Bacaterus / Entertainment / 10 Fakta MONSTA X yang Harus Diketahui Para Monbebe

10 Fakta MONSTA X yang Harus Diketahui Para Monbebe

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Oktober 2018

Apakah kamu seorang Monbebe? Sayang banget sama MONSTA X? Berarti kamu harus tahu, dong, fakta-fakta MONSTA X dari zaman pre-debut sampai sekarang. MONSTA X (Hangul: 몬스타엑스) adalah boy band asal Korea Selatan yang berada di bawah naungan Starship Entertainment. Grup ini memiliki tujuh orang anggota, yaitu Shownu, Wonho, Minhyuk, Kihyun, I.M, Hyungwon, dan Jooheon.

Pada tanggal 14 Mei 2015, MONSTA X resmi debut di Korea. Selama karirnya, MONSTA X telah mengeluarkan enam buah album, yaitu “TRESPASS” (2015), “Rush” (2015), “The Clan Part. 1 – LOST” (2016), “The Clan Part. 2 – Guilty” (2016), “The Clan Part. 2.5 – The Final Chapter” (2017) dan, “THE CODE” (2017).

Kini, MONSTA X telah melebarkan sayapnya di negeri sakura dengan menandatangani kontrak bersama Mercury Tokyo. MONSTA X resmi debut di Jepang pada Mei 2017 lalu dengan title song “Hero.” Jangan ngaku sebagai Monbebe (fans MONSTA X), deh, kalau belum tahu sepuluh fakta yang telah Bacaterus rangkum ini.

10 Fakta Monsta X Sejak Debut Hingga Kini

1. Dibentuk dari Acara Survival

No.MERCY

Agak berbeda dari boy group kebanyakan, MONSTA X lahir dari acara survival. Jadi, MONSTA X ini agak mirip dengan Wanna One, WINNER, dan iKON. Grup-grup ini anggotanya merupakan juara di acara survival yang diadakan agensinya atau pun acara televisi.

Nah, MONSTA X ini merupakan kontestan dari acara “no.MERCY” yang merupakan kerja sama antara Starship Entertainment (label MONSTA X) dan Mnet (stasiun tv) pada Desember 2014.

Tak seperti Wanna One yang dipilih dari 101 orang, no.MERCY hanya memiliki 12 kontestan saja, yaitu Kwang Ji, GUN, Yoo Su, Seok Won, Yoon Ho, Min Kyun, dan sisanya adalah member MONSTA X sekarang. Pada awalnya, anggota MONSTA X yang bernama panggung I.M adalah partisipan tambahan, tapi malah I.M yang terpilih menjadi member fix MONSTA X.

2. Arti Nama “Monsta X”

Arti Nama "Monsta X"

Nama “MONSTA X” punya dua arti. Pertama, MONSTA X berarti monster yang dapat menaklukkan K-Pop. Kedua, MONSTA X bermakna “my star/bintang milikku” di mana “Mon” berarti kepemilikan dalam bahasa Perancis, “Sta” (star) berarti bintang, sedangkan huruf X bermakna keberadaan yang unknown.

Jadi, kalau disimpulkan, MONSTA X berarti grup idola (bintang) yang datang dari antah berantah tapi dapat menaklukkan dunia lewat K-Pop.

3. Fakta Member Monsta X

  • Shownu

Shownu fakta Monsta X

Ya, di atas tadi kita sudah membahas fakta MONSTA X secara singkat. Sekarang, mari kenalan terlebih dahulu dengan para anggotanya. Member yang pertama ada Shownu. Nama asli Shownu adalah Sohn Hyun-woo (손현우). Posisi Shownu di MONSTA X adalah sebagai leader, main dancer, dan lead vocalist.

Monbebe tahu tidak, kalau cowok yang lahir pada 18 Juni 1992 ini pernah menjadi trainee di JYP Entertainment? Kabarnya, kalau stay di JYP, Shownu bisa saja debut di GOT7. Akan tetapi, Shownu pindah ke Starship setelah bertahan dua tahun di JYP. Nah, makanya tak heran kalau Shownu ini dekat dengan para member GOT7 seperti JB dan Jinyoung.

Keahlian Shownu adalah dance. Saking hebatnya tarian Shownu, dia pernah menjadi penari latar Lee Hyori, bahkan ketika dia sedang tidak terikat dengan label manapun. Shownu merupakan member MONSTA X yang tertinggi. Tinggi badannya adalah 181 cm.

Selain memiliki badan yang tinggi, Shownu juga memiliki tubuh yang lebar dan tidak kurus namun juga tidak bisa dibilang gemuk juga, sih. Dengan postur tubuhnya yang tergolong ‘besar’ dan manly itu, tak jarang para Monbebe memanggilnya sebagai Papa Bear. Oh ya, Shownu ini adalah “bapak”-nya para member MONSTA X.

Tambahan informasi juga kalau Papa Bear-nya MONSTA X ini pernah menjadi salah satu cameo di MV Sistar bertajuk “Shake It” bersama Wonho. Kini Shownu sering muncul di televisi dalam berbagai variety show seperti Hit The Stage, Law of The Jungle, dan Lipstick Prince.

  • Wonho

wonho

Member MONSTA X yang selanjutnya ada Wonho. Bukan, Wonho bukanlah nama asli cowok ganteng ini. Nama aslinya adalah Lee Ho-seok (이호석), tapi dia lebih dikenal sebagai Shin Ho-seok (신호석). Kok, bisa “dikenal”? Jadi, Wonho ini dulunya seorang ulzzang (semacam selebgram kalau di Indonesia). Jadi, ulzzang di Korea itu merupakan orang dengan paras cantik/ganteng tapi statusnya bukan selebriti.

Bahkan ada pula acara televisi di Korea yang mengundang para ulzzang dan mengadakan semacam obrolan interaktif dengan ulzzang tersebut. Nah, Wonho sempat muncul di acara “Ulzzang Shidae Season 3” pada tahun 2010.

Posisi Wonho di MONSTA X adalah sebagai lead vocalist dan 2nd visual, soalnya visual utama MONSTA X adalah Hyungwon. Usia Wonho satu tahun lebih muda dari Shownu. Wonho lahir pada 1 Maret 1993. Walaupun seorang vokalis, Wonho diakui juga bakat menarinya, sehingga dulu dia pernah menjadi back up dancer SISTAR untuk lagu “So Cool.”

Wonho bisa berbicara dalam tiga bahasa, yaitu Korea, Jepang, dan Perancis. Oh, iya, Wonho merupakan satu-satunya member MONSTA X yang bertato. Tatonya ada di paha kiri, di atas kaki kanan, dan di belakang pinggul.

Wonho punya badan yang atletis, makanya dia yang paling sering dikasih baju yang ‘agak terbuka’ untuk mempertontonkan abs dan ototnya. Dan Wonho juga pernah bilang, sih, kalau badannya yang ber-abs itu adalah kebanggaan tersendiri buat Wonho.

  • Minhyuk

Minhyuk

Sekarang kita punya Minhyuk. Nama lengkap cowok imut ini adalah Lee Min-hyuk (이민혁). Posisi MONSTA X yang ditempati Minhyuk adalah vokalis, visual ke-3, dan face of the group (FOG). Tapi, kalau menurut author, FOG di MONSTA X lebih cocok untuk Jooheon karena dia yang paling sering muncul secara pribadi di televisi.

Minhyuk satu line dengan Wonho karena sama-sama lahir pada tahun 1993, lebih tepatnya Minhyuk lahir pada tanggal 3 November. Minhyuk itu mood maker-nya grup, dia sering membuat jokes dan menaikkan mood dengan pembawaannya yang menyenangkan.

Ibu Minhyuk adalah seorang mantan atlet bola voli. Menurut Minhyuk, tubuh ibunya sangat tinggi, makannya dia juga jadi tinggi (178.8 cm). Uniknya, ketika sang ibu jago di bidang olahraga, Minhyuk justru tidak bisa melakukan salah satu jenis olahraga, yaitu berenang.

Minhyuk itu social butterfly-nya MONSTA X. Teman sesama artisnya banyak banget. Ada Sungjoo UNIQ, Mark GOT7, Jeonghan Seventeen, Park Bo Gum (aktor), dan Kwangjin N.Flying. Tipe gadis ideal Minhyuk adalah yang pipinya chubby. Tuh, siapa yang chubby, daftar gih jadi pacar Minhyuk!

  • Kihyun

Kihyun

Masih member MONSTA X yang lahir pada tahun 1993, adalah Yoo Ki-hyun (유기현) alias Kihyun. Dia adalah main vocalist MONSTA X. Cowok Sagitarius yang lahir pada tanggal 22 November ini punya vokal yang manis dan kuat. Makanya, walaupun belum debut, pada tahun 2015 lalu Kihyun dan Jooheon terpilih untuk menyanyikan OST drama “Orange Marmalade.”

Lalu, Kihyun juga pernah menyanyikan soundtrack drama “She Was Pretty” yang berjudul “One More Step”, OST “Shopaholic Louis” yang berjudul “The Tiger Moth (부나비)”, dan dia juga suka meng-cover lagu.

Di MONSTA X, Kihyun adalah member yang paling bersih, makanya dia dijuluki sebagai mamanya MONSTA X. Kihyun juga mengaku kalau dia paling pintar memasak dibanding anggota lainnya, jadi gelar mama MONSTA X memang cocok, ya?

Psst, tambahan lagi nih. Jadi, waktu zaman Kihyun mengikuti program Survival No.Mercy bersama member MONSTA X lainnya, Kihyun ini sangat bersaing dengan Shownu. Tentu bersaing dengan sehat. Mereka berdua awalnya sangat canggung, namun seiring berjalannya waktu, Kihyun dan Shownu justru jadi sangat dekat layaknya mama-papa yang mengayomi anak-anaknya (member MONSTA X).

  • Hyungwon

Hyungwon

Fakta MONSTA X yang selanjutnya ada Hyungwon (형원). Hyungwon dulu bekerja sebagai model sebelum training untuk menjadi idol. Dulu Hyungwon berjalan di atas panggung untuk memeragakan busana. Memang, kalau dilihat dari fisiknya, Hyungwon itu model banget. Kakinya langsing dan jenjang, terus wajahnya juga paling ganteng di MONSTA X.

Pekerjaan solo Hyungwon dimulai pada tahun 2016 ketika dia menjadi bintang video klip K.Will yang berjudul “You Call It Romance” featuring Davichi. Hyungwon juga telah debut sebagai aktor di web drama “Please Find Her” (2017). Oh, iya, selain bernyanyi di MONSTA X, tahukah kamu kalau Hyungwon itu seorang DJ? Nama panggung Hyungwon ketika menjadi DJ adalah DJ H.One.

Ternyata, Hyungwon itu keren banget, ya? Sudah ganteng, model, DJ, penyanyi, aktor, lengkap sekali pokoknya. Tapi, ada satu lagi fakta tentang Hyungwon. Sekarang dia dikenal sebagai meme king karena kelakuannya dan ekspresi wajahnya bisa banget bikin ngakak. Foto dan gif Hyungwon sering dipakai sebagai meme di Instagram maupun di Twitter.

  • Jooheon

Jooheon fakta Monsta X

Kalau kamu mendengar lagu MONSTA X pasti suka ada kata “Jooheon” lewat ditengah-tengahnya. Yup, itu adalah tanda kalau Jooheon mau nge-rap bagiannya. Member MONSTA X yang selanjutnya adalah Lee Joo-heon (이주헌) alias Jooheon. Posisinya di MONSTA X adalah sebagai main rapper dan vokalis juga.

Cowok yang lahir pada tanggal 6 Oktober 1994 ini pernah berkolaborasi di single lagunya MadClown ketika dia masih trainee. Jooheon juga pernah berkolaborasi dengan San E dan Hyolyn ex SISTAR dalam lagi “Coach Me.” Jooheon itu member MONSTA X yang paling sering eksis di televisi. Dia suka diundang secara pribadi ke acara berita, reality show, maupun talk show.

Jooheon juga memiliki banyak teman lho. Dia ini orangnya sangat ramah dan supel. Nah, kalau teman terdekatnya dari kalangan idol lain ada Jackson GOT7. Mereka berdua seperti tidak bisa dipisahkan, bahkan mereka berdua sering bertemu atau sekedar ngobrol melalui chatting / telpon. Bahkan, Jackson dan Jooheon ini pernah tampil dalam satu variety show yakni “Celebrity Bromance”.

