bacaterus web banner retina

10 Fakta Moonbyul MAMAMOO, Rapper yang Pandai Koreografi

Ditulis oleh Okta Tri Umami - Diperbaharui 29 Mei 2020

Moon Byul Yi adalah main rapper dan main dancer idol group MAMAMOO. Moon Byul Yi lebih dikenal dengan nama Moonbyul. Moonbyul lahir pada 22 Desember 1992 di Bucheon, Gyeonggi-do, Korea Selatan. Selain aktif sebagai rapper MAMAMOO, Moonbyul juga adalah seorang penulis lagu, penyanyi dan aktris. Pada tahun 2011, Moonbyul diterima sebagai mahasiswa di Institut Seni Paekche dan berfokus pada media musik dan vokal.

Moonbyul adalah member yang dijuluki sebagai Black Hole karena sering berkeringat. Wanita yang memiliki kemiripan wajah dengan Xiumin Exo dan Minhyuk BTOB ini adalah anggota tertinggi di MAMAMOO. Selain itu, Moonbyul juga adalah member MAMAMOO yang memiliki citra dan aura Girl Crush. Moonbyul juga dikenal sebagai member yang paling baik dan peduli terhadap member MAMAMOO yang lain dan juga MooMoo.

Biar semakin sayang sama Moonbyul, berikut ini ada 10 fakta Moonbyul yang sudah dikumpulkan oleh Bacaterus ini, yuk!

1. Arti Nama dan Menyukai Angka 2

Arti Nama dan Menyukai Angka 2

* sumber: weheartit.com

Nama Moon Byul Yi adalah pemberian dari ayahnya. Pada hari ketika Moonbyul lahir, ayahnya melihat langit malam itu sangat indah bertabur bintang tanpa ada awan satupun yang menutupi bintang-bintang tersebut. Kagum dengan keindahan bintang-bintang, ayahnya pun berinisiatif untuk memberinya nama Byul-ie yang memiliki makna/arti “bintang”.

Karena memiliki nama dengan makna bintang, Moonbyul juga selalu memperkenalkan dirinya dengan sebutan banjjak-banjjak yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti berkilau/bersinar.

Moonbyul menyukai angka 2. Angka 2 adalah angka yang spesial untuknya, karena dirinya lahir pada tahun, bulan dan tanggal yang memiliki angka 2 di dalamnya yakni 22121992. Moonbyul akan selalu memilih angka yang ada angka 2-nya. Setiap kali Moonbyul diminta untuk memilih angka/nomor untuk undian, tanpa ragu dan yakin dia akan selalu memilih angka 22.

2. Audisi Sebagai Vokal dan Debut Sebagai Rapper

Audisi Sebagai Vokal dan Debut Sebagai Rapper

* sumber: hdwallpaperim.com

Moobyul adalah rapper utama di MAMAMOO. Meskipun dirinya menjabat sebagai seorang rapper, Moonbyul juga memiliki suara yang sangat indah. Pada saat mengikuti audisi Moonbyul berkeinginan menjadi penyanyi, namun karena Moonbyul memiliki ciri suara yang unik dan memiliki kemampuan rap yang baik maka dirinya dirujuk untuk menjadi rapper utama di grupnya.

Moonbyul pernah menunjukkan kebolehannya bernyanyi pada sebuah acara televisi “King of Masked Singer” sebuah acara yang mana para juri harus menebak siapa penyanyi sebenarnya yang ada di balik topeng. Pada acara tersebut Moonbyul menyamar sebagai Swan. Selain itu, Moonbyul juga pernah bernyanyi di salah satu lagu MAMAMOO yang berjudul “Paint Me”.

3. Menciptakan Koreografi dan Lirik Rap MAMAMOO

Menciptakan Koreografi dan Lirik Rap MAMAMOO

* sumber: twitter.com

Bukan hanya Biasa nge-rap dan bisa bernyanyi dengan indah, Moonbyul juga memiliki bakat dan kemampuan dalam menciptakan lirik-lirik untuk setiap lagu yang dibawakannya bersama MAMAMOO. Bagian rap pada lagu “Piano Man” milik MAMAMOO adalah ciptaannya. Moonbyul juga membantu menulis bagian rap-nya pada lagu “Mr. Ambiguous” bersama dengan Hanhae Phantom.

MAMAMOO pernah hadir dalam sebuah acara musik “Immortal Song”. Pada acara tersebut, MAMAMOO tidak hanya membawa lagu-lagu milik mereka namun juga membawakan lagu milik penyanyi lain. Moonbyul lah yang menciptakan dan menulis lirik-lirik rap di lagu milik penyanyi lain yang dibawakan oleh MAMAMOO. Selain memiliki keahlian menulis lirik, Moonbyul juga ahli dalam menciptakan koreografi.

Moonbyul adalah penari utama di grupnya. Dirinya juga adalah penanggung jawab bagian performance/penampilan bersama dengan Wheein. Jadi Moonbyul dan Wheein bertanggung jawab memilih konsep penampilan dari setiap penampilan MAMAMOO di atas panggung. Selain itu, koreografi yang ada pada lagu “Mr. Ambiguous” milik MAMAMOO adalah hasil karya Moonbyul.

4. Bertemu Wheein di Agensi Lain

Bertemu Wheein di Agensi Lain

Moonbyul dan Wheein pernah bertemu sebelumnya sebelum mereka bergabung dengan RBW Entertainment (Rainbow Bridge World). Keduanya pun hampir debut bersama di perusahaan lain dan Moonbyul ditunjuk sebagai leader. Namun satu dan lain hal terjadi sehingga keduanya batal debut bersama di perusahaan tersebut. Keduanya pun sempat berpisah dan akhirnya bertemu kembali di RBW Entertainment dan berhasil debut bersama dengan MAMAMOO.

Pada sebuah wawancara Moonbyul pernah menyampaikan bahwa dirinya pertama kali bertemu dengan Wheein di perusahaan lain. Pada saat itu, Wheein adalah maknae—anggota termuda—dan keduanya pun tidak terlalu dekat satu sama lain.

Moonbyul pernah berpikir bahwa Wheein tidak menyukainya pada saat itu. Hal itu disebabkan karena setiap kali Moonbyul mengajak Wheein untuk makan bersama, Wheein selalu menolaknya dengan bilang bahwa dia harus melihat adiknya. Namun setelah bertemu kembali di RBW dan debut bersama di MAMAMOO keduanya menjadi nyaman satu sama lain.

5. Pernah Salah Paham dengan Solar

Pernah Salah Paham dengan Solar

* sumber: www.soompi.com

Dari semua naggota MAMAMOO, Moonbyul paling dekat dengan Solar. Keduanya pun berada di posisi yang sama yakni unnie line—anggota tertua. Meskipun sangat dekat dengan Solar, tenyanta Moonbyul pernah terlibat konflik kesalahpahaman dengan solar.

Hal itu terjadi saat awal-awal pertemuan mereka sebagai trainee di RBW. Moonbyul yang pada saat itu mengira bahwa Solar lebih muda darinya mengajaknya berbicara dengan bahasa yang informal (bahasa yang digunakan kepada teman).

Ternyata, Solar lebih tua dari Moonbyul setahun. Sehingga solar tidak menyukai Moonbyul pada saat itu. Selain itu, Moonbyul juga pernah menganggap Solar sebagai orang yang aneh karena memeluknya secara tiba-tiba padahal mereka baru saja bertemu.

Hal tersebut membuat keduanya sama-sama tidak saling menyukai satu sama lain. Namun karena sering bertemu dan sering bertukar pikiran keduanya berhasil menyelesaikan kesalahpahaman mereka dan menjadi sangat dekat seperti sekarang.

6. Paling Dekat dengan Solar

Paling Dekat dengan Solar

* sumber: koreanidupdates.blogspot.com

Memiliki perbedaan usia yang tidak terlalu jauh membuat Moonbyul dan Solar menjadi lebih mudah akrab. Keduanya juga disebut-sebut memiliki kemiripan. Bukan kemiripan pada bagian visual, namun pada kepribadian dan tingkah laku. Moonbyul pernah berkata bahwa tindakan yang dilakukan keduanya mirip dengan tindakan yang dilakukan oleh Solar.

Pada sebuah pertemuan jika seseorang mengajukan pertanyaan, Moonbyul dan Solar akan mengatakan jawaban yang sama pada waktu yang bersamaan juga.

Selain itu, pada suatu kesempatan Moonbyul meminta penggemar untuk mendengar suara setiap member MAMAMOO dan menebak suara tersebut milik siapa. Ketika giliran suara Moonbyul dan Solar bukan hanya penggemar yang kebingungan menentukan suara siapakah yang sedang didengar, namun para member pun kebingungan.

Moonbyul dan Solar juga sama-sama tidak bisa naik roller coaster ataupun sejenis wahana lain yang berhubungan dengan ketinggian. Saking dekatnya dengan Solar, Moonbyul pernah berkata bahwa jika dia adalah seorang pria maka dirinya akan mengencani dan menikahi Solar. Selain itu, Moonbyul memilih Solar sebagai member MAMAMOO yang ingin diajak untuk bekerja sama dalam sebuah proyek musik.

7. Diet Ala Moonbyul

Diet Ala Moonbyul

Berbeda dari penampilannya yang sekarang, Moonbyul dulunya pernah memiliki tubuh yang chubby. Karena berat badannya pula Moonbyul pernah gagal debut. Merasa kecewa, Moonbyul pun akhirnya memutuskan untuk menjalani diet ketat untuk menurunkan berat badannya. Moonbyul menjalani masa diet ketatnya dengan tidak keluar rumah dan menghindar dari ajakan teman untuk bertemu, karena akan makan dan minum yang berat.

Selama di rumah, Moonbyul mengonsumi asupan yang bisa menurukan berat badannya seperti; Moonbyul akan makan dua ubi dan minum satu gelas susu di pagi hari. Lalu untuk makan siang Moonbyul hanya makan sereal, satu ubi dan satu telur. Moonbyul makan dua ubi untuk makan malamnya. Itulah asupan makanan Moonbyul setiap hari selama menjalani masa diet.

Selain asupan makanan yang dijaga oleh Moonbyul, berlatih menari juga dilakukannya setiap hari untuk mengimbangi kebugaran tubuhnya. Moonbyul juga akan mengenakan pakaian yang ketat dan tebal berlapis-lapis untuk membuatnya merasa panas meskipun sedang musim panas. Menurut Moonbyul, rasa panas dapat lebih banyak membuat dirinya berkeringat, sehingga dia bisa menghilangkan cairan dan lemak berlebih pada tubuhnya.

8. Berteman dengan Idol Lain

Berteman dengan Idol Lain

* sumber: hiburan.dreamers.id

Memiliki profesi yang sama, membuat banyak selebriti ataupun idol memiliki hubungan dan berteman dekat satu sama lain. Tidak terkecuali dengan Moonbyul, Moonbyul memiliki kedekatan atau berteman baik dengan beberapa idol lain di antaranya adalah Seulgi Red Velvet dan Hani Exid. Moonbyul sangat dekat dengan Seulgi dan keduanya berkolaborasi di lagu Moonbyul berjudul “Selfish” yang rilis pada tahun 2018.

Moonbyul juga bersahabat dengan salah satu member EXID yaitu Hani. Saking dekatnya, keduanya memiliki julukan yang diberikan oleh penggemar. Keduanya dijuluki sebagai Honey Star, Honey adalah Hani dan Star adalah Moonbyul. Selain berteman baik dengan Hani dan Seulgi, Moonbyul juga tergabung dalam sebuah grup yang di dalamnya berisi idol yang lahir pada tahun 1992 (92 Line).

Dalam grup 92 Line terdapat beberapa idol dari grup yang berbeda, baik dari boy grup ataupun girl grup seperti; Ken VIXX, Sandeul dan Baro B1E4, Jin BTS, Moonbyul MAMAMOO dan Hani EXID adalah anggotanya. Grup ini memiliki grup chat khusus dan beberapa kali menghabiskan waktu bersama.

Moonbyul menyampaikan bahwa meskipun mereka tidak sering bertemu karena memiliki kesibukan masing-masing, namun Moonbyul nyaman dengan grup tersebut karena member lain memberikan saran dan masukan yang baik untuknya.

9. Pernah Bercita-cita Menjadi Polisi

Pernah Bercita-cita Menjadi Polisi

Setiap orang tentu memiliki mimpi dan cita-cita sejak masih kecil. Ada yang berhasil mewujudkan cita-citanya, ada juga yang mengubah citanya seiring berjalannya waktu. Sama halnya dengan Moonbyul yang saat kecil bercita-cita menjadi Perwira Polisi. Moonbyul menyampaikan melalui sebuah wawancara bahwa saat masih sekolah dasar dirinya berkeinginan untuk menjadi guru namun keinginanya berubah menjadi Perwira Polisi saat dirinya duduk di bangku SMP.

Moonbyul mengubah mimpinya menjadi penyanyi dan bersungguh-sungguh dalam mencapainya setelah dia merasakan tampil di atas panggung. Moonbyul berkata bahwa dirinya merasakan sensasi berbeda saat mendengar suara sorakan. Detik itu juga Moonbyul pun memutuskan untuk menjadi penyanyi dan berhasil meraih mimpinya bersama MAMAMOO.

10. Pernah Bermain Drama dan Debut Dengan Project Group

Pernah Bermain Drama dan Debut Dengan Project Group

* sumber: twitter.com

Saat ini ada banyak idol yang mulai merambah ke dunia seni peran, baik itu dalam bentuk drama, film, web drama ataupun drama musikal. Seperti sebuah web drama berjudul “Start Love” yang dibintangi oleh Moonbyul. Start Love sendiri bercerita tentang kisah cinta dua sejoli yang dipertemukan secara menarik. Moonbyul diberi kesempatan untuk menjadi pemeran utama wanita dalam drama Start Love dan berperan sebagai Yoo Na Young.

Selain itu, Moonbyul juga pernah berpartisipasi dalam sebuah proyek program televisi berjudul “Idol Drama Operation Team”. Projek tersebut bertujuan untuk membuat sebuah grup yang bersifat sementara dan beranggotakan 7 wanita dari grup yang berbeda.

Terpilihlah Moonbyul (MAMAMOO), Seulgi (Red Velvet), Jeon Somi, Kim So-hee, D.ana (Sonamoo), YooA (Oh My Girl) dan Sujeong (Lovelyz) yang debut dengan grup bernama Girls Next Door pada tahun 2017 dengan lagu “Deep Blue Eyes”.

Demikianlah 10 fakta Moonbyul MAMAMOO untuk MooMoo dari Bacaterus. Jika yorobun memiliki informasi menarik dan unik lainnya dari rapper imut Moonbyul, jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar, ya! Sempatkan juga untuk membaca artikel fakta MAMAMOO berikut ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram