bacaterus web banner retina

10 Fakta Peaky Blinders, Serial tentang Gangster Asal Birmingham

Peaky Blinders merupakan serial televisi yang bercerita tentang gangster di Inggris. Serial televisi yang dibuat oleh Steven Knight ini mengikuti cerita tentang geng kriminal dari Kota Birmingham yang bernama Peaky Blinders.

Kisah serial ini bersumber dari cerita geng pemuda perkotaan yang memiliki nama yang sama. Di cerita aslinya, geng ini beroperasi di Birmingham dari tahun 1890-an sampai 1910-an.

Tim produksi berusaha keras membuat setting drama seperti aslinya agar serial drama kriminal ini terlihat berbeda. Mereka harus menciptakan kembali Birmingham era tahun 1920-an, yaitu masa puncak kejayaan industri kota itu.

Masih banyak fakta menarik di balik layar Peaky Blinders yang sama serunya seperti serial dramanya. Mau tahu faktanya? Yuk, simak ulasan fakta Peaky Blinders di sini!

1. Banyak Waktu dan Usaha yang Dicurahkan untuk Potongan Rambut

fakta-peaky-blinders-1_

Tak hanya gaya pakaian juga topi yang disisipi pisau cukur, detail lain yang sangat mencolok dari penampilan gangster Peaky Blinders adalah potongan rambutnya.

Loz Schiavo, penata rambut dan penata rias untuk serial ini mengatakan dalam wawancara kalau dia meninjau banyak foto laki-laki dari awal abad ke-20 untuk memilih potongan yang paling pas.

Potongan rambut yang dipilih merupakan gaya rambut yang biasa dijumpai di kalangan laki-laki. Namun, beberapa aktor, termasuk sang bintang utama Cillian Murphy, berpikir kalau model rambut tersebut tidak akan berhasil. Kenyataannya, potongan rambut ala Peaky Blinders banyak diminati oleh penggemar serial ini sejak mulai tayang.

2. Peaky Blinders Merupakan Geng Sungguhan

fakta-peaky-blinders-2_

Peaky Blinders dalam kenyataannya memang ada. Mereka adalah geng kriminal yang muncul di Kota Birmingham. Namun waktu kemunculan mereka berbeda dengan yang diceritakan dalam serial drama BBC tersebut. Peaky Blinders yang asli, menurut Smithsonian Magazine, sudah jadi geng besar semenjak tahun 1890-an sampai sekitar Perang Dunia I. 

Sebaliknya, Peaky Blinders dalam serial BBC berlatar belakang tahun 1920-an, yakni pasca-Perang Dunia I. Di dunia nyata, geng ini juga bukan dalang kriminal. Mereka lebih seperti preman yang kebanyakan fokus mencuri dari truk-truk daripada mengambil alih pacuan kuda maupun bergabung dengan parlemen. 

Pada 1920-an, mereka kemudian digantikan oleh Birmingham Boys. Yang menjadi bosnya adalah si legendaris Billy Kimber. Dia adalah musuh Thomas Shelby di season pertama dari serial ini. Birmingham Boys kemudian digantikan geng Charles Sabini pada 1930-an. Geng ini muncul pada season dua serial ini. 

Nama keluarga Shelby berasal dari kisah ayahnya. Kepada BBC History Magazine, Steven Knight bercerita bahwa di masa mudanya, ayahnya diberitahu oleh kakeknya untuk menyampaikan pesan kepada paman-pamannya. Mereka itu adalah geng keluarga Sheldon. Ketika itu geng Sheldon adalah bagian dari sisa-sisa terakhir geng Peaky Blinders. 

Dalam drama serial ini, nama Sheldon diganti namanya menjadi Shelbys. Mungkin perubahan nama itu untuk mencegah serangan balasan kepada Steven Knight.

3. Aktor Pemeran Tommy Shelby Tidak Merokok dalam Kenyataannya

fakta-peaky-blinders-3_

Kepala keluarga, Tommy Shelby, selalu terlihat menyisipkan rokok di mulutnya. Bahkan dia tak berhenti merokok di sebagian besar cerita serial ini. Dia merokok ketika merenung sambil membayangkan rencana terbarunya.

Ternyata sang aktor pemeran karakter Tommy Shelby, Cillian Murphy, bukanlah seorang perokok. Karena itu, dia memilih rokok herbal dengan aroma mawar saat syuting. Tidak ada kandungan tembakau maupun nikotin dalam rokok aromatik. Isinya adalah rempah-rempah kering seperti serai, mint, dan kayu manis.

Cillian Murphy pernah meminta bagian properti untuk memperkirakan berapa banyak rokok yang dia hisap selama syuting serial drama itu. Jumlahnya ternyata mencapai lebih dari 3.000 batang, lho!

4. Lokasi Syuting Sebagian Besar Berada di Liverpool

fakta-peaky-blinders-4_

Cerita serial ini memiliki setting di Kota Birmingham dan alur ceritanya berkisah tentang bagaimana geng Peaky Blinder mengendalikan kota tersebut. Namun faktanya, pengambilan gambar serial ini dilakukan di seluruh Inggris.

Beberapa kota yang menjadi lokasi syuting, di antaranya Manchester, Leeds, Dudley, Bradford, Keighley, Bolton, dan sebagian besar pengambilan gambar dilakukan di Liverpool.

Jalan dengan gaya Victoria tempat keluarga Shelby tinggal yang muncul di season pertama sebenarnya adalah Jalan Powis yang menghitam karena jelaga. Jalan ini berada di Liverpool. Para penggemar serial ini bisa menikmati jalan-jalan keliling semua lokasi syuting yang berada di Liverpool serta daerah sekitar Merseyside.

5. Sam Neill Meminta Bantuan Liam Neeson dan Jason Nesbitt untuk Aksennya

fakta-peaky-blinders-5_

Musuh utama Tommy Shelby dalam dua season pertama Peaky Blinders adalah Inspektur Campbell. Dia merupakan seorang kepala polisi dari Belfast yang dikenal kejam jika sudah berurusan dengan penjahat kecil dan gangster.

Inspektur Campbell adalah seorang laki-laki yang tidak punya belas kasihan dan memiliki moralitas yang meragukan. Karakter ini diperankan oleh Sam Neill.

Sam Neill asalnya dari Selandia Baru, tapi keluarganya adalah keturunan pedagang yang berasal dari Irlandia Utara. Dalam serial ini dia harus berbicara dalam aksen Belfast yang sebenarnya dan tidak “medok” sehingga dia dapat dipahami oleh para penonton Amerika.

Untuk menyempurnakan aksennya, dia pun meminta bantuan teman-temannya, seperti Liam Neeson dan Jason Nesbitt.

6. Pencipta Peaky Blinders adalah Anak Pandai Besi dari Birmingham

fakta-peaky-blinders-6_

Pada dasarnya Steven Knight sudah meneliti tentang Peaky Blinders sepanjang hidupnya. Ayah Steven adalah seorang pandai besi tapal kuda di pedesaan yang bernama George Knight.

Dia kemudian membawa pindah keluarganya ke Small Heath yang terletak di tenggara Birmingham. Di kota itu ayah Steven dibesarkan sebagai anak seorang tukang perahu di kanal. 

Terlahir dari kelas pekerja, George dan saudara-saudaranya pun bekerja di pabrik mobil lokal. Namun akhirnya dia bisa membeli peralatan bengkel dan mulai lagi memasang sepatu kuda.

Ayahnya membawa Steven saat bekerja. Rupanya di tempat yang sering dikunjungi Steven dan ayahnya terdapat kandang kuda dan tempat pembuangan sampah. 

Di sanalah Steven melihat dunia Peaky Blinders. Steven mendengarkan para gangster itu berbicara saat ayahnya memasang sepatu kuda. Itulah memori terakhir dari Kota Birmingham yang dia masukkan dalam serial Peaky Blinders.

Karakter Charlie Strong merupakan paman Steven di dunia nyata yang dia hidupkan dalam serial tersebut. Charlie jadi tangan kanan Tom Shelby.

7. Peaky Blinders yang Asli Tidak Memasang Pisau Cukur di Topi Mereka

fakta-peaky-blinders-7_

Menurut rumor, nama Peaky Blinder didapatkan karena anggota geng ini menyembunyikan pisau cukur di ujung topi mereka. Alat ini mereka gunakan untuk menyayat siapa pun yang membuat mereka marah.

Selain itu, menurut kabar, jika geng ini ingin melakukan perbuatan yang menghancurkan lawannya, mereka akan menanduk orang itu sehingga dia menjadi buta.

Namun rumor ini tidak terbukti karena Peaky Blinders yang asli bahkan tidak mampu untuk membeli barang mewah seperti pisau cukur. Menurut para sejarawan, kata ‘Peaky’ asalnya dari istilah slang untuk gaya topi yang mereka gunakan. Sementara ‘Blinders’ merupakan istilah slang lain untuk menggambarkan orang dengan penampilan necis.

8. Billy Kimber dan Darby Sabini di Dunia Nyatanya Memang Gangster 

fakta-peaky-blinders-8_

Karakter Tommy Shelby mungkin tokoh fiksi, tapi karakter Billy Kimber dan Darby Sabini adalah karakter yang benar-benar ada di dunia nyatanya. Billy Kimber merupakan seorang bandar taruhan pacuan kuda di Inggris. Billy Kimber sukses mewujudkan impian Tommy untuk mati sebagai pengusaha yang sah. 

Meski demikian, kematiannya bukan di tangan Shelby seperti dalam serial dramanya. Dia meninggal di panti jompo yang berada di Torquay pada usia 63. Sementara itu, Sabini merupakan salah satu saingan dari Billy Kimber. Dia juga menjadi inspirasi untuk Colleoni yang muncul dalam novel karya Graham Greene yang berjudul Brighton Rock.

9. John Shelby dan Michael Gray Bersaudara

fakta-peaky-blinders-9_

Keluarga Shelby diceritakan memiliki ikatan yang erat. Anggotanya setia bersama melalui suka dan duka. Namun siapa sangka kalau beberapa aktor yang berperan sebagai anggota keluarga Shelby ternyata memiliki ikatan keluarga dalam kehidupan nyata.

Pemeran karakter John Shelby, Joe Cole, ternyata memiliki hubungan keluarga dengan Finn Cole, yang berperan sebagai Michael Gray.

Keduanya sempat membintangi film Offender sebelum Joe Cole terlibat dalam Peaky Blinders sebagai John Shelby. Saudara laki-lakinya, Finn, kemudian bergabung dengan serial tersebut beberapa tahun selanjutnya. 

Dalam cerita, mereka dikisahkan sebagai sepupu yang tampak tidak mempercayai satu sama lain. Inilah yang membuat akting keduanya terlihat mengesankan karena dalam kenyataannya kedua aktor tumbuh bersama sepanjang hidupnya.

10. Oswald Mosley Adalah Tokoh Nyata 

fakta-peaky-blinders-10_

Beberapa karakter di Peaky Blinders adalah orang yang ada di dunia nyata. Di awal season pertama, muncul Winston Churchill sebagai cameo. Namun tentu saja ini hanya artis yang memerankan Winston Churchill.

Selain itu ada juga Charlie Chaplin dan ada juga cerita sejarah seperti kebangkitan The Irish Republican Army (IRA) juga komunisme yang muncul dalam alur cerita. Cerita mengenai kehancuran pasar saham Amerika membuat guncangan di season lima juga merupakan kejadian nyata.

Namun, ada salah satu karakter di Peaky Blinders yang mungkin memiliki dampak besar pada dunia dengan cara yang mungkin tidak kamu bayangkan. Karakter itu adalah Oswald Mosley.

Pada season lima terdapat kisah Oswald Mosley, seorang anggota parlemen Inggris yang memiliki paham politik fasisme. Saat itu karier-nya sedang menanjak. Dia merupakan pemimpin British Union of Fascists

Kemunculan fasis juga menjadi penanda munculnya Nazi. Oswald Mosley juga menganjurkan supaya Afrika dibagi jadi wilayah orang kulit hitam dan orang kulit putih. Dia juga merupakan pelopor kunci penyangkalan Holocaust.

Di season lima, Tommy Shelby berhadapan dengan Oswald karena Tommy melihat Oswald memiliki pemikiran yang salah.

Dalam pidatonya Oswald mengatakan agar masyarakat tidak percaya pada berita bohong. Dia mengatakan media berbohong dan orang asing mengambil sesuatu dari mereka.

Meski kehadiran Oswald adalah berita buruk bagi dunia, tapi bagi Steven adalah berita bagus karena dia bisa menceritakannya lagi dalam bentuk serial drama. 

Serial drama Peaky Blinders terbukti sukses membawakan cerita gangster hingga bisa tayang sampai season enam. Ceritanya memadukan fiksi dengan beberapa fakta sejarah yang bisa ditelusuri kebenarannya.

Apakah fakta Peaky Blinders yang diulas di atas membuatmu tertarik untuk menonton serial drama tersebut? Bagi penyuka drama yang berlatar sejarah dan dunia gangster, Peaky Blinders tidak boleh dilewatkan.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram