Bacaterus / NCT / 10 Fakta NCT, Boyband dengan Member dan Unit Terbanyak!

10 Fakta NCT, Boyband dengan Member dan Unit Terbanyak!

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Oktober 2019

Setelah sukses mendebutkan beberapa boyband terkenal, seperti EXO, Super Junior, Shinee, TVXQ, dan boyband lainnya, kini SM Entertainment memperkenalkan boy group barunya dengan nama NCT. Cukup unik, pasalnya NCT ini punya singkatan dari Neo Culture Technology.

Selain punya nama grup yang unik, grup ini bisa dibilang boyband dengan anggota terbanyak dalam sejarah KPOP lho. Tercatat sampai saat artikel ini ditulis, anggota NCT sudah mencapai 21 orang!! Banyak banget, kan? Eits, tapi tidak semuanya tampil secara bersamaan dalam satu panggung, karena NCT dibagi menjadi beberapa unit sub-grup, yakni NCT U, NCT127, NCT Dream, dan WayV.

Nah, unit sub-grup ini juga selalu berganti-ganti anggota dan kemungkinan akan muncul sub-grup dan member baru lagi di NCT. Hmm, makin penasaran, kan, dengan konsep uniknya NCT? Kalau kamu penasaran, yuk langsung baca artikel ini sampai akhir!

1. Terkenal Sejak SM Rookies

Terkenal Sejak SM Rookies

Sebelum terkenal sebagai grup NCT, beberapa anggotanya sudah lebih dulu tenar lewat program yang dinamakan SM Rookies. Di program ini, SM Entertainment memperkenalkan beberapa trainee yang paling potensial untuk debut menjadi idol SM berikutnya.

Nah, beberapa anggota NCT yang sudah terkenal melalui SM Rookies ini ada Jeno, Taeyeong, Mark, Jisung, Johnny, Ten, Yuta, Donghyuck (Heechan), Jaehyun, Doyoung, Jaemin, Taeil, Kun, dan Winwin. Maka tidak heran lagi deh kalau NCT sangat terkenal sampai saat ini karena fansnya yang loyal mendukung semua membernya mulai dari zaman pre-debut. Apakah kamu salah satu fans mereka dari zaman SM Rookies?

2. Arti Nama NCT

Arti Nama NCT

NCT merupakan singkatan dari Neo Culture Technology. Nama NCT sendiri dibuat dan dikonsep oleh CEO SM Entertainment, Lee Soo Man. Beliau mengatakan, NCT ini merepresentasikan konsep grup yang ia buat, yakni grup dengan jumlah member tak terbatas dengan beberapa unit sesuai dengan asal negara para member.

Maka dari itu, jangan terkejut ketika NCT ini punya banyak unit. Bahkan, setiap unitnya juga sering melakukan pergantian member. Dan lagi, kamu akan selalu menemukan member baru di setiap comeback-nya!

3. NCTzen Sebagai Nama Fandom

NCTzen Sebagai Nama Fandom

Mulai diperkenalkan dan debut tahun 2016, setahun kemudian SM Entertainment pun mulai mengonsep nama fandom NCT. Akhirnya, para anggota NCT pun melakukan voting bersama dengan fans NCT untuk menentukan nama fandom mereka.

Ada beberapa nama fandom unik yang diusulkan oleh para member NCT, antara lain Seasony, Genie, Tisney, dan Zenie. Namun, pada Juli tahun 2017 silam akhirnya mereka menentukan NCTzen sebagai nama fandom. NCTzen memiliki arti, “NCT” merepresentasikan grup NCT dan “zen” singkatan dari “citizen”. Jika digabung artinya menjadi citizen of NCT.

4. Debut dengan 4 Unit

Konsep debut NCT sangat unik. SM Entertainment tidak langsung mendebutkan semua member NCT melainkan melalui 4 unit. Berikut 4 unit yang debut sebagai NCT:

  • NCT U

Debut NCT dimulai dengan NCT U. Kalau unit ini tidak memiliki anggota tetap. NCT U mulai diumumkan pada tanggal 4 April 2016 silam dengan huruf “U” sebagai “United”. Nah, anggota pertama yang ada di NCT U ini ada enam orang, yakni Taeil, Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark.

Mereka berenam mulai diperkenalkan dengan merilis sebuah single yang berjudul “The 7th Sense”. Tapi single pertamanya ini hanya terdiri dari Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, dan Mark saja. Kemudian, pada 9 dan 10 April dirilis single selanjutnya, “Without You” dengan dua versi, Korea dan China.

Di lagu versi Korea, Without You dinyanyikan oleh Taeil, Doyung, dan Jaehyun. Namun, untuk versi China ada member tambahan dari China, yaitu Kun. Menariknya, masih ada member China tambahan lainnya, Winwin. Tapi, Winwin baru muncul saat di acara 16th Music Yu Bang Awards.

Setelah semua member diperkenalkan, barulah mereka mulai debut Korea secara resmi pada tanggal 15 April 2016 dengan penampilan pertama mereka di Music Bank.

  • NCT 127

Setelah debut unit pertama, kini ada unit kedua dengan nama NCT 127. Ini adalah unit khusus promosi di Seoul, dengan angka “127” yang merepresentasikan koordinat Seoul itu sendiri. Nah, NCT 127 diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 Juli 2016, diawali dengan tujuh member, yaitu Taeil, Taeyong, Yuta, Jaehyun, Winwin, Mark, dan Heechan.

Pada tanggal 7 Juli 2016 barulah NCT 127 debut secara resmi dengan single, “Fire Truck” dan “Once Again”. Lalu, pada tanggal 29 Juli 2016, NCT 127 merilis single lainnya, yakni “Taste the Feeling”. Tapi, lagu tersebut adalah sebuah SM Project yang bekerjasama dengan Coca-Cola.

Oh iya, seperti NCT U, unit NCT 127 ini juga selalu melakukan pergantian member, ya. Hingga artikel ini ditulis, anggota NCT 127 memiliki sepuluh member, Taeil, Johnny, Taeyong, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Jungwoo, Mark, Winwin, dan Haechan

  • NCT Dream

Unit ketiga ini dinamakan dengan NCT Dream. Bisa dibilang, ini adalah unit NCT yang isinya dedek-dedek gemes! Bagaimana tidak, NCT Dream ini hanya diisi dengan anggota-anggota dengan rentang tahun kelahiran 2000 – 2002 lho!

NCT Dream terdiri dari tujuh anggota, yakni Mark, Renjun, Jeno, Heechan, Jaemin, Chenle, dan Jisung. Mereka mulai diperkenalkan pada 18 Agustus tahun 2016. Tapi, single pertama, “Chewing Gum”, baru dirilis tanggal 24 Agustus 2016. Di hari berikutnya barulah NCT Dream tampil untuk pertama kalinya di M Countdown dengan konsep cerah dan ceria.

Oh iya, untuk sekarang, Mark sudah tidak lagi menjadi anggota NCT Dream, ya. NCT Dream ini memiliki anggota yang tidak tetap. Ada sistem graduation di NCT Dream di mana batas menjadi anggota NCT Dream hanya sampai umur 19 tahun saja. Jika sudah 19 tahun maka anggota tersebut dinyatakan telah “lulus” dan itulah alasan Mark sudah tidak lagi menjadi anggota di NCT Dream.

  • WayV

WayV menjadi unit keempat setelah NCT Dream debut. SM Entertainment memperkenalkan WayV sebagai unit yang khusus untuk promosi di China dengan tujuh anggota. Ketujuh anggotanya terdiri dari Kun, Winwin, Ten, Lucas, Hendery, Xiaojun, dan Yangyang.

WayV sendiri berada di naungan Label V yang memang bekerjasama dengan SM Entertainment. Mereka baru memulai debut secara resmi pada 17 Januari 2019 dengan lagu “Regular” versi China. Lalu, mereka mulai mempromosikan single album dengan judul lagu “The Vision” dan “Come Back”.

5. NCT Life

NCT Life

NCT Life bisa dibilang reality show pertama yang dibuat khusus untuk menunjukan keseharian para member NCT pertama kalinya. Tercatat sampai saat ini, NCT Life sudah memiliki 8 season, di antaranya:

  • NCT Life in Bangkok, kalau di season pertama ini memperkenalkan para anggota NCT yang masih menjadi trainee dan belum debut sebagai NCT. Di sini diperlihatkan bagaimana para member bekerja keras untuk menggapai impian mereka.
  • NCT Life in Seoul, di season yang kedua bertujuan untuk memperkenalkan Seoul ke anggota NCT yang bukan berasal dari Korea. Nah, di sini kamu bisa melihat bagaimana para anggota NCT mulai mendekatkan diri masing-masing, mulai mengenal kepribadian dengan sesama anggota, dan menjalin hubungan pertemanan yang lebih erat meskipun memiliki kewarganegaraan yang berbeda.
  • NCT Life in Paju, di season ketiga ini kamu akan melihat bagaimana para anggota NCT melakukan aktivitas yang seru bersama-sama.
  • NCT Life: Korean Food King Challenge, ini menampilkan keahlian para anggota NCT dalam hal memasak.
  • NCT Life: Entertainment Retreat, semua yang ikut pada season ini adalah member NCT Dream dengan dipandu oleh Lee Teuk dan Shindong.
  • NCT Life in Chiangmai, untuk season ke enam ini Ten menjadi guide selaku member yang berkewarganegaraan Thailand.
  • NCT Life in Osaka, jika sebelumnya di Chiangmai Ten menjadi pemandu, kali ini Yuta menjadi pemandunya karena ia berasal dari Osaka.
  • NCT Life: Hot & Young Seoul Trip, sesuai dengan namanya, di season 8 para anggota NCT jalan-jalan di Seoul dengan Johnny sebagai guide.

6. Grup Campur

Grup Campur

Sesuai dengan konsepnya, NCT ini tidak hanya memiliki anggota dari Korea saja. NCT juga punya beberapa member luar Korea, misalnya Jepang, Thailand, China, Amerika, dan Kanada.

Yuta adalah member satu-satunya yang berkewarganegaraan Jepang di grup NCT. Lalu, ada Ten yang juga menjadi satu-satunya warga Thailand yang debut di NCT dan Johnny memiliki kewarganegaraan Amerika.

Ada juga Mark, ia adalah member yang berasal dari Kanada. Sedangkan dari China, ada Renjun, Kun, Winwin, Lucas, Hendery, Xiaojun, dan Yangyang. Sisanya, semua anggota NCT berasal dari Korea.

7. Rumor NCT Indonesia

rumor nct indonesia

Sejak NCT diperkenalkan dengan konsep promosi di berbagai negara, beredar rumor bahwa SM Entertainment juga akan membentuk NCT Indonesia. Rumor ini sudah dimulai tahun 2017 silam. Bahkan, sampai ada foto dimana SM Entertainment punya daftar nama-nama yang akan debut sebagai NCT Indonesia.

Dan kabarnya, anggota NCT Indonesia ini siap debut tahun 2020 mendatang lho! Tapi, beberapa mengatakan bahwa foto tersebut hanya hoax dan palsu. Hmm, bagaimana menurutmu NCTzen?

8. Ty Track Ty Track!

Sebelum debut sebagai anggota sekaligus leader di grup NCT, ternyata talenta Taeyong ini mulai diperkenalkan oleh SM Entertainment melalui video musik milik Red Velvet lho. Di MV Red Velvet dengan judul “Be Natural” ini, Taeyong menampilkan talentanya dalam menari serta melakukan rap.

Nah, karena hal ini juga, terkadang para member NCT lainnya menggoda Taeyong bagaimana kerennya saat ia melakukan rap. Para member NCT selalu menggodanya dengan lirik yang dinyanyikan oleh Taeyong saat di MV tersebut, yakni “TY Track TY Track”.

9. NCT Lupa dengan Lagunya Sendiri

Yang paling mengherankan dari anggota NCT adalah, mereka lupa dengan lagu-lagunya sendiri! Hal ini dibuktikan ketika Mark diminta untuk menebak sebuah lagu. Mark sempat berpikir sejenak dan dia menebaknya sebagai sebuah OST Drama, padahal yang diputar adalah lagu NCT berjudul “Vision”.

Bukan hanya Mark, Taeyong juga sempat salah menyebutkan judul lagu mereka. Seharusnya, Taeyong menyebut lagu NCT yang berjudul “Baby Don’t Like It” tapi dia malah menyebutkan judulnya “Baby Don’t Cry”. Padahal, lagu Baby Don’t Cry adalah lagu EXO. Dan lucunya lagi, member NCT lain yang sedang bersama Taeyong tidak menyadari hal tersebut!

10. Prestasi NCT Sejauh Ini

Prestasi NCT Sejauh Ini

NCT merupakan salah satu grup yang punya banyak talenta, tidak hanya sekedar menyanyi dan menari saja, mereka juga ada yang jago masak, jago menjadi MC, menulis lagu, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, tidak heran jika NCT menjadi salah satu grup rookie yang berprestasi. Berikut beberapa prestasi yang sudah didapatkan oleh NCT:

  • 2016 Asia Artist Award: Best Rookie Award (NCT127)
  • 2017 Gaon Chart Music Awards: Best New Artist of The Year (NCT127)
  • 2017 Golden Disc Award: Best New Artist of The Year (NCT127)
  • 2017 Golden Disc Award: Disk Bonsang (Regular-irregular)
  • 2018 Korean Popular Music Awards: Bonsang Awards (NCT127)
  • 2019 4th Indonesian Television Awards (NCT127)
  • Dan, masih banyak prestasi yang didapatkan oleh NCT dari awal debut hingga seterusnya.

Ya, itulah tadi kesepuluh fakta NCT yang perlu kamu ketahui. NCT yang memiliki konsep unik ini justru menjadi sangat diperhatikan oleh para KPOPers. Bukan sekedar konsepnya yang unik, talenta serta penggarapan lagu yang modern juga menjadikan NCT sangat menarik di Korea maupun di luar Korea.

Nah, kalau kamu NCTzen punya fakta seru lainnya soal NCT, beri tahu kami dan pembaca lain di kolom komentar, ya! Oh iya, kalau ingin lebih dekat dengan para member NCT, yuk langsung follow akun Instagramnya di @nct, @nct_dream, @nct127, dan @WayVofficial.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar