bacaterus web banner retina

10 Fakta NMB48 yang Meramaikan Industri Hiburan Negeri Sakura

NMB48 adalah salah satu sister group AKB48 yang berbasis di Namba, Osaka. Grup idol wanita ini didirikan pada tahun 2010. NMB48 sendiri merujuk pada kata Namba, yaitu pusat kota yang berada di kawasan Minami, Osaka. Kehadiran NMB48 memang menambah semarak industri hiburan Jepang.

Sejak kemunculannya, grup ini telah banyak menunjukan prestasi yang tidak kalah dengan sister grupnya yang lain. Nah, jika kamu seorang penggemar musik J-Pop, kamu wajib mengetahui fakta menarik tentang NMB48 yang akan Bacaterus bahas di bawah. Fakta menarik apa yang ada pada grup idol wanita satu ini? Berikut adalah ulasannya!

1. Debut Singel NMB48, "Zetsumetsu Kurokami Shojo"

Debut Singel NMB48, Zetsumetsu Kurokami Shojo

* sumber: www.kazelyrics.com

Popularitas yang diraih AKB48 di industri hiburan Jepang memang cukup besar. Kesuksesan grup tersebut pun menular pada sister group-nya yang lain. Salah satunya pada grup NMB48. NBM48 adalah sister group ke dua dari AKB48.

Grup ini pertama kali diperkenalkan pada penggemar di konser AKB48 Tokyo Aki Masturi yang dilaksanakan di Taman Kasai Rinkai bersamaan dengan dibukanya situs resmi NMB48. Setelah sering mengikuti berbagai acara televisi bersama sister group-nya AKB48. NMB48 pun kemudian mengeluarkan single lagu berjudul "Zetsumetsu Kurokami Shojo" sebagai penanda debut mereka di industri musik.

2. Pertunjukan Pertama Bertajuk "Dareka no Tame ni"

NMB48

* sumber: convenience93.livejournal.com

Sama seperti kedua sister group-nya yang lain, yaitu AKB48 dan SKE48. NMB48 juga memiliki pertunjukan teater mereka sendiri. Bila sebelumnya NMB48 kerap berkolaborasi dengan kedua sister grupnya saat tampil.

Pada tanggal 1 Januari 2011, NMB48 pun mulai melakukan pertunjukan pertamanya. Nah, pertunjukannya sendiri dilaksanakan di teater NMB48 yang berada di Basemen 1 Gedung Yes-Namba, yang sebelumnya sering dipakai oleh komedian junior, Yoshimoto. Pertunjukan pertamanya tersebut bertajuk “Dareka no Tame ni".

3. Single Lagu Jadi Peringkat Pertama Berturut-turut

Single Lagu Jadi Peringkat Pertama Berturut-turut

* sumber: yurigoggles.com

Kehadiran NMB48 memang menarik perhatian penggemar tidak hanya yang ada di Jepang tapi juga di mancanegara. Sama seperti sister group-nya yang lain, NMB48 juga diketahui telah berhasil menunjukkan prestasinya dengan berbagai pencapaian. Salah satunya adalah berhasil meraih peringkat posisi pertama untuk single lagu di tangga lagu mingguan Oricon.

NMB48 diketahui berhasil meraih posisi pertama untuk setiap single lagu yang dikeluarkannya berturut-turut sebanyak 3 kali. Hingga grup tersebut pun mendapat predikat sebagai grup wanita dengan debut single terlaris sepanjang sejarah Oricon.

4. Menampilkan Durian dalam Video Klipnya

Menampilkan Durian dalam Video Klipnya

* sumber: sukidesuost.info

Durian adalah jenis buah tropis yang banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara. Durian memiliki karakteristik fisik yang khas, yaitu kulit buahnya yang keras dan berduri tajam. Masyarakat dunia sendiri kerap menyebut buah ini sebagai King of Fruit. Baunya yang menyengat memang sangat mengganggu.

Meskipun demikian, banyak juga yang suka karena memiliki rasa yang enak dan juga unik. Nah, dalam salah satu single lagu NMB48 terdapat lagu berjudul "Durian Shounen" yang terinspirasi dari buah tersebut. Uniknya, diantara semua member NMB48, hanya satu member yang akhirnya berani mencicipi buah tersebut, yaitu Ririko Suto, yang tak lain center untuk lagu tersebut.

5. Merilis Buku Panduan NMB48

Merilis Buku Panduan NMB48

* sumber: akbingo48.blogspot.com

Pada tanggal 2 Maret 2012, NMB48 pun merilis buku panduan resmi bagi para penggemar yang ingin mengenal lebih jauh setiap membernya. Buku berjudul "NMB48 Complete Book" diterbitkan oleh Kobunsha.

Buku itu sendiri berisi hal-hal yang cukup menarik mulai dari foto gravure dari Anggota-Kami, yaitu Yamamoto Sayaka, Yamada Nana, Watanabe Miyuki. Selain itu berisi pengenalan anggota Tim N dan Generasi Kedua, wawancara Yamamoto Sayaka, sejarah dan foto NMB48, kuisioner dengan anggota, hingga stiker khusus dan juga poster yang ditanda tangani oleh setiap member.

6. Memiliki 3 Kennin

Memiliki 3 Kennin

* sumber: www.hello-online.org

Sebagai penggemar NMB48, kamu juga wajib mengenal beberapa istilah yang sering digunakan terkait grup. Salah satunya istilah "Kennin". Kennin sendiri sering digunakan untuk menyebut member yang memiliki posisi double di dalam grup 48.

Nah, NMB48 sendiri memiliki 3 Kennin, yaitu Miyuki Watanabe yang diketahui salah satu member dari generasi pertama. Miyuki sendiri adalah member NMB48, Tim N dan Tim B di AKB48, kemudian ada Miori Ichikawa yang menjadi member NMB48, Tim N dan Tim B di AKB48, dan terakhir adalah Fuuko Yagura yang menjadi member NMB48, Tim M dan Tim A di AKB48.

7. Merilis 2 Album

Merilis 2 Album

* sumber: www.billboard.com

NMB48 diketahui telah merilis dua album yang juga sukses menarik perhatian penggemar. Album pertama berjudul "Teppen Tottande!". Album tersebut rilis pada 27 Februari 2013 dan telah berhasil menempati posisi 1 di tangga lagu Oricon dengan penjualan album mencapai 328.436 kopi pada Minggu pertama.


Sementara album kedua yang berjudul “Ibiza Girl” dirilis pada tahun 2014. Sampai saat ini belum diketahui pasti berapa total penjualan pada Minggu pertama serta keseluruhan untuk single album keduanya tersebut.

8. Bernaung di Manajemen Kyoraku Yoshimoto

Bernaung di Manajemen Kyoraku Yoshimoto

* sumber: www.last.fm

NMB48 adalah salah satu grup idol yang tidak ditangani langsung oleh Akimoto Yasushi. Akimoto sendiri diketahui telah mentransfer Bisnis NMB48 ke perusahaan Kyoraku Yoshimoto Holdings. Perpindahan manajemen sendiri memang telah berlangsung beberapa kali.

Pada awalnya NMB48 ditangani oleh Kyoraku. Namun, pada tahun 2016 silam. Kyoraku kemudian memindahkannya bisnis NMB48 ke manajemen Akimoto Yasushi. Dan pada tahun 2019 lalu, NMB48 pun secara resmi berada di bawah manajemen Kyoraku Yoshimoto.

9. Memiliki 3 Sub Unit

Memiliki 3 Sub Unit

* sumber: hoshidoru48.blogspot.com

Nah, selain memecah dalam beberapa tim untuk pertunjukannya, NMB48 juga diketahui memiliki 3 sub unit diantaranya Danceable yang beranggotakan enam member dan berhasil merilis album berjudul "Bokou e Kaere" dengan single lagu "Yasashisa no Inazuma". Kemudian ada Lapis Arch yang terdiri dari dua member, dan Queentet yang terdiri dari lima personil.

Queentet sendiri diketahui sub unit pertama yang telah merilis tiga album berjudul "Warota People" dengan single lagu "Which one", album "Tokonoma Seize Musume" dengan single lagu "Amai Mousou" dan album "Bokou e Kaere" dengan single lagu "Boku Dake no Kimi de Ite Hoshii".

10. Merilis Film Dokumenter

Merilis Film Dokumenter

* sumber: jidai2005.cocolog-nifty.com

NMB48 diketahui telah merilis film dokumenter pertama mereka yang diberi judul “Doutonburyo, Nakasete kure! DOCUMENTARY of NMB48” pada tahun 2016 silam. Film tersebut berisikan kisah perjalanan grup hingga akhirnya dikenal luas oleh masyarakat.

Nah, film dokumenter yang disutradarai oleh Atsushi Funahashi sendiri menjadikan Rino Sashihara sebagai model dalam poster film dokumenter tersebut. Jika kamu penggemar berat grup satu ini, maka sudah pasti wajib untuk menonton film perjalanan karier dari grup idol Jepang wanita populer ini.

Demikianlah 10 fakta menarik NMB48 yang harus diketahui fansnya. Keberadaan saudari kembar AKB48 ini memang telah berhasil menggebrak pentas seni yang ada di Jepang dan juga mancanegara. Diantara kamu pasti ada yang mengetahui hal-hal menarik tentang grup ini. Jika ada, kamu bisa share hal tersebut di kolom komentar yang telah tim Bacaterus sediakan di bawah!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram