Bacaterus / NCT / To The World, Inilah Berbagai Fakta NCT 127 yang Bikin Gemas

To The World, Inilah Berbagai Fakta NCT 127 yang Bikin Gemas

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 November 2019

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya bahwa boyband NCT adalah grup yang memiliki unit dan member terbanyak sepanjang sejarah KPOP. Nah, salah satu unit yang ada di grup NCT namanya NCT 127. Dan, NCT 127 inilah yang akan kami bahas faktanya satu persatu.

Mulai dari fakta tentang nama grupnya, para membernya, hingga prestasi yang sudah mereka raih sejauh ini. Jika kamu adalah seorang NCTzen, khususnya pecinta NCT 127, wajib banget tahu ke-tiga belas fakta yang akan kami bahas berikut ini. Yuk, disimak baik-baik, ya!

1. Semua Member Berasal dari SM Rookies

Semua Member Berasal dari SM Rookies

Sebelum debut menjadi seorang idol, para anggota NCT 127 sudah diperkenalkan terlebih dahulu melalui acara yang dinamakan dengan SM Rookies. Acara tersebut menampilkan para trainee SM untuk menunjukan bakatnya masing-masing.

Selain menunjukan bakat, para trainee SM yang muncul di SM Rookies ini menjadi kandidat terkuat untuk debut sebagai grup baru dari SM. Dan, semua anggota NCT 127 mengikuti acara ini lho! Yang masuk SM Rookies bukan sembarang trainee, ya. Mereka sudah dipastikan memiliki bakat yang keren, mulai dari menyanyi, menari, hingga acting.

Jadi, sudah bisa dipastikan, kan, kalau kesepuluh anggota yang ada di NCT 127 ini pasti punya bakat yang unik, keren, dan pastinya bikin NCTzen makin, cohaa!

2. Arti Nama NCT 127

Arti Nama NCT 127

Mungkin kamu belum tahu, apa sih arti nama NCT 127? Kalau kata NCT sendiri adalah singkatan dari Neo Culture Technology. Artinya, boyband NCT dibentuk dengan konsep modern dimana mereka memiliki anggota serta unit yang tak terbatas alias limitless.

Sedangkan untuk angka “127” bukan berarti menunjukan jumlah anggotanya, ya. 127 di sini mewakili longitude (garis bujur) lokasi Seoul. Jadi artinya, NCT 127 ini adalah grup yang merepresentasikan untuk debut di Korea Selatan. Namun saat ini, NCT 127 ternyata tidak hanya terkenal di Korea saja, bahkan NCT 127 sudah sangat mendunia lho!

3. Awal Debut NCT 127

NCT 127 memang memiliki 10 anggota di dalam grupnya. Tapi pada awal debutnya, NCT 127 ini hanya beranggotakan 7 orang saja, yakni Taeil, Taeyong, Jaehyun, Mark, Yuta, Winwin, dan Haechan (Donghyuck). Ketujuh anggota debut dengan single berjudul ‘Fire Truck’ dan ‘Once Again’.

Yang membuat bangga adalah, di awal debutnya mereka sudah berhasil menduduki peringkat dua di Billboard World Album Chart, WOW! Setelah sukses dengan debutnya, pada tanggal 5 Desember 2016 mereka merilis sebuah video dance performance dengan judul ‘Good Thing’.

Berhasil memikat hati para penggemar, ternyata NCT 127 kembali merilis sebuah musik video berjudul ‘Switch’ pada tanggal 20 Desember 2016. Dalam musik videonya kali ini, NCT 127 menggandeng SR15B. For your information, SR15B adalah projek khusus untuk para trainee SM.

4. Penambahan Member

Tepat seminggu setelah sukses dengan lagu ‘Switch’, tanggal 27 Desember 2016, NCT 127 akhirnya mengumumkan penambahan dua orang anggota, yakni Johnny dan Doyoung. Untuk Doyoung, ia sebelumnya pernah debut dengan NCT U. Namun untuk Johnny, ini adalah debut pertamanya bersama NCT. Fun fact: Meskipun Johnny terlihat seperti orang Korea, nyatanya dia orang Amerika lho!

Setelah memperkenalkan Johnny dan Doyoung, pada comeback di full album NCT 127, Regular – Irregular, ada penambahan anggota lagi, Jungwoo. Sampai artikel ini ditulis, NCT 127 belum ada penambahan member lagi dan masih dengan 10 anggota. Tidak menutup kemungkinan ke depannya NCT 127 akan melakukan penambahan member lagi, ya. Jadi, tunggu kabar selanjutnya!

5. Grup “Campur”

Grup “Campur”

Meskipun nama NCT 127 bisa diartikan untuk promosi di Korea, namun nyatanya NCT 127 ini memiliki beberapa anggota yang bukan berkewarganegaraan Korea lho. Dari kesepuluh member NCT 127, ada 4 anggota yang memiliki warga negara asing, yakni Johnny, Yuta, Winwin, dan Mark.

Untuk Johnny, ia berkewarganegaraan Amerika dan lahir di Chicago. Menurut beberapa sumber, Johnny memiliki wajah yang ‘agak’ Korea karena ia memiliki darah campuran Amerika – Korea. Selanjutnya, ada Yuta, kalau member yang satu ini berkewarganegaraan Jepang, tepatnya Osaka. Nama aslinya adalah Nakamoto Yuta.

Berikutnya ada Winwin dengan nama asli Dong Si Cheng. Kalau dilihat dari namanya mungkin kamu sudah bisa menebak kalau ia berasal dari China dan lahir di Wenzhou. Terakhir ada Mark yang memiliki kewarganegaraan Kanada. Nama aslinya Lee Mark, tapi dia juga punya nama Korea, yakni Lee Min Hyung.

6. Unit NCT dengan Member Terbanyak

Unit NCT dengan Member Terbanyak

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, NCT 127 saat ini memiliki 10 anggota. Dengan 10 anggota, artinya NCT 127 ini adalah sub-unit NCT dengan anggota terbanyak.

Sampai artikel ini diterbitkan, NCT punya 21 anggota yang terdiri dari 4 sub-unit, salah satunya NCT 127. Jadi, bisa dibilang dari 21 anggota, setengahnya debut di NCT 127. Hayo, apakah kamu hafal semua anggotanya?

7. Dua Anggota Hiatus Sementara

Dua Anggota Hiatus Sementara

Memang perjalanan karir NCT 127 tidaklah mudah, ada beberapa halangan yang dihadapi, seperti hiatusnya dua anggota NCT 127. Kedua anggota yang hiatus sementara adalah Jungwoo dan Winwin. Untuk Jungwoo, ia harus berhenti dari kegiatan NCT 127 karena masalah kesehatan. Sedangkan untuk Winwin, kini ia disibukkan dengan promosi bersama WayV.

Eits, tapi kamu tidak perlu khawatir dengan hiatusnya Jungwoo dan Winwin, ya. Pasalnya, Jungwoo kini sedang melakukan perawatan khusus soal kesehatannya. Dan Winwin akan segera kembali ke NCT 127 setelah jadwal promosi di WayV sudah selesai. Jadi, tunggu kabar baik dan nantikan penampilan mereka berdua di comeback selanjutnya, ya!

8. Debut Jepang

Sukses di Korea Selatan, kini saatnya NCT 127 terbang ke Jepang untuk melebarkan sayap kepopuleran mereka. Ya, NCT 127 memulai debut di Jepang dengan mini album bernama “Chain”. Debutnya di Jepang kali ini dinaungi oleh Avex Trax, salah satu label musik yang cukup populer di Jepang.

Dalam masa debutnya, ternyata NCT 127 mampu menarik perhatian para fans Jepang. Mereka mendapatkan kepopuleran dalam sejekap. Yang membanggakan, lagu debut Jepang NCT 127 langsung bertengger di posisi 2 Oricon Chart lho! For your info, Oricon Chart ini adalah salah satu music chart paling populer di Jepang.

9. Semua Member Belajar Bahasa Asing

Semua Member Belajar Bahasa Asing

Mengingat NCT 127 tidak hanya debut di Korea dan juga punya beberapa anggota dari luar Korea maka semua anggota dituntut untuk belajar bahasa asing. Beberapa bahasa asing yang mereka pelajari selain Bahasa Inggris, Jepang, Korea, dan China, mereka juga mempelajari Bahasa Jerman dan Vietnam lho!

Ada cara unik saat mereka mempelajari bahasa asing! Meskipun ada member yang bukan dari Korea, tapi semua member diwajibkan belajar bahasa asing dengan mengandalkan bahasa Korea. Jadi, mereka akan menerjemahkan bahasa asing ke bahasa Korea, begitu pun sebaliknya. Wah, sepertinya anggota non-Korea semakin fasih berbahasa Korea, ya!

10. Kaget Melihat NCT-bong

Kaget Melihat NCT-bong

Sudah hal yang biasa jika setiap idol Korea punya Lightstick khusus. Nah, seperti halnya NCT 127, mereka juga punya desain Lightstick khusus yang unik. Namun saking uniknya, hampir semua anggota NCT, khususnya NCT 127, merasa terkejut melihat Lightstick grupnya sendiri.

Pasalnya, bentuk Lightstick-nya ini sangat kotak dengan warna hijau neon yang sangat terang. Perasaan terkejutnya para anggota NCT 127 pernah diungkapkan melalui siaran live. Mereka membahas soal Lightstick yang menurut mereka punya bentuk seperti palu Thor. Ada juga member yang mengatakan bahwa bentuknya seperti es krim merk Melona. Hahaha, ada-ada saja, ya?

Oh iya, bukan berarti ini Lightstick khusus NCT 127, ya. Lightstick ini official dari NCT. Jadi, kamu bisa membawanya saat menonton grup NCT, baik itu berupa unit grup maupun NCT secara keseluruhan.

11. Prestasi NCT 127

Mulai debut tahun 2016 hingga saat ini, NCT 127 tercatat sudah memiliki segudang prestasi yang membanggakan. Ada beberapa prestasi yang membuat para NCTzen bangga, yaitu:

  • [2016] Best Rookie Award: Asia Artist Awards
  • [2016] Best New Artist: Mnet Asian Music Awards
  • [2017] New Artist of The Year: Gaon Chart Music Awards
  • [2017] New Artist of The Year: Golden Disc Awards
  • [2017] New Asian Artist: Mnet Asian Music Awards
  • [2018] Worldwide Fans Choice Top 10: Mnet Asian Music Awards
  • [2019] Social Artist: Soribada Best K-Music Awards
  • Dan masih banyak prestasi lainnya!!!

Sebenarnya masih banyak sekali prestasi yang sudah diraih oleh NCT 127. Dan bahkan ke depannya pun NCT 127 akan selalu membawakan prestasi yang lebih membanggakan lagi!

12. Cover Lagu Indonesia

NCTzen Indonesia, sudah tahu belum kalau dua anggota NCT 127 ini pernah melakukan cover sing lagu Indonesia lho! Doyoung dan Haechan, dua anggota NCT 127 yang memiliki posisi vokal di grupnya ini menyanyikan lagu ‘Cinta Luar Biasa’. Pengucapan yang fasih serta suara yang merdu berhasil memikat banyak fans tidak hanya dari Indonesia, tapi dari seluruh dunia!

13. Punya Gaya Salaman yang Unik

Haechan, sebagai maknae (anggota termuda) di NCT 127 ini ternyata membuat gaya salaman yang unik untuk setiap member-nya! Ya, untuk setiap member, yang artinya Haechan akan melakukan gaya salaman yang berbeda ke setiap anggota NCT 127. Yang menariknya, tidak ada satu pun yang protes dengan gaya salaman yang dibuat oleh Haechan. Tonton video di atas untuk mengetahui gaya salamannya, ya!

Ya, itu tadi ke-tiga belas fakta yang unik dan menarik tentang NCT 127. Sebenarnya masih sangat banyak fakta seru yang bisa dibahas dari NCT 127 dan kamu bisa menambahkan fakta seru lainnya di kolom komentar.

Dan untuk yang ingin mulai kenalan dengan grup NCT, disarankan untuk membaca artikel Fakta NCT terlebih dahulu. Dalam artikel tersebut dijelaskan mengenai sub-unit, pergantian anggota, hingga arti nama dari setiap sub-unitnya. Oh iya, kalau kamu ingin selalu update tentang NCT 127, bisa kepoin Instagramnya di @nct127, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar