Bacaterus / NCT / 10 Fakta NCT U, Sub-Unit Pertama NCT dengan Segudang Talent!

10 Fakta NCT U, Sub-Unit Pertama NCT dengan Segudang Talent!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

NCT U bukan sebuah boyband secara keseluruhan. NCT U ini hanya sebuah grup sub-unit dari boyband NCT. Keunikan dari boyband ini adalah pergantian member di setiap comeback. Selain itu, konsep dari NCT U ini juga sangat unik di mana menonjolkan karakter para member dari setiap negara yang berbeda dan kemudian dijadikan satu dalam sebuah grup, NCT U.

Nah, kalau kamu masih bingung tentang NCT U, di sini Bacaterus akan memaparkan berbagai fakta menariknya yang wajib diketahui para fansnya, mulai dari arti namanya, anggotanya, hingga prestasi yang diraih oleh NCT U. Daripada penasaran, langsung kepoin artikel ini sampai akhir, ya!

1. Sub – Unit Pertama NCT

Sub – Unit Pertama NCT

Seperti yang sudah dibahas pada artikel Fakta NCT, boyband ini memiliki empat grup sub-unit dan salah satunya adalah NCT U. Nah, yang paling pertama diperkenalkan ke publik adalah NCT U. Sub-unit yang pertama ini diumumkan pada tanggal 4 April tahun 2016 silam.

Saat pertama kali diumumkan, banyak SM Stan yang sangat antusias. Bagaimana tidak, pasalnya hampir seluruh anggota NCT U yang diperkenalkan sudah terkenal lebih dulu melalui acara SM Rookies. Nah, kalau kamu seorang SM Stan dan pernah nonton SM Rookies maka kamu akan menemukan beberapa member SM Rookies di NCT U!

2. Arti Nama NCT U

Arti Nama NCT U

Untuk kamu yang penasaran, kenapa sih namanya NCT U? Ada makna di balik nama sub-unit ini lho. NCT U terdiri dari dua arti, pertama NCT dan U. Untuk NCT adalah singkatan dari Neo Culture Technology yang artinya punya konsep modern dengan jumlah unit dan anggota tanpa batas.

Sedangkan untuk U adalah singkatan dari “United”. Maksud dari kata “United” di sini, semua anggota bersatu menjadi satu kesatuan. Dan uniknya, NCT U ini punya konsep yang selalu mengganti anggotanya disesuaikan dengan konsep lagu/comeback. Jadi, jangan kaget atau bingung kalau kamu melihat member berbeda di beberapa lagu NCT U, ya!

3. Perjalanan Debut

Diumumkan tanggal 4 April 2016, NCT U akhirnya resmi debut dengan diperkenalkan 6 member, yakni Taeil, Taeyong, Doyoung, Ten, Mark, dan Jaehyun. Tidak langsung merilis lagu, SM memperkenalkan konsep NCT U terlebih dahulu sebagai sub-unit yang dibedakan menjadi dua kategori.

Pada 9 April 2016, rilis single pertama dengan judul “Without You” yang terdiri dari Taeil, Jaehyun, dan Doyoung. Lagu yang satu ini dikategorikan sebagai dance EDM song. Yang menariknya, single “Without You” dibuat dalam dua versi, Korean dan China. Khusus untuk versi China ada penambahan anggota bernama Kun.

Untuk kategori kedua, ada lagu “The 7th Sense” yang dinyanyikan oleh Jaehyun, Mark, Taeyong, Ten, dan Doyoung. Nah, kalau di kategori kedua ini punya aliran music hip-hop groove. Tidak ada penambahan member lagi di lagu “The 7th Sense” ini.

Di tanggal yang sama saat merilis dua single, NCT U pun mulai muncul ke publik melalui siaran NCT On Air di Vlive. Di hari itu juga, mereka melakukan promosi di China pada acara 16th Music Feng Yun Bang Awards. Di penampilan tersebut, NCT U menambahkan dua member China, yakni Winwin dan Kun.

Setelah selesai dengan penampilan di China, barulah mereka resmi debut di Korea pada tanggal 15 April 2016 melalui acara musik bernama Music Bank. Lalu, mereka juga punya acara reality show yang bertajuk NCT Life.

4. Meraih Penghargaan Setelah Debut

Sebagai grup Rookie tidaklah mudah untuk langsung menyabet penghargaan bergengsi. Tapi NCT U mematahkan hal tersebut dengan dibuktikannya dua penghargaan bergengsi yang mereka dapatkan. Di tahun 2016, NCT U mendapatkan dua penghargaan, Best Rising Star dalam acara Simply K-POP Awards dan New Star Award di acara Asia Model Awards.

Dengan dua penghargaan yang mereka dapatkan setelah debut, bisa disimpulkan kalau NCT U memang grup populer. Bukan hanya populer, mereka mampu menghipnotis para KPOPers dengan bakat dan karya yang mereka luncurkan.

5. Member Berbeda di Setiap Lagunya

Member Berbeda di Setiap Lagunya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, NCT U ini memiliki konsep menggonta-ganti member di setiap comeback-nya dan disesuaikan dengan konsep lagunya. Jadi, setiap lagunya tidak memiliki anggota tetap. Berikut daftar lagu dan anggota NCT U di setiap lagunya:

  • Without You (Kor. Vers): Taeil, Jaehyun, Doyoung
  • Without You (China. Vers): Taeil, Jaehyun, Doyoung, Kun
  • The 7th Sense: Taeyong, Doyoung, Ten, Jaehyun, Mark
  • Timeless: Taeil, Doyoung Jaehyun
  • Boss: Taeyong, Doyoung, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Lucas, Mark
  • Baby Don’t Stop: Taeyong, Ten
  • Yestoday: Taeyong, Doyoung, Lucas, Mark

6. Anggota NCT U Saat Ini

Sampai comeback yang terakhir, tanggal 1 April 2018 dengan lagu “Yestoday”, NCT U memiliki 10 anggota namun tidak pernah tampil bersama-sama dalam satu lagu yang sama. Berikut daftar para anggota NCT U saat ini berdasarkan tanggal debutnya bersama NCT U:

  • April 9, 2016: Taeil, Kun, Doyoung, Jaehyun
  • April 15, 2016: Taeyong, Ten, Mark
  • Juli 7, 2016: Winwin
  • Februari 22, 2018: Jungwoo, Lucas

Nah, sekarang kamu tahu, kan, siapa yang debut duluan di NCT U? Jadi, apakah kamu sekarang hapal dengan para anggotanya?

7. Tidak Memiliki Leader

Tidak Memiliki Leader

Berbeda dengan NCT 127, kalau di sub-unit NCT U tidak memiliki leader atau pun pemimpin. Hal ini pernah diungkapkan oleh Taeyong, selaku leader NCT 127, dalam acara variety show berjudul Weekly Idol. Taeyong menjelaskan alasan NCT U tidak memiliki leader karena sub-unit satu ini selalu berganti anggota.

Namun, meskipun tidak memiliki pemimpin secara official tapi banyak yang menyepakati bahwa Taeyong memimpin di NCT U juga. Hal itu juga dibenarkan oleh semua anggota NCT U karena Taeyong sendiri memiliki jiwa kepimpinan dan mengayomi kepada semua anggota di NCT, bukan hanya di NCT 127 saja.

8. Mengisi OST untuk Beberapa Drama

Kemampuan dan talenta dari anggota NCT U sudah tidak bisa diragukan lagi. Mereka membuktikan talenta vokalnya melalui beberapa lagu/OST untuk beberapa drama. Berikut adalah daftar OST drama Korea yang pernah dinyanyikan oleh para anggota NCT U:

  • Stay in My Life (School 2017): Taeil, Taeyong, Doyoung
  • Radio Romance (Rado Romance Part 1): Taeil, Doyoung
  • New Dream (Dokgo Rewind): Taeil, Jaehyun
  • New Love (When You’re On The Blacklist Of Bullies)
  • Baby Only You (The Tale Of Nokdu): Mark, Doyoung

Dari beberapa OST tadi, kamu bisa perhatikan bagaimana kuatnya vokal para anggota NCT U. Kamu akan semakin suka dengan mereka ketika mendengar suara mereka, deh!

9. Punya Member dari Luar Korea

Punya Member dari Luar Korea

NCT U memang memiliki anggota yang sebagian besar berkewarganegaraan Korea Selatan. Namun, ada beberapa anggota NCT U yang bukan berasal dari Korea, yaitu Kun, Winwin, Ten, Lucas, dan Mark. Untuk Ten, dia adalah satu-satunya anggota yang memiliki kewarganegaraan Thailand.

Lalu, ada tiga anggota yang memiliki kewarganegaraan China, Winwin, Kun dan Lucas. Nah, yang unik dari Lucas adalah dia bukan murni China, tapi dia memiliki darah campuran Thailand-China. Terakhir ada Mark, kalau dia lahir di Toronto, namun saat ini ia sudah pindah ke Kanada. Selain dari lima anggota tadi, semuanya berasal dari Korea Selatan.

10. Jungwoo & Winwin Vakum Sementara

Dua Anggota Hiatus Sementara

Untuk tahun ini memang NCT U tidak melakukan comeback sama sekali. Tapi, ada sub-unit NCT lainnya yang melakukan comeback di China. Sub-unit tersebut adalah WayV. Nah, karena Winwin tergabung juga dalam WayV maka ia vakum sementara dari kegiatan promosi untuk NCT U.

Lalu ada Jungwoo yang baru saja masuk NCT U di tahun 2018 silam harus menghentikan semua kegiatan promosinya bersama NCT karena masalah kesehatan. Tapi tenang saja, baik Winwin dan Jungwoo akan segera kembali saat NCT U melakukan comeback. Kini Winwin sedang fokus untuk promosi WayV di Korea dan Jungwoo sedang melakukan perawatan untuk kesehatannya.

Ya, itulah tadi beberapa fakta yang bisa dijadikan beginners guide untuk para NCTzen yang baru mau mengenal atau pun yang sudah kenal dengan NCT U. Jika kamu punya fakta lainnya, silakan berbagi di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *