bacaterus web banner retina

10 Fakta Paul Dano, Pemeran The Riddler di Film The Batman

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 19 Juni 2021

Trailer film The Batman (2021) telah resmi dirilis. Di film itu, kita akan menyaksikan bagaimana Robert Pattinson memerankan sosok seorang Batman. Di film itu, Pattinson tak akan berakting sendiri.

Ada sejumlah aktor yang akan beradu akting dengannya. Salah satunya adalah Paul Dano. Aktor bernama lengkap Paul Franklin Dano ini akan memerakan The Riddler. Sosok antagonis yang sering memberikan teka-teki menjebak dan tak terduga.

Paul Dano sendiri merupakan aktor yang berbakat, namun agak underrated. Ada sejumlah fakta menarik yang dimiliki aktor kelahiran New York ini. Apa saja fakta-fakta tersebut?

1. Berawal dari Broadway

Berawal dari Broadway

Sebelum menjadi aktor layar lebar, Dano mengawali karier keaktingannya lewat teater broadway. Dano sendiri sudah mengikuti komunitas teater broadway sejak usianya 10 tahun.

Adapun debut aktingnya di ranah teater broadway sendiri terjadi saat umurnya menginjak 12 tahun. Saat itu, dia bermain di drama teater broadway bertajuk Inherit the Wind arahan John Tillinger.

2. Berlanjut ke Serial TV

Berlanjut ke Serial TV

Sukses bermain di teater broadway, Dano pun mulai bermain di beberapa serial TV. Walaupun, sebagian besar peran yang dia mainkan merupakan peran-peran yang minor.

Serial TV pertama yang Dano bintangi adalah Smart Guy yang bergenre komedi situasi. Di tahun 2002, Dano kembali bermain di sebuah serial TV bertajuk The Sopranos. Saat itu, dia tampil sebagai Patrick Whalen yang muncul di season 4 serial TV tersebut.

3. Awal Karier di Dunia Film

Awal Karier di Dunia Film

* sumber: www.imdb.com

Semasa menjalani masa-masa awal berkarier di ranah serial TV, Dano pun juga menjalani debut perdananya di dunia film. Adapun film pertama yang dia bintangi saat itu adalah The Newcomers.

Di film garapan James Allen Bradley itu, Dano memerankan tokoh minor bernama Joel. Selepas film perdananya itu, Dano tampil di sejumlah film dengan peran-peran minor yang dia mainkan.

Dano pun akhirnya berhasil mencuri perhatian pecinta film pada 2006. Di tahun itu, dia bermain di film Little Miss Sunshine sebagai Dwayne Hoover. Seorang remaja pecinta buku-buku Nietzsche yang melakukan aksi bisu kepada kedua orang tuanya, hingga keduanya mengizinkan Dwayne menjadi seorang pilot pesawat tempur.

4. Menjadi Eli Sunday dengan Persiapan yang Minim

Menjadi Eli Sunday dengan Persiapan yang Minim

Selepas Little Miss Sunshine, Dano pun terus aktif bermain di sejumlah film. Satu di antaranya yang paling memorable adalah film There Will Be Blood garapan Paul Thomas Anderson.

Di film itu, pasangan dari Zoe Kazan ini memerankan sepasang saudara kembar bernama Paul dan Eli Sunday. Ada satu fakta menarik dari kedua peran yang dimainkan Dano itu.

Pada mulanya, Paul Dano sebetulnya hanya memerankan toko Paul Sunday saja. Adapun tokoh Eli Sunday saat itu sudah diperankan oleh Kel O’Neill. Nahas, Kel justru mengundurkan diri di tengah-tengah proses syuting lantaran terintimidasi oleh akting lawan mainnya saat itu, Daniel Day-Lewis.

Sebagai gantinya, Paul Dano pun ditunjuk sebagai pemeran Eli Sunday yang baru. Untuk memerankan tokoh tersebut, Dano diberikan waktu persiapan yang sangat minim oleh sang sutradara. Hanya selama empat hari saja.

Walau hanya dengan waktu persiapan yang minim, Dano tetap berhasil memerankan Eli Sunday secara apik. Hasilnya, dia pun diganjar nominasi di ajang penghargaan BAFTA.

5. Pernah Berakting Bareng Sang Kekasih

Pernah Berakting Bareng Sang Kekasih

* sumber: www.thestar.com

Saat ini, Paul Dano sudah memiliki sang kekasih bernama Zoe Kazan. Keduanya sudah tinggal bersama sejak 2007, serta sudah memiliki seorang putri. Keduanya sendiri pernah berakting bersama dalam sebuah film bertajuk Ruby Spark.

Di film sepanjang 104 menit itu, Paul Dano berperan sebagai Calvin Weir-Fields. Seorang penulis muda yang sedang terkena writer’s block semenjak berhasil merilis buku pertamanya.

Sedangkan Zoe Kazan berperan sebagai Ruby Tiffany Sparks. Sosok perempuan yang kelak menginspirasi Calvin untuk menulis buku terbarunya. Tak hanya berakting sebagai Ruby, Zoe Kazan juga ikut andil dalam penulisan naskah film Ruby Sparks.

6. Pernah Menjadi Sutradara

Pernah Menjadi Sutradara

* sumber: www.indiewire.com

Selain menjadi aktor, Paul Dano juga pernah menjadi sutradara sebuah film. Adapun film yang pernah dia sutradarai adalah Wildlife yang dirilis pada 2018 silam.

Tak hanya menjadi sutradara, Dano juga menjadi produser sekaligus penulis naskah untuk film tersebut. Untuk lini penulisan naskah, Dano dibantu oleh partner hidupnya, Zoe Kazan.

Wildlife sendiri merupakan film yang diadaptasi dari novel berjudul sama. Film berlatar 1960-an ini merupakan satu-satunya film yang disutradarai Dano sejauh ini.

7. Vokalis Sekaligus Gitaris di Mook

Vokalis Sekaligus Gitaris di Mook

* sumber: www.last.fm

Karier Paul Dano rupanya tak sebatas di dunia film semata. Pria kelahiran 1984 ini juga melebarkan kariernya di ranah musik. Dunia yang dia cintai selain dunia film.

Dia beserta beberapa temannya telah membentuk band bernama Mook. Di grup musik yang berbasis di New York itu, Dano berperan sebagai vokalis sekaligus gitaris.

Mook sendiri memiliki warna musik yang unik. Di hampir tiap lagunya, selalu terdengar unsur jazz yang melebur bersama genre musik lainnya. Seperti ska, triphop, dan alternative rock. Adapun beberapa lagu andalan grup musik ini adalah She Sing, Darkling, Hooded Hawks, dan Broken Bee (Light Me).

8. Pernah Memerankan Sosok Brian Wilson

Pernah Memerankan Sosok Brian Wilson

* sumber: www.rollingstone.com

Ada beberapa aktor yang dipercaya memerankan tokoh musisi dunia. Mulai dari Joquin Phoenix yang berperan sebagai Johnny Clash, hingga Rami Malek yang dipercaya memerankan toko Freddy Mercury.

Hal itu juga berlaku kepada Paul Dano. Di tahun 2014, dia dipercaya memerankan Brian Wilson versi muda di film Love & Mercy. Love & Mercy sendiri merupakan film biopik yang mengisahkan kehidupan Brian Wilson. Musisi sekaligus personel Beach Boy. Dano mampu memerankan Brian Wilson versi muda dengan apik. Penampilannya pun dipuji langsung oleh sang musisi, Brian Wilson.

9. Pernah Bermain di Film Bong Joon-Ho

Pernah Bermain di Film Bong Joon-Ho

* sumber: www.thesun.co.uk

Sejauh ini, Dano sudah bekerja sama dengan berbagai sutradara. Salah satu sutradara yang pernah bekerja sama dengannya adalah Bong Joon-Ho. Sutradara yang berhasil memenangkan banyak piala Oscar lewat film Parasite.

Keduanya bekerja sama di film Okja (2017). Sebuah film yang berkisah tentang seorang gadis yang memelihara babi super hasil rekayasa genetika. Di film itu, Dano beradu peran bersama sejumlah aktor, baik dari Korea maupun Barat. Seperti Ahn Seo-hyun dan Tilda Swinton.

10. Menggantikan Jonah Hill di Film The Batman (2021)

Menggantikan Jonah Hill di Film The Batman (2021)

* sumber: www.highsnobiety.com

Sebetulnya, Dano bukanlah kandidat utama pemeran The Riddler di film Batman terbaru. Tokoh antagonis itu awalnya akan diperankan oleh Jonah Hill. Aktor komedi yang namanya melambung lewat film The Wolf of Wall Street (2013).

Sayangnya, Jonah Hill tak jadi memerankan peran itu, lantaran tidak adanya kesepakatan antara dia dan pihak Warner Bros. Akhirnya, peran The Riddler pun jatuh ke tangan Paul Dano.

Banyak pihak menyambut baik pemilihan Dano sebagai pemeran The Riddler. Apalagi, Dano sudah terbiasa berperan sebagai tokoh antagonis di beberapa film. Semisal There Will Be Blood (2007) dan 12 Years a Slave (2013).

Demikianlah sejumlah fakta dari Paul Dano. Aktor pemeran The Riddler di film Batman terbaru nanti. Semoga bisa membuatmu lebih mengenal aktor yang tergolong underrated ini.

Artikel Terkait :
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram