Inilah 7 Fakta Menarik di Balik Film Ngeri-Ngeri Sedap (2022)

Ditulis oleh Suci Maharani R

Ngeri-Ngeri Sedap (2022) memang pantas disebut sebagai kuda hitam di industri perfilman Indonesia. Hadir di tengah-tengah gempuran film horor, film yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk ini berhasil meraih hingga 2,8 juta penonton.

Banyak orang yang memuji film ini sebagai salah satu film yang sangat peka dengan kearifan lokal, salah satunya budaya masyarakat di Sumatera Utara. Berkat hal ini juga, Ngeri-Ngeri Sedap (2022) sampai dipromosikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Tak hanya itu, film yang dibintangi oleh jajaran komika Indonesia ini terpilih sebagai perwakilan Indonesia di Piala Oscar tahun 2023. Berbagai prestasi yang berhasil ditorehkan film satu ini, memang diluar ekspektasi banyak orang lho.

Selain beberapa fakta tadi, sebenarnya ada beberapa hal menarik lainnya mengenai film Ngeri-Ngeri Sedap (2022). Mau tahu ada fakta apa saja? Biar nggak ketinggalan infonya, kamu bisa mencari tahunya hanya di Bacaterus.

1. Dipromosikan oleh Menteri

Dipromosikan oleh Menteri

Sejak penayangan perdananya, Ngeri-Ngeri Sedap (2022) memang berhasil mengambil perhatian banyak orang. Salah satu orang yang terpana saat menonton film ini adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yaitu Sandiaga Salahuddin Uno.

Sebagai produk kreatif yang mendukung kebangkitan ekonomi nasional pasca Indonesia mengalami pandemi ini memang terasa sangat spesial. Alasannya, karena film garapan Bene Dion Rajagukguk ini mengadaptasi adat khas Sumatera Utara dengan sangat baik.

Secara personal, Sandiaga mengaku sangat tersentuh dengan cerita yang diadaptasi dalam film ini. Karena gabungan dari komedi dan nilai-nilai kekeluargaannya, terasa sangat menyentuh dan memiliki kaitan yang erat dengan kehidupan banyak orang.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini juga merekomendasikan Ngeri-Ngeri Sedap (2022) dalam perhelatan Konferensi Ketiga Ekonomi Kreatif Dunia Tahun 2022.

Ia berharap film ini akan menjadi kebangkitan dari industri kreatif di Indonesia pasca Covid-19. Ia juga berharap, kedepannya akan ada lebih banyak lagi film yang mengusung tema budaya dan nilai-nilai kehidupan masyarakat Indonesia.

2. Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2023

 Jadi Wakil Indonesia di Piala Oscar 2023

Tidak bisa dipungkiri lagi, Ngeri-Ngeri Sedap (2022) bisa dikatakan sebagai film terbaik yang pernah digarap oleh Bene Dion Rajagukguk. Alasannya, karena film buatannya ini berhasil terpilih sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang Piala Oscar tahun 2023.

Tentu saja hal ini sangat mengejutkan bagi seluruh cast dan para kru yang terlibat dalam pembuatan film ini. Sang sutradara sendiri mengaku sangat bangga, apalagi film ini akan mempromosikan budaya Batak ke seluruh dunia.

Pencapaian ini menjadi hal yang tidak pernah ia duga, apalagi 2,6 juta penonton yang diraih oleh filmnya ini terasa sangat mengagetkan. Dengan adanya berita baik ini, Bene Dion Rajagukguk berharap akan ada film kearifan lokal lainnya yang dikirim ke ajang bergengsi di dunia.

3. Tayang di Netflix, Sutradara Sulit Cari Judul Inggrisnya

Tayang di Netflix, Sutradara Sulit Cari Judul Inggrisnya

Seperti yang kita ketahui, Ngeri-Ngeri Sedap (2022) menjadi film Indonesia lainnya yang berhasil didistribusikan oleh Netflix. Namun ada kisah unik yang dirasakan oleh sutradara Bene Dion Rajagukguk saat berdiskusi dengan seluruh timnya.

Dalam cuitan twitter-nya, sang sutradara mengaku berdiskusi cukup lama untuk menentukan judul bahasa Inggris untuk film buatannya ini. Terjemahan literasi ke bahasa Inggris dari judul originalnya memang terasa kurang menarik dan ambigu.

Apalagi hal ini akan membuat para penonton yang tidak mengenal dialek Sumatera Utara akan merasa kebingungan dengan judul versi bahasa Inggrisnya. Setelah proses diskusi yang sangat panjang, akhirnya mereka sepakat untuk memilih judul “Missing Home” sebagai judul finalnya.

4. Pemerannya Asli Orang Batak

Pemerannya Asli Orang Batak

Satu lagi fakta menarik mengenai film Ngeri-Ngeri Sedap (2022), kali ini kita akan membahas mengenai para pemeran utamanya. Dalam film ini, ternyata ada empat pemeran utamanya yang memang berdarah Batak.

Mereka adalah Arswendy Bening Swara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir dan Gita Bhebhita Butarbuta yang memang terlahir dari keluarga Batak asli.

Makanya, tidak aneh kalau film satu ini memang terasa kental banget soal budaya Bataknya. Bagi kamu yang keturunan Batak, pasti bisa merasakan betapa kuatnya budaya ini di film Ngeri-Ngeri Sedap (2022).

Apalagi sutradara Bene Dion Rajagukguk juga terlahir dari keluarga berdarah Batak asli. Kalau dilihat-lihat, memang film ini sangat totalitas kalau soal pengadaan budaya lokalnya.

5. Bukan Sekedar Film Komedi

Bukan Sekedar Film Komedi

Banyak orang yang berpikir bahwa Ngeri-Ngeri Sedap (2022) adalah film komedi yang mengocok perut. Sebenarnya hal ini tidak salah, karena film ini memang menyuguhkan banyak adegan komedi.

Tapi ada satu hal yang menjadi fokus utama bagi sutradara Bene Dion Rajagukguk. Ia ingin menampilkan nilai-nilai penting masyarakat Batak dan sisi kekeluargaan yang relevan dengan kenyataan.

Ia menampilkan berbagai konflik keluarga yang pastinya sangat dekat dengan kehidupan banyak orang. Tapi niatnya bukan untuk menggurui, justru film ini diharapkan menjadi renungan bagi para penontonnya.

Pasalnya, sebagai keluarga terkadang kita tidak bisa mengungkapkan perasaan secara gamblang dan ia berharap film ini bisa mewakili perasaan tersebut.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram