Bacaterus / AKB48 / 10 Fakta Nogizaka46, Rival AKB48 yang Tidak Kalah Keren

10 Fakta Nogizaka46, Rival AKB48 yang Tidak Kalah Keren

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setelah sukses menerbitkan sejumlah grup 48 di industri hiburan Jepang. Yasushi Akimoto pun kembali memberi kejutan bagi para penggemar dengan membentuk grup idol wanita lainnya yang bernama Nogizaka46. Nogizaka46 sendiri adalah grup yang diklaim sebagai rival resmi dari AKB48. Grup ini secara resmi dibentuk pada tahun 2011.

Nah, jika grup 48 memiliki konsep yang hampir mirip satu dengan yang lain, maka bagaimana dengan grup 46? So, biar kamu tidak penasaran dengan hal tersebut. Kali ini Bacaterus akan mengulas 10 Fakta menarik Nogizaka46, rival AKB48 yang tidak kalah keren. Seperti apa itu? Berikut adalah ulasannya.

1. Rival Utama AKB48

Rival Utama AKB48

* sumber: tokyogirlsupdate.com

Meskipun dinyatakan sebagai rival resmi AKB48, namun pada kenyataannya keduanya merupakan sister group yang bernaung di bawah kepemimpinan Yasushi Akimoto. Kehadiran Nogizaka46 sendiri membawa kabar yang cukup menyegarkan bagi para penggemar.

Nogizaka46 sendiri pertama kali dipertemukan dengan pesaingnya, yaitu AKB48 di sebuah program Music Japan yang disiarkan oleh NHK General Television pada tanggal 19 Februari 2012.

Dalam program tersebut Nogizaka46 pun berkesempatan membawa sebuah single debutnya yang berjudul “Guru Guru Curtain”. “Guru Guru Curtain” sendiri sempat bercokol di posisi ke-2 di tangga lagu mingguan Oricon.

2. Diperkenalkan pada Tahun 2011

Diperkenalkan pada Tahun 2011

* sumber: www.kazelyrics.com

Sebelum tampil satu panggung dengan rivalnya di tahun 2012 silam. Nogizaka46 sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 oleh Yasushi Akimoto sebagai rival utama dari grup AKB48. Nama Nogizaka sendiri merupakan lokasi tempat audisi terakhir untuk grup tersebut.

Meskipun sekilas tidak adanya perbedaan dengan grup-grup sebelumnya, namun Nogizaka46 diketahui memiliki beberapa perbedaan mulai dari jumlah member, kostum hingga pertunjukan teaternya.

3. Memiliki Program Televisi Sendiri

Memiliki Program Televisi Sendiri

* sumber: japanesestation.com

Meskipun terbilang grup baru, namun Nogizaka46 sendiri diketahui telah memiliki program televisi tersendiri, yaitu “Nogizakatte Doko?” yang ditayangkan di enam stasiun jaringan televisi Tokyo. Nah, karena program televisi tersebut, popularitas dari Nogizaka46 pun semakin hari semakin meningkat di industri hiburan Jepang.

Nogizakatte Doko?” sendiri mulai tayang perdana pada tanggal 2 Oktober 2011 silam. Acara ini digarap oleh sebuah rumah produksi bernama Aichi Television Broadcasting.

4. Populer Berkat Lagu “Ima, Hanashitai Dareka ga Iru

Populer Berkat Lagu Ima, Hanashitai Dareka ga Iru

* sumber: todayidol.com

Popularitas Nogizaka46 semakin melesat kala membawakan lagu berjudul “Ima, Hanashitai Dareka ga Iru“, yang merupakan sebuah soundtrack anime berjudul “The Anthem of the Heart”. Single lagu tersebut berhasil menempatkan posisi Nogizaka46 di puncak tangga lagu mingguan Oricon

Penjualan untuk single lagu itu sendiri terbilang cukup sukses, dimana di Minggu pertama penjualnnya mencapai 626.905 kopi. Sementara untuk penjualan totalnya sendiri mencapai 739.242 kopi dan menjadi salah satu single yang cukup laris di pasaran.

5. Merilis 4 Album Studio

Merilis 4 Album Studio

* sumber: todayidol.com

Prestasi yang diraih oleh Nogizaka46 memang tidak kalah dengan rivalnya AKB48. Nogizaka46 sendiri diketahui sukses merilis beberapa single lagu di posisi puncak tangga lagu mingguan Oricon dengan penjualan masing-masing lagu hampir di atas seratus ribu keping.

Sementara untuk single lagu dengan penjualan terbanyak sendiri diraih oleh lagu “Harujion ga Sakukoro” dengan total penjualan sekitar 749.706 pada Minggu pertama dan total penjualan keseluruhan mencapai 823.178.

Sejauh ini, Nogzaka46 sendiri diketahui telah merilis 4 album studio yang masing-masing berjudul  Tomena Iro pada 2015, Sorezore no Isu pada 2016, Umarete Kara Hajimete Mita Yume pada 2017, dan Ima ga Omoide ni Naru made pada 2019.

6. Meraih Banyak Penghargaan

Meraih Banyak Penghargaan

* sumber: oshimen.wordpress.com

Selain penjualan single dan album yang cukup fantastis, kesuksesan Nogizaka46 sendiri ditandai dengan banyaknya memenangkan penghargaan di ajang penghargaan bergengsi untuk sejumlah kategori mulai dari New Artis of the Year dan Beat Five Single di ajang Japan Goldish Award.

Selain itu juga berhasil memenangkan Gran Prix dan Excellent Music Award di ajang 50th Japan Cable Awards. Kerja keras yang dilakukan oleh para member untuk bisa mencapai posisinya tersebut memang patut diacungi jempol.

7. Tidak Memiliki Teater Tetap

Tidak Memiliki Teater Tetap

* sumber: repsychoo.wordpress.com

Jika Grup 48 dikenal memiliki teater tersendiri untuk melakukan setiap pertunjukan, maka berbeda dengan Nogizaka46 yang diketahui tidak memiliki teater tetap. Grup asuhan Akimoto ini diketahui kerap berpindah-pindah dari satu teater ke teater lain untuk setiap pertunjukan. Selain itu konsep panggung yang dihadirkan oleh grup 46 memang berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain.

AKB48 sendiri dikenal memiliki beragam jenis aliran musik, sementara Nogizaka46 cenderung pada aliran Pop Balada. Meskipun demikian, Nogizaka46 sendiri kerap memukau para penggemar dengan setiap aksinya di atas panggung.

8. Pembuka Konser “Set List 100 2012”

Pembuka Konser Set List 100 2012

* sumber: hipwallpaper.com

Meskipun disebut sebagai rival utama grup AKB48, namun kedua grup tersebut memang kerap mendukung satu sama lain. Nah, salah satunya dapat dilihat ketika Nogizaka46 ikut terlibat dalam konser 100 lagu pilihan penggemar AKB48 Request Hour bertajuk “Set List 100 2012”.

Meskipun kehadiran Nogizaka46 sendiri dianggap sebagai sesuatu yang aneh oleh sebagian penggemar, mengingat keduanya dikenal sebagai pesaing. Namun demikian, hal tersebut memang bukan sesuatu yang penting mengingat keduanya sendiri merupakan bagian dari bisnis Yasushi Akimoto.

9. Bermain Film Horor

Bermain Film Horor

* sumber: wallup.net

Selain kerap membius penonton dengan setiap aksi panggungnya, Nogizaka46 juga berhasil mencuri perhatian penonton karena keterlibatan tiga member dari Nogizaka46, yaitu Ami NojoKana Nakada dan Nene Ito dalam sebuah proyek film bertema horor.

Ketiga film tersebut diketahui telah diputar berturut-turut di bioskop. Nah, para member Nogizaka46 sendiri mengaku cukup menikmati dan senang bisa ikut terlibat di dalam sebuah proyek film horor. Keterlibatan para member dalam film tersebut diketahui merupakan kali pertama bagi mereka.

10. Merilis Buku

Merilis Buku

Setelah sekian lama menghibur para penggemar. Di Anniversary ke-9, Nogizaka46 sendiri diketahui telah merilis sebuah buku berjudul “Nikkei Entertainment! Nogizaka46 Spesial 2020”. Buku tersebut merupakan bentuk persembahan dari Nogizaka46 bagi para penggemar yang telah setia menemani perjalanan panjang grup tersebut dalam kurun waktu 9 tahun.

Bukunya sendiri berisikan beberapa isu terkait grup, wawancara, hingga menampilkan 220 foto dari 46 member aktif dari generasi ke-1 sampai ke-4 yang belum sempat dirilis ke publik. Buku itu sendiri diketahui telah dirilis pada September 2020. Dirilisnya buku tersebut pun menjadi hal yang cukup menyenangkan bagi para penggemar.

Demikianlah 10 fakta menarik Nogizaka46, rival AKB48 yang tidak kalah keren. Kesuksesan yang telah mereka raih merupakan hasil kerja keras serta dukungan dari para penggemar. Nah, kamu tentu mengetahui hal lain dari grup satu ini. Jika ada, maka kamu bisa memberi tahu tim Bacaterus dengan menulis di kolom komentar! Kami tunggu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *