihat menonjol pada bagian lehernya. Garis kuning itu terlihat mencolok dan membentuk lengkungan tegas di lehernya.

Penguin Kaisar dikategorikan sebagai jenis burung. Penguin Kaisar yang mempunyai nama latin Aptenodytes Forsteri ini termasuk jenis yang terbesar di antara family penguin lainnya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak fakta-fakta tentang penguin kaisar dari Bacaterus.

9 Fakta Unik Penguin Kaisar

1. Habitat Penguin Kaisar

Habitat Penguin Kaisar

* sumber: www2.ucar.edu

Penguin Kaisar adalah burung yang benar-benar indah. Tapi, tahukah kamu dimana Penguin Kaisar tinggal? Penguin Kaisar hanya tinggal di benua Antartika, lebih tepatnya di daerah gunung es yang besar, tebing es, dan laut lepas.

Ada sekitar 46 koloni Penguin Kaisar yang tersebar di sekitar Antartika. 6 koloni Penguin Kaisar terdiri dari 60.000 pasangan pengembangbiakan, dan mereka berada di sebelah barat Laut Ross, di Cape Crozier, Cape Washington, Pulau Coulma, Pulau Beaufort dan yang lainnya.

2. Ukuran dan Bobot Penguin Kaisar

* sumber: www.siasat.com

Penguin Kaisar adalah yang terbesar dari 18 spesies penguin lainnya yang ditemukan saat ini, bahkan termasuk salah satu burung terbesar lho. Berapakah tinggi dan berat badan penguin ini? Penguin Kaisar memiliki tinggi sekitar 120cm dan berat badannya mencapai 40kg, namun berat badannya selalu mengalami fluktuasi sepanjang tahun.

Namun, ada juga jenis penguin purba yang memiliki bobot lebih besar dan lebih berat dibandingkan Penguin Kaisar, Penguin Mega Kuno. Hal itu dibuktikan oleh adanya fosil yang ditemukan di Semenanjung Antartika, dan spesies penguin raksasa yang hidup sekitar 37 tahun yang lalu itu diperkirakan memiliki tinggi sekitar 2 meter dan berat badan sekitar 115kg.

3. Koloni Penguin Kaisar

* sumber: www.theguardian.com

Ada sebuah survei yang melakukan indentifikasi terhadap koloni Penguin Kaisar dengan menggunakan sebuah satelit, tahun 2012 silam, mereka menemukan adanya koloni baru. Mereka menemukan fakta bahwa koloni tersebut tidak pernah terlihat sebelumnya, dan kini menemukan fakta baru bahwa ada sekitar 54 koloni Penguin Kaisar yang ada di Antartika.

Namun sayangnya, jumlah tersebut selalu menurun setiap tahunnya. Hidup Penguin Kaisar sangat bergantung pada suhu es yang dingin di Antartika, namun dengan pemanasan global yang terjadi setiap tahunnya, membuat beberapa koloni Penguin Kaisar tidak dapat bertahan hidup.

4. Reproduksi Penguin Kaisar

* sumber: www.theguardian.com

Penguin Kaisar menetaskan telurnya selama berbulan-bulan selama musim dingin yang panjang di daerah selatan. Bisa dibilang, masa pendekatan antara Penguin Kaisar jantan dan betina sangat rumit.

Setelah masa pendekatan, biasanya Penguin Kaisar betina mengandung dan bertelur pada bulan Mei atau Juni. Kemudian, dia menyerahkan telurnya kepada pasangannya untuk diinkubasi. Setelah itu, sang betina pergi ke laut untuk mencari makan.

Penguin betina menghabiskan waktu selama sembilan minggu di laut. Sedangkan, Penguin Kaisar jantan sangat berhati-hati dalam menjaga dan menyeimbangkan telur di kakinya, sekitar 65 sampai dengan 75 hari, untuk membuat telurnya agar tetap hangat.

5. Penguin Kaisar Jantan

* sumber: www.theguardian.com

Tahukah kamu bahwa Penguin Kaisar jantan tidak akan makan sampai empat bulan? Jadi, si jantan tidak akan makan apapun sejak mereka tiba di koloni untuk berkembang biak, sampai telurnya menetas, dan sang ibu kembali memberi makan.

Penguin Kaisar jantan akan kehilangan berat badannya hampir setengah dari berat badannya semula. Untuk itu, mereka perlu mengandalkan cadangan lemak tubuh yang mereka kumpulkan selama pesta musim panas untuk bertahan hidup selama musim dingin yang sangat panjang.

Namun, Penguin Kaisar jantan akan memperoleh bobot badannya kembali setelah sang betina kembali dari laut. Nantinya, giliran betina yang akan menjaga anak-anak yang sudah menetas dan Penguin Kaisar jantan akan pergi ke laut untuk makan.

6. Penguin Kaisar Betina

* sumber: www.independent.co.uk

Setelah Penguin Kaisar betina menetaskan telurnya, maka mereka akan pergi ke laut untuk mencari dan membawa makanan. Lalu, mereka akan akan kembali pada bulan juli untuk anak penguin yang sudah menetas. Setelah itu, Penguin Kaisar betina akan mengambil alih tugas untuk menjaga anaknya dan memberikan makanan.

7. Makanan Penguin Kaisar

* sumber: www.photovolcanica.com

Penguin Kaisar kebanyakan mencari makan pada kedalaman 150 sampai 250 meter di bawah laut. Kebanyakan dari mereka menyelam mencapai 565 meter. Rata-rata penyelaman berlangsung 3 sampai 6 menit, namun penyelaman terpanjang yang dilakukan Penguin Kaisar adalah 28 menit.

Penguin Kaisar berada di dekat bagian atas rantai makanan. Mereka mempunyai menu makanan yang bermacam-macam yang disesuaikan dengan perubahan musim saat itu. Tahukah kamu, makanan apa saja yang dimakan oleh Penguin Kaisar?

Penguin Kaisar memakan beberapa mangsa di antaranya adalah ikan-ikan dan beberapa jenis cumi. Namun, makanan utama penguin yang sering dimakan adalah Antartic silverfish Pleuragramma antarticum (ikan kecil). Sebagian besar santapan Penguin Kaisar berupa ikan berukuran kecil, karena mereka hanya memilih makanan yang mudah dicerna saja.

8. Ciri-ciri Penguin Kaisar

* sumber: commons.wikimedia.org

Penguin Kaisar secara unik beradaptasi dengan suhu yang bisa sampai -50 derajat celcius. Mereka memiliki dua lapisan bulu, cadangan lemak yang cukup, dan paruh sirip yang proposional dengan bentuk yang lebih kecil daripada penguin lainnya, semua itu berguna untuk menjaga Penguin Kaisar merasa hangat meskipun di suhu yang amat rendah.

Penguin Kaisar juga memiliki bulu di kaki mereka, sehingga pergelangan kaki mereka tidak merasakan hawa yang terlalu dingin. Bahkan, kaki Penguin Kaisar disesuaikan dengan kondisi es, mengandung lemak khusus yang mencegah mereka dari pembekuan, dan mereka mempunyai cakar yang kuat untuk mencengkram es.

9. Penyelam Terbaik

* sumber: www.theguardian.com

Penguin Kaisar ini adalah penyelam terbaik di kalangan para spesies burung. Tercatat, Penguin Kaisar mampu menyelam dengan ke dalaman sekitar 564 meter. Kalau dihitung, mereka bisa menyelam hampir dua kali lipatnya tinggi dari bangunan Shard, salah satu bangunan tertinggi di Eropa.

Tahukah kamu, berapa lama Penguin Kaisar itu menyelam di laut? Dan jawabannya adalah, 28 menit. Sangat lama untuk ukuran seekor penguin, maka tidaklah heran jika Penguin Kaisar ini adalah penyelam paling jago di antara spesies burung lainnya.

Itulah beberapa fakta-fakta mengenai penguin kaisar yang perlu kamu ketahui yang telah dibahas oleh penulis. Apakah kalian mengetahui fakta lainnya? Jika iya, kalian dapat berbagi pengalaman cerita mu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Suka membaca, menulis, mewarnai, menyukai hewan kura-kura, penggemar band asal Australia 5 Seconds of Summer (5SOS) dan suka banget sama Rilakkuma :D

Leave A Comment