  • I.M

I.M

Anggota MONSTA X yang terakhir akan kita bahas adalah I.M (아이엠, baca: I am). Nama panggungnya unik banget, ya? Jadi, nama asli I.M ini adalah Lim Chang-kyun (임창균). Posisinya di MONSTA X adalah sebagai lead rapper, vokalis, sekaligus maknae (yang paling muda).

Seperti kawan-kawannya di MONSTA X yang pernah berkolaborasi dengan artis terkenal, I.M juga pernah bekerja sama dengan Brother Su (penyanyi dan penulis lagu) dalam single “Madeleine”. I.M adalah member MONSTA X yang paling lancar berbahasa Inggris, karena dulu dia tinggal di US selama 3 tahun dan di Israel selama 4 tahun. Mau ngasih kado buat I.M? Ulang tahunnya jatuh pada tanggal 26 Januari 1996.

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa I.M ini masuk ke acara Survival No.Mercy di tengah-tengah penayangan. Nah, saat I.M masuk ini sempat dimusuhi lho oleh para kontestan No.Mercy lainnya. Bahkan, ia seperti ‘dicuekin’ tuh sama hyung-hyungnya. Namun, I.M ini tetap teguh pendirian hingga akhirnya ia debut bersama MONSTA X.

Kalau zaman debut di No.Mercy dia dimusuhin, setelah debut, I.M ini sang-sangat-sangat disayang sama semua member MONSTA X. Bahkan, I.M ini sangat dekat dengan Jooheon yang notabenenya dulu, zaman pre-debut, Jooheon nggak suka gitu deh sama I.M. Eh, sekarang mereka berdua lengket banget kaya lem, hihihi.

4. Konsep Tangguh

MONSTA X menggunakan konsep cowok-cowok tangguh. Berbeda dengan ASTRO yang playfull, BTS yang hip-hop dan kekinian, KARD yang lebih kepada electro house music, MONSTA X ini memadukan konsep tangguh dengan musik hip hop. Dipadu dengan tubuh mereka yang tinggi-tinggi dan wajah yang kegantengannya di atas rata-rata, MONSTA X sayang banget buat kamu lewatkan begitu saja.

Grup dari Starship Entertainment ini debut pada tanggal 14 Mei 2015 dengan album mini pertama mereka yang bernama “Trespass.” Setiap lagu MONSTA X memiliki beat yang cepat dan kuat, begitu pula dengan koreografi tarian mereka. Kamu bisa menonton video klip mereka di channel YouTube resmi MONSTA X.

5. Membuat Lagu Sendiri

Membernya Membuat Lagu Sendiri

Ada grup idol yang lagu-lagunya dibuat oleh orang lain, jadi tugas mereka tinggal menyanyi saja. Tapi, berbeda dengan MONSTA X. Para anggota MONSTA X sering berpartisipasi dalam pembuatan lagu mereka sendiri. Pada album “Trespass”, Jooheon terlibat dalam pembuatan lagu “One Love”, “Steal Your Heat”, dan “Blue Moon.”

Maknae kita, I.M, juga sering ikut andil dalam pembuatan lirik rap di beberapa lagu MONSTA X. Tak hanya Jooheon dan I.M, Kihyun dan Wonho juga suka membantu membuat lirik lagu. Jadi, siapa bilang kalau MONSTA X tidak berbakat?

6. Memenangkan Banyak Penghargaan

Memenangkan Banyak Penghargaan

* sumber: twitter.com

Sudah tiga tahun berkecimpung di dunia K-Pop, MONSTA X semakin diakui kemampuannya oleh banyak orang. Dibuktikan dengan banyaknya award yang MONSTA X dapatkan selama ini. Di tahun debut mereka, MONSTA X mendapatkan penghargaan “Next Generation Asian Artist” pada acara MAMA (Mnet Asian Music Award) dan “1theK Performance Award” di Melon Music Award (MMA).

Pada tahun 2016, MONSTA X memenangkan Male Dance Performance Award yang dipersembahkan oleh Seoul Music Awards. Album mini ketiga MONSTA X yang bertajuk “The Clan Pt. 1 – Lost” memenangkan Disk Bonsang dari acara Golden Disc Awards. Di tahun 2017 juga MONSTA X memenangkan Most Popular Artists (Singer) versi Asia Artist Awards.

7. Fakta Dibalik Monsta X First Win

First win adalah sesuatu yang sangat sakral buat penyanyi dan idol Korea Selatan. Acara musik di Korea berbeda dengan di negara kita. Di Korea, acara musik dijalani dengan sangat serius, sehingga memenangkan posisi pertama di acara musik adalah suatu kebanggaan.

MONSTA X tentu sangat berbakat, fans mereka juga sangat banyak. Akan tetapi, MONSTA X baru merasakan first win mereka pada November 2017 lalu (dua tahun lebih setelah mereka debut) di acara musik “The Show”. Makanya, ketika mendapatkan posisi pertama, para member MONSTA X terharu berat sampai menangis.

Pasalnya, mereka sudah komitmen tidak akan punya handphone sebelum mendapatkan gelar first win tersebut. Kini, setelah dua tahun berkarir, akhirnya para anggota MONSTA X bisa pegang ponsel sendiri. Akhirnya, selamat buat MONSTA X!

8. Tiket Konser Sold Out dalam Hitungan Menit!

Tiket Konser Sold Out dalam Hitungan Menit!

* sumber: coppamagz.com

Pada tahun 2016, MONSTA X mengadakan konser solo pertama mereka yang bertajuk MONSTA X The First Live “X-Clan Origins.” Konser ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 16 – 17 Juli. Hebatnya, tiket konser mereka sold out hanya dalam waktu lima menit saja! Kini pada tahun 2018, MONSTA X mengadakan konser tur dunia ke Eropa, Amerika, dan Jepang. Mau nonton konsernya MONSTA X?

9. Bisa Tampil Melow Juga

Walaupun konsep MONSTA X itu garang dan penampilan anggotanya juga macho, grup idol cowok kedua di Starship ini bisa tampil mellow juga. MONSTA X cukup sering meng-upload video lagu kalem dengan konsep acapella di akun YouTube resmi mereka, StarshipTV dan MONSTA X.

Di setiap album MONSTA X juga terselip lagu-lagu ballad seperti “White Love”, “Amen”, “Honestly”, “One Love”, “Blue Moon”, “Perfect Girl”, “Broken Heart”, dan masih banyak lagi. Para member-nya juga ada yang pernah merilis single solo lagu ballad.

10. Bromance dengan Grup Lain

Bromance dengan Grup Lain

MONSTA X dikenal dengan bromance-nya, yaitu keakraban antar cowok, baik di dalam timnya sendiri maupun dari grup idol lain. Yang sudah ketahuan publik, sih, MONSTA X dekat dengan personil SEVENTEEN dan BTS.

Awal persahabatan MONSTA X dengan SEVENTEEN adalah ketika mereka bertanding basket di behind the show acara musik. Kalau dengan BTS entah bagaimana, tapi mereka suka berinteraksi ketika satu panggung bareng.

Nah, itu dia sepuluh fakta MONSTA X dari zaman sebelum debut hingga kini. Ada lagi fakta yang harus MONBEBE ketahui, yakni fans internasional MONSTA X memang banyak, tapi sayangnya grup ini tidak terlalu dikenal di negaranya sendiri. Semoga kedepannya MONSTA X lebih diakui di negaranya juga, ya! Siapa bias kamu di MONSTA X?

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

4 Comments

  1. ayu simamora 8 Mei 2018 at 21:16 - Reply

    Sukaaa…
    Love monsta x
    Love seventeen..
    Love monstateen❤
    Nice articelm..

    • Bacaterus 14 Mei 2018 at 09:39 - Reply

      Terima kasih. 🙂

  2. Weberjegermenjooheony 8 Juli 2018 at 02:57 - Reply

    Aaaa tengkyuu min, sudah menyebarluaskan tentang monsta x. Semoga taun depan mx bisa ke Indonesia

    • Bacaterus 14 Juli 2018 at 14:33 - Reply

      wohooo semoga ya!

Leave A Comment