bacaterus web banner retina

11 Fakta Penelope Cruz, Aktris Senior Cantik Keturunan Spanyol

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 19 Juni 2021

Spanyol punya banyak aktris berbakat yang berkarier di Hollywood. Satu di antaranya yang tergolong beken adalah Penelope Cruz. Aktris kelahiran Madrid ini sudah membintangi banyak film Hollywood.

Ada sejumlah fakta menarik di balik sosok istri Javier Bardem ini. Sejumlah fakta itu akan Bacaterus sajikan di artikel ini. Siapa tahu bisa bikin kamu makin mengenal sosok aktris berusia 46 tahun ini. Fakta-fakta tersebut bisa kamu simak langsung di bawah ini!

1. Aktris Keturunan Spanyol Pertama yang Meraih Piala Oscar

Aktris Keturunan Spanyol Pertama yang Meraih Piala Oscar

* sumber: ca.movies.yahoo.com

Hingga saat ini, Penelope menjadi aktris keturunan Spanyol pertama yang berhasil meraih Piala Oscar. Terutama, untuk kategori Best Actress in Supporting Role.

Piala itu berhasil dia raih lewat film Vicky Cristina Barcelona (2009) garapan Woody Allen. Selain mengantarkannya meraih Piala Oscar, film tersebut juga bikin Penelope mendapatkan penghargaan dari ajang lainnya. Satu di antaranya adalah dari BAFTA Awards.

2. Pernah Syuting dalam Keadaan Hamil

Pernah Syuting dalam Keadaan Hamil

* sumber: www.gotceleb.com

Bukan hanya Gal Gadot saja yang pernah syuting dalam keadaan hamil. Penelope pun juga melakukan hal yang sama. Bila Gal Gadot melakukannya saat syuting film Wonder Women, maka Penelope melakukannya di Pirates of The Caribbean: On Strager Tide (2011).

Saat itu, dia menjalani syuting film tersebut dalam keadaan hamil 7 bulan. Sayangnya, tidak semua adegan di film itu dia perankan sendiri. Beberapa di antaranya ada yang digantikan oleh sang adik, Monica Cruz.

3. Pengagum Johnny Depp dan Film-Film Bollywood

Pengagum Johnny Depp dan Film-Film Bollywood

* sumber: etcanada.com

Penelope sangat mengagumi sosok aktor Johnny Depp. Maka tak heran, bila aktris kelahiran Madrid ini bersyukur bisa berkolaborasi dengan sang aktor gaek itu beberapa film.

Ada dua film di mana Penelope berkolaborasi dengan Johnny Depp. Blow (2001) dan Pirates of Carribean: On Stranger Tides (2011). Selain mengaggumi Johnny Depp, Penelope juga menyukai film-film Bollywood. Saking sukanya, dia berharap suatu hari nanti bisa bekerja sama dengan sang raja Bollywood, Shah Rukh Khan.

4. Sudah Bertemu Javier Bardem Sejak 1992

Sudah Bertemu Javier Bardem Sejak 1992

* sumber: classicmovietreasures.com

Penelope Cruz resmi menikah dengan aktor Javier Bardem pada 2010 silam. Pernikahan itu berlangsung setelah keduanya berpacaran sejak 2007. Jauh sebelum keduanya pacaran dan menikah, keduanya sudah bertemu pada 1992.

Saat itu, mereka sama-sama bermain di film Jamon Jamon karya Bigas Luna. Saat itu, Penelope masih tergolong remaja. Selain Jamon Jamon, Penelope dan Bardem cukup sering main film bersama.

Vicky Cristina Barcelona dan The Conselor (2018) adalah dua di antaranya. Selain sama-sama berprofesi di bidang akting, Penelope dan Bardem juga punya serial televisi favorit, yaitu Glee.

5. Merambah Dunia Fesyen

Merambah Dunia Fesyen

* sumber: www.thejakartapost.com

Di luar kariernya sebagai aktris, Penelope juga mulai merambah bisnis fesyen. Tak sendirian, dia mengajak sang adik, Monica Cruz, untuk melakoni lini bisnis tersebut.

Penelope dan sang adik memang menyukai dunia fesyen, sehingga mereka ingin sekali bergelut di bidang tersebut. Adapun salah satu hasil karya mereka di ranah bisnis fesyen adalah pakaian Urban dan Evening yang tersedia di rumah mode Mango.

6. Berteman Baik dengan Pedro Almodovar

Berteman Baik dengan Pedro Almodovar

* sumber: www.indiewire.com

Sejauh ini, Penelope telah banyak bekerja sama dengan sejumlah sutradara. Di antara sejumlah sutradara itu, Pedro Almodovar adalah yang paling dekat dengannya.

Pedro sendiri merupakan sutradara yang berjasa terhadap karier Penelope. Sebab, film pertama Penelope bekerja sama dengan Pedro, setelah Pedro memberinya peran di Carne Tremula (1997). Semenjak itu, Penelope dan Pedro terus bekerja sama, serta berteman hingga sekarang.

7. Aktif di Kegiatan Amal dan Sosial

Aktif di Kegiatan Amal dan Sosial

* sumber: firstindia.co.in

Selain akting dan terjun di bidang fesyen, Penelope juga aktif di sejumlah kegiatan amal dan sosial. Kegiatan-kegiatan itu pernah dia lakukan di sejumlah negara. Semisal Nepal, India, dan Uganda.

Kegiatan amal dan sosial Penelope menginspirasinya untuk membuat yayasan amal sendiri. Yayasan itu dia dirikan untuk membantu para gadis tunawisma yang ada di India.

Demi kegiatan amal dan sosial, Penelope tak ragu untuk menyumbangkan honor yang dia dapat. Hal itu dia buktikan saat mengikuti kegiatan amal untuk anak-anak Tibet yang ada di Nepal.

8. Nyaris Tidak Jadi Membacakan Nominasi Piala Oscar 2010

Nyaris Tidak Jadi Membacakan Nominasi Piala Oscar 2010

* sumber: commons.wikimedia.org

Pada 2010 silam, Penelope dipercaya untuk membacakan nominasi Piala Oscar untuk kategori Best Actor in Supporting Role. Saat itu, Penelope nyaris saja tidak jadi membacakan nominasi tersebut, lantaran panitia sulit menghubungi Penelope.

Penelope sendiri telah mengganti nomornya saat insiden itu terjadi. Maka tak heran, bila pihak penyelenggara begitu sulit menghubungi aktris kelahiran Madrid tersebut. Untungnya, Penelope berhasil dihubungi sejam sebelum pembacaan nominasi. Penelope dipilih sebagai pembaca nominasi, lantaran tahun sebelumnya dia berhasil mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Best Actress in Supporting Role.

9. Bersahabat dengan Sejumlah Artis

Bersahabat dengan Sejumlah Artis

* sumber: us.hola.com

Penelope punya sejumlah sahabat di kalangan selebritis. Entah itu selebritis Spanyol maupun non Spanyol. Untuk artis Spanyol, Penelope sangat dekat dengan Antonio Banderas beserta sang istri aktor kawakan tersebut.

Saking dekatnya, Penelope tak sungkan untuk berkunjung ke rumah Banderas, terutama saat dia rindu kampung halamannya ke Spanyol. Adapun artis non Spanyol yang menjadi sahabat dekat Penelope adalah Gwyneth Paltrow dan Salma Hayek.

Di antara keduanya, Salma Hayek merupakan yang paling dekat dengan Penelope. Penelope dan Hayek sendiri tercatat pernah bermain di satu film yang sama. Bandidas (2006) garapan Joachim Ronning dan Espen Sandberg adalah judul film yang dimaksud.

10. Menjadi Vegetarian Semenjak Tampil di All the Pretty Horses

Menjadi Vegetarian Semenjak Tampil di All the Pretty Horses

* sumber: www.peta.org

Pada 2000, Penelope mendapat kesempatan untuk bermain di film bertajuk All the Pretty Horses. Pada film yang diadaptasi novel bertajuk sama itu, Penelope berperan sebagai anak aristokrat bernama Alejandra Villareal.

Film tersebut tak hanya bikin karier Penelope di dunia film naik. Tetapi, juga memengaruhi kehidupan pribadi Penelope. Sejak berakting di film tersebut, Penelope pun memutuskan menjadi vegetarian hingga saat ini.

11. Sepasang Suami Istri yang Meraih Hollywood Walk of Fame

Sepasang Suami Istri yang Meraih Hollywood Walk of Fame

* sumber: www.popsugar.com

Bisa dibilang kalau Penelope dan Javier Bardem adalah salah satu suami istri yang berhasil mendapatkan Hollywood Walk of Fame. Penelope dan Bardem mendapatkan penghargaan itu di waktu terpisah.

Penelope mendapatkannya di tahun 2011, sementara Bardem setahun setelahnya. Penelope sendiri mendapatkan penghargaan tersebut dengan disaksikan langsung oleh aktor idolanya, Johnny Depp.

Spanyol punya banyak aktris berbakat yang berkarier di Hollywood. Satu di antaranya yang tergolong beken adalah Penelope Cruz. Aktris kelahiran Madrid ini sudah membintangi banyak film Hollywood.

Ada sejumlah fakta menarik di balik sosok istri Javier Bardem ini. Sebelas di antaranya bisa kamu lihat di atas. Bagaimana, apakah fakta-fakta itu bikin kamu lebih mengenal aktris kelahiran Madrid ini? Atau, kamu justru punya fakta lain seputar Penelope Cruz? Apapun itu, yuk share ke kami via kolom komentar!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram